Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRANSAKSI ONLINE Oleh : Nurhuda Budi Pamungkas. Pengertian Transaksi Jual Beli Secara Online  Transaksi secara online merupakan transaksi yang memudahkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRANSAKSI ONLINE Oleh : Nurhuda Budi Pamungkas. Pengertian Transaksi Jual Beli Secara Online  Transaksi secara online merupakan transaksi yang memudahkan."— Transcript presentasi:

1 TRANSAKSI ONLINE Oleh : Nurhuda Budi Pamungkas

2 Pengertian Transaksi Jual Beli Secara Online  Transaksi secara online merupakan transaksi yang memudahkan penjual dan pembeli bertemu ditempat berbeda walaupun jaraknya jauh.  Transaksi online adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli secara online melalui media internet, tidak ada perjumpaan langsung antara pembeli dan penjual.

3 Manfaat transaksi online adalah 1.Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.produk 2.Menurunkan biaya operasional (operating cost). Transaksi online adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadibiaya gaji

4 3.Melebarkan jangkauan (global reach). Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer. 4.Meningkatkan customer loyalty. Ini disebabkan karena sistem transaksi online menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.

5 5.Meningkatkan supply management. Transaksi online menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan. 5.Memperpendek waktu produksi. Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.

6 ISTILAH DALAM TRANSAKSI ONLINE 1.Market Order Adalah pengambilan posisi jual/beli yang harus segera dilaksanakan/dieksekusi seketika itu juga pada harga terbaik yang bisa diperoleh saat itu. Order ini digunakan untuk membuka posisi baru atau untuk melikuidasi posisi yang ada. 2.Limit Order Adalah pesanan pengambilan harga dengan batasan maksimum/minimum tertentu, dimana limit order ini dapat digunakan untuk membuka posisi baru (open position) dan melikuidasi posisi yang ada (liquidation position)

7 3.Stop Order Stop Order (juga disebut stop loss order) adalah order digunakan ketika harga diatas atau dibawah dari batas harga yang telah ditentukan (stop price). Order ini digunakan untuk membatasi kerugian/mengurangi resiko atau untuk melindungi keuntungan atas posisi yang terbuka. Dengan adanya stop order, pengguna/nasabah tidak harus selalu aktif memonitor pergerakan harga karena stop order akan berfungsi secara otomatis sesuai dengan batas harga yang diinginkan pengguna/nasabah.

8 Stop Order  Sell Stop Order adalah instruksi jual di harga terbaik apabila harga berada dibawah stop price. Order ini selalu berada dibawah harga market yang sedang berjalan. Misalnya seorang nasabah hendak mempertahankan posisi beli produk indeks saham di level tetapi khawatir bila harganya jatuh maka ia dapat menempatkan sell stop order di level tertentu sesuai keinginannya misal di Ketika indeks saham jatuh melampaui , maka sell stop order tereksekusi (menjadi market order). Dengan demikian nasabah dapat membatasi kerugian atau melindungi atas posisi yang dimilikinya.  Buy Stop Order instruksi beli di harga terbaik yang juga digunakan untuk membatasi kerugian atas posisi jual yang ada ketika harga berada diatas stop price dari posisi jual tersebut.

9 Stop Order  Stop Limit Order merupakan kombinasi antara stop order dan limit order. Ketika stop price tercapai, stop limit order berubah menjadi limit order beli/jual di tingkat tidak lebih/kurang dari batas harga yang ditentukan sendiri.

10 4.One Cancel the Others (OCO) Merupakan penempatan order pada dua limit price. Apabila limit price pertama dapat dilaksanakan/dieksekusi maka limit price kedua akan secara otomatis dibatalkan. 5.Good Till Cancel (GTC) Adalah masa tenggang waktu berlakunya limit order hingga hari berikutnya apabila limit order tersebut belum tereksekusi (pending), dan limit order tersebut dapat dibatalkan (cancel).

11 Isu Keamanan Transaksi 1.Ketidakamanan transaksi secara online 2.Meningkatnya Kejahatan Komputer 3.Serangan Terhadap Keamanan Sistem Informasi

12 Peningkatan keamanan 1.Pendekatan Kepercayaan dalam e-commerce Hermnann (2004) mengemukakan pendekatan untuk mengembangkan metode menciptakan kepercayaan dalam lingkungan e-commerce dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan strategi privasi, komunikasi terpercaya melalui web antar muka, regulasi dan segel, strategi keamanan, pemodelan matematika, perantara pembayaran dan penyedia asuransi, sistem reputasi, dan alternatif penyelesaian sengketa.

13 2.Dampak Kepercayaan terhadap Proses Bisnis Proses bisnis dalam sistem transaksi e-commerce perusahaan rentan terhadap serangan. Untuk mengatasinya maka harus dilakukan analisis keamanan informasi yang terperinci. Kegiatan ini seringkali menimbulkan anggaran tambahan yang mau tidak mau harus diberikan karena tanpa adanya kepercayaan dari pengguna, transaksi bisnis tidak akan tercapai sama sekali.

14 3.Keterbatasan Kepercayaan dalam e-commerce Salah satu keterbatasan kepercayaan dalam e- commerce adalah kurangnya privasi. Kurangnya privasi menyebabkan pembeli bertindak secara anonim atau pseudonymously tanpa mengungkapkan identitas yang sebenarnya.

15 Konsep Pemodelan Kepercayaan  Andert (2002) mengemukakan konsep pemodelan kepercayaan sebagai sebuah arsitektur teknologi informasi.  Penerapan mekanisme keamanan informasi memerlukan perencanaan arsitektur yang didasarkan pada pemodelan kepercayaan sebagaiframework.

