Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt • Nov • Des 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt • Nov • Des 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Carl Cosaert, PhD, Kontributor Utama

5 "... kitab Galatia (ditambah surat Roma). Adalah penyebab lahirnya Protestanisme. Ketika Martin Luther membaca kitab Galatia maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) juga berhutang pada kitab Galatia. Dengan mempelajari kitab Galatia, E.J. Waggoner dan A.T. Jones telah menolong GMAHK pada tahun 1880-an dan 90-an menemukan kembali kebenaran dari kebenaran oleh iman (righteousness by faith). Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 "... kitab Galatia... padat dan jelas,... kaya akan tema-tema yang sangat berkuasa meskipun dibawakan dari sudut penggembalaan dan bersifat lebih pribadi...“ Pelajaran Sekolah Sabat Triwulan ini... memberikan kepada kita kesempatan untuk merefleksikan pengertian kita tentang Injil." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Injil Dalam Kitab Galatia Daftar Isi 1. Paulus: Rasul bagi Bangsa Non-Yahudi 2. Otoritas Paulus dan Injil 3. Kesatuan Injil 4. Pembenaran oleh Iman Saja 5. Iman Perjanjian Lama 6. Prioritas Janji 7. Jalan Menuju Iman 8. Dari Budak Menjadi Ahli Waris 9. Nasihat Penggembalaan Paulus 10. Dua Perjanjian 11. Kemerdekaan Dalam Kristus 12. Hidup oleh Roh 13. Injil dan Gereja 14. Bermegah dalam Salib

9 Pelajaran 7 Jalan Menuju Iman

10 Kata-Kata Pembuka Tanpa hukum Allah, manusia tidak akan tahu apa itu dosa atau apa yang Allah harapkan dari mereka. Namun, memelihara hukum membutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan, melainkan memerlukan kekuatan yang datang hanya dari pemberi hukum itu, disalurkan melalui Kristus

11 AYAT HAFALAN “Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu dibawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya ” (Galatia 3:22).

12 FAKTA •Ada kalanya kita “kehilangan arah” termasuk dalam hal kerohanian. Bahkan setelah menerima Kristus pun kita bisa saja tersesat, bahkan ada yang tidak kembali lagi kepada Kristus.

13 Khabar baik: 1.Allah tidak akan meninggalkan kita sendiri. Dia sudah memberikan jalan menuju iman, seperti yang dinyatakan dalam injil, dan jalan itu melibatkan hukum-Nya. 2.Tanpa hukum Allah, kita tidak akan memiliki injil. Sangatlah sukar, untuk memahami injil tanpa hukum-Nya

14 Black Jalan Menuju Iman Sekilas Pandang 1. HUKUM SEBAGAI PENGATUR (GALATIA 3:21) 2. HUKUM SEBAGAI “PENJAGA” ( GALATIA 3:23 ) 3. HUKUM SEBAGAI PENUNTUN (Galatia 3:24-25)

15 Black Jalan Menuju Iman 1. HUKUM SEBAGAI PENGATUR (GALATIA 3:21)

16 Galatia 3:21 “Kalau demikian, bertentangankah hukum Taurat dengan janji-janji Allah? Sekali-kali tidak. Sebab andaikata hukum Taurat diberikan sebagai sesuatu yang dapat menghidupkan, maka memang kebenaran berasal dari hukum Taurat.” Hukum dan Janji

17 Apakah Hukum Taurat Bertentangan dengan Janji? •Jawab Paulus: “TIDAK,” sebab Allah tidak mungkin bertentangan dengan diri-Nya sendiri. •Allah memberikan baik janji maupun hukum. Hukum itu bukan merupakan suatu hal yang ganjil bagi janji. Keduanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam rencana keselamatan yang Allah buat secara keseluruhan.

18 Peranan Hukum Taurat Pelajaran SSD, Minggu 06 Nopember 2011 “...hukum Taurat mengatur kehidupan dalam perjanjian, tetapi kemudian... kesanggupan untuk “menghidupkan” adalah kuasa Allah dan Roh-Nya saja”

19 Peranan Hukum Taurat Mencoba membuktikan ketidaksanggupan hukum Taurat memberi kehidupan. Paulus menulis dalam Galatia 3:22, “Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu dibawah kekekuasaan dosa.”

20 Apa Maksud ungkapan: “...Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu dibawah kekekuasaan dosa.” •Oleh karena penyebaran dosa begitu luas dan terbatasnya hukum Taurat, janji hidup kekal dapat kita terima hanya melalui kesetiaan Kristus pada kita.

21 DISKUSIKAN Walaupun hukum Taurat tidak dapat menyelamatkan kita, Apakah manfaat yang kita peroleh dari kesetiaan kita menuruti hukum? Manfaat praktis apakah yang Anda dapatkan dalam hidup Anda melalui penurutan hukum Allah?

