Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teringat Selalu Teringat pada suatu waktu, kuberjalan jalan di depan rumahmu, rasa berdebar dalam hatiku ingin dekat selalu Sekilas tampaklah engkau di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teringat Selalu Teringat pada suatu waktu, kuberjalan jalan di depan rumahmu, rasa berdebar dalam hatiku ingin dekat selalu Sekilas tampaklah engkau di."— Transcript presentasi:

1 Teringat Selalu Teringat pada suatu waktu, kuberjalan jalan di depan rumahmu, rasa berdebar dalam hatiku ingin dekat selalu Sekilas tampaklah engkau di balik pintu, tersenyum dikau menusuk hatiku, apa daya sejak saat itu nurani terganggu disetiap waktu, teringat selalu dalam hatiku ingin kubertemu * CU *anu

2 MEMBANGUN DIRI KITA SENDIRI MELALUI CREDIT UNION

3 Apa itu pembangunan?  Pembangunan adalah suatu proses perubahan dari suatu kondisi ke kondisi yang lebih sempurna.  Pembangunan adalah proses perubahan ke arah yang lebih baik untuk kesejahteraan hidup kita.

4 Jika kita ingin perubahan terjadi, mulailah dari diri kita sendiri! Anda cocok menjadi anggota CU bila Anda siap melawan diri sendiri secara sadar dan terus berjuang melawan diri dengan memakai kehidupan sebagai proses pembelajaran.

5 Dalam Credit Union apa yang paling penting?  Manusia paling penting daripada uang. Ingat CU itu kumpulan orang, bukan kum- pulan uang. CU tidak ada kalau tidak ada orang-orang.  Dalam CU Uang itu hanya alat. Bahkan uang itu abstrak, uang itu gagasan, ide bukan yang utama. Uang sebagai sarana untuk tolong sesama.  Menjadi Agt CU berarti mau membangun diri sebagai Citra Ilahi, bukan kapitalistik.

6 Apa yang harus kita bangun sebagai wujud pembangunan diri melalui Credit Union? PPPPertama Pikiran 1. Apa yang kita pikirkan menentukan siapa kita. Siapa kita menentukan apa yang kita perbuat. 2. Pikiran kita menentukan takdir kita. Takdir kita menentukan warisan kita. 3. Kita bisa mengubah cara berpikir kita. “semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji; pikirkanlah semuanya itu”

7 “Kehidupan Anda hari ini adalah hasil dari cara berpikir Anda kemarin. Kehidupan Anda besok akan ditentukan oleh apa yang Anda pikirkan hari ini” – John C.Maxwell

8 Apa yang harus kita bangun sebagai wujud pembangunan diri melalui Credit Union?  Kedua Sikap 1. Ubahlah fokus Anda, carilah hal-hal positif. Kita belajar dari hal-hal positif dalam hidup kita dan selalu mencari yang benar dalam diri seseorang atau dalam segala situasi. Orang dengan sikap negatif selalu mengkritik. 2. Membiasakan diri untuk melakukan sesuatu sekarang juga.

9 3.Jauhi pengaruh-pengaruh negatif -dari orang yang berpikir negatif -alkohol, judi, obatan-obatan -pornografi: merendahkan martabat perempuan dan anak-anak -film, program tv yang negatif -kata-kata kotor 4.Belajar menyukai hal-hal yang harus dilakukan

10 Apa yang harus kita bangun sebagai wujud pembangunan diri melalui Credit Union?  Ketiga Kebiasaan menabung Konsep umum tentang menabung dalam ilmu ekonomi makro : S (saving) = Y (income) – C (consumption) Rumus baru sebagai konsep menabung di Credit Union : Y (income) – S (saving) = C (consumption)

11 Mengapa rumus menabung di Credit Union demikian?  Fakta menunjukkan bahwa uang (pengha- silan) tidak pernah lebih.Kebutuhan hidup terus meningkat. Kapan menabung?  Rumus umum : S = Y – C berakibat terha- dap pandangan bahwa menabung bukan suatu kebutuhan. Tetapi dengan rumus : Y – S = C ; jelas bahwa tabungan adalah kebutuhan utama. Tidak menabung sama dengan tidak makan, tidak sembahyang.  Survei membuktikan bahwa penghasilan (gaji) tidak ada hubungannya dengan besar tabungan, tetapi besar kecilnya tabungan kita ditentukan oleh tindakan nyata untuk benar-benar menabung.

