Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IX. SIFAT-SIFAT OPSI SAHAM  PENDAHULUAN  BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI  PARITAS OPSI JUAL-BELI  EKSEKUSI AWAL: OPSI BELI SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IX. SIFAT-SIFAT OPSI SAHAM  PENDAHULUAN  BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI  PARITAS OPSI JUAL-BELI  EKSEKUSI AWAL: OPSI BELI SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR."— Transcript presentasi:

1 IX. SIFAT-SIFAT OPSI SAHAM  PENDAHULUAN  BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI  PARITAS OPSI JUAL-BELI  EKSEKUSI AWAL: OPSI BELI SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR DIVIDEN  EKSEKUSI AWAL: OPSI JUAL SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR DIVIDEN  PENGARUH DIVIDEN

2 PENDAHULUAN (1)  Enam faktor yang mempengaruhi harga opsi: 1. Harga saham yang berlaku (S 0 ); 2. Harga eksekusi (K); 3. Waktu sampai jatuh tempo (T); 4. Gejolak harga saham (σ); 5. Tingkat bunga bebas risiko (r); 6. Dividen yang diharapkan selama berlakunya opsi (D).  Opsi beli (jual) Eropa: 1. S 0 : + (-); 2. K: - (+); 3. T: ? (?); 4.  : + (+); 5. r: + (-); 6. D: - (+).  Opsi beli (jual) Amerika: 1. S 0 : + (-); 2. K: - (+); 3. T: + (+); 4.  : + (+); 5. r: + (-); 6. D: - (+).

3 PENDAHULUAN (2)  Ada tiga asumsi yang digunakan dalam model penentuan harga:  1. Tidak ada biaya transaksi;  2. Semua keuntungan perdagangan adalah subyek terhadap tingkat pajak yang sama;  3. Meminjam dan meminjamkan dimungkinkan pada tingkat bunga bebas risiko.

4 PENDAHULUAN (3)  Notasi-notasi yang digunakan dalam model penentuan harga opsi (selain yang ada sebelumnya):  S T = harga saham pada maturitas;  r = tingkat bunga bebas risiko yang dimajemukkan secara kontinyu.  C = nilai opsi beli Amerika;  P = nilai opsi jual Amerika;  c = nilai opsi beli Eropa; dan  p = nilai opsi jual Eropa.

5 BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI (1)  Jika harga opsi di atas batas atas atau di bawah batas bawah, ada peluang yang menguntungkan bagi para arbitraser.  Opsi beli Amerika atau Eropa tidak pernah ber- nilai melebihi sahamnya, sehingga harga saham tersebut merupakan batas atas untuk harga opsi.  Batas atas opsi beli: c  S 0 dan C  S 0.  Jika hubungan ini benar, maka arbitraser dengan mudah memperoleh keuntungan bebas risiko dengan membeli saham dan menjual opsi beli.

6 BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI (2)  Opsi jual Amerika atau Eropa tidak pernah bernilai melebihi K.  Batas atas opsi jual: p  K dan P  K.  Untuk opsi jual Eropa tidak dapat bernilai melebihi daripada nilai sekarang K hari ini, sehingga: p  Ke -rT.  Jika hubungan ini benar, maka arbitraser memperoleh keuntungan bebas risiko dengan menerbitkan opsi jual dan menginvestasikan hasil penjualan pada tingkat bunga bebas risiko.

7 BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI (3)  Batas bawah untuk harga opsi beli Eropa atas saham yang tidak membayar dividen: S 0 – Ke -rT.  Arbitrasi jika < S 0 – Ke -rT : Short saham dan beli opsi beli.  Ketidakadaan peluang arbitrasi terjadi jika:  c + Ke -rT  S 0 atau c  S 0 - Ke -rT.  Karena opsi beli berakhir tanpa nilai, tetapi dapat bernilai negatif, maka:  c  maks (S 0 - Ke -rT, 0).

8 BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI (4)  Batas bawah untuk harga opsi jual Eropa atas saham yang tidak membayar dividen: Ke -rT - S 0.  Arbitrasi jika < S 0 – Ke -rT : Pinjam dana untuk membeli opsi jual dan saham.  Ketidakadaan peluang arbitrasi terjadi jika:  p + S 0  Ke -rT atau p  Ke -rT - S 0.  Karena opsi beli berakhir tanpa nilai, tetapi dapat bernilai negatif, maka:  p  maks (Ke -rT - S 0, 0).

