Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

P ERUBAHAN DI DUNIA I SLAM DAN M ETODE P ENEGAKKAN K HILAFAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "P ERUBAHAN DI DUNIA I SLAM DAN M ETODE P ENEGAKKAN K HILAFAH."— Transcript presentasi:

1 P ERUBAHAN DI DUNIA I SLAM DAN M ETODE P ENEGAKKAN K HILAFAH

2 P ELAJARAN T UNISIA, M ESIR, L IBIA, DLL Optimisme perubahan: masyarakat dunia tidak (sepenuhnya) apatis. Mereka mau memikirkan, berjuang bahkan berkorban bukan sekedar untuk kepentingan pribadi Alianasi politik : penguasa dan rakyat Rezim dan sistem yang korup, diktator, gagal mensejahterakan rakyat akan tumbang Rezim yang yang menghamba dan bergantung pada kekuatan asing sangatlah rapuh dan bernasib tragis, dicampakkan oleh tuannya sendiri Sikap hipokrit dan busuk negara-negara imperialis (Amerika, Inggris, dan sekutunya)

3 Perubahan (tumbangnya sebuah rezim) dapat dilakukan di luar parlemen, bukan dari dalam People Power saja, tanpa dukungan militer, tidak serta merta mampu menumbangkan rezim & sistem Perubahan tanpa visi dan kepemimpinan yang jelas, rawan ‘pembajakan’ rezim lama dan kepentingan asing Perubahan mendasar tidak cukup dengan pergantian rezim tapi harus inqilabiyah (asasiyah,syumuliyah) Relevansi seruan khilafah dan syariah

4 P EMBAJAKAN I SU : D EMOKRATISASI, L IBERALISASI Hal yang natural terjadi pada rezim yang diktator dan gagal mensejahterakan rakyat Rakyat mengingingkan perubahan,tumbangnya rezim diktator, independent, bukan berarti demokrasi, liberal Sentimen Islam yang kuat : takbir, syahadah, Khodafi musuh Allah القذافى عدو الله, jumat kemarahan مصر جمعة الغضب Hasil Survey : keinginan untuk menegakkan syariah, khilafah, dan menolak nilai-nilai liberal

5 G ELOMBANG B ARU D UNIA Y ANG T IDAK B ISA D IABAIKAN Pusat Kajian Strategis Universitas Yordania survey komprehensif laporan tahun 2005 (“Revisiting the Arab Street” ): dua pertiga dari responden di negara-negara Arab merasa bahwa Syari’at harus menjadi sumber legislasi tunggal (persyaratan utama untuk Negara Islam), dan sepertiga sisanya merasa bahwa Syari’at harus menjadi sumber hukum

6 Universitas Maryland hasil survey 4 negara Maroko, Pakistan, Mesir, Indonesia pada April 2007 (‘Muslim Public Opinion on US Policy, Attacks on Civilians and al-Qaeda’ ) menyebutkan kecenderungan serupa: “Mayoritas responden (70 %)di sebagian besar negara- negara mendukung penerapan Syari’at dengan ketat, menolak nilai-nilai Barat, dan bahkan menyatukan seluruh negeri Islam (Khilafah).”

7 K RITIK T ERHADAP J ALAN D EMOKRASI  Bahaya ideologis : kedaulatan di tangan rakyat bukan hukum syara  Distorsi ideologis : pragmatisme, kompromi, koalisi dengan rezim korup dan dzolim  Mengokohkan demokratisasi  memperpanjang sistem yang rusak  Memperkuat intervensi asing lewat tokoh dan parpol yang didukung Barat  Menimbulkan suasana konflik; masyarakat, internal parpol, antar parpol  Biaya Politik yang Besar  uang rakyat terbuang sia-sia  Pemerintah tidak pernah fokus mengurus rakyat  sibuk mengurus ‘perpanjangan kekuasaan’  Menjauhkan umat dari perjuangan yang sebenarnya  kewajiban menegakkan Daulah Khilafah

8 K RITIK TERHADAP P EOPLE P OWER  Tanpa visi dan pemimpin yang jelas : rawan pembajakan  Berpotensi Menimbulkan kekacauan, perusakan hak milik umum, konflik horizontal hingga pembantaian sesama umat Islam  Kontraproduktif dengan tujuan membawa negara ke arah yang lebih baik, jika yang terjadi malah kerusakan dan pertumpahan darah  Berbahaya, karena jika tidak berhasil menumbangkan rezim, maka akan membuat penguasa tambah bengis dan paranoid

