Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SMP NEGERI 1 KINTAMANI Media presentasi pembelajaran ini berfokus pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Kompetensi Dasar “Mengidentifikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SMP NEGERI 1 KINTAMANI Media presentasi pembelajaran ini berfokus pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Kompetensi Dasar “Mengidentifikasi."— Transcript presentasi:

1

2 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Media presentasi pembelajaran ini berfokus pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Kompetensi Dasar “Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer”. Yang mana Kompetensi Dasar tersebut di fokuskan pada awal semester genap (semester 2). Menggunakan media presentasi pembelajaran ini cukup mudah karena dalam interfacenya telah dilengkapi dengan tombool-tombol yang secara langsung saling mengkaitkan antar slide. Tombol-tombol tersebut telah dirancang untuk sejalur sesuai dengan materi ajar. Menggunakan media presentasi pembelajaran ini cukup dengan menekan dan mengikuti link yang sudah ada. Dalam pembuatannya, media presentasi pembelajaran ini menggunakan bahan ajar atau buku acuan dari “Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII Semester Genap, Widarti Tri Astuti, S.P, dkk. Pustak Aviva”.

3 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Komponen :Perangkat lunak (Software) Pengguna komputer (Brainware) Perangkat keras (Hardware) Perangkat keras input Perangkat keras proses Perangkat keras output Perangkat keras penyimpanan Berdasarkan cara mendapatkan dan hak pemakaian Berdasarkan fungsinya

4 SMP NEGERI 1 KINTAMANI  Komponen-komponen sistem komputer mempunyai peran tertentu dalam proses atau sistem kerja komputer. Secara garis besar sistem kerja komputer terbagi menjadi 4 bagian yang saling terkait : GAMBAR SISTEM KOMPUTER 1. PERANGKAT KERAS (HARDWARE) (Klik setiap button untuk mengetahui penjabaran masing-masing!)

5 SMP NEGERI 1 KINTAMANI RANGKUMAN. Perangkat keras (hardware) merupakan komponen-komponen yang bersifat fisik (berwujud), yang dapat dilihat, dipegang ataupun dipindahkan. Perangkat keras komputer dibedakan menjadi 4 jenis yaitu : 1. Perangkat keras Input (sebagai masukan) Contoh; mouse, keyboard, trackball, pointing stick, touch screen, barcode reader, dll. 2. Perangkat keras Proses (sebagai pengolah) Contoh; motherboard, processor 3. Perangkat keras Output (sebagai keluaran) Contoh; monitor, printer, plotter, speaker 4. Perangkat keras Penyimpanan (media simpan) Contoh; hard disk, optical disk, magnetic disk, flash disk

6 SMP NEGERI 1 KINTAMANI A. MOUSE MOUSE B. KEYBOARD KEYBOARD C. TRACKBALL TRACKBALL D. POINTING STICK POINTING STICK E. TOUCH SCREEN TOUCH SCREEN F. BARCODE READER BARCODE READER G. Dan sebagainya (MICROPHONE, CAMERA WEB/WEBCAM, SCANNER, CAMERA DIGITAL, JOYSTICK) Dan sebagainya (MICROPHONE, CAMERA WEB/WEBCAM, SCANNER, CAMERA DIGITAL, JOYSTICK)(Klik setiap option untuk mengetahui penjelasan masing-masing!)

7 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Mouse berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse (pointer), serta memberi perintah pada komputer. Mouse memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Mouse dioperasikan dengan beberapa cara antara lain : a. Klik kiri, yaitu memilih perintah dengan cara menekan tombol mouse bagian kiri satu kali. b. Klik kanan, yaitu untuk menampilkan menu/submenu atau perintah yang ada pada suatu area. c. Double klik kiri, yaitu untuk menjalankan perintah pada icon/shortcut yang dipilih. d. Drag and drop, yaitu menekan tombol mouse (tanpa dilepas) dan menggeser ikon, file atau folder pada mouse ke posisi lain yang diinginkan, kemudian dilepaskan. e. Scroll, yaitu menggeser tombol scroll ke depan atau ke belakang untuk menggeser halaman secara cepat. (Klik disini untuk melihat gambar!) (Klik disini untuk melihat gambar!)

8 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar MOUSE Mouse ada dua jenis yaitu : a. Mouse optomekanik yang masih menggunakan bola didasar mouse sebagai acuan pergerakan pointer b. Mouse optik yang sudah menggunakan LED merah sebagai sensor yang menggantikan bola mouse.

