Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengapa mobil jeep ini sanggup menarik benda yang sangat berat???? Semua kegiatan yang ditunjukan gambar adalah USAHA. Apa itu Usaha???

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengapa mobil jeep ini sanggup menarik benda yang sangat berat???? Semua kegiatan yang ditunjukan gambar adalah USAHA. Apa itu Usaha???"— Transcript presentasi:

1

2 Mengapa mobil jeep ini sanggup menarik benda yang sangat berat???? Semua kegiatan yang ditunjukan gambar adalah USAHA. Apa itu Usaha???

3 A. Pengertian Usaha Usaha didefinisikan sebagai hasil perkalian antara perpindahan titik tangkapnya dengan komponen gaya pada arah perpindahan. F cos  F sin  F s Besarnya usaha W = (F cos  ). s Contoh dari konsep usaha Keterangan : F = gaya (N) s = perpindahan yang dilakukan (m)  = sudut yang dibentuk oleh gaya dan perpindahan.( 0 ) Satuan SI dari kerja: newton.meter = joule (J)

4 W = (F cos  ). s

5

6 Diketahui: F = 22 N θ = 60 o s =3 m Ditanya: W = …? W = Jawab:W =F s cos θ = 22 N. 3 m. Cos 60 o = 66. 0,5 N.m 33 N.m = 33 Joule

7 Energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Suatu benda dikatakan memiliki energi jika benda tersebut dapat melakukan usaha.

8 Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki benda karena gerakannya. Energi kinetik suatu benda besarnya berbanding lurus dengan massa benda dan kuadrat kecepatannya. Secara matematika ditulis sebagai berikut: dengan, m = massa benda (kg) v = kecepatan benda (m/s) Ek = Energi kinetik (joule)

9 Berdasarkan Hukum II Newton, diketahui bahwa percepatan berbanding lurus dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa. Maka usaha yang dilakukan pada benda adalah jika dengan, F = gaya (N) s = perpindahan (m) m = massa benda (kg) maka a = percepatan benda (m/s 2 ) W = F. s F= m.aW = m. a. S

10 Jika gaya F bekerja pada benda, benda tersebut akan bergerak berubah beraturan (GLBB), sehingga berlaku atau dengan, V 0 = kecepatan awal benda (m/s) V t = kecepatan akhir benda (m/s) a = percepatan benda (m/s 2 ) s = perpindahan (m)

11 Sehingga persamaan usaha pada benda menjadi Dengan demikian, didapat hubungan usaha dan energi kinetik, yaitu

12 2. Energi Potensial

13 Energi potensial gravitasi adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena pengaruh tempat kedudukannya (ketinggian). a. Energi Potensial Gravitasi dengan, m = massa benda (kg) g = percepatan gravitasi (m/s 2 ) h = tinggi benda (m) Ep = energi potensial gravitasi (Joule) h

14 b. Energi Potensial Pegas Energi potensial yang dimiliki pegas atau benda elastis besarnya berbanding lurus dengan konstanta pegas k dan kuadrat simpangannya. Secara matematis dapat dinyatakan dengan persamaan berikut dengan, k = konstanta pegas (N/m) Δx = simpangan (m) Ep = energi potensial pegas (Joule)

15 Hukum Kekekalan Energi HUKUM KEKEKALAN ENERGI : ” Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain”.

16

17 Usaha yang dilakukan pada benda sama dengan negatif perubahan energi potensial Usaha yang dilakukan pada benda sama dengan perubahan energi kinetik

18 Dari kedua persamaan di atas, diperoleh: atau dapat ditulis sebagai berikut:

19 Jumlah energi potensial dengan energi kinetik disebut energi mekanik (Em). Oleh karena itu, persamaan di atas dinamakan hukum kekekalan energi mekanik (Em) Dari rumus tersebut didapat bahwa jumlah energi kinetik dan energi potensial suatu benda bernilai tetap jika gaya-gaya yang bekerja pada benda bersifat konservatif.

20


Download ppt "Mengapa mobil jeep ini sanggup menarik benda yang sangat berat???? Semua kegiatan yang ditunjukan gambar adalah USAHA. Apa itu Usaha???"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google