9 S YARAT P ERUBAHAN Adanya OPINI UMUM yg muncul dari KESADARAN UMUM Dukungan AHL QUWWAH Penyerahan KEKUASAAN Masyarakat: 1)Faham rezim dan sistem yg rusak dan bathil 2)Faham ideologi pengganti sbg solusi 3)Mendukung dan bergabung dlm perjuangan Khilafah 1)Pihak yang memiliki kekuasaan riil: kepala negara, militer, polisi, dll. 2)Mampu melindungi eksistensi khilafah, mandiri dan tidak di bawah kekuasaan negara lain 3)Ikhlas tanpa motif tertentu TANPA SYARAT

10 M ETODE D AKWAH Adanya OPINI UMUM yg muncul dari KESADARAN UMUM Dukungan AHL QUWWAH [militer, polisi, dll] Penyerahan KEKUASAAN PARTAI POLITIK KADER bersyakhshiyah IDE/GAGASAN yg shahih dan rinci METODE shahih dan konsisten Pembinaan Kader dan Masyarakat Perang Pemikiran dan Perjuangan Politik Tholab an-Nushroh (meminta dukungan utk penegakkan khilafah) Tegaknya KHILAFAH

11 D AKWAH R OSULULLAH Usia Rosulullah Dakwah RosulullahKeterangan 40Kegelisahan Rosul melihat kondisi masyarakat, Menerima Wahyu Pertama [3thn] Tahap 1 : Dakwah, Tatsqif, Rekrutmen [8 thn] Tahap 2: Interaksi dengan masyarakat, Dakwah terang- terangan, Mencari Nushroh. 52 Tahap 3: Menerima penyerahan otoritas/kekuasaan 53Hijrah: Proklamasi Daulah di Madinah 63Penegakkan dan Penyebarluasan Dakwah Islam

12 SEJARAWAN : [W ILL D URANT – T HE S TORY OF C IVILIZATION ]. ” Para Kholifah telah memberikan keamanan kepada manusia hingga batas yang luar biasa besarnya bagi kehidupan dan usaha keras mereka. Para Kholifah telah mempersiapkan berbagai kesempatan bagi siapapun yang memerlukannya dan meratakan kesejahteraan selama berabad-abad dalam luasan wilayah yang belum pernah tercatatkan lagi fenomena seperti itu setalah masa mereka ”

13 ISLAM NEGARA ADI DAYA Peradaban Islam merupakan peradaban terbesar di dunia. Peradaban Islam sanggup menciptakan negara adi daya dunia (superstate) terbentang dari satu samudera ke samudera yang lain; dari iklim utara hingga tropis dengan ratusan juta orang di dalamnya, dengan perbedaan kepercayaan dan suku (Carleton : “ Technology, Business, and Our Way of Life: What Next)

14 قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (QS Ali Imron : 26)

15 النكت والعيون - (1 / 225) IMAM AL MAWARDI A N -N AKTU WAL U YUN { تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ } فيه ثلاثة تأويلات : أحدها : أن المُلك هنا النبوة ، قاله مجاهد. والثاني : أنه الإيمان. والثالث : أنه السلطان. روى قتادة أن النبي صلى الله عليه وسلم سأل ربه أن يجعل مُلْك فارس والروم في أمته ، فأنزل الله هذه الآية.

16 النكت والعيون - (1 / 225) A N -N AKTU WAL U YUN { وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ } يحتمل ثلاثة أوجه : أحدها : تعز من تشاء بالطاعة ، وتذل من تشاء بالمعصية. والثاني : تعز من تشاء بالنصر ، وتذل من تشاء بالقهر

17 2- قال تعالى : وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ ( النور : 55) هذا وعد من الله لرسوله صلى الله عليه وسلم. بأنه سيجعل أمته خلفاء الأرض، أي : أئمةَ الناس والولاةَ عليهم، وبهم تصلح البلاد، وتخضع لهم العباد،... ( الامام الحافظ ابن كثير, تفسير القرأن العظيم, 6: 77)

18 « تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا اللهُ إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلاَفَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلاَفَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ ثُمَّ سَكَتَ » (HR AHMAD):


Download ppt "P ERUBAHAN DI DUNIA I SLAM DAN M ETODE P ENEGAKKAN K HILAFAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google