Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan."— Transcript presentasi:

1 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website: Desain dan Pemrograman Web 1 PG110 – 3 SKS

2 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI2DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS MANIPULASI GAMBAR PERTEMUAN 12

3 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI3DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Materi  Pengenalan Adobe Photoshop  Contoh Membuat Header Sederhana  Contoh Membuat Efek Teks dengan Photoshop  Contoh Membuat Efek Tombol dengan Photoshop

4 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI4DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP Bagian 1

5 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI5DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Adobe Photoshop CS2  Merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai image editor. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 5DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

6 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI6DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Mode Warna pada Gambar (1)  Mode Warna RGB (Red, Green, Blue) Biasa digunakan untuk menampilkan warna dalam layar monitor, karena hampir semua jenis monitor menggunakan kombinasi warna merah, hijau dan biru.  Mode Warna Bitmap Mode warna ini terdiri atas 1 bit warna (hitam atau putih) per pixel. Apabila gambar berwarna diubah menjadi mode warna bitmap, warna asli image tersebut akan berubah menjadi hitam dan putih. Biasa digunakan untuk mencetak image dengan hasil pencetakan hitam dan putih. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 6DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

7 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI7DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Mode Warna pada Gambar (2)  Mode Warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) Gambar yang menggunakan mode warna ini terbentuk dari empat warna yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black. Mode warna ini biasa digunakan pada alat pencetakan gambar seperti printer.  Mode Warna Grayscale Mode warna ini hamper sama dengan mode warna bitmap, namun memiliki nilai sampai 8 bit.  Mode Warna Duotone Mode warna ini menggunakan dua buah kanal warna dan dapat ditentukan warnanya sesuai dengan keinginan Anda. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 7DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

8 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI8DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Format File Gambar (1)  PSD (Photoshop Document) o Merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. o Mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. o Mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop.  BMP (Bitmap Image) o Merupakan format grafis yang fleksibel sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. o Mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit sampai 24 bit. o Tidak mampu menyimpan alpha channel o Mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 8DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

9 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI9DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Format File Gambar (2)  JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group) o Mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. o Sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. o Mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. o Mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.  GIF (Graphic Interchange Format) o Hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). o Merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. o Mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 9DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

10 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI10DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Format File Gambar (3)  TIFF (Tagged Image Format File) o Mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. o Dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). o Merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). o Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.  PNG (Portable Network Graphic) o Berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. o Digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. o Mampu menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. o Mampu menyimpan alpha channel. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 10DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

11 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI11DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Format File Gambar (4)  EPS (Encapsuled Postcript) o Merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. o Menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. o Tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final. o Mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap.  Format yang bisa dipakai dalam sebuah halaman web adalah JPG, GIF, BMP dan PNG FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 11DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

12 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI12DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS ToolBox (1)  Marquee Tool Digunakan untuk melakukan seleksi pada image dengan bentuk yang sudah tersedia. Ketika menggunakan marquee tool, maka pada optionbar akan tampak seperti di bawah ini : FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 12DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

13 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI13DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS ToolBox (2) FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 13DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

14 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI14DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS ToolBox (3)  Move Tool Digunakan untuk memindahkan sebagian gambar pada layer yang sedang aktif ke tempat lain.  Lasso Tool Digunakan untuk melakukan seleksi pada gambar secara bebas. Bebas di sini maksudnya adalah bentuk seleksi dapat diatur sesuai keinginan dengan cara menggerakkan mouse pada area yang akan diseleksi. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 14DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

15 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI15DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS ToolBox (4)  Magic Wand Tool Digunakan untuk melakukan seleksi pada gambar berdasarkan kesamaan warna. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 15DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

16 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI16DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS ToolBox (5)  Crop Tool Digunakan untuk memotong atau mengambil sebagian gambar yang akan dijadikan sebagai gambar baru yang berdiri sendiri.  Slice Tool Digunakan untuk membuat potongan-potongan image dari sebuah image. Juga ada Slice Select Tool yang digunakan untuk memilih potongan pada sebuah gambar. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 16DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

