Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MEREBUT IRIAN BARAT SK KD INDIKATOR TUJUAN MATERI 1 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MEREBUT IRIAN BARAT SK KD INDIKATOR TUJUAN MATERI 1 2."— Transcript presentasi:

1

2 PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MEREBUT IRIAN BARAT SK KD INDIKATOR TUJUAN MATERI 1 2

3 PETA KONSEP PERJUANGAN BANGSA INDONESIA UNTUK MEREBUT IRIAN BARAT DIPLOMASI KONFRONTASI BILATERAL POLITIK MULTILATERAL EKONOMI MILITER UPAYA/STRATEGI LATAR BELAKANG MENGAPAMENGAPA HARUS Diperjuangkan? TRIKORA UNTUK PERTEMUAN YANG AKAN DATANG :AKAN 1.Tindak lanjut Trikora/Konfrontasi Militer dalam pembebasan Irian Barat. 2.Persetujuan New York. 3.Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)TUGAS DI RUMAHTUGAS DI RUMAH 21 3 Mengapa Belanda Mempertahankan Irian Barat ? KESIMPULANKESIMPULAN EVALUASIEVALUASI SEKIANSEKIAN

4 STANDAR KOMPETENSI 6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.

5 KOMPETENSI DASAR  Mendekripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat Mendekripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat

6 INDIKATOR 1.Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat 2.Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat 3.Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik, ekonomi dan Militer (Trikora) dalam upaya mengembalikan Irian Barat 4.Mengidentifikasi tindak lanjut Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat 5.Mendeskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat 6.Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)

7 TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu : 1.Menjelaskan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat dengan teliti dilandasi rasa ingin tahu. 2.Mengidentifikasi bentuk perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat dengan teliti kritis dan berfikir logis. 3.Mengidentifikasi bentuk perjuangan dengan konfrontasi politik, ekonomi dan Militer melalui Trikora dalam upaya mengembalikan Irian Barat dengan teliti, kritis dan berfikir logis. 4.Mengidentifikasi tindak lanjut Trikomando rakyat (Trikora) sebagai pelaksanaan Konfrontasi Militer untuk merebut Irian Barat dengan teliti, kritis dan berfikir logis. 5.Mendeskripsikan persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat dengan dilandasi cinta terhadap bangsa dan negara. 6.Menjelaskan arti penting penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat yang dilandasi oleh persatuan dan persatuan serta nasionalisme.

8 MATERI PEMBELAJARAN 1.Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat. 2.Bentuk-bentuk perjuangan diplomasi. 3.Bentuk-bentuk perjuangan melalui konfrontasi politik, Ekonomi dan Militer melalui Trikora 4.Tindak Lanjut dari Trikomando Rakyat (TRIKORA) 5.Persetujuan New York. 6.Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)

9 1. Segi Politis : Berdasarkan Perjanjian Internasional tahun 1896 diperjuangkan oleh Van Volen Hoven, bahwa “Indonesia” Bekas Jajahan Hindia Belanda, berarti Wilayah NKRI Semua bekas jajahan Hindia Belanda (Konsep Proklamasi 17 – 8 – 1945). 2. Segi Antrpologis : bahwa bangsa Indonesia yang asli adalah Homo Wajakensis dan Homo Soloensis yang mempunyai ciri-ciri: kulit hitam, rambut keriting (ras austromelanesoid) yang merupakan ciri ciri suku bangsa Aborigin (Australia) dan ras negroid (Papua). 3. Segi Sejarah : Menurut Konferensi Meja Budar masalah Irian Barat (New Guinea) Akan diselesaikan 1 tahun kemudian akan tetapi Belanda tidak Kunjung mengembalikan, malah memperkuat pertahanannya di Irian Barat engan menirimkan kapal induknya, berarti Belanda melanggar isi Round Table Conference yang telah disepakati dengan RIS. LATAR BELAKANG PERJUANGAN PENGEMBALIAN IRIAN BARAT