22 Black Jalan Menuju Iman 2. HUKUM SEBAGAI “PENJAGA” ( GALATIA 3:23 )

23 Galatia 3:23 “Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.”

24 “Sebelum iman itu datang” “... dalam bahasa Yunani sesungguhnya ditulis, “Sebelum iman itu“ datang. Sebab Paulus ingin membedakan posisi hukum Taurat sebelum dan sesudah Kristus (Galatia 3 : 24),“iman itu“ sangatlah mungkin merupakan referensi bagi Yesus itu sendiri dan bukan pada iman Kristen secara umum.

25 2 Konotasi dari ungkapan “dibawah hukum Taurat”? 1.Sebagai satu alternatif jalan keselamatan (Galatia 4 : 21). Para penentang di Galatia berusaha mendapatkan kebenaran yang menghidupkan dengan jalan penurutan. 2.Dalam arti berada di bawah penghukumannya. (Roma 6 :14, 15). Hukum Taurat bertindak sebagai pengawas penjara, mengurung setiap orang yang telah melanggar hukum dan menjatuhkan hukuman mati kepada mereka.

26 Apakah yang Paulus katakan mengenai Hukum Taurat dalam Galatia 3;19-24? Ungkapan Paulus mengenai hukum Taurat dalam Galatia 3:19-24 dapat dipandang sebagai sesuatu yang negatif atau positif.

27 •Kata Yunani yang diterjemahkan “dibawah pengawalan” (ayat 23) sesungguhnya memiliki arti “menjaga.” (Positif) •Meskipun dapat juga menggunakan istilah negative, seperti “di bawah penjagaan” atau “diawasi” (2 Korintus 11:32), •dalam Perjanjian Baru secara umum ungkapan “dibawah pengawalan” memiliki pengertian yang positif “melindungi” atau “memelihara” (Filipi 4:7; 1Petrus 1:5).

28 •Hal yang sama berlaku untuk kata yang diterjemahkan “dikurung” (Galatia 3:23). Kata itu dapat diterjemahkan “menutup” (kejadian 20:18), “mengurung” (Keluaran 14:3; Yosua 6:1; Yeremia 13:19). “menangkap” (Lukas 5:6), atau “mengurung” (Roma 11:32). Sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh contoh-contoh diatas, kata ini dapat memiliki makna positif atau negative, tergantung pada konteksnya.

29 Keuntungan apakah yang diberikan oleh Hukum Taurat (Moral dan Upacara) Kepada Bangsa Israel? •Hukum Taurat bukanlah kutuk yang Allah jatuhkan pada Bangsa Israel; sebaliknya, itu dimaksudkan agar (1) menjadi berkat. (2) menunjuk pada Mesias yang dijanjikan, (3) menuntun prilaku manusia dan (4) melindungi Bangsa Israel dari segala perbuatan jahat yang telah menghancurkan bangsa-bangsa pada zaman dulu.

30 Black Jalan Menuju Iman 3. HUKUM SEBAGAI PENUNTUN (Galatia 3:24-25)

31 Galatia 3:24,25 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.

32 Hukum Sebagai Penuntun •Kata yang diterjemahkan sebagai “penuntun” berasal dari kata Yunani paidagogos. Beberapa versi menerjemahkannya dengan “orang yang berpegang pada disiplin” (NRSV), “pelatih” (NJKV), atau bahkan “penjaga” (ESV), tetapi tidak satupun diantaranya yang dapat memberikan arti yang sepenuhnya dari kata itu.

33 Lebih Lanjut tentang kata “paidagogos” •Kata paidagogos menggambarkan seorang hamba dalam masyrakat Roma yang ditempatkan di bawah kekuasaan anak tuannya sejak mereka berumur enam atau tujuh tahun sampai mereka menjadi dewasa. Sebagai tambahan tugasnya menyiapkan kebutuhan fisik anak tuannya, seperti memandikannya, memberikan makanan dan pakaian, dan melindungi mereka dari bahaya, para pendidik ini juga bertanggung jawab untuk memastikan anak tuannya berangkat ke sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumahnya. Kemudian dia diharapkan untuk mengajarkan dan mempraktikan moralitas kebajikan tetapi juga memastikan bahwa anak-anak itu belajar dan mempraktikan kebajikan itu.