17 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI17DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (1) 1.Membuat File Baru Anda dapat membuat file image baru dengan menekan menu File -> New FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 17DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

18 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI18DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (2) Beberapa option yang bisa diatur pada saat membuat file baru a.Name : Menentukan nama jendela kerja baru yang akan dibuat b.Preset : Menentukan ukuran gambar yang akan dibuat c.Width : Menentukan lebar gambar d.Height : Menentukan tinggi gambar e.Resolution : Menentukan resolusi gambar f.Color Mode : Menentukan mode warna gambar g.Background Contents : Menentukan isi background, apakah transparan atau berwarna FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 18DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

19 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI19DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (3) 2.Menyimpan File Untuk menyimpan file dapat menggunakan menu File -> Save. Pilih format file PSD agar file tersebut dapat diedit kembali di lain waktu. Jika file gambar yang disimpan untuk sebuah website, gunakan menu File -> Save for Web. Pilih format file yang diinginkan. Perhatikan juga ukuran file dan waktu download yang diperlukan. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 19DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

20 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI20DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (4) 3.Menggunakan Layer  Layer merupakan lapisan tempat gambar diletakkan.  Layer dapat diibaratkan sebagai sebuah lapisan plastik transparan yang dapat digambar.  Layer diletakkan secara berlapis sehingga membentuk gambar baru. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 20DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

21 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI21DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (5)  Palet Layer Adobe Photoshop menyediakan palet layer untuk memudahkan penggunaan dan pengaturan layer. Palet layer dapat dimunculkan melalui menu Window -> Layers FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 21DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG Keterangan : A. Layers palette menu B. Group C. Layer D. Expand/Collapse Layer effects E. Layer effect F. Layer thumbnail

22 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI22DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (6)  Membuat Layer Baru Untuk membuat sebuah layer baru, dapat diklik icon yang berada di bagian bawah palet layer. Atau dapat juga melalui menu Layer -> New Layer  Membuat Group Baru o Group digunakan untuk mengelompokkan layer. o Group berfungsi seperti folder. o Untuk membuat sebuah group baru, dapat diklik icon yang berada di bagian bawah palet layer. Atau dapat juga melalui menu Layer -> New Group FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 22DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

23 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI23DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (7)  Menghapus Layer Untuk menghapus layer yang tidak diperlukan lagi, dapat diklik icon yang berada di bagian bawah palet layer. Atau dapat juga melalui menu Layer -> Delete Layer  Menampilkan / Menyembunyikan Layer Layer yang ada pada palet layer dapat ditampilkan maupun disembunyikan. Biasanya layer disembunyikan karena layer tersebut tidak digunakan lagi dalam sebuah gambar. Untuk menampilkan maupun menyembunyikan layer, dapat diklik icon mata yang ada di sebelah kiri masing-masing layer. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 23DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

24 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI24DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Bekerja dengan Photoshop (8)  Layer Style Untuk memberikan efek pada layer, klik pada layer yang akan diberikan efek, kemudian pilih icon yang berada di bagian bawah palet layer. Atau dapat juga melakukan klik kanan pada layer yang akan diberikan efek. Kemudian pilih Blending Options FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 24DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

25 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI25DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS MEMBUAT HEADER SEDERHANA Bagian 2

26 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI26DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gambar Header Sederhana (1) 1.Buatlah sebuah dokumen baru dengan ukuran 700 x 150 (Anda dapat menyesuaikan ukuran sesuai selera) FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 26DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

27 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI27DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gambar Header Sederhana (2) 2.Buatlah sebuah kotak dengan Rounded Rectangle Tool. Pada optionbar masukkan angka 20 pada kotak radius dan atur warna sesuai pilihan. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 27DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

28 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI28DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gambar Header Sederhana (3) 3.Buatlah sebuah layer baru, dan pilih Horizontal Type Tool untuk menuliskan kata-kata pada layer. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 28DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

