Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CHAPTER -1 PRESSURE / TEKANAN Defenisi Pressure (tekanan) adalah gaya yang diberikan pada per unit area. Bisa juga dijelaskan bahwa pressure adalah ukuran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CHAPTER -1 PRESSURE / TEKANAN Defenisi Pressure (tekanan) adalah gaya yang diberikan pada per unit area. Bisa juga dijelaskan bahwa pressure adalah ukuran."— Transcript presentasi:

1

2 CHAPTER -1 PRESSURE / TEKANAN Defenisi Pressure (tekanan) adalah gaya yang diberikan pada per unit area. Bisa juga dijelaskan bahwa pressure adalah ukuran intensitas gaya yang diberikan pada suatu titik permukaan. Satuan tekanan : •psi •psf •mm Hg •in. Hg •bar •atmosphere (atm) •N/m 2 (Pascal)

3 Atmospheric Pressure (tekanan atmosfer) •Selama udara memiliki massa dan ada aksi dari gravitasi bumi maka akan muncul Atmospheric Pressure atau tekanan atmosfer. •Ukuran 1 atm atau 1 atmosphere adalah 14,7 psi. •Atmospheric Pressure tidaklah selalu konstan, bisa bervariasi bergantung temperatur, kelembapan, dan kondisi lainnya. •Atmospheric Pressure juga bervariasi pada posisi ketinggiannya.

4 Absolute dan gauge Pressure (tekanan absolute dan tekanan gauge ) •Absolute pressure bisa dikatakan sebagai tekanan total atau tekanan sebenarnya dari fluida. •Sedangkan gauge pressure adalah tekanan fluida yang ditunjukkan oleh alat ukur (gauge ). •Perlu kita pahami bahwa gauge pressure akan mengindikasikan nol pada tekanan atmosfer. •Sehingga absolute pressure adalah jumlah dari tekanan atmosfer dengan gauge pressure. •Jadi bisa disimpulkan : Absolute pressure = gauge pressure + tekanan atmosfer = gauge pressure + 14,7 psi

5

6 1.Barometer Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer.

7 2. Pressure gauge Pressure gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan fluida (gas atau liquid) dalam tabung tertutup. Pada sistem refrigerasi, prinsip pressure gauge yang sering digunakan biasanya bertipe manometer dan bourdon tube.

8 2.1 Manometer gauge bertipe manometer menggunakan tabung liquid yang digunakan untuk mengukur tekanan, tinggi dari tabung mengindikasikan magnitude dari tekanan. Liquid yang digunakan pada manometer biasanya berisi air raksa.

9 2.2 Bourdon Tube gauge Bourdon tube gauge bisa mengukur tekanan di atas ataupun di bawah tekanan atmosfer. Beberapa tipe Bourdon Tube gas :  Pressure gauge digunakan untuk membaca tekanan di atas tekanan atmosfer yang menggunakan satuan psi atau kJ/kg.  Vacuum gauge digunakan untuk membaca tekanan di bawah tekanan atmosfer yang biasanya menggunakan satuan in.Hg.  Compound gauge digunakan untuk mengukur tekanan di bawah ataupun di atas tekanan atmosfer, dimana untuk tekanan di atas tekanan atmosfer menggunakan satuan psi atau kJ/kg dan dibawah tekanan atmosfer menggunakan satuan in.Hg.

10 Pressure gaugeVacuum gaugeCompound gauge Bourdon Tube gauge s

11 Metric (SI)British (Imperial) And U.S. System MercuryWater (at 39.2 o F, 4 o C) Atmosphere  bar  kilopascal(kPa)  hectopascal(hPa)  megapascal(MPa)  millibar  pascal(Pa)  kilogram per square centimeter(kgf/cm 2 )  kilogram per square meter(kgf/m 2 )  newton per square meter(N/m 2 )  kilonewton per square meter(kN/m 2 )  meganewton per square meter(MN/m 2 )  newton per square centimeter(N/cm 2 )  newton per square millimeter(N/mm 2 )  thousand pounds per square inch(ksi)  pound per square inch (psi)  pound per square foot  ton per square inch  ton per square foot  inch of mercury (inHg)  centimeter of mercury (cmHg)  millimeter of mercury (mmHg atau torr)  meter of water (mH 2 O)  centimeter of water (cmH 2 O)  inch of water (inH 2 O)  physical atmosphere (atm)  technical atmosphere

12 Satuan tekanan yang sering dipakai dalam sistem refrigerasi barkPainHgKgf/cm 2 Psi(lb/in 2 )atm

13 Tabel Konversi Unit SatuanbarkPa In Hg Kgf/cm 2 Psiatm Bar110029,53 1,019 14,50,98 kPa ,295 0, ,145 0,0098 0,0098 InHg Kgf/cm Psi atm

14 Example - 1 BarkPainHg Kgf/cm 2 Psiatm Carilah konversi unit dengan mengisi kolom-kolom yang kosong!

15 Example - 2 BarkPainHg Kgf/cm 2 Psiatm Carilah konversi unit dengan mengisi kolom-kolom yang kosong!

16 Example - 3 BarkPainHg Kgf/cm 2 Psiatm Carilah konversi unit dengan mengisi kolom-kolom yang kosong!

17 Latihan soal (waktu 30 menit) NoBarkPainHg Kgf/cm 2 Psiatm

18 Jawaban soal NoBarkPainHg Kgf/cm 2 Psiatm


Download ppt "CHAPTER -1 PRESSURE / TEKANAN Defenisi Pressure (tekanan) adalah gaya yang diberikan pada per unit area. Bisa juga dijelaskan bahwa pressure adalah ukuran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google