Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Sebagai organisasi perjuangan, PGRI merupakan perwujudan wadah bagi para guru untuk selalu berjuang dan berjuang dalam memperoleh, mempertahankan, meningkatkan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Sebagai organisasi perjuangan, PGRI merupakan perwujudan wadah bagi para guru untuk selalu berjuang dan berjuang dalam memperoleh, mempertahankan, meningkatkan,"— Transcript presentasi:

1

2  Sebagai organisasi perjuangan, PGRI merupakan perwujudan wadah bagi para guru untuk selalu berjuang dan berjuang dalam memperoleh, mempertahankan, meningkatkan, dan membela hak azasi guru baik sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan pemangku profesi keguruan. Lewat wadah ini, PGRI berjuang untuk mewujudkan misi hak-hak guru, kesejahteraan guru, dan profesionalitas guru.

3  Semua perjuangan dilakukan melalui berbagai cara dan bentuk yang konstitusional, prosedural, dan konsepsional dalam memperoleh kehidupan guru yang layak dan sejahtera dalam pergaulan bermasyarakat dan bernegara dengan mengedepankan profesionalitas sebagai tenaga profesi bidang pendidikan. PGRI secara konsisten dan konsekuen terus menerus memperjuangkan kesejahteraan guru baik lahir maupun batin, baik material dan nonmaterial agar mereka dapat memperoleh kepuasan kerja yang didukung oleh imbalan jasa yang memadai, rasa aman dalam bekerja, lingkungan kerja yang kondusif, pergaulan antarpribadi yang baik dan sehat, serta memperoleh pengembangan diri dan karier.

4  Segenap pengurus dan anggota PGRI harus memiliki kemurnian perjuangan. Artinya, seluruh pengurus dan anggota PGRI dalam menjalankan kiprah perjuangannya bersungguh ‑ sungguh; dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dengan berdasarkan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PGRI serta program ‑ program kerja PGRI yang telah diputuskan melalui kongres, konferda, konkerda, konfercab, dan konkercab.

5  Segenap pengurus dan anggota PGRI dalam melakukan perjuangan mengutamakan kepentingan organisasi dan kepentingan anggota sejalan dengan aspirasi, kehendak, tuntutan dan kebutuhan anggota PGRI di atas segala ‑ galanya. Dengan mengutamakan kepentingan organisasi dan anggota, perjuangan PGRI akan mendapatkan dukungan dan berarti menguatkan perjuangan untuk menuju sukses.

6  Segenap pengurus dan anggota PGRI dalam melakukan perjuangan mengedepankan nilai ‑ nilai solidaritas dan setia kawan serta kekompakan dan keharmonisan; sekaligus melakukan sharing secara sinergis dengan berbagai elemen masyarakat dalam memecahkan bersama ‑ sama persoalan ‑ persoalan pendidikan.

7  Segenap pengurus dan anggota PGRI dalam melakukan perjuangan mengedepankan nilai ‑ nilai profesionalitas dengan menegakkan kaidah ilmiah yang berbasiskan ilmu pengetahuan dan bertumpu pada upaya peningkatan mutu tenaga pendidikan pada khususnya dan umumnya mutu pendidikan.

8  Garis perjuangan PGRI difokuskan pada aspek: (1) peningkatan kinerja organisasi, (2) peningkatan profesionalisme guru, (3) pemberdayaan potensi PGRI, (4) peningkatan kesejahteraan, dan (5) peningkatan peran serta PGRI terhadap masyarakat.  Titik fokus perjuangan PGRI adalah pemberdayaan guru sehingga guru dapat menjalankan tugas dan pengabdiannya dengan penuh tanggung jawab, penuh loyalitas dan dedikasi sehingga dapat melakukan tugas profesionalnya itu sesuai dengan prinsip ‑ prinsip profesional dalam pembimbingan, pengajaran dan pelatihan terhadap peserta didik sejalan dengan tuntutan kemajuan dan peradaban.

9  Strategi yang harus ditempuh PGRI adalah memahami tantangan yang dihadapi dan melakukan kesiapan dengan mencari jawab terhadap tantangan yang dihadapi dengan mengantisipasi dan beradaptasi terhadap tuntutan perubahan.  PGRI juga harus memahami kebutuhan tenaga kendidikan khususnya guru dengan mengakselerasi dan mengembangkan hasil, proses, dan layanan yang lebih baik berupa pelayanan prima. Memahami dan mengetahui persaingan dunia pendidikan dengan menjadi lebih cakap belajar dari pesaing dan mitra kerja yang bergerak dalam lapangan pendidikan, bukan lagi berhadap ‑ hadapan, saling menyalahkan, apalagi bermusuhan.

10  Strategi dasar dalam reformasi organisasi sebagai organisasi perjuangan adalah meningkatkan kualitas komunikasi organisasi dan peningkatan keberdayaan sumber daya manusia organisasi dalam berbagai jenjang. Untuk mewujudkan amanat tersebut, PGRI menggunakan empat strategi dasar dengan metode: (1) intensifikasi silaturahmi secara vertikal, horizontal, dan diagonal baik internal maupun eksternal, (2) optimalisasi kemitraan secara seimbang dengan berbagai pihak terkait atas dasar saling menghormati, (3) aktualisasi program kerja yang lebih berpusat pada hak dan martabat anggota, (4) transparansi manajemen organisasi dalam berbagai tingkatan organisasi.

11  Soal dan Tugas  Jawablah soal-soal dan kerjakan tugas-tugas di bawah ini  Perjuangan PGRI tidak pernah berakhir. Berilah penjelasan tentang makna kalimat tersebut.  Perjuangan PGRI akan sukses bila sesuai dengan prinsip perjuangannya dan didukung dengan strategi yang tepat. Berilah penjelasan mengapa demikian.  PGRI dalam melakukan perjuangan harus disesuaikan dengan tantangan dan tantangan jamannya serta mengetahui kekuatan yang dimiliki PGRI. Berilah penjelasan tentang hal dimaksud.  Buatlah suatu karya tulis huruf arial, font 12, spasi 1,5, dan minimal 2 halaman kuarto dengan pilihan topik:  PGRI berjuang untuk kepentingan pendidikan yang bermutu;  PGRI berjuang untuk meningkatkan profesionalisme guru;  PGRI berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan guru.


Download ppt " Sebagai organisasi perjuangan, PGRI merupakan perwujudan wadah bagi para guru untuk selalu berjuang dan berjuang dalam memperoleh, mempertahankan, meningkatkan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google