9 SMP NEGERI 1 KINTAMANI KEYBOARD Secara fisik, keyboard dibedakan menjadi 4 jenis antara lain : a. Keyboard serial, yaitu keyboard yang masih menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT. b. Keyboard PS/2, yaitu keyboard yang digunakan pada komputer tipe ATX dan port tipenya sama dengan port tipe pada mouse. c. Keyboard wireless, yaitu keyboard yang tidak menggunakan kabel penghubung dengan komputer tetapi menggunakan infra red, wifi atau bluetooth. d. Keyboard USB, yaitu keyboard yang konektor jenis USB dan mempunyai kecepatan transfer yang lebih cepat. (Klik disini untuk melihat gambar!) (Klik disini untuk melihat gambar!)

10 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar KEYBOARD dan bagian-bagiannya

11 SMP NEGERI 1 KINTAMANI TRACKBALL Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse. Sedangkan penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki. Trackball banyak diterapkan pada komputer laptop karena dapat menghemat tempat gerak, juga terkadang tak memerlukan meja sebagai tempat gerak karena dapat menempel langsung pada komputer laptop. (Klik disini untuk melihat gambar!) (Klik disini untuk melihat gambar!)

12 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar TRACKBALL

13 SMP NEGERI 1 KINTAMANI POINTING STICK Pointing stick atau kadang disebut stylus adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya terletak pada laptop. Untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan piranti ini kearah yang dikehendaki. Sebagian besar pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan. Jika ditekan dengan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat. (Klik disini untuk melihat gambar!)

14 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar TRACKBALL

15 SMP NEGERI 1 KINTAMANI TOUCH SCREEN Touch screen (layar sentuh) adalah piranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdapat sinar inframerah yang tak terlihat. Hasil keluaran dari pilihan yang dilakukan akan dimunculkan pada taouch screen. Contoh penerapan touch screen telah banyak ditemui pada penunjuk peta di bandara atau layanan informasi dibeberapa kota, mesin ATM, mesin-mesin penjualan tiket, penyedia informasi di kampus, toko dan sebagainya. (Klik disini untuk melihat gambar!)

16 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar contoh penggunaan TOUCH SCREEN dan skema proses pengoperasiannya.

17 SMP NEGERI 1 KINTAMANI BARCODE READER Barcode adalah pola garis hitam-putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi penjualan. Barcode dibaca dengan menggunakan alat yang disebut barcode reader yang berupa semacam scanner fotoelektris yang dapat mengkonversi data barcode menjadi sinyal digital. (Klik disini untuk melihat gambar!)

18 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar BARCODE READER dan contoh penggunaannya.

19 SMP NEGERI 1 KINTAMANI MICROPHONE CAMERA DIGITAL SCANNER JOYSTICK WEBCAM

20 SMP NEGERI 1 KINTAMANI A. MOTHERBOARD MOTHERBOARD B. PROCESSOR PROCESSOR (Klik setiap option untuk mengetahui penjelasan masing-masing!)

21 SMP NEGERI 1 KINTAMANI MOTHERBOARD Motherboard adalah perangkat komputer berupa papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang komponen seperti processor, RAM, VGA card, LAN card, sound card dan komponen yang lainnya. Kualitas motherboard ditentukan oleh chipset yang tertanam di dalamnya seperti SIS, Nvidia Nforce, INTEL, VIA dan lainnya. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data dan menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. (Klik disini untuk melihat gambar!)

22 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar MOTHERBOARD

23 SMP NEGERI 1 KINTAMANI PROCESSOR Processor adalah salah satu bagian terpenting di dalam komputer. Processor dapat diibaratkan sebagai otak pada manusia. Processor dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu ; 1. Arithmatic Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika. Dibedakan menjadi : a) Decimal Arithmatik, untuk operasi komersial dan dinyatakan dalam bilangan desimal b) Fixed Point Arithmatik, untuk operasi aritmatik dari data binary dan untuk menyatakan address dari storage c) Floating Point Arithmatik, untuk operasi matematika. d) Logic Operation, berupa operasi-operasi perbandingan, testing, editing dan moving logic data. 2. Control Unit yang berfungsi untuk mengatur proses kerja komputer. (Klik disini untuk melihat gambar!)

24 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar PROCESSOR

25 SMP NEGERI 1 KINTAMANI A. MONITOR MONITOR B. PRINTER PRINTER C. PLOTTER PLOTTER D. SPEAKER SPEAKER (Klik setiap option untuk mengetahui penjelasan masing-masing!)