29 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI29DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gambar Header Sederhana (4) 4.Klik kanan pada layer tersebut dan pilih Blending Options. Pilih style sesuai selera. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 29DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

30 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI30DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gambar Header Sederhana (5) 5.Ulangi langkah 3 dan 4, untuk menuliskan alamat situs. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 30DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

31 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI31DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gambar Header Sederhana (6) 6.Pilih Custom Shape Tool untuk membuat logo berdasarkan bentuk yang sudah disediakan Photoshop. Pada option bar, pilih shape yang diinginkan. Kemudian simpan dengan ekstension PSD dan juga simpan dengan format JPG maupun GIF. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI 31DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110- 3

32 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI32DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS MEMBUAT EFEK TEKS Bagian 3

33 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI33DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Membuat File Baru  File > New  Width = 500 px, Height = 200 px  Background = White (putih)

34 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI34DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Membuat Tulisan  Buat tulisan dengan Horizontal Type Tools  Atur Font, Warna dan Ukurannya

35 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI35DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Duplicate Layer  Pada panel layer, klik kanan pada layer tulisan dan pilih sub menu Duplicate Layer…

36 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI36DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Move Tulisan  Geser tulisan pada kanvas ke bawah dengan Move Tool.

37 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI37DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Balik Tulisan  Balik tulisan yang dibawah dengan menu Edit > Transform > Flip Vertical dan sesuaikan posisi tepat di bawah tulisan.

38 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI38DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Rasterize Layer  Pada layer tulisan bawah, klik kanan dan pilih sub-menu Rasterize Type.

39 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI39DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Marquee Tools  Pilih Marquee Tool dan pilih (select) tulisan bawah (lihat gambar).

40 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI40DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Feather  Pilih menu Select > Feather dan masukkan nilai 8px.

41 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI41DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Delete  Tekan tombol Delete dan lihat hasilnya.

42 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI42DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Create your Own  Kreasikan sesuai dengan keinginan Anda  Teknik ini juga dapat diterapkan untuk membuat efek bayangan (reflection) pada gambar (image)

43 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI43DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS MEMBUAT EFEK TOMBOL Bagian 4

44 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI44DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Buat File Baru  Buat File Baru dengan File > New. Ukuran Width 200px, Height 90px dan Background = White (putih)

45 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI45DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Rounded Rectangle Tool  Buatlah sebuah shape dengan Rounded Rectangle Tool. Untuk mengatur kelengkungan, ubahlah nilai Radius yang berada di menu sebelah atas

46 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI46DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Atur Style (1)  Atur style Gradient Overlay, Stroke dan Drop Shadow dari shape melalui menu Layer > Layer Style > Blending Options… (lihat gambar).

47 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI47DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Atur Style (2)  Atur style Gradient Overlay, Stroke dan Drop Shadow dari shape melalui menu Layer > Layer Style > Blending Options… (lihat gambar).

48 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI48DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Atur Style (3)  Atur style Gradient Overlay, Stroke dan Drop Shadow dari shape melalui menu Layer > Layer Style > Blending Options… (lihat gambar).

49 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI49DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Shape Baru  Buat sebuah shape baru dengan Rounded Rectangle Tool dan letakkan di bagian atas shape yang pertama (lihat gambar)

50 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI50DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Gaussian Blur  Buka menu Filter > Blur > Gaussian Blur… dan atur Radiusnya menjadi 5px atau sesuai keinginan.

51 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI51DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Buat Teks  Buatlah sebuah teks di dalam shape. Warna dan style dapat diatur sesuai keinginan.

52 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI52DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Kreasi dan Efek Photoshop  essential-photoshop-reflections/ essential-photoshop-reflections/  brushes-paulw brushes-paulw   incredible-photoshop-tutorials/ incredible-photoshop-tutorials/   t=2 t=2

53 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI53DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS Terima Kasih  Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jakarta Selatan


Download ppt "FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google