Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI Oleh : Saepul Anwar Oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI Oleh : Saepul Anwar Oleh."— Transcript presentasi:

1 BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI Oleh : Saepul Anwar Oleh : Saepul Anwar

2 SEBUAH RENUNGAN SEBUAH RENUNGAN Musim Panas Menyenangkan, Hujan Menyegarkan, Angin Menguatkan, Salju Menggembirakan; yang dikatakan CUACA BURUK sebenarnya tidak ada, yang ada hanya CUACA BAIK yang berbeda saja. Saya tidak akan mengikuti kampanye ANTI NARKOBA tapi saya akan mengikuti kampanye HIDUP SEHAT Ada satu cara mengelak dari kritik: Jangan menjadi apa- apa, dan jangan berbuat apa-apa. Bunuh segala cita- cita. Solusi ini tidak pernah gagal Musim Panas Menyenangkan, Hujan Menyegarkan, Angin Menguatkan, Salju Menggembirakan; yang dikatakan CUACA BURUK sebenarnya tidak ada, yang ada hanya CUACA BAIK yang berbeda saja. Saya tidak akan mengikuti kampanye ANTI NARKOBA tapi saya akan mengikuti kampanye HIDUP SEHAT Ada satu cara mengelak dari kritik: Jangan menjadi apa- apa, dan jangan berbuat apa-apa. Bunuh segala cita- cita. Solusi ini tidak pernah gagal

3 JEJAK-JEJAK MENEMUKAN DIRI SENDIRI  Menemukan diri sendiri merupakan perjalanan yang tidak pendek, melelahkan, membosankan  Harus selalu bertanya, merefleksi, mengevaluasi, mau membuka hati, pikiran, dan ingatan.  Menemukan diri bukan sesuatu yang instan  Menemukan diri sendiri harus berani jatuh bangun dan gagal  Dengan keberanian untuk bergumul dengan pengalaman hidup yang tidak menyenangkan akan membuat kita menapaki tangga-tangga kecil menunju penemuan diri.

4 SIAPAKAH AKU?  Setiap orang berhak mengatakan apa saja tentang diri kita  Apa yang terjadi pada diri kita bukan orang lain yang menentukan, tetapi terletak pada diri kita sendiri  Proses menemukan diri sendiri seperti layaknya melakukan perjalanan panjang yang melelahkan  Tidak sulit menemukan diri sendiri asalkan kita berani dan terbuka menerima diri kita tanpa syarat dan tidak menjadikan diri kita seperti orang lain  Pengenalan terhadap diri sendiri akan mencapai puncaknya apabila kita berani menelanjangi diri kita tanpa batas apapun, artinya pengenalan diri harus mampu menembus kedalaman hati kita sehingga kita mengenal sifat, karakter, dan kebiasaan-kebiasaan yang kita miliki

5 MENEMUKAN POTENSI DIRI  Potensi tidak dapat berkembang secara optimal apabila kita merasa puas dengan yang kita miliki sekarang ini. yang kita perlukan adalah mengembangkannya secara terus menerus sesuai dengan tuntutan yang ada  Potensi kita tidak akan sama selamanya. artinya harus ada kemauan dari diri kita sendiri untuk selalu memperbaharui sehingga potensi kita disesuaikan dengan perkembangan yang ada

6 ARTI KEGAGALAN KKKKegagalan merupakan bagian dari proses meraih keberhasilan TTTTumbuhkan sikap optimis dengan menanamkan pola pikir bahwa kegagalan adalah proses pendewasaan diri TTTTanamkan semangat bahwa pengalaman kegagalan dapat menjadi guru yang baik (selama kamu mau melakukan evaluasi diri; mencari penyebab kegagalan sehingga tidak jatuh pada peramasalahan yang sama)

7 MMMMenang kalah itu bukan perkara yang jarang terjadi, tetapi perkara yang setiap hari dihadapi. KKKKesuksesan itu suatu perjalanan, bukan tempat tujuan- separuh dari kesenangan terdapat di tengah perjalanan menuju ke sana. (Gita Berlin) KKKKepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki. (Mahatma Gandhi)

8 NILAI KEGAGALAN BBBBerlian adalah sebongkah batu yang menjadi berharga setelah melalui proses yang keras. KKKKesusahan dan kekalahan memungkinkan kita mengembangkan akal dan maju ke depan.

9 NILAI KEGAGALAN SSSSebagian orang apabila gagal terus terpuruk dalam kegagalan. Sebagian yang lain belajar darinya dan terus maju. SSSSebagian orang mati cepat karena kebanyakan makan. Yang lain karena kebanyakan minum. Sebagian yang lain lagi hanya menjadi pengecut dan mati karena tidak ada yang dikerjakan lagi. PPPPemikir kreatif menyadari nilai profedional kesalahan, dan kekeliruan. Sejarah penemuan dipenuhi orang yang terbiasa dengan asumsi salah dan gagasan yang gagal sebagai batu loncatan untuk mendapatkan ide baru. JJJJikan anda telah mencoba dan menemui kegagalan; jika anda telah merancang dan menyaksikan rancangan anda hancur di depan mata; ingat saja bahwa tokoh-tokoh besar dalam sejarah semuanya menjadi besar karena keberanian, dan keberanian, tahukan anda, lahir dalam buaian kesusahan.