26 SMP NEGERI 1 KINTAMANI MONITOR Monitor adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan terhadap data yang biasa dilihat pada layar sebagai medianya. Berdasarkan teknologi pembuatannya, monitor dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : 1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube), memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pada pesawat televisi dengan ukuran yang cukup besar. 2. Monitor layar datar. Dibedakan menjadi 3 jenis : a) LCD (Liquid Crystal Display), memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi dengan ditambah cairan kristal. b) Monitor Plasma, menggunakan gas untuk mengeluarkan cahaya. c) Monitor Electroluminescent (EL), mengandung bahan yang bercahaya saat dialiri listrik. (Klik disini untuk melihat gambar!)

27 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar MONITOR CRT dan LAYAR DATAR

28 SMP NEGERI 1 KINTAMANI PRINTER Printer adalah perangkat keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan pada kertas sebagai medianya. Jenis-jenis printer : 1. Dot Matrix Printers, prosesnya menghentakkan tinta di atas karbon untuk membentuk karakter di kertas. 2. Inkjet Printers, prosesnya menyemprotkan cairan tinta ke kertas. 3. Laser Printers, prosesnya ada beberapa langkah yaitu : a) Cleaning, membersihkan toner yang tersisa di drum ketika tulisan telah dicetak. b) Conditioning, membersihkan tulisan yang tersembunyi di drum untuk menerima tulisan berikutnya. c) Writing, menulis dari drum ke kertas menggunakan sinar laser. d) Developing, meletakkan tulisan tersembunyi ke dalam drum. e) Transfering, menempelkan toner ke dalam tulisan tersembunyi dalam drum untuk dikirim ke kertas. f) Fusing, memanasi toner yang diletakkan pada kertas agar melekat dengan kuat. (Klik disini untuk melihat gambar!)

29 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar LASER PRINTERS

30 SMP NEGERI 1 KINTAMANI PLOTTER Plotter adalah piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering digunakan untuk membuat peta, gambar arsitektur ataupun ilustrasi tiga dimensi yang biasanya berukuran terlalu besar bagi printer. Berdasarkan prinsip kerjanya, plotter dapat dibedakan menjadi : 1. Plotter pena, memiliki satu atau sejumlah pena warna-warni untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan. 2. Plotter elektrostatis, prinsip kerjanya sama dengan mesin foto copy yaitu memberi tegangan listrik pada kertas yang akan menarik tinta untuk melekat. 3. Plotter thermal, menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis. 4. Plotter pemotong, prosesnya dapat sekaligus memotong vinyl, karet, gabus dan lain-lain. 5. Plotter format lebar, biasanya digunakan oleh perusahaan grafis karena plotter jenis ini dapat membuat cetakan berwarna dalam kertas yang sangat lebar. (Klik disini untuk melihat gambar!)

31 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar PLOTTER THERMAL

32 SMP NEGERI 1 KINTAMANI SPEAKER Speaker adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer. Saat ini komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat komputasi, tapi juga menjadi media hiburan. Sehingga produk-produk speaker aktif untuk komputer memiliki kualitas suara yang bagus. (Klik disini untuk melihat gambar!)

33 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar SPEAKER

34 SMP NEGERI 1 KINTAMANI A. INTERNAL STORAGE  Main storage, adalah tempat untuk menyimpan data dan program. Data atau program sebelum diproses, dimasukkan ke dalam main storage lebih dahulu.data diproses dibawa ke Arithmatic Logic Unit (ALU) dan hasil proses dikembalikan ke main storage lagi dan proses dilanjutkan untuk instruksi selanjutnya.  General register, berfungsi untuk menyimpan hasil perhitungan binary arithmatic.  Control register, berfungsi untuk membantu control unit dalam mengendalikan operasi dari komputer.  Buffer, digunakan untuk menambah kecepatan di dalam pemindahan data antara ALU dan main storage.  Read Only Memory (ROM), bagian dari main memori yang hanya data membaca data saja (read only) dan bersifat permanen sehingga tidak akan hilang ketika listrik mati.  Random Access Memory (RAM), bagian dari main memori yang dapat membaca dan menulis serta menyimpan data atau program (read and write) dan tidak bersifat permanen.

