Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUJUAN PEMBELAJARAN Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu untuk : 1.Menjelaskan definisi protein 2.Menjelaskan makna proses pembentukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUJUAN PEMBELAJARAN Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu untuk : 1.Menjelaskan definisi protein 2.Menjelaskan makna proses pembentukan."— Transcript presentasi:

1

2 TUJUAN PEMBELAJARAN Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu untuk : 1.Menjelaskan definisi protein 2.Menjelaskan makna proses pembentukan protein 3.Menjelaskan proses terbentuknya protein

3 DEFINISI Protein dibangun dari rantai POLIPEPTIDA, yaitu struktur rantai panjang yang tersusun dari untaian asam-asam amino. Jumlah asam amino yang dapat membangun sebuah protein, paling sedikit berjumlah 20 jenis asam amino. Di dalam tubuh protein sangat diperlukan sebagai zat pembangun dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.

4 ASAM AMINO Asam Amino terbagi menjadi 2, yaitu Asam Amino non essensi yang dapat dibentuk dalam tubuh dan Asam Amino essensi yang tidak dapat dibentuk tubuh. a.Asam Amino Non Essensial seperti Alanin, Asparagin, Asam Aspartat, Sistein, Asam Glutamat, Glutamin, Glisin, Serin, Prolin dan Tirosin. b.Asam Amino Essensial seperti Arginin, Histidin, Leusin, Isoleusin, Lisin, Metionin, Fenilalanin, Treonin, valin dan Triptofan.

5 RIBOSOM Asam Amino dibangun dalam struktur yang bernama RIBOSOM, yang dapat terletak bebas atau menempel pada Retikulum Endoplasma. Didalam sebuah ribosom terdapat salah satu dari tiga struktur RNA, yaitu RNA r (ribosom) yang berfungsi sebagai penterjemah (translasi) kodon- kodon triplet menjadi asam amino. Kodon-kodon tersebut dibawa dari inti sel oleh RNA m (messenger), hasil transkripsi dari DNA.

6 ALUR SINTESIS ASAM AMINO Pemisahan rantai DNA Proses Transkripsi DNA Sense oleh M RNA M RNA keluar dan ditranslasikan oleh T RNA Asam Amino dibentuk sesuai kode dari T RNA

7 DALAM DNA Rantai Ganda DNA dipisahkan oleh struktur RNA Polimerase. Nantinya Rantai tersebut akan disatukan lagi oleh DNA Polimerase melalui pengikatan gugus phosphat.

8 Proses ini terjadi dalam Nukleus, yang dilakukan oleh salah satu rantai DNA, yang dikenal dengan nama DNA sense atau template. Tujuannya adalah untuk membentuk M RNA dari Rantai RNA yang tersedia.

9 MENGHILANGKAN INTRONS Setelah proses traksripsi selesai, rangkaian kode M RNA juga telah terbentuk. Tetapi dalam rangkai tersebut terdapat beberapa bagian dari gap/celah/batas/ruang kosong yang harus dihilangkan, bagian tersebut dikenal dengan nama INTRONS.

10 KELUAR DARI NUKLEUS Setelah M RNA selesai tercetak, M RNA akan keluar meninggalkan nukleus ke Sitoplasma. Yang kemudian akan ditangkap oleh ribosom untuk dikode kembali.

11 C A U U G G C G A C U A

12 SINTESA ASAM AMINO Dari kode-kode yang dihasil maka disintesislah asam amino oleh ribosom sesuai kode yang dibawa. Daftar Asam amino beserta kode tripletnya dapat dilihat dari daftar berikut. C A U U G G C G A C U A

13 DAFTAR NAMA DAN KODE ASAM AMINO C A UU G GC G AC U A

14 AWAL DAN AKHIR

15 REFERENSI Microsoft TM STUDENT ® © 2008 with Encarta Encyclopedia

16

17


Download ppt "TUJUAN PEMBELAJARAN Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu untuk : 1.Menjelaskan definisi protein 2.Menjelaskan makna proses pembentukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google