34 Lebih Lanjut Mengenai Peranan Hukum 1.Hukum telah “ditambahkan” untuk menunjukkan dosa dan memberikan petunjuk 2.Menegur dan menuduh kita sebagai orang berdosa 3.Memotivasi kita untuk datang kepada Kristus 4.Dirancang untuk bekerjasama dengan Injil bagi keselamatan kita. Lihat Pelajaran SSD, Rabu 09 Nopember 2011

35 Apa maksud Paulus mengatakan “kita tidak berada lagi di bawah pengawasan “penuntun” atau hukum Taurat, dalam Galatia 3:25? Banyak yang telah mengartikan ungkapan Paulus ini sebagai suatu penolakan yang sempurna terhadap hukum Taurat Tetapi dengan ditemukannya komentar Paulus yang positif mengenai hukum Taurat, membuat penafsiran di atas menjadi tidak masuk akal.

36 Maksud Paulus mengatakan “kita tidak berada lagi di bawah pengawasan “penuntun” atau hukum Taurat adalah: 1.Kita tidak lagi dibawah ancaman hukum Taurat (Roma 8:3) 2.Kita berada di dalam Kristus dan menikmati kesempatan di bawah kasih karunia (Roma 6:14,15) 3.Kita bebas melayani Kristus dengan sepenuh hati, tanpa rasa takut 4.Kita menikmati kebebasan di dalam Injil Lihat Pelajaran SSD, Kamis 10 Nopember 2011

37 “... Hukum menyatakan dosa kepada kita, dan membuat kita dapat merasakan kebutuhan kita akan Kristus dan lari kepada-Nya untuk mendapatkan pengampunan dan damai dengan bertobat kepada Allah dan beriman dalam Tuhan kita Yesus Kristus. Ellen G, White, Selected Messages, Jld. 1 hlm. 234 Hubungan kita dengan Hukum Taurat

38 1. Oleh karena sudah diampuni melalui jasa Kristus, hubugan kita dengan hukum sekarang telah berubah. Kita sekarang dipanggil untuk menghidupkan suatu kehidupan yang menyenangkan-Nya...berjalan di dalam Roh. Hal ini bukan berarti bahwa hukum moral tidak lagi berlaku. 2. Karena hukum adalam merupakan pernyataan tabiat Allahm maka dengan menuruti hukum berarti kita telah memantulkan tabiat-Nya 3. Hubungan kita dengan Kristus menyanggupkan kita untuk menuruti hukum Allah, yang tidak akan pernah dapat kita lakukan dengan kekuatan kita sendiri.

39 Kutipan Roh Nubuat “Sepuluh hukum janganlah dilihat sebagai hukum yang membatasi dan memberikan banyak larangan melainkan dari sudut kasih karunia. Larangan-larangan yang tertulis dalam hukum itu adalah jaminan kebahagiaan yang pasti dalam penurutan. Bilamana diterima di dalam Kristus, maka hal itu akan mengerjakan kekudusan tabiat dalam hati kita yang akan memberikan sukacitakepada kita sepanjang masa kekekalan. Bagi mereka yang menurut maka hukum itu berfungsi sebagai tembok perlindungan.”

40 Ellen G. White “Sepuluh hukum janganlah dilihat sebagai hukum yang membatasi dan memberikan banyak larangan, melainkan darinsudut kasih karunia. Larangan-larangan yangb tertulis dalam hukum itu adalah jaminan kebahagiaan yang pasti dalam penurutan. Bilamana diterima di dalam Kristus, maka hal itu akan mengerjakan kekudusan tabiat dalam hati kita yang akan memberikan sukacita kepada kita sepanjang masa kekekalan. Bagi mereka yang menurut maka hukum itu berfungsi sebagai tembok perlindungan.” Selected Messages, jld 1 hlm. 235

41 Hukum itu diberikan untuk menunjukkan kebutuhan orang berdosa akan Kristus. Sebagai penuntun, hukum itu memberikan petunjuk tentang Allah dan penjagaan terhadap kejahatan. Namun, sebagai alat yang memberikan disiplin, juga menunjukkan keberdosaan kita dan menjatuhkan hukuman kepada manusia. Kristus membebaskan kita RANGKUMAN

42 Walaupun Hukum bertindak sebagai penjaga dan disiplin, itu juga mengarahkan kita kepada Kristus. Dengan menyerah kepada kehendak Bapa, Kristus memenuhi persyaratan hukum Taurat. Dengan menghidupkan kehidupan-Nya, kita mengizinkan Tuhan menulis hukum itu di hati kita. RANGKUMAN

43 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Hukum Taurat, walaupun tidak memberi kehidupan, tetapi dia melindungi dan mengarahkan kita kepada Kristus. Hukum-hukum Allah masih berlaku saat ini dan itu berperan untuk melihat betapa kejamnya dosa dipemandangan Allah dan menuntun kita kepada Kristus. Hukum Allah itu adalah pengatur, penjaga dan penuntun hidup kita Saya kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya berusaha dengan pertolongan Tuhan untuk menuruti Hukum Tuhan.

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google