Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASA PEMAPANAN SASTRA INDONESIA Tahun

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASA PEMAPANAN SASTRA INDONESIA Tahun"— Transcript presentasi:

1 MASA PEMAPANAN SASTRA INDONESIA Tahun 1965-1998
Anggota Kelompok: Dwi Cahyaningsih ( ) Laela Nur M. ( ) Hellen ( ) Rini Andini Jamco ( ) Dewi Maharani G. ( )

2 Majalah horizon Pada bulan juli 1966 mulailah kegiatan budaya berupa penerbitan majalah horizon di bawah pimpinan Mochtar Lubis,sedangkan redaksinya adalah H.B Jasin, Zaini, Taufiq Ismail, Soe Hok Djin, dan D.S Moeldjanto. Penerbitnya adalah Yayasan Indonesia yang didirikan pada 31 mei 1966, visinya adalah mengembalikan krisis budaya yang telah terjadi selama belasan tahun dengan harapan tumbuhnya semangat baru untuk memperjuangkan demokrasi dan martabat manusia Indonesia. Nama Horizon berarti “kaki langit” atau cakrawala. Majalah ini mengutamakan sastra dengan kesadaran penuh bahwa bidang sastra berkedudukan strategi sebagai pendorong kreasivitas pemikiran, baik individu maupun antarbangsa.

3 Artikel penting pada awal terbitnya Horizon adalah deklarasi angkatan 66 oleh H.b jassin yang di muat Horizon nomor 2,agustus 1966,dengan judul angkaatan 66: bangkitnya satu generasi dan kemudian merupakan pengantar antropologi prosa dan puisi berjudul angkatan 66: prosa dan puisi susunan H.B Jassin yang diterbitkan pertama kali oleh gunug agung 1968. Gagasan tersebut menjadi popular dan menjadi polemik yang marak,baik di horizon maupun di penerbit yang lain.

4 Ada beberapa hal yang menarik tentang angkatan 66 yaitu:
Istilah angkatan dipakai dengan pengertian tumpang tindih dengan generasi dan periode Ada dua pihak yang berkepentingan dengan angkatan yaitu para pengarang dengan subjektivitas masing-masing dan penelaah atau peneliti yang seharusnya lebih objektif. Angkatan 66 dalam sastra Indonesia sudah terlanjur populer sehingga benas-salahnya terabaikan. Masalah angkatan dalam sejarah sastra Indonesia harus menjadi perhatian dan pemikiran para penelaah atau peneliti sastra.

5 Nama atau sebutan angka 66 dalam sastra Indonesia memang sudah terlanjur populer.
Cirikhas dari angkatan ini adalah bersemangat pancasila yang membawa kesadaran manusia untuk memperjuangkan kebenaran, keadilan, kesadaran moral dan agama. Jadi sastra angkatan 66 adalah protes sosial sejalan dengan maranknya perlawan publik terhadap kekuasaan yang mengalami krisis kepercayaan setelah krisis tragedy September 1965.

6 Sastra dan H.B Jassin Majalah sastra diterbitkan pertama kali pada 1 mei 1961 dan berjalan hingga maret 1964 dengan tokoh-tokoh di jajaran redaksi tercatat H.B Jassin, M.Balfas, D.S Moeljanto,Ekana Siswojo, toha Mohtar, Tatang M, zaini, A Wakidjan dan Ipe Ma’ruf. Sejak terbit pertama kali majalah ini sudah menjadi hasutan dan fitnahan kelompok Lekra dan berkehendak ak sosialsegala kegiatan kebudyaan, termasuk sastra, berada di bawah pengaruh dan kekuasaannya. Majalah ini terpaksa berhenti terbit setelah edisi maret Dan tiga tahun kemudian, pada November 1967 sastra di terbitkan lagi dengan redaksi : darsjaf Rachman, H.B Jassin, Muhlil Lubis, dan hamsad Rangkuti. Kemudian pada oktober 1969 sastra terpaksa berhewni terbit karena kasus pemuatan novel “langit makin mendung”. Karangan Kipandjikusin Cerpen ini bercertakan tentang kisah nabi Muhammad yang di anggap menghina Tuhan dan merusak akidah umat Islam dengan alasan didalamnya terdapat personifikasi Tuhan dan Nabu Muhammad. Akibatyna H.B jassin harus duduk di meja pengadilan Sumatera utara dan melarang beredar edisi agustus 1968 dan putusan pengadilan adalah hukuman satu tahun penja dengan masa pencobaan tahun.

