Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Langkah2 membuat template untuk JOOMLA CMS. Step 1 : Membuat layout dan desain. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan editor grafis seperti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Langkah2 membuat template untuk JOOMLA CMS. Step 1 : Membuat layout dan desain. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan editor grafis seperti."— Transcript presentasi:

1 Langkah2 membuat template untuk JOOMLA CMS

2 Step 1 : Membuat layout dan desain. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan editor grafis seperti photoshop, coreldraw, freehand, dan lain- lain. Hasil akhir yang diperlukan adalah file berekstensi.jpg,.gif atau.png.

3 Step 2  Setelah langkah pertama dilakukan, file yang berekstensi.jpg,.gif atau.png itu kemudian dipotong-potong sesuai dengan kenginan dan metode tertentu. Pemotongan file ini sebaiknya paling minimal 3 bagian utama yaitu bagian atas (header), isi (main) dan bawah (footer).

4 Step 3: Langkah selanjutnya yaitu langkah ketiga dari proses ini adalah penyuntingan (editing) html. Penyuntingan dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak yang disukai, diantaranya yang populer yaitu macromedia dreamweaver, frontpage, homesite, dan lain-lain. Setelah dilakukan penambahan beberapa perintah php yang diantaranya melakukan loding modul-modul MOS.

5 Step 4 : Langkah keempat, kita simpan file ini sebagai file index.php. File ini disimpan di direktori: [root MOS]/templates/[nama template yang kita berikan] Link-link gambar disesuaikan dengan tempat dimana file gambar tersebut berada. Sebaiknya direktori ga mbar berada di: [root MOS]/templates/[nama template yang kita berikan]/images File css berada di: [root MOS]/templates/[nama template yang kita berikan]/css dan file js (jika memang ada dan diperlukan) berada di [root MOS]/templates/[nama template yang kita berikan]/js

6 Step 5 : Langkah kelima, sunting file templateDetails.xml yang isinya adalah [Nama template yang ingin diberikan] [Tanggal template dibuat, format nya dd/mm/yyyy] [Nama pembuat template] [Nama template yang ingin diberikan. Biasanya GNU] [ pembuat template] [Website pembuat template] [Versi template] [Deskripsi template] index.php [gambar preview template untuk di menu administrator, biasanya: template_thumbnail.png] [file gambar yang digunakan template] dst... [file css yang digunakan template, biasanya: css/template_css.css]

7 Step 6 : Langkah berikutnya yaitu keenam, kita upload file- file template ini ke dalam website kita di direktori [root MOS]/templates/

8 Last Step : Langkah terakhir adalah mengaktifkannya di menu administrator.


Download ppt "Langkah2 membuat template untuk JOOMLA CMS. Step 1 : Membuat layout dan desain. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan editor grafis seperti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google