Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peranan dan Manfaat TIK  Bidang Pendidikan ( e-education ) a. Penelitian, proses pencarian data, pengolahan data b. Perpustakaan Online c. Sarana Belajar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peranan dan Manfaat TIK  Bidang Pendidikan ( e-education ) a. Penelitian, proses pencarian data, pengolahan data b. Perpustakaan Online c. Sarana Belajar."— Transcript presentasi:

1 Peranan dan Manfaat TIK  Bidang Pendidikan ( e-education ) a. Penelitian, proses pencarian data, pengolahan data b. Perpustakaan Online c. Sarana Belajar Interaktif d. Akses Informasi Akademik secara Online  Bidang Ekonomi ( e- business ) Dengan adanya internet segala jenis transaksi perdagangan maupun bisnis dapat dilakukan tanpa perlu beranjak dari meja kerja kita dan tanpa perlu antri berjam-jam di loket-loket pelayanan serta tanpa dibatasi oleh waktu. Keunggulan TIK juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis seperti perdagangan saham secara online ( bursa efek ) dll.  Bidang Pemerintahan ( e-govermment ) Penggunaan hubungan ini dapat dibagi 3 bentuk, yaitu : 1. G2C ( Govermment to Citizen), pemerintah dengan rakyat 2. G2B ( Govermment to Bussines ), pemerintah dengan pengusaha 3. G2G ( Govermment to Govermment ) pemerintah dengan pemerintah  Bidang Pendidikan ( e-education ) a. Penelitian, proses pencarian data, pengolahan data b. Perpustakaan Online c. Sarana Belajar Interaktif d. Akses Informasi Akademik secara Online  Bidang Ekonomi ( e- business ) Dengan adanya internet segala jenis transaksi perdagangan maupun bisnis dapat dilakukan tanpa perlu beranjak dari meja kerja kita dan tanpa perlu antri berjam-jam di loket-loket pelayanan serta tanpa dibatasi oleh waktu. Keunggulan TIK juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis seperti perdagangan saham secara online ( bursa efek ) dll.  Bidang Pemerintahan ( e-govermment ) Penggunaan hubungan ini dapat dibagi 3 bentuk, yaitu : 1. G2C ( Govermment to Citizen), pemerintah dengan rakyat 2. G2B ( Govermment to Bussines ), pemerintah dengan pengusaha 3. G2G ( Govermment to Govermment ) pemerintah dengan pemerintah

2  Bidang Perbankan ( e banking ) ATM ( Automatic Teller Machine ), ketika melakukan transaksi tarik tunai Mengecek saldo, tranfer uang, pembayaran tagihan telepon, listrik dan air SMS banking, internet banking  Bidang Sosial Pemerintah membentuk ICT4 PR ( Information and Communication Technology for Proverty Reduction ), yaitu membangun pusat-pusat informasi dan komunikasi khususnya di daerah pedesaan seperti telecenter. Dengan adanya telecenter, maka masyarakat akan memperoleh manfaat : a. Informasi tentang perkembangan daerahnya dan belajar untuk mengembangkan potensi daerahnya sendiri b. Memperoleh berbagai kebutuhan daerah-daerah lain dan kemungkinan besar dapat memasarkan produknya ke daerah lain c. Jiwa dan semangat berwira usaha akan terus ada dan semakin tumbuh d. Dapat mengembangkan sistem perdagangan mereka dengan e-commerce e. Dengan adanya, tele-medicine, maka masyarakat dapat memperoleh informasi tentang kesehatan  Bidang Perbankan ( e banking ) ATM ( Automatic Teller Machine ), ketika melakukan transaksi tarik tunai Mengecek saldo, tranfer uang, pembayaran tagihan telepon, listrik dan air SMS banking, internet banking  Bidang Sosial Pemerintah membentuk ICT4 PR ( Information and Communication Technology for Proverty Reduction ), yaitu membangun pusat-pusat informasi dan komunikasi khususnya di daerah pedesaan seperti telecenter. Dengan adanya telecenter, maka masyarakat akan memperoleh manfaat : a. Informasi tentang perkembangan daerahnya dan belajar untuk mengembangkan potensi daerahnya sendiri b. Memperoleh berbagai kebutuhan daerah-daerah lain dan kemungkinan besar dapat memasarkan produknya ke daerah lain c. Jiwa dan semangat berwira usaha akan terus ada dan semakin tumbuh d. Dapat mengembangkan sistem perdagangan mereka dengan e-commerce e. Dengan adanya, tele-medicine, maka masyarakat dapat memperoleh informasi tentang kesehatan

