Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Makanan yang bergizi untuk otak tulang rambut dan badan. Khasiat disetiap makanan zat dan gunanya. Serta bagaimana penyerapan untuk bagian bagian tubuh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Makanan yang bergizi untuk otak tulang rambut dan badan. Khasiat disetiap makanan zat dan gunanya. Serta bagaimana penyerapan untuk bagian bagian tubuh."— Transcript presentasi:

1 Makanan yang bergizi untuk otak tulang rambut dan badan. Khasiat disetiap makanan zat dan gunanya. Serta bagaimana penyerapan untuk bagian bagian tubuh

2 Makanan yang bergizi •1. Ikan salmon: juru bicara ahli gizi Los Angeles dan himpunan studi gizi Amerika Serikat bernama Andrea Giancoli mengatakan: untuk memiliki rambut yang indah, makanan pertama yang disarankan adalah ikan salmon. Salmon kaya dengan asam lemak omega 3, protein berkualitas tinggi yang terdapat dalam asam lemak omega 3 kaya dengan vitamin B12 dan zat besi. Asam lemak omega 3 adalah unsur penting untuk kesehatan kulit kepala, kekurangan Omega 3 bisa membuat kulit kepala kering dan kusam. Bagi mereka yang ber-vegetarian (tidak makan daging), dalam makanan sehari-hari bisa ditambahkan satu atau dua sendok makan minyak biji rami yang kaya mengandung asam lemak omega 3. •2. Sayuran yang berwarna hijau tua: selain bayam yang merupakan makanan favorit popeye, masih ada lainnya seperti brokoli, bit Swiss (sejenis umbi sayur rasa manis) dll. Semua itu adalah sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin A dan vitamin C, dan juga merupakan makanan yang paling penting bagi kulit kepala untuk memproduksi kelenjar kulit.

3 •3. Kacang-kacangan: misalnya kacang merah (kidney beans), kacang koro (lentils), adalah makanan penting untuk perawatan rambut, dia tidak hanya menyediakan protein untuk mendorong pertumbuhan rambut, namun juga kaya akan zat besi, seng(Zn) dan vitamin H. Kekurangan vitamin H mudah menyebabkan kerusakan rambut. The Amerikan Dietetic Association merekomendasikan, setiap minggu minimal mengkonsumsi 3 gelas kacang-kacangan. •4. Jenis buah yang berkulit keras: bisa meningkatkan ketebalan rambut dan berkilau. Kacang Brazil mengandung selenium yang berupa bahan mineral alami yang terbaik. •5. Makanan lainnya yang kaya akan lemak: asam lemak omega 3 selain bersumber dari minyak biji rami, juga terdapat pada minyak primrose, minyak blackcurrant dan minyak borage. Sedangkan pada jenis ikan selain ikan salmon adalah ikan tongkol, ikan layar dan ikan tuna. •Lima jenis makanan lainnya masing-masing adalah: l. protein olahan, termasuk daging ayam, daging ikan dan makanan kacang-kacangan lainnya, 2: buah-buahan, 3: jenis padi- padian, 4: tumbuhan berbuah polong, 5: produk susu yang rendah lemak dll, dengan makanan yang bervariasi bermanfaat pula bagi kesehatan rambut. •http://ow.ly/a1pmx

4 •Makanan sehat untuk tulang •Yogurt Ada beberapa jenis makanan tertentu yang diperkaya dengan vitamin D seperti yogurt. Satu cangkir yogurt juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. •Susu Susu merupakan sumber kalsium yang terbaik. Seperti halnya yogurt, Anda bisa pilih produk susu yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda, dan pastinya susu formulasi high calcium juga. •Keju Keju memang mengandung kalsium dalam kadar yang cukup tinggi. Keju juga mengandung vitamin D. •Sarden Ikan kecil ini sering ditemukan dalam bentuk kalengan, memiliki rasa gurih yang lezat. Sarden mengandung kadar vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi. •Telur Telur adalah makanan yang mudah di dapat dan penyajiannya tidak terlalu sulit. Telur, terutama bagian kuningnya, mengandung 6% vitamin D dari kebutuhan harian Anda. •Salmon Salmon dikenal memiliki kadar asam lemak Omega-3 berlimpah yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, sepotong ikan salmon juga mengandung lebih dari 100% vitamin D. Jadi konsumsilah salmon bagi kesehatan jantung Anda dan tulang Anda.