35 SMP NEGERI 1 KINTAMANI External storage adalah storage yang dapat menyimpan data secara permanen. Beberapa jenis external storage antara lain :  Magnetic disk Magnetic disk atau lebih dikenal dengan floppy disk (disket) adalah media penyimpanan yang sekarang ini sudah mulai jarang digunakan oleh user karena sifatnya yang rentan (resiko terjadi error) dan kapasitasnya yang kecil (1,44 MB)  Hard disk Hard disk merupakan alat untuk menyimpan file program sistem dan file data dengan kapasitas simpannya mulai dari ratusan megabyte, gigabyte bahkan mencapai terabyte. Hard disk memiliki kecepatan untuk membaca data yang bervariasi antara rpm sampai dengan rpm (rpm merupakan singkatan dari rotation per minute yaitu kecepatan putar selama satu menit). Semakin besar rpm yang dimiliki oleh hard disk maka ssemakin cepat pula waktu yang dibutuhkan untuk mengakses datanya. (Klik disini untuk melihat gambar!)

36 SMP NEGERI 1 KINTAMANI  Optical disk (piringan optik) Piringan optik adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan bahkan ribuan kali dibanding disket. Piringan optik dapat berupa CD atau DVD yang dapat dibaca maupun ditulisi dengan menggunakan komponen yang bernama CD-drive.  CD (Compact Disk) CD dibedakan menjadi 3 macam antara lain : • CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. • CD-R (Recordable) yang dapat menyimpan data seperti disket namun hanya sekali proses penyimpanan dan tidak bisa diubah lagi. • CD-RW (Rewritable) yang dapat digunakan untuk menyimpan data beberapa kali proses penyimpanan (data bisa dihapus dan disimpan lagi)  DVD (Digital Video Disc) Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya yaitu : • Single-sided, single layer berkapasitas 4,7 Gb. • Double-sided, single layer berkapasitas 8,5 GB. • Single-sided, double layer berkapasitas 9,4 GB. • Double-sided, double layer berkapasitas 17 GB.  Flash disk Flash disk merupakan media penyimpanan external yang dapat digunakan dengan cara mencolokkan pada port USB.

37 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Gambar HARD DISK Gambar MAGNETIC DISK Gambar OPTICAL DISK Gambar OPTICAL DRIVE Gambar FLASH DISK

38 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Nama: I Wayan Aribawa,S.Kom. NIP: Jenis Kelamin: Laki-laki Instansi: SMP Negeri 1 Kintamani Tempat,Tanggal Lahir: 26 Desember 1985 Alamat: Dusun Sidekarya, Sidemen, Karangasem Guru Mata Pelajaran TIK

39 SMP NEGERI 1 KINTAMANI Petunjuk Penggunaan Media Presentasi Pembelajaran.  Tampilan sebelah kiri merupakan tombol-tombol untuk melakukan loncatan pada slide-slide tertentu yang dinginkan sesuai kata pada tiap tombol.  Pada setiap slide terdapat tombol di bagian bawah yang berfungsi untuk melakukan loncatan ke slide selanjutnya, sebelumnya, slide tertentu dan untuk menutup Media Presentasi Pembelajaran ini.

40 SMP NEGERI 1 KINTAMANI LATIHAN Anda akan mengerjakan latihan soal pilihan ganda. Klik ‘MULAI’ untuk melanjutkan

41 SMP NEGERI 1 KINTAMANI LATIHAN Berikut adalah contoh perangkat output, kecuali…. ABCDABCD Monitor Keyboard Plotter Speaker 1.

42 SMP NEGERI 1 KINTAMANI LATIHAN Komponen yang disebut dengan otak komputer adalah…. ABCDABCD RAM ROM Processor Motherboard 2.

43 SMP NEGERI 1 KINTAMANI LATIHAN Berikut yang merupakan contoh perangkat proses adalah…. ABCDABCD Motherboard Hard disk Flash disk Monitor 3.

44 SMP NEGERI 1 KINTAMANI LATIHAN RAM, VGA card, Processor dipasang pada komponen …. ABCDABCD Motherboard Monitor Printer Hard disk 4.

45 SMP NEGERI 1 KINTAMANI LATIHAN Gambar tersebut merupakan salah satu contoh perangkat …. ABCDABCD Penyimpanan Input Output Proses 5. JOYSTICK

46 SMP NEGERI 1 KINTAMANI


Download ppt "SMP NEGERI 1 KINTAMANI Media presentasi pembelajaran ini berfokus pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Kompetensi Dasar “Mengidentifikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google