Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASKER AROMA CHOCOLATE untuk RELAKSASI saat POLUSI Tsamaratul Fuad 41612110036/2009 Anggit Kurniawan 41612110037/2008 N. A. Rahman Wijaya 41612110038/2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASKER AROMA CHOCOLATE untuk RELAKSASI saat POLUSI Tsamaratul Fuad 41612110036/2009 Anggit Kurniawan 41612110037/2008 N. A. Rahman Wijaya 41612110038/2008."— Transcript presentasi:

1 MASKER AROMA CHOCOLATE untuk RELAKSASI saat POLUSI Tsamaratul Fuad /2009 Anggit Kurniawan /2008 N. A. Rahman Wijaya /2008

2 Latar Belakang : • Masker atau yang biasa dikenal dengan penutup mulut itu sangat penting manfaatnya yaitu menghindari debu, menutup bau yang tidak sedap. Kadang banyak orang yang tidak memperdulikan besarnya manfaat dari masker tersebut karena di bilang ribet lah, susah ataupun bikin sesak nafas. • Masker-masker yang ada di masyarakat sekarang ini kebanyakan hanyalah maker biasa yang mungkin hanya ada perkembangan desain dan motif-motif atau gambar, belum ada inovasi dari segi lain seperti penambahan aroma untuk relaksasi otak. Nah, dari sini penulis bermaksud untuk memberikan gagasan baru berupa inovasi masker dengan penambahan aroma cokelat sebagai aroma therapi sembari kita menghadapi kemacetan di kota besar seperti Jakarta ini.

3 TUJUAN DAN MANFAAT • Tujuan – Tujuan yang ingin dicapai dari penulisan program ini adalah sebagai berikut. • Untuk mengetahui mekanisme kandungan-kandungan zat kimia dalam buah cacao yang nantinya akan dijadikan aromatherapi pada masker yang aman dan sehat • Untuk mengetahui penggunaan coklat sebagai aromatherapi dan juga pengaplikasiannya jika diterapkan pada masker anti polusi udara. • Manfaat Manfaat yang dapat diperoleh dari pembahasan program ini adalah sebagai berikut. – Bagi Mahasiswa Bagi mahasiswa, program ini sangat berguna sebagai bahan motivasi dan referensi untuk mengkaji sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, program ini juga dapat memberikan informasi tentang pemanfaatan baru dari sumber daya alam tersebut sehingga berguna bagi masyarakat luas. – Bagi Masyarakat Bagi masyarakat, program ini sangat berguna untuk menambah wawasan pengetahuan mereka mengenai pemanfaatan-pemanfaatan baru dari buah cacao atau coklat ini.

4 Gagasan : Kondisi Terkini di Masyarakat Terkait Penggunaan Masker untuk Mengantisipasi Polusi Udara serta Bagaimana jika Dikombinasikan dengan Aromatherapi untuk Relaksasi • Aroma coklat dapat menghasilkan endorfin, yaitu hormon yang membuat seseorang merasa bahagia. Suasana hati Anda akan bahagia saat menghirup aroma cokelat. Selain itu, coklat bisa membangkitkan gairah seksual. Kabar baiknya,Anda tak harus makan coklat untuk mendapat efek ini, menghirup aromanya memberi efek yang sama. • Bubuk coklat juga dapat Meningkatkan suasana hati Tidak hanya enak di lidah, bubuk cokelat juga dapat membangkitkan perasaan. “Itu karena kakao mengandung lebih dari 300 senyawa yang memiliki dampak positif pada zat kimia di otak,” kata Elizabeth Somer, RD, penulis buku Eat Your Way to Happiness. Senyawa dalam cokelat memang bisa meningkatkan kadar endorfin dan serotonin, sehingga membuat kita merasa lebih baik.

