Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 YUSRIN A. TOSEPU. PENGANTAR MEMAHAMI IMK / HCI PERT. 02.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " YUSRIN A. TOSEPU. PENGANTAR MEMAHAMI IMK / HCI PERT. 02."— Transcript presentasi:

1  YUSRIN A. TOSEPU

2 PENGANTAR MEMAHAMI IMK / HCI PERT. 02

3 MENGGAPA DENGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER……? Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

4  Dalam pengertian lain diterangkan bahwa Interaksi Manusia Komputer merupakan sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.  Definisi lain Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena- fenomena di sekitar manusia itu sendiri.  Merupakan suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.

5 MODEL IMK Tiga komponen ini saling berkaitan. 1. PENGGUNA 2. INTERAKSI 3. TEKNOLOGI

6  Pengguna (user) adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.

7 Bagaimana Perkembangan IMK ……?  Kemajuan-kemajuan teknologi mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai.

8 Histori IMK…!  Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.  komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya).

9  Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI)atau Interaksi Manusia-Mesin.  Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer Dari Histori, IMK bermula disini…!

10 Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer. Model IMK terdiri atas : 1. Pengguna (Manusia) 2. Komputer 3. Interaksi

11 IMK DAN PENDEKATAN BIDANG ILMU LAIN 1.Sosiologi studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor. 2.Psikologi memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna 3.Perancangan grafis dan tipografi sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer 4.Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja

12 5. Antropologi Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya 6. Linguistik Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah. 7. Teknik elektronika & ilmu komputer Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

13 1. Manusia (user) Tahun 1983 ada sebuah model human prosesor yang terdiri dari 3 subsistem, yaitu : a.Sistem Persepsi Menangani sensor dari luar b.Sistem mator Mengontrol aksi dan respon c.Sistem Kognitif Memproses hubungan keduanya Informasi pada manusia terdiri dari :  diterima dan direspon melalui input output  disimpan di memori  diproses dan di aplikasikan

14 Memory komputer vs Manusia  Memori manusia :  Memori sensor : Iconic untuk visual Echoic untuk aural Haptic untuk Peraba  Short term memori Daerah memori aktif, yang di anggap sebagai memori kerja. Contoh : menghitung dan membaca  Long term memori Episodic :  mempresentasikan kejadian Semantic  mempresentasikan stuktur dari fakta

15 2. Komputer  Input / Output komputer ChaBatch : data berkelompok Interaktif : satu per satu Text Entity Device Keyboad Handwriting recognize Speech recognition  Output Device LCD CRT LED Paper Printing, Scanner dan optical character recognition 3. Interaksi Tipe : a. Comand Line interface b. Menu c. Natural Language d. Query dialogue e. Spreadsheet f. WIMP (windows, icons, menu, pointers)

16 Evolusi Antarmuka  Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)  Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)  1960-an J.C.R. Licklider (MIT) mengusulkan jaringan komputer global dan pindah ke DARPA (Defense Advanced Projects Research Agency). Tahun 1969, ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) mulai online menghubungkan 4 universitas.  1970: penelitian di Xerox’s Palo Alto Research Center memperkenalkan mouse,pointing dan selecting, dan GUI sebagai metode utama komunikasi manusia- komputer.an Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi.  1974 Bolt, Beranek, dan Newman merilis Telenet, versi komersil pertama dari ARPANET

17  1974: Xerox mempatenkan mouse seperti yang dikenal sekarang. • Akhir 1970-an hingga 1980-an, dicetuskan TCP/ IP sebagai bahasa umum bagi komputer Internet  Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia) 1981: Star (Xerox) double click, overlapping windows, 1024×768 monochrome.  1982 dicetuskan istilah Internet

18  Tahun 2000an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive screen. Selama an: berbagai produk dan upgrade Microsoft dan Apple 2003 Apple merilis Safari versi Mozilla Firefox diperkenalkan Sampai sekarang telah banyak perubahan dan penemuan-penemuan baru yang telah diciptakan guna untuk perkembangan teknologi.


Download ppt " YUSRIN A. TOSEPU. PENGANTAR MEMAHAMI IMK / HCI PERT. 02."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google