12 Mengapa kita harus menabung?  Suatu kepastian dalam hidup bahwa kita akan sakit (tidak dapat beraktivitas), kita akan tua (karena umur panjang) dan kita akan meninggal (mati). Berarti hidup ini mahal, perlu persiapan biaya. Sehingga kita perlu menabung.  Bahwa mengubah hidup tidak semudah membalikkan telapak tangan. Melalui rencana tabungan yang baik kita dapat menyusun peta masa depan yang penuh harapan sejahtera sembari menata hidup masa kini.  Dengan menabung berarti kita menolong. Pertama kita menolong diri sendiri, tetapi juga menolong sesama. Karena itu menjadi anggota CU (masuk CU) jangan didasari motivasi ikut-ikutan, ingin pinjam uang (dapat bantuan), karena trend, supaya jadi ini itu, dll tetapi murni pikiran dan keyakinan bahwa dapat menolong diri sendiri melalui Credit Union.  Dengan menabung kita bertanggung kepada diri sendiri. Siapa yang harus membantu atau menolong saya kelak? Orang mampu? Anak- anak? Cucu? Tetangga? Pemerintah? Negara? Jaminan kesejahte- raan Anda yang nyata ada ditangan Anda sendiri.

13 Sejak awal dikembangkannya CU pada pertenganhan abad ke-19 ; fakta sejarah menunjukkan :  Bahwa derma tidak dapat mengatasi kesulitan si miskin untuk mengubah hidupnya, malahan dapat merendahkan martabat penerimanya.  Bahwa hanya dengan menggunakan potensi (talenta) yang ada pada diri si miskin itulah ternyata nasib mereka sungguh berubah. Dan begitulah kita dalam Credit Union, dengan tolong menolong, bekerja sama dan saling percaya membangun kehidupan bersama menjadi lebih bermatabat dan sejahtera.

14 Mengapa harus menabung di Credit Union?  CREDIT UNION 1. Andai Anda punya uang Rp Anda perlu uang utk kebutuhan sebesar Rp , maka Anda dapat memenuhinya dengan meminjam di CU sebesar Rp sehingga simpanan Anda tetap Rp 1 juta. 3. Anda turut jadi pemilik, shg turut menikmati keuntungan. Dalam hal ini simpanan Anda memiliki nilai investasi. Akhir tahun dapat DEVIDEN (BJS, BJP). 4. Dilindungi TUNAS, LINTANG  NON CREDIT UNION 1. Andai Anda punya uang Rp Anda perlu uang utk kebutuhan sebesar Rp , maka Anda dapat menarik simpanan sehingga saldo simpanan Anda menjadi Rp Simpanan Anda berkurang. 3. Anda nasabah, bukan pemilik. Sehingga keuntungan buat Anda sekedarnya saja. Simpanan tidak mempunyai nilai investasi. 4. Tidak ada TUNAS dan LINTANG (Perlindungan)

15 3 Pilar Credit Union sebagai alat pembangunan diri (menjadi manusia sejati) :  PENDIDIKAN = JANTUNG, NAFAS CU Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengembangan wawasan/ pengetahuan, pengembangan kepribadian, semangat, komitmen, motivasi, kesadaran, sikap, kebiasaan baik segenap insan CU.  SWADAYA Modal dari Agt, organisasi dikelola oleh Agt, dan hasil usaha untuk Agt.  SOLIDARITAS = SETIA KAWAN Waktu ke waktu kita senantiasa memotivasi diri agar tidak hanya mementingkan diri sendiri, melainkan memperjuang kan kepentingan bersama dan saling melayani dengan sa ling percaya dan bekerjasama.

16 KESIMPULAN  Masuk menjadi anggota CU berarti kita saling memberdayakan. Pemberdayaan adalah proses belajar terus menerus untuk mengaktualisasikan Cinta Tuhan kepada setiap orang. Kalau tidak mau menjadi insan pembelajar, jangan masuk CU.  Bagi insan CU;Uang bukanlah segala-galanya. Tetapi uang hanya alat. Manusia adalah yang utama. Maka bersama-sama kita wujudkan persaudaraan sejati, persatuan, cinta kasih, damai, menuju masa depan yang lebih baik, lebih sejahtera, berkeadilan. “Hendaklah engkau saling tolong dan berbuat baik, serta takutlah kepada Allah, dan janganlah engkau saling menolong dalam hal dosa”. “Sekecil apapun yang kamu perbuat untuk saudara-Ku yang termiskin sekalipun, kamu telah perbuat untuk Aku”  Marilah kita sadari bahwa Credit Union itu adalah diri kita sendiri, sehingga maju mundurnya Credit Union ini tergantung pada kita semua.  Membangun diri itu adalah proses, sehingga perlu waktu dan ketekunan. Hambatan utamanya adalah DIRI KITA SENDIRI.


Download ppt "Teringat Selalu Teringat pada suatu waktu, kuberjalan jalan di depan rumahmu, rasa berdebar dalam hatiku ingin dekat selalu Sekilas tampaklah engkau di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google