5 Kondisi Kekinian yang Dapat Diperbaiki Melalui Gagasan yang Diajukan • Untuk mendapatkan bau/aroma dari coklat, yang pertama kali kita lakukan tentunya adalah bagaimana kita mendapatkan coklat itu. Disini coklat yang dimaksudkan adalah coklat yang berasal dari buah kakao yang telah di jadikan bubuk melalui proses, bukan coklat- coklat batangan, atau produk coklat siap makan : • Coklat kakao memiliki efek fisiologis untuk tubuh.Kandungan ini banyak di hubungkan dengan dengan tingkat serotonin dalam otak. Coklat • Setelah kita mendapatkan bubuk coklat, maka mudah saja kita tinggal membungkus bubuk coklat tersebut dengan kain dan mengkombinasikannya dengan masker biasa yang kita miliki. Kalau bisa dibungkus setipis mungkin agar kata nyaman memakainya.

6 Mengimplementasikan Gagasan yang Diajukan • Dinas Kesehatan – yang pertama kali harus tahu dalam pengimplementasian gagasan ini adalah Instansi pemerintah, • Pabrik-pabrik produsen masker • Masyarakat luas – dikarenakan gagasan ini nantinya bila terwujud akan menjadi suatu produk baru yang akan siap bersaing dipasaran

7 Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mengimplementasikan Gagasan • Mengadakan kunjungan ke Dinas Kesehatan untuk mensosialisasikan gagasan ini • Bisnis mandiri, yaitu pihak yang akan mengimplementasikan gagasan ini minimal harus bisa memproduksi apa yang menjadi gagasan utama • Memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait gagasan diantaranya lewat penyuluhan, seminar, ataupun berbisnis dari pintu ke pintu • Membuat artikel atau blog atau media cetak untuk pengimplementasian gagasan

8 KESIMPULAN • Gagasan yang Diajukan – Masker merupakan alat simpel dalam menghadapi polusi udara sekitar, tetapi dijaman modern ini manusia akan lebih membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar alat pelindung saja. Untuk itulah muncul gagasan masker aroma ini agar nantinya masyarakat tidak hanya terlindung dari polusi, tetapi juga bisa sembari berelaksasi dengan aroma coklat yang mengandung senyawa penyegar. Kandungan feniletilamina pada buah kakao bisa mempengaruhi suasana hati menjadi baik, rasa tenang. Perasaan senang bermula dari aktivitas sel syaraf di dalam otak jenis neurotransmitter yang memegang peranan penting dalam menjaga atau menimbulkan perasaan senang, tenang dan dopamin.

9 •Teknik Implementasi Gagasan yang Diajukan – Dalam mengimplementasikan gagasan pada program ini, teknik yang dilakukan penulis adalah dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi ke berbagai badan atau lembaga yang bergerak dalam bidang kesehatan. Selain dengan cara tersebut, penulis juga mengimplementasikan dengan cara mengadakan seminar kesehatan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum terutama kalangan pekerja. Teknik lain yang dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan ini adalah dengan menyebarluaskan informasi mengenai pemanfaatan bubuk kakao ini lewat media cetak atau bahkan lewat internet. Teknik terakhir yang dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan pada program ini adalah dengan berbisnis mandiri untuk menewarkan gagasan ini ke masyarakat luas.

10 • Prediksi Hasil yang Diperoleh Melalui Gagasan yang Diajukan – Gagasan pada program kreativitas mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada dunia kesehatan Indonesia. Melalui gagasan ini diharapakan dapat mengatasi berbagai macam persoalan polusi dan stress akibat kemacetan dijalan raya. Masyarakat diharapkan tidak hanya terlindung dari polusi udara, tetapi bisa sekaligus sebagai terapi relaksasi saat bepergian. Dengan demikian, masalah stress, polusi, dan kemacetan dapat diatasi dengan satu langkah sekaligus. Gagasan ini nantinya diharapkan dapat membangkitkan daya kreatifitas para mahasiswa atau pihak lain untuk dapat melakukan pengembangan dan inovasi yang lebih efektif dan efisien.

11 • Sekian dan terima kasih • Semoga bermanfaat


Download ppt "MASKER AROMA CHOCOLATE untuk RELAKSASI saat POLUSI Tsamaratul Fuad 41612110036/2009 Anggit Kurniawan 41612110037/2008 N. A. Rahman Wijaya 41612110038/2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google