Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA Nuriyatul lailiyah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA Nuriyatul lailiyah."— Transcript presentasi:

1 MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA Nuriyatul lailiyah

2  Dalam masyarakat komunikatif, mereka yang gagal berkomunikasi akan dilupakan (John Beardshley, 2004)  Survey terhadap 4000 eksekutif PR di Amerika oleh Thomas L.Harris tahun 2000 (Mcnamara:2003)  Anggaran PR untuk media relations (40%), Internal relations (10%), events (10%), investor relations (8%), community relations (7%), charity (6 %), public affair dan government relations (9%)

3 Tujuan utama media relations:  menciptakan pengetahuan dan pemahaman. Bukan semata-mata menyebar pesan sesuai keinginan perusahaan atau klien demi mendapatkan “citra atau sosok yang lebih indah di mata publik”.

4  Semua jenis materi pers harus bebas dari nilai-nilai dan kepentingan sepihak. Kejujuran dan netralitas harus dipegang teguh. baik buruknya upaya PR dilihat dari kejujuran dan netralitasnya.

5  Kepentingan publik menjadi yang terpenting. Jika benar-benar diperhatikan, sambutan publik akan positif sehingga perusahaan akan memperoleh publisitas seperti yang diinginkan. Pada saat itu, kepentingan perusahaan akan dengan sendirinya terpenuhi.

6 Menjalin hubungan yang baik dengan media  Selain memasok berbagai materi yang layak terbit, praktisi PR harus memahami bagaimana proses penerbitan atau penyiaran dalam media. Termasuk bagaimana sebuah program atau acara dapat mucnul.

7 Menjalin hubungan yang baik dengan media  Sebagian pengetahuan tersebut dapat dipahami dengan hanya mengamati dan menganalisis. Karena itu media visit diperlukan. Terkadang kita dapat mengerti kebutuhan media hanya dengan menelpon atau berbicara secara singkat.

8 Hal-hal pokok terkait pers yang harus diketahui PR:  Kebijakan editorial  Pandangan dasar media atas suatu isu yang dengan sendirinya melandasi pemilihan subjek-subjek yang akan diterbitkan atau disiarkan.  Frekuensi penerbitan atau penyiaran  masa dan jumlah edisi tiap terbit. Dalam konteks penyiaran berarti durasi dan frekuensi penayangan.

9 Hal-hal pokok terkait pers yang harus diketahui PR:  Tanggal terbit  Terkait dengan deadline naskah masuk ke redaksi media.  Proses percetakan  Bagaimana sebuah media dicetak, dengan teknik apa, kertas apa, dll.  Daerah sirkulasi  Sejauh apa jangkauan wilayah suatu media. Apakah khusus di desa, perkotaan, propinsi, nasional, dll.

10 Hal-hal pokok terkait pers yang harus diketahui PR:  Jangkauan pembaca  Berapa dan siapa saja yang mengonsumsi media tersebut?  Metode distribusi  Apakah berlangganan, dijual bebas, dijual di tempat- tempat tertentu, dll.

11 Prinsip-prinsip hubungan pers yang baik:  Memahami dan melayani media  Membangun reputasi sebagai orang yang dapat dipercaya  Menyediakan salinan yang baik  Bekerja sama dalam penyediaan materi  Menyediakan fasilitas verifikasi  Membangun hubungan personal yang kokoh.


Download ppt "MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA Nuriyatul lailiyah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google