Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WORKSHOP EVALUASI PROGRAM BOS INFORMASI PROGRAM BOS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WORKSHOP EVALUASI PROGRAM BOS INFORMASI PROGRAM BOS."— Transcript presentasi:

1 WORKSHOP EVALUASI PROGRAM BOS INFORMASI PROGRAM BOS

2 PROGRAM BOS TAHUN 2013 EVALUASI

3 Kinerja Penyaluran BOS Tahun 2013: Waktu Penuntasan Penyaluran 3  Triwulan I:  6 minggu, lebih lambat dari 2012 (2 minggu).  Triwulan II:  4 minggu, lebih lambat dari 2012 (3 minggu).  Triwulan III:  4 minggu, lebih lambat dari 2012 (3 minggu).  Triwulan IV:  Belum terlaksana.

4 Kinerja Penyaluran BOS Tahun 2013: Ketepatan Waktu Pencairan (SP2D)  Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (pencairan paling lambat 7 hari kerja semenjak dana masuk ke Kas Umum Daerah), maka pencairan dana BOS tahun 2013:  Triw-1: 68,54 % dana yang tepat waktu (di 20 prov).  Triw-2: 60,10 % dana yang tepat waktu (di 18 prov).  Triw-3: 51,96 % dana yang tepat waktu (di 19 prov). 4

5 Kinerja Penyaluran BOS Tahun 2013: Ketepatan Waktu Pencairan Dana (SP2D) 5 Triwulan ITriwulan IITriwulan III

6 Isu Utama Terkait Pencairan/Penyaluran  Ketepatan penyaluran dana ke rekening sekolah lebih penting daripada hanya ketepatan peneribitan SP2D.  Evaluasi selama ini, kecepatan penerbitan SP2D tidak identik dengan kecepatan penerimaan dana di rekening sekolah (setelah dilakukan cross check dengan laporan Monev BOS Online dari Bank Penyalur).  Kemdikbud telah mengembangkan sistem pemantauan proses penyaluran dana BOS ke rekening sekolah secara online, sebagai bukti otentik kapan dan berapa jumlah dana yang diterima sekolah.  Sistem sudah digunakan secara penuh pada pencairan dana BOS tahun

7 Kinerja Penyaluran BOS Tahun 2013: Ketepatan Waktu Penyaluran (Laporan Bank)  Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (penyaluran paling lambat 7 hari kerja semenjak dana masuk ke Kas Umum Daerah), maka penyaluran dana BOS tahun 2013:  Triw-1: tepat waktu di 12 provinsi.  Triw-2: tepat waktu di 11 provinsi.  Triw-3: tepat waktu di 11 provinsi. 7

8 Kinerja Penyaluran BOS Tahun 2013: Ketepatan Waktu Penyaluran Dana BOS ke Sekolah 8 Triwulan ITriwulan IITriwulan III

9 Kinerja Penyaluran BOS Tahun 2013: Ketaatan Penyampaian Laporan Penyaluran Dana oleh Bank 9 Triwulan ITriwulan IITriwulan III

10 Provinsi/Bank Yang Tdk/Blm Melapor 10  Triwulan 1:  Maluku Utara (Bank Mandiri)  Triwulan 2:  Lampung (Bank Lampung), Maluku (Bank Maluku) dan Maluku Utara (Bank Mandiri)  Triwulan 3:  Bengkulu (Bank Bengkulu), Jambi (PT Pos Jambi), NTB (Bank NTB), DKI (Bank DKI), Sumatera Utara (Bank Sumut), Aceh (Bank Aceh), Maluku Utara (Bank Mandiri) Catatan: Maluku triw-2 belum lapor tapi triw-3 malah sudah lapor?