7 Pusat Bahasa Berbicara tentang sejarah perkembangan sastra Indonesia pastilah tidak bisa mengabaikan peranan dan sumbangan lembaga pemerintah yang saat ini bernama Pusat Bahasa, yaitu pelaksana tugas di bidang penelitian dan pengembangan bahasa yang berada di bawah Menteri Pendidikan Nasional. Namanya pernah populer dengan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa yang merupakan kelanjutan sebuah instansi kecil bernama Lembaga Bahasa pada tahun 1950-an. Kantornya yang terbilang sederhana (untuk ukuran Jakarta) beralamat di Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur, bertetangga dengan kampus Universitas Negeri Jakarta yang dahulu bernama IKIP Negeri Jakarta. Di kampus itulah dahulu berjaya Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) yang kemudian berkampus di Depok dengan nama Fakultas Emu Budaya Universitas Indonesia.

8 Riwayat Ringkas Pusat Bahasa
Pada tahun 1947 Fakultas Sastra dan Filsafat Universitas Indonesia di bawah Departement van Onderwijs en Wetenschappen (Kementerian Pengajaran, Kesenian, dan Ilmu Pengetahuan) membentuk lembaga kegiatan ilmiah kebahasaan dan kebudayaan bernama Instituut voor Taal en Cultuur Onderzoek (ITCO). Lembaga tersebut memiliki tiga bagian, yaitu (1) Bagian Ilmu Kebudayaan pimpinan Prof. Dr. G.J. Held, (2) Bagian Ilmu Bahasa dan Kesusastraan pimpinan Prof. Dr. C. Hooykaas, dan (3) Bagian Leksikografi pimpinan W.J.S. Poerwadarminta. Tugasnya adalah meneliti dan menyalin naskah lontar dan Yayasan Kirtya Liefrink van der Tuuk, Museum Sono Budoyo, dan Yayasan Matthes di Makassar. Setelah pengakuan kedaulatan, pada tahun 1952 lembaga tersebut digabung dengan Balai Bahasa yang telah dibentuk Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Mr. Suwandi semasa berkedudukan di Yogyakarta, tepatnya pada Maret 1948 Gabungan ITCO dan Balai Bahasa itu menjadi Lembaga Bahasa dan Budaya, dan pada 1 Juni 1959 diubah menjadi Lembaga Bahasa dan Kesusastraan yang berkedudukan langsung di bawah Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan. Perubahan terjadi pada 3 November 1966 berupa pembentukan Direktorat Bahasa dan Kesusastraan, kemudian pada 27 Mei 1969 diubah menjadi Lembaga Bahasa Nasional, pada 1 April 1975 menjadi Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, dan sejak 24 Januari 2000 bernama Pusat Bahasa. Adapun fungsinya adalah merumuskan kebijakan Menteri dan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan bahasa, melaksanakan penelitian dan pengembangan bahasa serta membina unit pelaksana teknis di daerah.