5 •Bayam Jika Anda tidak suka minum susu, maka bayam adalah alternatif untuk mendapatkan mendapatkan asupan kalsium. Semangkuk bayam dapat memenuhi 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda, ditambah dengan serat, besi, dan vitamin A. •Sereal Produk sereal tertentu mengandung 25% dari kebutuhan vitamin D harian Anda. Konsumsi sereal bisa menjadi pilihan ketika Anda tidak punya waktu untuk memasak ikan salmon atau terpapar di bawah sinar matahari. •Tuna Tuna adalah salah satu jenis ikan yang mengandung asam lemak sehat dan merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian vitamin D Anda. •Sawi Hijau Seperti halnya bayam, sayur berdaun hijau ini juga penuh dengan kandungan kalsium. Semangkuk sawi mengandung lebih dari 25% kebutuhan kalsium harian Anda. •Brokoli Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi, sehigga baik untuk kesehatan tulang Anda serta mencegah osteoporosis. •TulangSendiSehat (sumber: duniafitnes.com)

6 •Kesehatan tubuhKesehatan tubuh •Hidup Sehat Versi Islam, Islam merupakan agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, untuk mengatur kemakmuran di bumi guna menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Salah satu penunjang kebahagian tersebut adalah dengan memiliki tubuh yang sehat, sehingga dengannya kita dapat beribadah dengan lebih baik kepada Allah. Agama Islam sangat menganjurkan kesehatan (baik dzahir maupun bathin) dan menempatkannya sebagai kenikmatan kedua setelah Iman. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. : “Mohonllah kepada Allah pengampunan, kesehatan dan keyakinan di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah tidak memberikan kepada seseorang setelah keyakinan (Iman) yang lebih baik daripada kesehatan.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abu Bakar, sahih sanadnya dari Ibnu Abbas) Sebagaimana seseorang yang ingin pandai tentu saja harus belajar dan berusaha mengenal prinsip prinsip hidup sehat setelah itu melaksanakannya.. Dan berikut ini ada beberapa petunjuk Agama yang berhubungan dengan kesehatan:Hidup Sehat Versi Islam

7 •aHidup Sehat Versi Islam 1. Makan jangan Berlebihan Dalam Al-Qur ’an Surat Al-A ’raf: 31 Allah SWT. Berfirman: yang artinya... ”Makan dan minumlah kamu, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang makan secara lebihan.” (QS. 7:31). Dan dalam surat At- thaha ayat 81, Allah SWT. berfirman yang artinya : “Makanlah di antara rizqi yang baik (bergizi) yang telah kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia. ” (QS. 20:81). Dalam ilmu kesehatan, makan dan minum merupakan kebutuhan dalam pemenuhan nutrisi sebagai penunjang hidup, yang jumlah dan macamnya harus sesuai dengan keperluan tubuh, tidak boleh kekurangan dan tidak boleh berlebihan. Yang bila kekurangan atau berlebihan akan menggangu kesehatan tubuh. Sebagai mana sabda Nabi SAW. : “Tidaklah seseorang manusia memenuhi satu wadah yang lebih buruk daripada perutnya, Cukuplah bagi anak manusia beberapa makanan yang dapat menegakkan tulang rusuknya, jika memang harus makan banyak, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya. ” (HR. Tirmidzi: 2302, nasai dari Inbu Majah) Hidup Sehat Versi Islam 2. Makan Makanan yang Sehat. Allah SWT. Berfirman yang artinya: ” Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (bergizi) dari apa yang Allah telah rizqikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya ”. (QS. 5:88). Dengan memenuhi makanan yang memenuhi unsur gizi ini diharapkan tubuh berada dalam keadaan yang optimal sehingga daya tahan tubuh akan bekerja secara maksimal dalam menolak segala macam penyakit.

