Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KERAJINAN DARI BAHAN ALAM 1.Kerajinan dari Bahan Tanah Liat TUJUAN PEMBELAJARAN: a.Tehnik untuk membuat keramik dari kerajinan dari tanah liat b.Untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KERAJINAN DARI BAHAN ALAM 1.Kerajinan dari Bahan Tanah Liat TUJUAN PEMBELAJARAN: a.Tehnik untuk membuat keramik dari kerajinan dari tanah liat b.Untuk."— Transcript presentasi:

1 KERAJINAN DARI BAHAN ALAM 1.Kerajinan dari Bahan Tanah Liat TUJUAN PEMBELAJARAN: a.Tehnik untuk membuat keramik dari kerajinan dari tanah liat b.Untuk mengetahui jenis-jenis kerajinan dari tanah liat

2 KERAJINAN TANAH LIAT 1.Bahan Pembuatan Keramik  Tanah liat Aneka tanah liat berbagai warna

3 Alat Pembuatan Keramik Alat putar tangan

4 Alat putar kaki

5 Tungku pembakaran

6 Rol kayu

7 Spons

8 Butsir

9 Pemotong tanah

10 Teknik dalam Pembuatan Kerajinan Keramik 1)Teknik Pijit Tekan Teknik pijit tekan (pinch) adalah teknik pembentukan badan keramik secara manual. Caranya tanah liat dipijit tekan dari bentuk bola menjadi bentuk yang diinginkan dengan menggunakan jari-jari tangan.

11 Pijit tanah dengan ibu jari

12 Tekan tanah kemudian diputar

13 Bentuk leher dengan ibu jari

14 Membuat tutup dengan cara yang sama

15 Mengukur tutup dengan badan

16 2) Teknik Pilin Teknik pilin (coil) adalah teknik pembentukan badan keramik secara manual caranya tanah liat digulung hingga terbentuk pilinan tanah.

17 Buat pilinan di atas meja

18 Buat lempengan lingkaran sebagai alas

19 Lilitkan pilinan di atas lempengan

20 Rapikan menggunakan butsir

21 Selesaikan bentuk dengan pilinan

22 3) Teknik Lempengan Teknik lempengan (slab) adalah teknik pembentukan badan keramik secara manual dengan membentuk lempengan menggunakan rol. Lempengan digunakan untuk membuat karya keramik yang berbentuk persegi atau silinder.

23 Gulung lempengan dengan cetakan silinder. Potong kelebihan tanah menggunakan butsir. Potong kelebihan tanah menggunakan butsir. Bentuk Silinder

24 Bentuk Persegi Satukan 3 sisi lempengan dengan lem tanah. Tambahkan sisi lainnya dan satukan dengan cara yang sama. Menggunakan butsir rapikan bentuk persegi dengan hati-hati.

25 4) Teknik Cetak Teknik pembentukan dengan acuan alat cetak dapat digunakan untuk memproduksi produk kerajinan keramik dalam jumlah yang banyak, dan waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula. Teknik cetak meliputi: cetak kering dengan teknik press (tekan) dan cetak basah dengan teknik cor.

26 Tekan tanah ke dalam cetakan gips. Angkat tanah hasil cetakan menggunakan tanah. Rapikan bentuk menggunakan tusuk gigi.

27

28

29 5) Teknik Putar Teknik pembentukan badan keramik dengan menggunakan alat putar kaki (kickwheel) dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris.


Download ppt "KERAJINAN DARI BAHAN ALAM 1.Kerajinan dari Bahan Tanah Liat TUJUAN PEMBELAJARAN: a.Tehnik untuk membuat keramik dari kerajinan dari tanah liat b.Untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google