9 Tokoh-tokoh yang pernah memimpin lembaga tersebut secara historis tercatat sebagai berikut:
Prof. Dr. G.J. Held (ITCO, ), Prof. Dr. Prijono (Lembaga Bahasa dan Budaya, ), Prof. Dr. P.A. Husein Djajadiningrat (Lembaga Bahasa dan Budaya, ), Prof. Dr. P.A. Husein Djajadiningrat (Lembaga Bahasa dan Kesusastraan, ), Dra. Lukijati Gandasubrata (Lembaga Bahasa dan Kesusastraan, ), Dra. Moliar Achmad (Lembaga Bahasa dan Kesusastraan, ), Dra. Sri Wulan Rudjiati Muljadi (Direktorat Bahasa dan Kesusastraan, ), Dra. Sri Wulan Rudjiati Muljadi (Lembaga Bahasa Nasional, ), Drs. Lukman Ali (Lembaga Bahasa Nasional, ), Dra. S.W. Rudjiati Muljadi (Lembaga Bahasa Nasional, ), Prof. Dr. Amran Halim (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, ), Prof. Dr. Anton M. Moeliono (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, ), Drs. Lukman Ali (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, ), Dr. Hasan Alwi (Pusat Bahasa, ), dan Dr. Dendy Sugono (Pusat Bahasa 2001-sekarang).

10 Penting juga dicatat bahwa selama kurun waktu antara tahun telah dihasilkan 472 topik penelitian kebahasaan dan 182 topik penelitian kesastraan, sedangkan penelitian bahasa daerah meliputi 241 bahasa daerah se-Indonesia dengan hasil topik penelitian. Di samping itu, tercatat juga penerbitan sekitar 370 judul penyusunan dan pembakuan kamus, dan penerjemahan 67 judul buku yang sebagian merupakan hasil kerja sama dengan Indonesian Linguistics Development Project (ILDEP).

11 Fakultas Sastra Pada awal dekade 1970-an nama Fakultas Sastra di Indonesia boleh dikatakan belum populer, kecuali Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) yang berkampus di Rawamangun, Jakarta, Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada (FSK UGM) di kampus Bulaksumur, Yogyakarta, dan Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran yang berkampus di Jalan Dipati Ukur, Bandung. Pada masa itu lulusan (alumni) FSUI, seperti M.S. Hutagalung, J.U. Nasution, Boen S. Oemarjati, B. Rangkuti, sudah dikenal sebagai pakar sastra Indonesia, bahkan sudah menerbitkan buku kritik sastra melalui penerbit Gunung Agung.

12 PIBSI (Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta) digagas dan dirintis oleh M. Sudjati (Fakultas Sastra Budaya Undip), Sudaryanto (Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM), Syaf E. Sulaiman (FKSS IKIP Negeri Yogyakarta), dan R.I. Mulyanto (Fakultas Sastra UNS Surakarta). Berlangsungnya PIBSI setiap tahun jelas merupakan prestasi tersendiri karena merupakan bukti semangat yang tak kunjung padam di kalangan para dosen sastra, sedangkan mute atau kualitasnya hams dipandang sebagai proses yang berkepanjangan. Sementara itu, seminar di luar agenda Hiski dan PIBSI sepanjang tahun an cukup banyak. Di Jakarta ada Melani Budianta. Maman S. Mahayana, Ibnu Wahyudi, dan Sunu Wasomo. Di Yogyakarta ada Faruk, Sugihastuti, Suminto A. Sayuti. Suwardi Endraswara dan Jabrohim. Di Semarang ada Nurdien H. Kistanto, Mudjahirin Tohir, Rustono, Redyanto Noor; di Surabaya ada Setyo Yuwana Sudikan; di Malang ada Wahyudi Siswanto; di Jember Ayu Sutarto; di Denpasar Nyoman Kutha Ratna; di Pontianak ada Chairil Effendi, sedangkan di Padang harus dicatat Harris Effendi Tahar, Ivan Adilla, dan Hasanuddin W.S.

13 Sastra Indonesia di Mancannegara
Sejalan dengan perubahan dan perkembangan zaman yang semakin jauh dari semangat jajah-menjajah maka tampaklah pertumbuhan pusat-pusat pengkajian kebudayaan Indonesia di manca- Negara: Cina, Korea, jerman, dan lain-lain. Kegiatan mereka dapat dipandang sebagai pendorong dan pemacu perkembangan studi sastra di Indonesia. Artinya, kalau di luar negeri pun berkembang stadi sastra Indonesia, seharusnya perkembangan di dalam negeri semakin mapan.