10 TAKUT KEGAGALAN  Takut gagal bukan disebabkan “ kegagalan ” semata- mata. Takut gagal sebenarnya berasal dari bagaimana masyarakat bereaksi terhadap orang “ gagal ”. Apa kata orang jika saya gagal? Bagaimana saya akan berhadapan dengan orang lain?  Orang terganggu bukannya oleh masalah yang ada, tetapi oleh pendapat mereka tentang masalah yang ada. Epitetus  Tiap orang mempunyai bakat. Apa yang kurang adalah keberanian untuk mengantar bakat ke tempat gelap yang dituju. (Erica jang)  Banyak bakat yang mubazir hanya karena kurang keberanian. Setiap hari menyaksikan pengebumian orang-orang hampa yang sifat penakutnya menghalangi membuat percobaan pertama. (Sydney Smith)

11 TAKUT KEGAGALAN  Banyak cara menjadi orang gagal, tetapi tidak mengambil resiko adalah cara paling bagus untuk menjadi orang gagal.  Bertolak belakang dari anggapan umum, orang yang sukses sebenarnya lebih banyak gagal daripada orang yang tidak sukses … hanya karena mereka lebih banyak mencoba daripada orang yang tidak sukses.  Janganlah anda menilai mereka yang mencoba, dan gagal. Tapi nilailah mereka yang gagal mencoba. (Billi P.S. Lim)

12 ORANG BESAR ORANG BESAR BERFIKIR POSITIF DAN MENGHARGAI KEGAGALAN

13 Dr. Booker T. Washington Saya telah mendapati bahwa ukuran kesuksesan bukan sekedar tergantung pada prestasi yang telah dicapai tetapi juga tergantung pada berapa kali dan berapa tahap kesukaran telah diatasi dalam mencapai kedudukan itu.

14 Richard Nixon Setelah menuruni lembah yang terdalam barulah Anda dapat menilai keindahan gunung yang tertinggi. Anda memerlukan sebanyak mungkin “pengalaman pahit” untuk melahirkan keunggulan.

15 Mahatma Gandhi Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki.

16 Jackie Chan Jackie Chan Ketika saya datang ke Amerika – bingung! Pertama, saya tidak mengerti bahasa Inggris. Dan kedua, tidak ada yang mengenali saya. Ketika saya berada di jalan, tidak ada yang peduli terhadap saya

17 Helen Keller Helen Keller Karakter tidak dapat dibangun dengan mudah dan tanpa usaha. Hanya melalui pengalaman ujian dan penderitaan jiwa kita dapat diperkuat, visinya jelas, ambisi diinspirasi dan sukses dicapai.

18 Henry Ford Kegagalan adalah peluang untuk memulai lebih pintar.

19 Thomas Alfa Edison Thomas Alfa Edison Orang yang gagal dalam hidup ialah orang yang hidup dan gagal belajar.

20 CEO Coca Cola, Roberto Goizueta CEO Coca Cola, Roberto Goizueta Kita kehilangan daya saing akibat tidak pernah mengalami kesalahan… Anda mungkin tersandung hanya jika bergerak

21 William Shakespeare William Shakespeare Kesangsian merupakan pengkhianat dan membuat kita kehilangan kebaikan yang mungkin kita peroleh. Ia membuat kita takut mencoba.

22 Lee Kong Chian Lee Kong Chian Kesempatan akan didapat oleh setiap orang, tetapi tidak sekalipun mereka menggunakannya.

23 Sun Yat Sen Sun Yat Sen Gagal 10 kali dan baru jaya pada cobaan ke-11 untuk menjadi Bapak Cina modern. Beliau ketika berumur 46 tahun menjadi Presiden Republik Nasionalis Cina.

24 Roosevelt Roosevelt Satu-satunya orang yang tidak membuat kesalahan adalah orang yang tidak berbuat apa- apa. Jangan takut kepada kesalahan-dengan syarat Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama.

25 Eleanor Roosevelt Eleanor Roosevelt Lakukan apa saja yang Anda anggap benar, karena apa pun yang Anda lakukan juga akan dikritik. Anda akan dikutuk jika melakukan. Anda pun akan dikutuk jika tidak melakukan.