8 3. Di Samping itu pula NAbi SAW menganjurkan agar mendinginkan makanan atau minuman sebelum dimakan atau diminum Dengan sabdanya : “Dinginkan makanan dan minuman kamu sesungguhnya tidak ada kebaikan pada makanan/minuman yang panas. ” (HR. Al- hakim dan Ad- Dailami). Mendinginkannya tidak dengan ditiup dengan nafas karena ini juga dilarang oleh NAbi SAW. (HR Ibnu Majah) Dalam bidang Gastroenterologi diketahui bahwa makanan yang panas dapat menyebabkan permukaan pada selaput lendir saluran cerna yang menyebabkan rasa sakit, perih, rasa panas, kembung, rasa penuh, mual, rasa seperti diiris Dll. Dan juga disarankan supaya waktu makan sebaiknya memakai tangan, karna makan dengan memakai tangan sangat banyak mamfa'atnya, diantara nya: Pada tangan kita ada suatu zat yang dapat memudahkan makanan cepat basi.. sehingga dengan makan memakai tangan, makanan tersebut akan mudah decernankan oleh pencernaan kita. dll Dan begitu juga kalau seorang Ibu memberi makan anaknya, alangkah lebih baik dengan memakai tangan, karna setiap kali siIbu menyuapin anaknya, pastilah jarinya akan dihisap oleh sang anaknya.. sehingga dengan terhisap jari siIbu, hubungan emosional antara Ibu dan anak tersebut akan lebih erat. 4. Tidak minum Alkohol dan apa saja yang merusak tubuh Allah SWT. Berfirman: “Mereka bertanya tentang khamar dan judi, katakanlah, pada keduanya itu ada bahaya yang besar dan pula manfaatnya bagi manusia, akan tetapi bahyanya lebih besar dari pada manfaatnya. ” (QS. Al-Baqarah: 219). ada ayat lain dikatakan juga oleh Allah SWT. : “Hai orang-orang yang beriman sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan Syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. 5:10)

9 •KEBERSIHAN Nabi SAW. bersabda: “Bersihkan halaman- halaman karena Yahudi tidak memebersihkan halaman-halaman mereka.” (HR. Thabrani, lihat silsilah Shahihah: 1/418, no. 263) Nabi SAW. Bersabda: “Sesungguhnya Allah itu Indah, dan menyukai akan keindahan, bersih, dan menyukai akan kebersihan, Mulia, dan menyukai akan kemuliaan dan juga Dermawan yang menyukai kedermawaan, maka bersihkanlah halaman-halaman mu dan janganlah meniru orang- orang yahudi. ” (hr. Tirmidzi : 2723, dhaif) Dalam Al-Qur ’an Allah SWT. Berfirman yang artinya: “Dan diturunkan padamu air dari langit (hujan) untuk alat pembersih dirimu. (QS. Al-anfal:11) Diriwayatkan dari para sahabat, bahwa mereka tidak pernah melihat noda atau kotoran pada baju Nabi SAW. Walaupun beliau menyukai pakaian atau baju berwarna putih. Juga mereka tidak pernah mencium bau tidak sedap dari diri Nabi SAW. Beliau tidak senang melihat salah seoarang sahabat yang rambutnya tidak terurus rapi apabila menghadap beliau, dan memerintahkan untuk mencuci dan menyisir rambut terlebih dahulu apabila ingin menghadap beliau. Hidup Sehat Versi Islam Demikian juga NAbi SAW. Memerintahkan para sahabat/umatnya untuk bersiwak/memberihkan gigi tiap akan shalat, dan memotong kuku tiap hari Jum’at dan mencukur rambut ketiak dan rambut aurat minimal sekali dalam setiap 40 (empat puluh) hari. Ini mencerminkan betapa besar perhatian beliau terhadap masalah kebersihan perseorangan.KEBERSIHAN