3  Pelanggaran Hak Cipta HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual ) HMI ( Hak Milik Intelektual ) WIPO ( World Intellectual Property Organization ) obyek kekayaan intelektual adalah kecerdasan,daya pikir, atau produk pemikiran manusia, tgl 26 April 2001 merupakan hari HAKI sedunia  Kejahatan di Internet (Cybercrime ) A. Unauthorized Acces 1. Cracker, mencari informasi penting dan data rahasia serta sabotase data 2. Hacker, sekedar untuk menguji kemampuan serta keamanan sistem komputer yang disusupi B. Cyber Sabotage and Extortion, membuat gangguan, pengrusakan, penghancuran suatu data, disebut juga Cyber terorrism C. Cyber Espionase, tujuan memata-matai aktivitas komputer pengguna yang disusupi untuk mendapatkan informasi penting dan rahasia D. Data Forgery, memasukan data palsu kepada komputer lain yang dimasuki E. Illegal Contents, membuat kekacauan pada sistem informasi internet, mencampur data yang benar dengan yang palsu F. Infrigements of Privacy, untuk mendapatkan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia G. Phising, mengecoh orang lain agar memberikan data-data pribadinya ke situs yang telah disiapkan pelaku H. Spamming, mengirimi sampah sebanyak-banyaknya dengan maksud memberikan penawaran produk I. Offense Againts Intellectual Property, memanfaatkan hak kekayaan intelektual yang dimilki pihak lain J. Carding, penipuan menggunakan kartu kredit.  Pelanggaran Hak Cipta HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual ) HMI ( Hak Milik Intelektual ) WIPO ( World Intellectual Property Organization ) obyek kekayaan intelektual adalah kecerdasan,daya pikir, atau produk pemikiran manusia, tgl 26 April 2001 merupakan hari HAKI sedunia  Kejahatan di Internet (Cybercrime ) A. Unauthorized Acces 1. Cracker, mencari informasi penting dan data rahasia serta sabotase data 2. Hacker, sekedar untuk menguji kemampuan serta keamanan sistem komputer yang disusupi B. Cyber Sabotage and Extortion, membuat gangguan, pengrusakan, penghancuran suatu data, disebut juga Cyber terorrism C. Cyber Espionase, tujuan memata-matai aktivitas komputer pengguna yang disusupi untuk mendapatkan informasi penting dan rahasia D. Data Forgery, memasukan data palsu kepada komputer lain yang dimasuki E. Illegal Contents, membuat kekacauan pada sistem informasi internet, mencampur data yang benar dengan yang palsu F. Infrigements of Privacy, untuk mendapatkan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia G. Phising, mengecoh orang lain agar memberikan data-data pribadinya ke situs yang telah disiapkan pelaku H. Spamming, mengirimi sampah sebanyak-banyaknya dengan maksud memberikan penawaran produk I. Offense Againts Intellectual Property, memanfaatkan hak kekayaan intelektual yang dimilki pihak lain J. Carding, penipuan menggunakan kartu kredit.

4


Download ppt "Peranan dan Manfaat TIK  Bidang Pendidikan ( e-education ) a. Penelitian, proses pencarian data, pengolahan data b. Perpustakaan Online c. Sarana Belajar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google