Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBACA  PENDAHULUAN  PERTANYAAN TENTANG KEBIASAAN MEMBACA  TUJUAN MEMBACA  TEKS  RAGAM TEKS  POLA PARAGRAF  STRUKTUR BUKU TEKS  READING DYNAMIC.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBACA  PENDAHULUAN  PERTANYAAN TENTANG KEBIASAAN MEMBACA  TUJUAN MEMBACA  TEKS  RAGAM TEKS  POLA PARAGRAF  STRUKTUR BUKU TEKS  READING DYNAMIC."— Transcript presentasi:

1

2 MEMBACA

3  PENDAHULUAN  PERTANYAAN TENTANG KEBIASAAN MEMBACA  TUJUAN MEMBACA  TEKS  RAGAM TEKS  POLA PARAGRAF  STRUKTUR BUKU TEKS  READING DYNAMIC  PETUNJUK PRAKTIS

4 LATAR BELAKANG:  Pembelajaran di SMU pada umumnya masih menggunakan ‘single textbook’ dan ‘guided reading’.  Model ‘single textbook’ dan ‘guided reading’ di sebagian besar sekolah menyebabkan mahasiswa baru cenderung menemukan kesulitan dalam membaca lebih dari satu teks akademik untuk setiap mata kuliah.  Mahasiswa baru belum terbiasa secara mandiri memilih bahan bacaan yang dapat menunjang pembelajarannya.

5 TUJUAN:  Mahasiswa baru memiliki keterampilan membaca beragam teks, terutama teks akademik, secara efektif.  Mahasiswa baru memiliki keterampilan untuk secara mandiri memilih teks yang relevan dengan pembelajarannya di kelas.

6 1. Apa buku terakhir yang anda baca? 2. Jenis bacaan apa yang anda paling sering dibaca? 3. Berapa banyak waktu yang anda gunakan untuk membaca setiap hari? 4. Adakah strategi membaca tertentu yang biasa anda gunakan untuk membaca teks yang berbeda?

7 Menikmati waktu luang & hobby Memperoleh informasi akademis Memperoleh informasi umum

8 TEKS LISAN: lagu, ceramah, kuliah, dialog,dll. TERTULIS: diary, majalah, buku, jurnal, artikel online, dll.

9 •Keduanya menggambarkan peristiwa •Naratif bersifat cerita & deskriptif menyajikan fakta apa adanya, biasanya tanpa opini atau interpretasi dari penulis. NARATIF & DESKRIPTIF •Keduanya menjelaskan ‘apa’, ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ sebuah peristiwa terjadi •Eksposisi menyajikan interpretasi sebuah peristiwa & proses lebih spesifik menguraikan tahapan-tahapan terjadinya sebuah peristiwa. EKSPOSISI & PROSES •Keduanya bersifat mengajak pembaca untuk mengambil sikap tentang sebuah topik. •Persuasif lebih bersifat membujuk, biasanya menyajikan perbandingan secara seimbang & argumentatif ajakannya lebih ‘keras’ dengan menyajikan kontras antara dua atau lebih pendapat. PERSUASIF & ARGUMENTATIF

10 DAFTAR (LISTING ) •Menyajikan dua atau lebih fakta tanpa mempertimbangkan urutannya. URUTAN (SEQUENCE) •Menyajikan urutan-urutan fakta secara detail. PERBANDINGA N/KONTRAS (COMPARISON /CONTRAST ) •Perbandingan menjelaskan persamaan dan perbedaan dua hal atau lebih •Kontras menjelaskan kelebihan dan kekurangan dua hal atau lebih untuk dikonfrontasi SEBAB-AKIBAT (CAUSE- EFFECT) •Menguraikan adanya hubungan sebab-akibat antara fakta-fakta yang ada.

11 SAMPUL DEPAN HALAMAN PUBLIKASI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI APENDIKS DAFTAR INDEKS DAFTAR PUSTAKA SAMPUL BELAKANG

12 SEJARAH:  Reading Dynamics adalah sistem membaca cepat yang dikembangkan oleh Evelyn Wood, seorang guru sekolah, sejak akhir 1950-an yang menjadi cara untuk mengingat informasi dari ribuan kata per menit.Evelyn Wood  “Tujuan membaca adalah untuk menperoleh informasi, ‘feeling’ dan pemahaman yang penulis ingin sampaikan di dalam tulisannya.“ (Evelyne Wood)

13 Prinsip dasar dari Reading Dynamic: 1.Pembaca mampu memilih dan menggunakan berbagai reading strategies yang sesuai dengan kebutuhannya/tujuan yang ingin dicapai dalam membaca; 2.Pembaca perlu menggunakan pendekatan yang berbeda dalam berinteraksi dengan beragam teks yang mereka hadapi; 3.Pembaca lebih fokus kepada ide utama yang disampaikan oleh penulis di dalam tulisannya;

14  Metode “Wood Method” yang digunakan adalah dengan menggunakan tangan untuk membantu mata fokus secara cepat pada kata-kata inti yang ada di dalam teks.  Faktor pendukung yang secara natural meningkatkan kecepatan membaca seorang pembaca: lingkungan yang mendukung, posisi tubuh yang nyaman, cukup oksigen, mata yang sehat, fokus.

15  Tentukan informasi apa yang anda perlukan  Tentukan materi bacaan yang anda ingin baca  Tentukan berapa lama waktu yang akan anda alokasikan untuk membaca  Konsisten pada tujuan anda membaca  Gunakan strategi yang sesuai dengan tujuan dan jenis teks.  Menceritakan kembali (retell) atau menuliskan poin-poin penting dari teks yang telah anda baca.

16  B.S.Mikulecky & L.Jeffries More Reading Power  Leveen, Steve The Little Guide to Your Well-Read Life. USA:Levenger Press.  Setiawan, Agus Baca Kilat:Kiat Membaca 1 Halaman/detik. Jakarta: PT Gramedia.  website: evelyne wood reading dynamics  Wikipedia: speed reading  Website:123helpme


Download ppt "MEMBACA  PENDAHULUAN  PERTANYAAN TENTANG KEBIASAAN MEMBACA  TUJUAN MEMBACA  TEKS  RAGAM TEKS  POLA PARAGRAF  STRUKTUR BUKU TEKS  READING DYNAMIC."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google