Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pada waktu kita sekolah di Sekolah Dasar, kita pernah mendapatkan rumus luas lingkaran. Akan tetapi bagaimanakah sebenarnya rumus lingkaran tersebut diperoleh?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pada waktu kita sekolah di Sekolah Dasar, kita pernah mendapatkan rumus luas lingkaran. Akan tetapi bagaimanakah sebenarnya rumus lingkaran tersebut diperoleh?"— Transcript presentasi:

1 Pada waktu kita sekolah di Sekolah Dasar, kita pernah mendapatkan rumus luas lingkaran. Akan tetapi bagaimanakah sebenarnya rumus lingkaran tersebut diperoleh?

2 Rumus luas daerah lingkaran dapat dilakukan dengan cara memotong-motong lingkaran sehingga menjadi juring-juring kemudian membentuknya menjadi :  persegipanjang,  segitiga,  belahketupat,  trapesium,  jajar genjang atau  bangun yang lain.

3 1.Penurunan luas lingkaran dengan persegipanjang r ½ K Kita misalkan jari-jari lingkaran adalah r, Dan kita tahu bahwa keliling lingkaran adalah  d atau 2  r

4 gambar tersebut merupakan persegipanjang dengan Panjang= 4 busur juring = ½ Keliling lingkaran Lebar= r luas persegipanjang = panjang × lebar, = ½ kel lingkrn × jari-jari lingkaran = ½ × 2  r × r = π × r × r = π r 2

5 2.Penurunan luas lingkaran dengan segitiga ¼ K 4 r

6 Pandang gambar tersebut sebagai segitiga sama kaki. Segitiga sama kaki tersebut adalah bentukan 16 juring dari sebuah lingkaran. Dengan panjang alas = 4 busur juring = ¼ keliling lingkaran dan Tinggi segitiga = 4 r Luas segitiga= ½  alas  tinggi = ½  ¼ keliling lingkaran  4 r = ½  keliling lingkaran  r = ½  2  r  r = = =


Download ppt "Pada waktu kita sekolah di Sekolah Dasar, kita pernah mendapatkan rumus luas lingkaran. Akan tetapi bagaimanakah sebenarnya rumus lingkaran tersebut diperoleh?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google