Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Roni hidayat101011030 Mega D 101011226 Riska A. 101011269 Hikmah R. 101011271.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Roni hidayat101011030 Mega D 101011226 Riska A. 101011269 Hikmah R. 101011271."— Transcript presentasi:

1 Roni hidayat Mega D Riska A Hikmah R

2  Air merupakan salah satu bahan pokok yang mutlak dibutuhkan oleh manusia sepanjang masa, baik langsung maupun tidak langsung.  sumber air yang semakin lama semakin memburuk dapat kita antisipasi dengan salah satu alternatif mendapatkan air bersih adalah dari sumur atau sungai yang tidak tercemar bahan kimia, yaitu dengan membuat penjernihan air secara sederhana yang memanfaatkan sumberdaya di sekitar kita.

3  Sedimentasi merupakan salah satu contoh upaya penjernihan air  Sedimentasi ini merupakan suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh mata air, angin, es atau gletser di suatu cekungan.

4  Sedimentasi adalah pemisahan solid dari liquid menggunakan pengendapan secara gravitasi untuk menyisihkan suspended solid.  unit sedimentasi merupakan suatu unit operasi yang berfungsi untuk memisahkan solid dan liquid dari suspensi untuk menghasilkan air yang lebih jernih dan konsentrasi lumpur yang lebih kental melalui pengendapan secara gravitasi.

5

6  Pengendapan air permukaan untuk penyisihan partikel diskret khususnya pada pengolahan dengan filter pasir cepat.  Pengendapan flok hasil koagulasi-flokulasi, khususnya sebelum disaring dengan filter pasir cepat.  Pengendapan lumpur hasil pembubuhan soda-kapur pada proses penurunan kesadahan.  Pengendapan lumpur pada penyisihan besi dan mangan dengan oksidasi.

7  Mengurangi beban kerja unit filtrasi dan memperpanjang umur pemakaian unit penyaring selanjutnya.  Mengurangi biaya operasi instalasi pengolahan.

8

9  Segi empat (rectangular)  Lingkaran (circular)

10

11

12

13

14  Zona inlet mendistribusikan aliran air secara merata pada bak sedimentasi dan menyebarkan kecepatan aliran yang baru masuk

15

16  Dalam zona ini, air mengalir pelan secara horizontal ke arah outlet, dalam zona ini terjadi proses pengendapan

17  lumpur terakumulasi  Kadang dilengkapi dengan sludge collector/scapper

18  Berpengaruh besar dalam mempengaruhi pola aliran dan karakteristik pengendapan flok pada bak sedimentasi

19

20  merupakan pengendapan partikel diskret Yaitu: partikel yang dapat mengendap bebas secara individual tanpa membutuhkan adanya interaksi antar partikel

21  pengendapan partikel flokulen dalam suspensi, di mana selama pengendapan terjadi saling interaksi antar partikel

22  pengendapan partikel dengan konsentrasi yang lebih pekat, di mana antar partikel secara bersama-sama saling menahan pengendapan partikel lain disekitarnya.  Pada bagian atas zona terdapat interface yang memisahkan antara massa partikel yang mengendap dengan air jernih.

23  kelanjutan dari sedimentasi tipe III, dimana terjadi pemampatan (kompresi) massa partikel hingga diperoleh konsentrasi lumpur yang tinggi  Sebagai contoh (next)

24

25

26

27  Bak prasedimentasi merupakan bagian dari bangunan pengolahan air minum yang berfungsi untuk mengendapkan partikel diskret yang relatif mudah mengendap (diperkirakan dalam waktu 1 hingga 3 jam).

28  Bak sedimentasi II merupakan bagian dari bangunan pengolahan air minum yang berfungsi untuk mengendapkan partikel hasil proses koagulasi-flokulasi yang relatif mudah mengendap (karena telah menggabung menjadi partikel berukuran besar)

29  Sedimentasi II ini menggunakan teori sedimentasi tipe II karena teori ini mengemukakan bahwa pengendapan partikel berlangsung akibat adanya interaksi antar partikel

30  Waktu tinggal (detention time)  Laju luapan permukaan (overflow rate).  Kecepatan aliran  Laju luapan (weir overflow rate).

31  Salah satu proses pengolahan air minum adalah sedimentasi, sedimentasi merupakan tahap awal dalam proses pengolahan air minum dari serangkaian prosesnya  Prinsip proses sedimentasi memisahkan antara solid dan liquid yang terdapat dalam air, dengan tujuan menyisihkan suspended solid

32  Menghemat pengunaan air, karena kita tahu bahwa untuk menghasilkan satu tetes air minum membutuhkan proses pengolahan panjang dan rumit


Download ppt "Roni hidayat101011030 Mega D 101011226 Riska A. 101011269 Hikmah R. 101011271."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google