Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GMB GERAK MELINGKAR BERATURAN GERAK MELINGKAR DENGAN LAJU KONSTAN Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GMB GERAK MELINGKAR BERATURAN GERAK MELINGKAR DENGAN LAJU KONSTAN Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika."— Transcript presentasi:

1

2 GMB GERAK MELINGKAR BERATURAN

3 GERAK MELINGKAR DENGAN LAJU KONSTAN Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik Kompetensi Dasar: 2.1 Mempredikasi besaran-besaran fisika pada gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan Indikator hasil belajar :  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan konstan

4 GERAK MELINGKAR BERATURAN  Kecenderungan setiap benda yang sedang bergerak, lintasannya berupa garis lurus.  Agar suatu benda dapat bergerak pada lintasan melingkar, suatu gaya harus terus dikerjakan.  Gaya yang dikerjakan pada benda agar lintasannya berupa lingkaran disebut Gaya Sentripetal. Misal, suatu beban diayunkan dalam suatu lingkaran pada ujung suatu tali.

5 L intasan Horisontal Lintasan Vertikal v v Fs Fs Keterangan: v = kelajuan benda Fs = gaya sentripetal, gaya ini selalu mengarah ke pusat lingkaran

6 PERSAMAAN GERAK MELINGKAR BERATURAN Periode T adalah selang waktu yang diperlukan oleh suatu benda untuk menempuh satu kali melingkar/ berputar. Frekuensi f adalah banyaknya putaran yang dapat dilakukan benda dalam selang waktu satu sekon. Hubungan antara periode dan frekuensi adalah: Kelajuan benda v adalah panjang lintasan per selang waktu tempuh. Kecepatan sudut ω adalah pergeseran sudut pusat per selang waktu tempuh. Hubungan antara kelajuan benda dengan kecepatan sudut adalah: Besar gaya Fs yang diperlukan tergantung pada: massa benda, m ( dalam satuan kilogram) kecepatan benda, v ( dalam satuan m/s) jari-jari lingkaran, r ( dalam satuan meter) Sedangkan persamaan gayanya adalah Gaya Fs ini selalu mengarah ke pusat lingkaran, sedang arah kecepatannya v selalu menyinggung lintasan. Menurut hukum Newton, besar gaya F = m.a Maka, percepatan Gaya F yang menghasilkan percepatan ini dikenal sebagai gaya sentripetal. Sedangkan percepatan a yang menuju pusat lingkaran dinamakan percepatan sentripetal. Sehingga arah kecepatan v dengan arah percepatan a selalu tegak lurus.

7 GERAK MELINGKAR BERATURAN Arah kecepatan v dengan arah percepatan a selalu tegak lurus


Download ppt "GMB GERAK MELINGKAR BERATURAN GERAK MELINGKAR DENGAN LAJU KONSTAN Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google