10 •Selanjutnya NAbi SAW. Menganjurkan para sahabatnya agar memberi tutup pada tempat makan dan minumnya. (HR. Ahmad) Untuk lebih jelasnya silakan merujuk kitab Subul al-Huda wa al- Rasyad Fi Sirah Khairil Ibad, karya Imam Muhammad ibn Yusuf al- Shalihi al-Syami (w. 942.H), tahqiq wa ta’liq Syaikh Adil Ahmad Ahmad Abdul Maujud dan Syaikh Ali Muhammad Mu’awwidh, di sana ada bab-bab mengenai perjalanan Rasulullah mengenai kesehatan dan kedokteran. OLAH RAGA Olah raga juga sangat berguna untuk kesehatan kita. Oleh karenanya, dengan berolah raga yang teratur, dan bersifat aerobic akan memberikan banyak manfarat. Antara lain mencegah kegemukan dengan segala dampak negatifnya, menguatkan dan lebih mengefisienkan kinerja otot-otot tubuh, seperti otot jantung, otot pernafasan dan otot-otot rangka tubuh, dan lebih melancarkan aliran darah ke dalam sel-sel tubuh, dan pembuangan bahan-bahan sisa dari sel-sel tubuh menjadi lebih baik. Nabi SAW. Suka berolah raga. Hidup Sehat Versi Islam Diriwayatkan oleh Siti Aisyah, bahwa beliau suka mengajak Siti Aisyah berlomba lari sejak Siti Aisyah masih belia sampai tua. Diriwayatkan pula bahwa Nabi SAW. Suka berjalan kaki walaupun kuda dan unta tersedia untuk beliau. Diriwayatkan pula, bahwa cara nabi berjalan, yaitu seperti jalannya orang yang menuruni bukit, yaitu berjalan cepat. Demikian pula Nabi SAW. Pernah mewajibkan para orang tua untuk mengajarkan renang dan memanah kepada putra putrinya (HR. Al-hakim). Lari cepat dan renang merupakan jenis olah raga aerobic yang dianjurakan saat ini oleh para pakar kesehatan olah raga untuk menjaga kebugaran. Oleh para ahli, alkohol dapat menimbulkan kerusakan pada seluruh bagian tubuh manusia, seperti system syaraf, pembuluh darah, jantung, hati dan saluran cerna dan lain-lain. •

11 •MAKANAN (1/3) Makanan atau tha'am dalam bahasa Al-Quran adalah segala sesuatu yang dimakan atau dicicipi. Karena itu "minuman" pun termasuk dalam pengertian tha'am. Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 249, menggunakan kata syariba (minum) dan yath'am (makan) untuk objek berkaitan dengan air minum. Kata tha'am dalam berbagai bentuknya terulang dalam Al-Quran sebanyak 48 kali yang antara lain berbicara tentang berbagai aspek berkaitan dengan makanan. Belum lagi ayat-ayat lain yang menggunakan kosa kata selainnya. Perhatian Al-Quran terhadap makanan sedemikian besar, sampai-sampai menurut pakar tafsir Ibrahim bin Umar Al-Biqa'i, "Telah menjadi kebiasaan Allah dalam Al-Quran bahwa Dia menyebut diri-Nya sebagai Yang Maha Esa, serta membuktikan hal tersebut melalui uraian tentang ciptaan-Nya, kemudian memerintahkan untuk makan (atau menyebut makanan)." Lebih jauh dapat dikatakan bahwa Al-Quran menjadikan kecukupan pangan serta terciptanya stabilitas keamanan sebagai dua sebab utama kewajaran beribadah kepada Allah. Begitu antara lain kandungan firman-Nya dalam surat Quraisy (106): 3-4, Hendaklah mereka menyembah Allah, yang memberi mereka makan sehingga terhindar dari lapar dan memberi keamanan dari segala macam ketakutan. PERINTAH MAKAN Menarik untuk disimak bahwa bahasa Al-Quran menggunakan kata akala dalam berbagai bentuk untuk menunjuk pada aktivitas "makan". Tetapi kata tersebut tidak digunakannya semata-mata dalam arti "memasukkan sesuatu ke tenggorokan", tetapi ia berarti juga segala aktivitas dan usaha. Perhatikan misalnya surat Al-Nisa 14 : 4)