9 PARITAS OPSI JUAL-BELI (1)  Antara portofolio opsi beli + kas Ke -rT harus identik dengan opsi jual + S 0 hari ini.  c + Ke -rT = p + S 0.  Hubungan ini disebut paritas opsi jual-beli.  Jika persamaan ini tidak dipegang, maka akan memunculkan peluang arbitrasi.  Strategi arbitrasi jika c + Ke -rT < p + S 0 : 1. Mem- beli sekuritas dalam portofolio (c + Ke -rT ), dan melakukan short terhadap portofolio (p + S 0 ).

10 PARITAS OPSI JUAL-BELI (2)  Strategi arbitrasi jika c + Ke -rT > p + S 0 : 1. Melakukan short terhadap portofolio (c + Ke -rT ), dan membeli terhadap portofolio (p + S 0 ).  Strategi arbitrasi jika c + Ke -rT = p + S 0 : 1. Mem- beli sekuritas dalam portofolio (c + Ke -rT ), dan melakukan short terhadap portofolio (p + S 0 ).  Paritas opsi jual-beli berlaku hanya untuk opsi Eropa, tetapi memungkinkan juga digunakan dalam penentuan harga opsi Amerika (saham tidak memberikan dividen):  S 0 – K  C – P  S 0 – Ke -rT.

11 EKSEKUSI AWAL: OPSI BELI SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR DIVIDEN  Tidak pernah optimal untuk mengekskusi opsi beli Amerika atas saham yang tidak membayar dividen sebelum tanggal berakhir.  Ada dua alasan atas pernyataan tersebut:  1. Tidak ada keuntungan untuk mengekskusi lebih awal jika investor merencanakan untuk mempertahankan saham sampai berlakunya opsi berakhir. Ini berkaitan dengan jaminan yang disediakan oleh opsi.

12 EKSEKUSI AWAL: OPSI BELI SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR DIVIDEN  2. Alasan yang berkaitan dengan nilai waktu uang. Dari perspektif pemegang opsi, lebih lambat harga ekskusi dibayar, akan lebih baik.  Opsi beli Eropa bernilai jika: c  S 0 – Ke -rT.  Karena pemilik opsi beli Amerika mempunyai semua peluang ekskusi yang terbuka bagi pemilik dihubungkan dengan opsi beli Eropa, maka: C  c, sehingga: C  S 0 – Ke -rT.

13 EKSEKUSI AWAL: OPSI JUAL SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR DIVIDEN  Opsi jual Amerika atas saham yang tidak membayar dividen dapat diekskusi lebih awal secara optimal.  Pada waktu tertentu selama berlakunya, opsi jual akan selalu diekskusi secara awal jika dalam kondisi cukup in the money.  Seperti opsi beli, opsi jual dapat dipandang sebagai jaminan yang disediakan.  Secara umum, ekskusi lebih awal atas opsi jual menjadi lebih menarik seiring S 0 yang meurun, r yang meningkat, dan gejolak yang turun.

14 EKSEKUSI AWAL: OPSI JUAL SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR DIVIDEN  Opsi jual Eropa bernilai jika: p  Ke -rT – S 0.  Opsi jual Amerika dengan harga P, kondisi: P  K – S 0, harus selalu dipegang karena ekskusi dengan segera selalu dimungkinkan.  Karena ada beberapa kondisi ketika kapan keinginan untuk mengekskusi suatu opsi jual Amerika secara awal, itu mengikuti bahwa opsi jual Amerika selalu lebih bernilai daripada dikaitkan dengan opsi jual Eropa.

15 PENGARUH DIVIDEN (1)  Dalam model ini, D = nilai sekarang atas dividen selama berlakunya opsi.  Batas bawah untuk opsi beli: c  S 0 – D – Ke -rT.  Batas bawah untuk opsi jual: p  D + Ke -rT - S 0.  Ekskusi lebih awal: kadang-kadang optimal untuk mengekskusi opso beli Amerika dengan segera sebelum sampai tanggal pemisahan dividen. Hal ini tidak pernah optimal untuk mengekskusi opsi beli pada waktu-waktu lain.  Paritas opsi jual-beli: c + D + Ke -rT = p + S 0.  Modifikasinya: S 0 – D – K  C – P  S 0 - Ke -rT.

16 TUGAS TERSTRUKTUR  Halaman 222 – 223, Questions and Problems, Nomor: 9.9, 9.10, 9.11, 9.12, 9.14, 9.15, 9.16,  Selamat mengerjakan dan menikmati oleh- oleh kuliah ini di rumah.  Terima kasih dan wasalam.


Download ppt "IX. SIFAT-SIFAT OPSI SAHAM  PENDAHULUAN  BATAS ATAS & BAWAH HARGA OPSI  PARITAS OPSI JUAL-BELI  EKSEKUSI AWAL: OPSI BELI SAHAM YANG TIDAK MEMBAYAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google