26 Albert Einstein Albert Einstein Terpuruk dalam kesusahan adalah kunci bagi peluang hebat untuk kita

27 APA YANG ANDA LAKUKAN, JIKA TAHU BAHWA ANDA TIDAK MUNGKIN GAGAL? APA YANG ANDA LAKUKAN, JIKA TAHU BAHWA ANDA TIDAK MUNGKIN GAGAL? Dr. Robert Schuller

28 MEREKA BILANG DIA GILA... MEREKA BILANG DIA GILA... Hingga akhir hayatnya dia tidak mengetahui bahwa dirinya telah menemukan dunia baru dari Eropa dan hanya beberapa tahun kemudian barulah kekayaan sumber alam yang sangat besar di benua baru itu diketahui. Ia mengira tempat itu bagian benua India. Christhoper Columbus Christhoper Columbus

29 MEREKA BERKATA HANYA BURUNG- BURUNG SAJA YANG DAPAT TERBANG... MEREKA BERKATA HANYA BURUNG- BURUNG SAJA YANG DAPAT TERBANG... Kakak Beradik Wright. Mereka menggunakan onderdil sepeda untuk membuat kapal terbang pertama. Kakak Beradik Wright. Mereka menggunakan onderdil sepeda untuk membuat kapal terbang pertama. WRIGHT BROTHERS

30 MEREKA MENYURUH MENYERAH... MEREKA MENYURUH MENYERAH... Edmund Hillary dianggap gagal oleh banyak orang pada tahun 1951, dan sekali lagi pada tahun 1952, dalam usahanya mendaki gunung everest. Pada tahun 1953, bersama Tenjing Norgay, pemanju jalan bangsa Sherpa, menjadi orang pertama berhasil sampai di puncak Gunung Everest setinggi 29,028 kaki ( M). Sir Edmund Hillary

31 MEREKA BILANG WANITA TIDAK BISA... MEREKA BILANG WANITA TIDAK BISA... Tahun 1975, Junko Tabei menjadi wanita pertama yang berhasil mendaki sampai puncak Gunung Everest. Sebagai ibu dan istri orang Jepang yang punya banyak tugas, ia mau menghadapi tantangan mengumpulkan dana ekspedisi mendaki gunung dan mengurus anak, sambil memfokuskan impiannya. Ia mendaki puncak gunung tertinggi di 20 dari 167 negara bagian Amerika Serikat dan berambisi menaklukkan gunung tertinggi di 147 negara bagian lainnya. Junko Tabei

32 MEREKA BILANG DIA TIDAK MUNGKIN... MEREKA BILANG DIA TIDAK MUNGKIN... “Rekor lari satu mil adalah 4 menit 12,75 detik. Rekor ini pasti tidak akan terpecahkan”,menurut Harry Andrews pelatih Olimpiade Inggris Akan tetapi tahun 1954, Roger Bannister menjadi orang pertama yang lari sejauh satu mil dengan waktu kurang dari empat menit (3 menit 59,4 detik). Roger Bannister

33 MEREKA BILANG MANUSIA TIDAK BISA HIDUP TANPA JANTUNG... MEREKA BILANG MANUSIA TIDAK BISA HIDUP TANPA JANTUNG... Pada tahun 1967, Christiaan N. Barnard menjadi orang pertama yang berhasil mencangkok jantung manusia. Pada tahun 1974, beliau menjadi orang pertama yang berhasil mencangkok jantung kedua si pasien dengan menyambungkan peredaran darah supaya kedua jantung dapat berfungsi bersama-sama. Christiaan N. Barnard Christiaan N. Barnard

34 MEREKA BERKATA ITU MUSTAHIL... MEREKA BERKATA ITU MUSTAHIL... Pada tanggal 20 Juli 1969, Neil Alden Armstrong, Komandan Apollo 11 menjadi orang pertama yang berjalan di bulan. Pada tanggal 20 Juli 1969, Neil Alden Armstrong, Komandan Apollo 11 menjadi orang pertama yang berjalan di bulan. Neil Alden Armstrong

35 DAFTAR REFERENSI DAFTAR REFERENSI •Abdul Aziz Abdullah, Hidup Tanpa Beban, Bandung: Hikmah. •Agus Musthafa, Mengubah Takdir, Surabaya: Padma. •Billi P.S.Lim, Berani Gagal, Jakarta: Delapratasa. •David J. Schwartz, Berpikir dan Berjiwa Besar, Jakarta: Bina Aksara. •Hal Urban, Positive Word Powerful Result : Mengubah dunia dengan kata-kata positif, Jakarta: BIP. •Richard Denny, Memupuk Mental Juara Mengubur Jiwa Pecundang, Yogyakarta: Pustaka Banuaju. •Sid E Williams, Dr, Positive Thinking : Sebuah Perjalanan Hidup Bahagia, Yogyakarta: Tugu. •Abdul Aziz Abdullah, Hidup Tanpa Beban, Bandung: Hikmah. •Agus Musthafa, Mengubah Takdir, Surabaya: Padma. •Billi P.S.Lim, Berani Gagal, Jakarta: Delapratasa. •David J. Schwartz, Berpikir dan Berjiwa Besar, Jakarta: Bina Aksara. •Hal Urban, Positive Word Powerful Result : Mengubah dunia dengan kata-kata positif, Jakarta: BIP. •Richard Denny, Memupuk Mental Juara Mengubur Jiwa Pecundang, Yogyakarta: Pustaka Banuaju. •Sid E Williams, Dr, Positive Thinking : Sebuah Perjalanan Hidup Bahagia, Yogyakarta: Tugu.


Download ppt "BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI BERFIKIR POSITIF DAN BERANI GAGAL UPAYA MENEMUKAN POTENSI DIRI Oleh : Saepul Anwar Oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google