Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENU  STANDAR KOMPETENSI  KOMPETENSI DASAR  MATERI  SOAL  REFERENSI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENU  STANDAR KOMPETENSI  KOMPETENSI DASAR  MATERI  SOAL  REFERENSI."— Transcript presentasi:

1

2 MENU  STANDAR KOMPETENSI  KOMPETENSI DASAR  MATERI  SOAL  REFERENSI

3 STANDAR KOMPETENSI  Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup KOMPETENSI DASAR  Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya bengan pembangunan berkelanjutan

4 MATERI

5 Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip "memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan"

6 Dalam Undang-undang No. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dijelaskan bahwa pengelolaan lingkungan hidup adalah sebagai usaha sadar dalam mengelolah dan memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kemakmuran lahir maupun untuk mencapai kepuasan batin.

7  Ekonomi  Sosial budaya  Ekologi

8 1. Menghindari pemakaian alam secara boros, artinya menggunakan sumber daya secara bijaksana. 2. Memperhitungkan dan mengusahakan cara mengolah sumber daya alam tanpa merusak lingkungan. 3. Mencegah eksploitasi yang berlebihan terhadap sember daya alam untuk memenuhi konsumsi.

9 1. Prinsip mengurangi dalam pemanfaatan SDA. Artinya manusia harus lebih berhemat dalam menggunakan dan mengendalikan sumber daya alam, baik sumber daya yang dapat di perbaharui maupun tidak. 2. Prinsip daur ulang dalam pengelolaan SDA. Artinya selama barang itu dapat di manfaatkan atau dengan sedikit perubahan barang tersebut, masih dapat di gunakan.

10 Untuk pembangunan berkelanjutan, Napoleon T. Vegara yang disimpulkan oleh Ombo Satjapraja, mnyarankan cara Agroforesti yakni suatu sistem tataguna lahan yang terpadu antara tumbuhan, binatang setara lingkungan fisiokimia yang meliputi kegiatan kehutanan, pertanian, perternakan, perikanan, yang dipadukan dalam suatu lahan agar dapat dicapai hasil yang optimal.

11  Mengurangi tekanan akan ketergantungan pada hutan.  Efensiasi siklus mineral, yang dilakukan oleh tumbuhan yang mempunyai akar dalam.  Melindungi ekologi tanah.  Mengurangi erosi permukaan tanah.  Mengurangi evaporasi.  Menambah zat-zat hara tanah dengan melalui proses dekomposiasi.

12  Sikap hemat terhadap alam.  Tanggung jawab terhadap alam.  Solidaritas Cosmis.  Kasih sayang dan kepedulian terhadap alam.  Hidup sederhana dan selaras dengan alam.  Keadilan dengan alam.  Demokrasi.  Integritas moral.

13 Dalam KTT bumi (Earth Summit) tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janerio merencanakan upaya konversasi lingkungan untuk mensejahterakan umat manusia menghasilkan: 1. Hubungan antara lingkungan dan pembangunan. 2. Pentingnya hutan bagi pembangunan ekonomi, penyerap karbon atmosfer, perlindungan keanekaragam hayati dan pengelolaan daerah aliran sungai. 3. Program pembangunan berkelanjutan.

14 Selain itu di tambah 2 kesepakatan yaitu: 1.Konversi keaneka ragaman hayati. 2.Konversi kerangka perubahan iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change, UNFCCC).

15  Berkurangnya lahan potensial dan subur.  Bertambahnya daerah rawan erosi dan longsor.  Beralih fungsinya daerah resapan air.  Kurangnya penghargaan terhadap fungsi hutan mangrove.  Berkurangnya habitat hewan langka dan tumbuhan langka.  Kekeringan pada musim kemarau dan banjir pada musim penghujan.

16  Membuat berbagai peraturan dan melaksanakannya.  Teknologi Penanaman dan Pengelolaan Lahan.  Pemberian izin pembebasan tanah untuk kawasan industri.  Melaksanakan Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL).  Pempertahankan dan Mengembangkan hutan kota.

17 Referensi  Buku paket Geografi, penerbit Piranti  Buku Paket Geografi, Penerbit Esis  Buku paket geografi, Penerbit Cempaka Putih  Internet

18


Download ppt "MENU  STANDAR KOMPETENSI  KOMPETENSI DASAR  MATERI  SOAL  REFERENSI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google