11 Pengendapan Dana BOS Tahun 2013 Triwulan ITriwulan IITriwulan III 11

12 Bank Yang Mengendapkan Dana Lebih Dari 7 Hari 12  Triwulan 1:  NTT (Bank NTT - 13 hr), Kalimantan Tengah (PT Pos Kalteng - 11 hr), Maluku (Bank Maluku - 11 hr), Sulawesi Utara (BRI - 13 hr), Papua (Bank Papua hr).  Triwulan 2:  NTT (Bank NTT - 11 hr), Kalimantan Tengah (PT Pos Kalteng - 22 hr).  Triwulan 3:  NTT (Bank NTT - 12 hr), Kalimantan Tengah (PT Pos Kalteng - 21 hr), Sulawesi Barat (Bank Sulselbar - 10 hr). Catatan: Triw-1 Papua masuk di triw-2 karena dilaporkan sebagai penyaluran triw-2 tgl 17 Juni.

13 Laporan Penggunaan Dana BOS oleh Sekolah Secara Online 13  Tim BOS Pusat telah menyediakan sistem pelaporan penggunaan dana BOS oleh sekolah secara online melalui  Setiap sekolah mengisi dengan menggunakan nomor registrasi dan password seperti pada pengisian Dapodik.  Laporan Triwulan 1: lebih dari 23 ribu sekolah.  Laporan Triwulan 2: lebih dari 12 ribu sekolah.

14 Diskripsi Penggunaan Dana BOS 2013 di Sekolah 14 Gambar di samping merupakan rekapitulasi laporan online dari sekolah melalui web BOS

15 Hutang Kewajiban BOS  Laporan dari provinsi kepada pusat tentang rekapitulasi penggunaan dana BOS di sekolah (format BOS K-10).  Laporan dari kabupaten kepada provinsi tentang rekapitulasi penggunaan dana BOS di sekolah (format BOS K-8).  Laporan dari sekolah kepada kabupaten tentang rekapitulasi penggunaan dana BOS di sekolah (format BOS K-7).

16 Kebijakan Anggaran BOS  Sesuai Surat Edaran Kemenkeu, kekurangan dana tahun 2013 tidak dapat dibayarkan pada tahun anggaran  Kekurangan dana di sekolah pada triwulan IV harus dituntaskan paling lambat Desember  Laporan BOS K-9 triwulan IV akan menentukan besar transfer dana triwulan I tahun  Penyusunan harus hari-hati, terlebih kalau lebih.

17 HASIL PENGOLAHAN KUANTITATIV MONEV TRIW I

18 Update Data Untuk Pencairan Dana 18

19 Penerapan Syarat Pencairan di Sekolah 19

20 Syarat Pencairan Dana di Sekolah 20

21 Sosialisasi Kebijakan Lebih/Kurang Dana 21

22 Penyusunan RKAS di Sekolah 22

23 Pengambilan Dana BOS 23

24 Kelengkapan Administrasi di Sekolah 24

25 PROGRAM BOS TAHUN 2014 WACANA/RENCANA

26 Kebijakan Alokasi BOS di Sekolah 26  Telah diusulkan alokasi dana BOS bagi sekolah yang jumlah siswanya sedikit (sekolah kecil)  Ambang batas jumlah siswa tingkat SD 80 siswa dan tingkat SMP 120 siswa  Kebijakan alokasi dana BOS bagi sekolah kecil masih didiskusikan untuk mengurangi ekses negatifnya

27 Kebijakan... (lanjutan) 27  Alokasi dibedakan jadi 2 kelompok, yaitu:  Sekolah kecil (jumlah siswa di bawah ambang batas) dengan alokasi fix/base cost:  SD:80 x unit cost  SMP:120 x unit cost  Sekolah besar (jumlah siswa di atas ambang batas) dengan alokasi variable cost:  SD:jumlah siswa x unit cost  SMP:jumlah siswa x unit cost

28 Ketentuan Sekolah Kecil 28  Yang bisa dikategorikan sebagai sekolah kecil untuk mendapatkan alokasi fix/base cost:  Terletak di daerah yang terisolir/terpencil/ terluar/pedalaman.  Jumlah populasi anak sekolah di daerah tersebut sedikit.  Jumlah siswa terpaksa terbatas karena adanya keterbatasan tertentu, seperti SLB.