14 Dewan Kesenian Jakarta (DKJ)
Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) tidak mungkin ditinggalkan dalam pembicaraan sastra Indonesia yang pada tahun 1970-an boleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 3 Juni 1968, terdiri atas 25 orang seniman-budayawan terkemuka. Tujuannya adalah murumuskan konsep pembangunan budaya yang memberi ruang gerak leluasa bagi seniman untuk menyuarakan pencerahan bangsa.

15 Sementara itu, Hadiah Sastra untuk buku sastra (novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan esai) yang dinilaiterbaik pada tahun yang bersangkutan telah menikmati juga oleh sejumlah sastrawan, antara lain tercatat sebagai berikut: Budi Drama dengan novel Olenka. Dami N. Toda dengan buku esai Hamba-Hamba Kebudayaan (1984). Danarto dengan karyanya Adam Ma’rifat. Supardi Djoko Damono dengan buku puisi Perahu Kertas. Sitor Situmorang derngan buku Peta Perjalanan. Subagio Sastrowardoyo dengan buku Sastra Hindia Belanda dan Kita. Sutardji Calzoum Bachri dengan buku Amuk (tahun 1976/1977). YB Mangunwijaya dengan buku Sastra dan Religiositas (1983).

16 Sastra popular Sastra populer adalah sastra yang populer pada masanya dan banyak pembacanya, khususnya pembaca di kalangan remaja. Sastra populer tidak menampilkan permasalahan kehidupan secara intens. Sebab jika demikian, sastra populer akan menjadi berat dan berubah menjadi sastra serius (Nurgiantoro, 1998:18). Sebutan sastra populer mulai merebak setelah tahun 70-an. Sering pula sastra yang terbit setelah itu dan mempunyai fungsi hiburan belaka, walaupun bermutu kurang baik, tetap dinamakan sebagai sastra populer atau sastra pop (Kayam, 1981: 82). Sastra populer adalah semacam sastra yang dikategorikan sebagai sastra hiburan dan komersial. Kategori hiburan dan komersial ini disangkutkan pada selera orang banyak.

17 Karya sastra Habiburrahman dapat dikatakan sastra populer islam karena mengandung nilai-nilai keislaman yang kental.  Beberapa karya populernya yang telah terbit antara lain, Ketika Cinta Berbuah Surga (MQS Publishing, 2005), Pudarnya Pesona Cleopatra (Republika, 2005), Ayat-Ayat Cinta (Republika-Basmala, 2004), Diatas Sajadah Cinta (telah disinetronkan Trans TV, 2004), Ketika Cinta Bertasbih (Republika-Basmala, 2007), Ketika Cinta Bertasbih 2 (Republika-Basmala, 2007) dan Dalam Mihrab Cinta (Republika-Basmala, 2007).

18 Kritik dan Esai Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, 1997 : 531 ), disebutkan kritik adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap sesuatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Sedangkan esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya (Depdikbud, 1997: 270 ).

19 H.B. Jasin mengemukakan bahwa kritik kesusastraan adalah pertimbangan baik atau buruk suatu hasil kesusastraan. Pertimbangan itu disertai dengan alasan mengenai isi dan bentuk karya sastra. Widyamartaya dan Sudiati (2004 : 117) berpendapat bahwa kritik sastra adalah pengamatan yang teliti, perbandingan yang tepat, dan pertimbangan yang adil terhadap baik-buruknya kualitas, nilai, kebenaran suatu karya sastra. Memberikan kritik dan esai dapat bermanfaat untuk memberikan panduan yang memadai kepada pembaca tentang kualitas sebuah karya. Di samping itu, penulis karya tersebut akan memperleh masukan, terutama tentang kelemahannya.