16 1.Kepercayaan Langsung (Direct Trust) Kepercayaan langsung terjadi ketika validasi dapat dilakukan tanpa bergantung kepada entitas lain. Tidak ada delegasi kepercayaan, karena semua pihak merupakan subordinat dari hirarki kepercayaan. 2.Kepercayaan Transitif (Transitive Trust) Kepercayaan transitif adalah kepercayaan yang ditransmisikan melalui pihak lain. Kepercayaan transitif memungkinkan hal berikut ini:  Entitas A memvalidasi dan mempercayai entitas B.  Entitas B memvalidasi dan mempercayai entitas C.  Entitas A mempercayai tetapi tidak perlu memvalidasi Entitas C. Sebagai contoh, Entitas A mempercayai entitas C, tetapi tidak melakukan otentikasi entitas asli dari Entitas C.

17 Kepercayaan Asumtif (Assumptive Trust)  Kepercayaan asumtif adalah model yang sebelumnya digambarkan sebagai kepercayaan spontan. Dalam model ini tidak ada keharusan, eksplisit, ataupun validasi kepercayaan langsung.  Contoh dari pemodelan kepercayaan asumtif adalah web kepercayaan pretty good privacy (PGP). Validasi entitas pada dasarnya adalah seseorang secara pribadi menjamin orang lainnya.  Walaupun web kepercayaan ini memiliki ketentuan seperti penandatanganan pesan , hal ini tidak cukup memadai dalam lingkungan bisnis.

18 Rekening internet Rekening internetmerupakan alat yang penting bagi para pebisnis online. Tanpa memilikinya, para pebisnis online akan menemui kesulitan dalam menjalankan usahanya. Dengan kata lain, rekening internet dapat mempermudah proses bisnis secara online.

19 Keunggulan Rekening Internet 1.Persamaan mata uang. Pelaku bisnis dapat memilih mata uang utama yang akan digunakan, misalnya USD. Transaksi antar rekening internet lain dengan mata uang yang sama akan menekan biaya kura mata uang atau kurs. 2.Biaya transfer yang terjangkau. Biaya dalam proses transaksi pada sesama rekening internet pada umumnya terjangkau sehingga tidak akan membebani para pelaku bisnis online. 3.Tingkat kepercayaan yang tinggi. Adanya mekanisme verifikasi pada tiap rekening internet akan menumbuhkan kepercayaan bagi para pelaku bisnis online dalam melakukan transaksi secara online.

20 Beberapa Kendala Penggunaan Rekening Bank Lokal 1.Perbedaan mata uang. Perbedaan mata uang akan mengakibatkan adanya biaya tukar mata uang atau kurs. Nilai besarnya tergantung kesepakatan antar pelaku, baik mengikuti kurs pasar atau atas penetapan bersama. 2.Biaya transfer yang tinggi. Proses transfer dana dari satu bank ke bank lain di negara yang berbeda memerlukan biaya. Besarnya biaya tergantung pada aturan bank yang berlaku. 3.Tingkat kepercayaan yang rendah. Tidak adanya mekanisme untuk verifikasi antar pelaku bisnis mengakibatkan tingkat kepercayaan rendah untuk penggunakan bank lokal.

21 Fungsi Rekening Internet 1.Media perantara antara penjual dan pembeli 2.Mempermudah proses transaksi secara online 3.Dapat digunakan untuk verifikasi terhadap pelaku bisnis online

22 Metode pembayaran bisnis Internet 1.PayPal. PayPal merupakan rekening internet yang paling banyak digunakan dan bisa digunakan di hampir semua negara. Proses verifikasi akun PayPal memerlukan kartu kredit. 2.AlertPay. AlerPay fungsinya hampir sama dengan PayPal, yaitu sebagai lat pembayaran secara online. Perbedaan dengan PayPal adalah pada proses verifikasi. Verifikasi akun AlertPay adalah dengan mengirimkan kartu identitas dan dokumen lainnya, mialnya tagihan telepon, tagihan listrik, atau dokumen yang lainnya.

23 Metode pembayaran bisnis Internet 3.Liberty Reserve. Liberty Reserve merupakan salah satu e-currency yang 100% dibackup oleh U.S. dollars (LR-USD), atau oleh Emas (LR-gold). LR dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau “alat investasi” anda. Liberty Reserve ini terintegrasi dengan suatu metode pembayaran dalam bentuk rekening yang beroperasi secara online.

24 Metode pembayaran bisnis Internet 4.Rekening Bank Lokal Penggunaan rekaning bank lokal sangat mudah. Metode ini sangat cocok bagi kita yang berkonsentrasi di pasar lokal Indonesia. 5.Kartu Kredit Kartu kredit sangat populer untuk membeli barang atau jasa secara online. Salah satu kelemahannya adalah rawan terjadinya pembobolan karena kita membagikan informasi kartu kredit ke semua merchant yang kita kunjungi.

25 Metode pembayaran bisnis Internet 6.Cek Pembayaran dengan cek umumnya dilakukan oleh jaringan affiliasi untuk membayar para anggotanya, misalnya Google AdSense, Adbrite, ClickBank, dll. Cek dikirim langsung ke alamat anggota dan dicairkan di bank lokal. Salah satu kelemahan metode cek adalah proses pencairan yang lama (30 hari) dan biaya yang besar (US$10 – US$30). 7.Western Union Western Union merupakan jasa pengiriman uang ke berbagai penjuru dunia secara real time. Kelebihan WU antara lain aman, cepat, dan bisa langsung cair dalam hitungan detik.


Download ppt "TRANSAKSI ONLINE Oleh : Nurhuda Budi Pamungkas. Pengertian Transaksi Jual Beli Secara Online  Transaksi secara online merupakan transaksi yang memudahkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google