Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Widanarto Evaluasi Pembelajaran Bagian Ketiga Bab 6: Pengolahan Hasil Pengukuran Bab 7: Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Kompetensi Dasar: 3.2 Menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Widanarto Evaluasi Pembelajaran Bagian Ketiga Bab 6: Pengolahan Hasil Pengukuran Bab 7: Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Kompetensi Dasar: 3.2 Menggunakan."— Transcript presentasi:

1 Widanarto Evaluasi Pembelajaran Bagian Ketiga Bab 6: Pengolahan Hasil Pengukuran Bab 7: Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Kompetensi Dasar: 3.2 Menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran di kelas Indikator: Menentukan tindak lanjut dari nilai yang diperoleh (terhadap peserta didik dan/atau metode pembelajaran/pengembangan program) Mendeskripsikan profil kompetensi Bab 7: Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

2 Widanarto Evaluasi Pembelajaran Bab ini akan membicarakan tentang: A. Tindak Lanjut Hasil Evaluasi B. Deskripsi Profil Kompetensi

3 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pelaporan Hasil Ujian Bagi Siswa Kegunaan Hasil Ujian Bagi Siswa Laporan yang berisi catatan tentang peserta didik diusahakan selengkap mungkin agar dapat memberikan informasi yang lengkap. Akan tetapi, membuat laporan yang lengkap setiap saat merupakan beban yang berat bagi guru. Oleh karena itu, pembuatan laporan dapat bersifat singkat, disesuaikan dengan kebutuhan. Laporan yang dibuat oleh guru untuk peserta didik dapat dilakukan oleh guru dengan membuat matriks pencapaian hasil belajar.

4 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pelaporan Hasil Ujian Bagi Siswa Kegunaan Hasil Ujian Bagi Siswa Informasi hasil ujian dapat dimanfaatkan peserta didik untuk: 1.mengetahui kemajuan hasil belajar diri 2.mengetahui konsep-konsep atau teori-teori yang belum dikuasai 3.memotivasi diri untuk belajar lebih baik 4.memperbaiki strategi belajar

5 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pelaporan Hasil Ujian Bagi orang Tua Kegunaan Hasil Ujian Bagi Orang Tua Pelaporan hasil penilaian yang dilakukan oleh guru juga ditujukan bagi orang tua peserta didik. Informasi yang diberikan dapat berupa rapor yang biasanya diberikan kepada orang tua setelah semester berakhir. Laporan hasil belajar yang diberikan kepada orang tua memuat catatan atas prestasi peserta didik, pencapaian kompetensi peserta didik pada ranah kognitif, afektif, psikomotor, kelemahn dan kekuatan peserta didik, ketrampilan peserta didik dalam melakukan tugas, dan minat peserta didik terhadap mata pelajaran tertentu.

6 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pelaporan Hasil Ujian Bagi orang Tua Kegunaan Hasil Ujian Bagi Orang Tua 1.membantu anaknya belajar 2.memotivasi anaknya belajar 3.membantu sekolah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik 4.membantu sekolah dalam melengkapi fasilitas belajar

7 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pelaporan Hasil Ujian Bagi orang Tua Kegunaan Hasil Ujian Bagi Orang Tua Laporan hasil ujian untuk guru dan kepala sekolah harus mencakup semua ranah hasil belajar peserta didik untuk semua pelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Informasi yang diperlukan lebih lengkap termasuk jenis kompetensi dasar yang telah dikuasai dan yang belum dikuasai peserta didik, jumlah peserta yang dapat mencapai skor 75 atau lebih dalam skala 0 – 100 untuk semua mata pelajaran, termasuk ranah afektif. Guru tidak semata-mata melaporkan prestasi peserta didik tetapi juga menyinggung problem kepribadian mereka. Laporan hasil ujian tidak hanya dalam bentuk angka tetapi juga dalam bentuk deskripsi tentang peserta didik.

8 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pelaporan Hasil Ujian Bagi Guru & Sekolah Kegunaan Hasil Ujian Bagi Guru & Sekolah Hasil ujian digunakan guru dan sekolah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam satu kelas, dalam satu sekolah dalam semua mata pelajaran. Hasil ujian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, membantu guru untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat, mendorong sekolah agar memberi fasilitas belajar yang lebih baik. Informasi yang diperlukan adalah penguasaan terhadap kompetensi dasar. Guru memerlukan informasi yang spesifik untuk masing-masing kelas yang diajar, sedangkan kepala sekolah memerlukan informasi yang umum untuk semua kelas dalam satu sekolah. Berikut contoh format laoran hasil belajar peserta didik untuk guru dan kepala sekolah

9 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Pada umumnya laporan untuk masyarakat berkaitan dengan jumlah lulusan sekolah. Setiap peserta didik yang telah lulus membawa bukti bahwa mereka memiliki suatu pengetahuan dan ketrampilan tertentu. Namun pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh peserta didik dari sekolah tidaklah sama. Tingkat keberhasilan ini dinyatakan secara lengkap dalam laporan prestasi.

10 Widanarto Evaluasi Pembelajaran 1. Tindak Lanjut Siswa Kembali Orang TuaGuru & SekolahMasyarakatSoal Coba, Buatlah format pelaporan hasil belajar yang ditujuan pada orang tua!

11 Widanarto Evaluasi Pembelajaran B. Deskripsi Profil Kompetensi Deskripsi Profil Kompetensi Untuk: Kembali Sekolah Menengah Atas Sekolah Menengah Kejuruan

12 Widanarto Evaluasi Pembelajaran Daftar Pustaka 1.Ngalim Purwanto, 2001, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Cetakan kesepuluh, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung 2.Departemen Pendidikan Nasional (2003), Pelayanan Profesional Kurikulum 2004, Penilaian Kelas, - Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 3.Masidjo, 1995, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, - Yogyakarta: Penerbit Kanisius. 4.Arikunto, Suharsimi, 2001, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, Cetakan kedua, - Jakarta: Bumi Aksara 5.Tim Pengembang Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, 2004, Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Atas, Edisi Revisi.

13 Widanarto Evaluasi Pembelajaran


Download ppt "Widanarto Evaluasi Pembelajaran Bagian Ketiga Bab 6: Pengolahan Hasil Pengukuran Bab 7: Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Kompetensi Dasar: 3.2 Menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google