29 Ketentuan... (lanjutan) 29  Sekolah yang bisa dikategorikan bukan sebagai sekolah kecil meskipun jumlah siswa dibawah ambang batas:  Sekolah eksklusif untuk keluarga yang kaya.  Sekolah yang cenderung terindikasi akan tutup.  Masih ada sekolah alternatif lain di sekitarnya.  Sekolah yang sengaja membatasi jumlah siswanya dengan tujuan untuk mendapatkan dana BOS yang besar.

30 Konsekuensi Kebijakan Sekolah Kecil 30  Kab/kota wajib melakukan verifikasi terhadap seluruh sekolah dengan jumlah siswa di bawah ambang batas untuk diperlakukan pengalokasian BOS secara khusus.  Kab/kota harus lebih teliti dalam memberikan ijin operasional terhadap sekolah baru.  Kab/kota harus mengedepankan alternatif penggabungan sekolah apabila memungkinkan.

31 Kebijakan Pendataan 31  Dalam pelaksanaan program BOS tahun 2014, mekanisme pendataan akan berpedoman pada data yang ada pada Dapodik, untuk:  Perencanaan alokasi dana BOS oleh Tim Manajemen BOS Pusat.  Perencanaan penyaluran dana BOS oleh DPKAD dan Tim Manajemen BOS Provinsi.

32 Kelebihan Pendataan Dapodik 32  Lebih akurat karena didasarkan pada daftar individu siswa.  Lebih akuntabel dalam pertanggungjawaban, karena data langsung dari sekolah dan tercatat.  Memotivasi sekolah untuk melakukan pendataan secara lengkap, sehingga data pokok pendidikan di kabupaten/kota/provinsi/pusat menjadi lengkap.

33 Keuntungan Dapodik Bagi BOS 33  Perencanaan alokasi anggaran oleh Tim Manajemen BOS Pusat menjadi lebih akurat.  Perencanaan penyaluran dana oleh provinsi menjadi lebih lancar, cepat dan akurat.  Penyusunan laporan pencairan/penyaluran BOS oleh Tim Manajemen BOS Provinsi menjadi lebih cepat.

34 Potensi Masalah Dlm Pendataan Dapodik 34  Unit sekolah baru yang belum memiliki NPSN dan siswa yang belum memiliki NISN sangat mungkin tidak terfasilitasi dalam pendataan, sehingga harus dilaporkan ke PDSP terlebih dahulu.  Sekolah yang mengalami keterbatasan dalam akses internet akan terhambat dalam melakukan pendataan.  Kemungkinan update data yang terhambat pada proses mutasi siswa.

35 Buku Teks Kurikulum  Pengadaan buku teks pelajaran untuk kurikulum 2013 yang terkait dengan BOS:  Tahun 2013, dana BOS tidak boleh digunakan untuk membeli buku teks pelajaran kurikulum  Tahun 2014, salah satu alternatif pengadaan buku teks pelajaran kurikulum 2013 adalah melalui BOS Buku. Alternatif lainnya adalah melalui DAK. Kebijakan ini masih belum diputuskan.

36 Pelaporan Keuangan BOS oleh Sekolah  Saat ini sedang finalisasi persiapan software pelaporan keuangan BOS tingkat sekolah.  Software akan diberikan secara gratis kepada sekolah melalui Tim BOS Provinsi/Kab/Kota dan dapat juga di download melalui  Tim Pusat (dibantu Proyek PRIORITAS) akan melatih manajer BOS seluruh Indonesia.  Pelatihan software ke sekolah dapat dilakukan oleh Tim BOS Kab/Kota/ Provinsi atau oleh Tim Pusat. 36

37 TERIMA KASIH SELESAI


Download ppt "WORKSHOP EVALUASI PROGRAM BOS INFORMASI PROGRAM BOS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google