20 Prinsip dalam menyusun kritik dan esai,
Pokok persoalan yang dibahas harus layak untuk diulas dan hasil ulasannya harus memberikan keterangan atau memperlihatkan sebab musabab yang berkaitan dengan suatu peristiwa yang nyata. Jadi yang terpenting bukan apa yang diulas, tetapi bagaimana cara penulis memberikan ulasannya. Pendekatan yang digunakan harus jelas, apakah persoalan didekati dengan pendekatan faktual atau imajinatif? Pendekatan faktual maksudnya mendekati pokok persoalan berdasarkan fakta dan datanya sebagaimana diserap pancaindra. Pendekatan imajinatif maksudnya mendekati pokok persoalan berdasarkan apa yang dibayangkan atau diangankan. Ulasan yang menggunakan pendekatan faktual harus didukung oleh fakta yang nyata dan objektif. Penulis tidak bleh mengubah fakta untuk mendukung pandangannya. Pernyataan yang diungkapkan harus jelas, jangan samar-samar, harus dapat dipercaya, tidak disangsikan atau disangkal, dan dapat dibuktikan kebenarannya. Pernyataan yang diungkapkan harus jelas, jangan samar-samar, harus dapat dipercaya, tidak disangsikan atau disangkal, dan dapat dibuktikan kebenarannya.

21 fungsi kritik sastra Membina dan mengembangkan sastra.
Pembinaan apresiasi sastra. Menunjang dan mengembangkan ilmu sastra.

22 Sejarah Esai Esai mulai dikenal pada tahun 1500-an dimana seorang filsuf Perancis, Montaigne, menulis sebuah buku yang mencantumkan beberapa anekdot dan observasinya. Buku pertamanya ini diterbitkan pada tahun 1580 yang berjudul Essais yang berarti attempts atau usaha. Montaigne menulis beberapa cerita dalam buku ini dan menyatakan bahwa bukunya diterbitkan berdasarkan pendapat pribadinya. Esai ini, berdasarkan pengakuan Montaigne, bertujuan mengekspresikan pandangannya tentang kehidupan.

23 Tipe-tipe Esai Ada enam tipe esai, yaitu: Esai kritik Esai reflektif.
Esai pribadi Esai cukilan watak Esai tajuk. Esai deskriptif.

24 Ciri-ciri Esai Berbentuk prosa Singkat Memiliki gaya pembeda
Selalu tidak utuh Memenuhi keutuhan penulisan. Mempunyai nada pribadi atau bersifat personal,

25 Langkah-langkah membuat Esai
Tentukan topik Bila topik telah ditentukan, anda mungkin tidak lagi memiliki kebebasan untuk memilih. Buatlah outline atau garis besar ide-ide anda. Tujuan dari pembuatan outline adalah meletakkan ide-ide tentang topik anda dalam naskah dalam sebuah format yang terorganisir. Tuliskan esai anda dalam kalimat yang singkat dan jelas. Suatu pernyataan esai mencerminkan isi esai dan poin penting yang akan disampaikan oleh pengarangnya. Tuliskan tubuh esai anda: Mulailah dengan poin-poin penting kemudian buatlah beberapa sub topik dan kembangkan sub topik yang telah anda buat. Buatlah paragraf pertama (pendahuluan). Tuliskan kesimpulan. Teliti kembali tulisan anda.

26 Pakar Sastra Peta kepengarangan:
Antologi Biografi pengarang sastra Indonesia l920_1950 (Anita K. Rustapa dkk.,1997) Antologi Biografi Tiga puluh pengarang sastra Indonesia Modern (Atisah, 2002), Bibliografi Sastra Indonesia (pamusuk Eneste, 2001) Baku Pintar Sastra Indonesia (pamusuk Eneste, 200i1), Leksikon Kesusastraan Indonesia Moderz (pamusuk Eneste,1990), Leksikon Seniman Jawa Tbngah: Edisi I (Anggoro Suprapto,1996), Pengantar Novel Indonesia (Jakob Sumardjo, 1991), Ringkasan dan ulasan Nover Indonesia (Maman S. Mahayana dkk., 1992).