12 • berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, manfaat teh hijau untuk kesehatan sangatlah banyak.Teh hijau mengandung zat antioksidan yang dapat menolak racun yang akan masuk ke tubuh kita. Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan kesehatan rambut. • Dalam teh Hijau kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut. • Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan. • Daun teh hijau yang telah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas.

13 • Manfaat Teh Hijau antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat. • Ada pula yang harus Anda perhatikan saat Anda minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain: • Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh. Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang. Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh. Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI. Khasiat TEH HIJAU /#ixzz1qwy7bhxn /#ixzz1qwy7bhxn

14 Khasiatnya antara lain : Khasiat teh bagi kesehatan telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dalam penelitian ilmiah, ditemukan kegunaan teh secara farmakologi bagi tubuh manusia. Disebabkan karena adanya berbagai jenis senyawa kimia seperti asam amino, alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin. Kandungan vitamin C dalam teh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada di apel, tomat dan jeruk nipis. Sedangkan B12 besarnya 10 – 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang didapat dalam sereal dan sayuran, dan komponennya tidak mudah didapat pada makanan lain. Teh mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan mineral dan berbagai vitamin. Seorang peminum teh yang secara teratur minum teh dengan dosis rasional, akan mendapatkan suplai nutrisi yang teratur bagi tubuhnya dan menyebabkan terbentuknya kekebalan alami.

15 • Dari hasil penelitian di Uni Soviet teh hijau maupun teh hitam, berfungsi sebagai salah satu unsur yang dapat membantu agar tak mudah terserang penyakit. Pakar peneliti dari Chinnese Academy of Preventife Medicine di Cina, setelah mempelajari 17 jenis teh dapat membuktikan bahwa teh dapat memperlambat terbentuknya nitrosamin di dalam tubuh. • Selain itu beberapa unsur dalam teh dapat mendeteksi perkembangan sel tumor yang terdapat pada beberapa bagian dari tubuh manusia. • Senyawa dalam teh dan fungsinya : • 1. KATEKIN • Menurunkan kadar kolesterol Menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah Anti kanker, factor anti mutant Membantu kerja ginjal mencegah terjadinya batu empedu • 2. POLIFENOL/TANIN • Memperlancar pencernaan, membunuh bakteri disentri Memiliki fungsi anti oksidan Melarutkan lemak • 3. KAFEIN (Theophyiline Theobromine) • Menstimulasi pusat syaraf Memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal Meningkatkan konsentrasi more:

16 • 4. MINYAK ESENSI • Memperlancar pencernaan dan melarutkan lemak Sumber aroma teh • 5. FLAVANOLS • Menguatkan pembuluh darah, memiliki fungsi antioksidan • 6. FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium) • Mencegah kerusakan gigi • 7. VITAMIN C • Mencegah dan melawan influenza Mengurangi stress Menurunkan tekanan darah tinggi Memiliki fungsi anti oksidan Melindungi kornea mata dan sinar UV (mencegah katarak) • 8. VITAMIN E • Mencegah penuaan dini Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke Mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah • 9. VITAMIN B Kompleks • Membantu metabolism karbohidart • 10. MONOCITRATE • Mencegah bau mulut (nafas tidak segar) • 11. CHLOROPIL • Mengharumkan mulut

17 • Sekian dari kami • Lebih kurang mohon dimaafkan • Wassalamualaikum Wr Wb Arsepta Kurnia Sandra Nur Khotimah Putri Tiara Dita 11013


Download ppt "Makanan yang bergizi untuk otak tulang rambut dan badan. Khasiat disetiap makanan zat dan gunanya. Serta bagaimana penyerapan untuk bagian bagian tubuh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google