27 Data-data ringkas pakar sastra
Abdul Hadi W.M (kelahiran Sumenep, Madura, Vlllurlli1946) memperoleh pendidikan di Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada (I964-L967), Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada ( ), dan Pusat Pengkajian Ilmu Kemanusiaan Universitas Sains Malaysia hingga memperoleh M.A. dan Ph.D. (1992 dan 1996). Pernah menjadi redaktur tabloid Gema Mahasiswa (Universitas Gadjah Mada), mingguan Mahasiswa Indonesia, majalah Budaya Jaya, pengasuh rubrik kebudayaan "Dialog" Berita Buana, staf ahli Bagian Pernaskahan Balai Pustaka, Ketua Komite Sasta Dewan Kesenian Jakarta, Ketua Dewan Kesenian Jakarta dan sejak 1998 menjadi dosen tetap Universitas Paramadina-Mulya Jakarta, dosen luar biasa Fakultas'Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dan dosen Pascasarjana Program Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Karyanya yang terkenal: Laut Belum Pasang (1971), Potret Paniang Seorang Penguniung Pantai Sanur (I975), Meditasi (1976), tergantung pada Angin (1977), Anak Laut Anak Angin (1982), Pembawa Matahari (2002), dan Madura, Luang Prabhang (2006). Pernah menerima penghargaan darl, Horison (1969), Dewan Kesenian Jakarta (1978), Anugerah Seni Pemerintah Republik Indonesia (1979), Hadiah Sastra ASEAN (1985), Yayasan Buku Utama (2001), dan Hadiah Mastera (2003).

28 Ahmad Tohari (kelahiran Banyumas, Jawa Tengah, 13 Juni 1948) terkenal dengan novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dini Hari (1985), dan Jantera Bianglala (1986). Karyanya yang lain: novel Di Kaki Bukit Cibalak (1986), Kubah (1995), Lingkar Tanah Lingkar Air (1995), Bekisar Merah (1993), Belantik (2001), Orang-Orang Proyek (2002),kumpulan cerpen Senyum Karyamin (1989) dan Nyanyian Malam (2000). Kepengarangannya telah dibahas Yudiono K.S.dalam Ahmad Tohari: Karya dan Dunianya (2003). Putu Wijaya (kelahiran Tabanan, Bali, 11 April I9M) dikenal sebagai pengarang yang produktif dan sering mendapat hadiah sayernbara mengarang. Kepengarangannya telah dibahas Th Sri Rahayu Prihatmi dalam disertasi di UI (1993) dan dalam buku Karya-Karya PutuWijaya Perjalanan Pencarian Diri (2001). Pada mulanya ia terkenal dengan novel Bila Malam Bertamhah Malam (1971), kemudian Telegram (1972), Pabrik (1977), Stasiun (1977), dan belasan novel dan drama.

29 Bacaan Terpilih Dari Bibriografi sastra Indonesia (Eneste,2001a) tercatat 203 judul buku kumpulan cerpen, 253 judul buku novel, 672 judul buku puisi, dan 95 judur drama terbitan tahun Kumpulan Cerpen: Adam Ma'rifat (Danarto, 1992) Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan (pilihan Kompas, 1997) Bom (Putu ) Wijaya, 1978 Senyum Karyamin (Ahmad Tohari, l989) Sri Sumarah dan Cerita Pendek Lainnya (Umar Kayam, 1986)

30 Kumpulan Novel: Anak Tanah Air ( Ajip Rosidi, 1985) Bila Malam Bertambah Malam (Putu Wijaya, l97l) Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer, 1980) Burung-Burung Manyar (Y.B. Mangunwijaya, 1981) Harimau! Harimau! (Mochtar Lubis, 1975) Dll. Kumpulan puisi: Abad yang Berlari (Afrizal Malna, 1984) Asmaradana (Goenawan Mohamad, 1992) Bangsat (Darmanto Jatman, 1974)

31 Daftar Pustaka Yudiono K.S.,pengantar sejarah sastra indonesia.Grasindo:Jakarta.2007

32 TERIMAKASIH


Download ppt "MASA PEMAPANAN SASTRA INDONESIA Tahun"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google