10 Alasan sebenarnya adalah bahwa pada saat itu Belanda sedang mengadakan eksplorasi / penelitian sumber daya alam di Irian dan berhasil menemukan fakta bahwa di Irian Barat terdapat tambang emas dan uranium terbesar di dunia yang merupakan perusahaan asing milik Belanda yang tidak akan habis di gali selama 100 tahun. (sekarang dinamakan Preport) ALASAN BELANDA MEMPERTAHANKAN IRIAN BARAT VIDEOVIDEO-1VIDEOVIDEO-2

11 PERJUANGAN DIPLOMASI Perjuangan melalui Perundingan, baik secara Bilateral maupun Multilateral melalui forum Regional maupun internasional

12 PERUNDINGAN BILATERAL 1. Perundingan KMB : 23 Agustus - 2 September 1949 Menghasilkan Pengakuan Kedaulatan 27 Desember Tgl. 4 Desember 1950 diadakan konferensi Uni Indonesia Belanda agar Belanda menyerahkan Irian Barat secara de jure. Namun ditolak oleh Belanda. 3. Bulan Desember 1951 diadakan perundingan bilateral antara Indonesia dan Belanda. Perundingan ini membahas pembatalan uni dan masuknya Irian Barat ke wilayah NKRI 4. Pada bulan September 1952, Indonesia mengirim nota politik tentang perundingan Indonesia Belanda mengenai Irian Barat, namun gagal.

13 PERUNDINGAN MULTILATERAL/MELALUI FORUM REGIONAL DAN INTERNASIONAL 1. Melalui Forum PBB yang pertama kali membahas masalah Irian Barat dilaksanakan tanggal 10 Desember Sidang Umum PBB tahun 1961 kembali masalah ini diperdebatkan. 2. Konferensi Colombo bulan April Dukungan Negara Negara Asia Afrika (KAA) 29 negara-negara di kawasan Asia Afrika, secara bulat mendukung upaya bangsa Indonesia untuk memperoleh kembali Irian sebagai wilayah yang sah dari RI.

14 KONFRONTASI POLITIK DAN EKONOMI PerihalPerihal berhadap-hadapan langsung (antara saksi dan terdakwa dsb)hadapanlangsungantarasaksidanterdakwa CaraCara menentang musuh atau kesulitan dng berhadapan langsung dan terang-teranganmenentangmusuhataukesulitanlangsungdan terang Politik konfrontasi itu adalah politik yang ngajak berantem. Dikit2 berantem,dikit2 berantem,berantem kok cuma sedikit?. Kalau ada perbedaan persepsi ideologi atau apalah kebijakan yang tidak sinkron antar sesama negara,langsung menyiapkan alat perang untuk menyelesaikannya. Tapi negara2 didunia sekarang lebih memilih politik dialogis,ada perbedaan diselesaikan dengan dialog,bukan militer.

15 Konfrontasi Politik Indonesia dalam membebaskan Irian Barat: 1. Pembatalan Perjanjian Konferensi Meja Bundar 3 Mei 1956 Indonesia membatalkan hubungan Indonesia Belanda, berdasarkan perjanjian KMB. Pembatalan ini dilakukan dengan Undang Undang No. 13 tahun 1956 yang menyatakan, bahwa untuk selanjutnya hubungan Indonesia Belanda adalah hubungan yang lazim antara negara yang berdaulat penuh, berdasarkan hukum internasional. 2. Pembubaran/Pembatalan Uni Indonesia - Belanda 3. Pembentukan Provinsi Irian Barat, 17 Agustus 1956 Ibu Kotanya di Soa Siu Maluku Utara. 4. Pemutusan hubungan diplomatik dengan Belanda, 17 Agustus 1960 Dalam pidato Presiden yang berjudul ”Jalan Revolusi Kita Bagaikan Malaikat Turun Dari Langit (Jarek)”

16 Konfrontasi Ekonomi Indonesia dalam membebaskan Irian Barat: 1. Buruh-buruh yang bekerja pada perusahaan- perusahaan Blenada melakukan aksi mogok total. 2 Desember Pemerintah Indonesia melarang beredarnya segala bentuk terbitan dan film yang menggunakan bahasa Belanda. 3. Melakukan pengambilalihan (nasionalisasi) perusahaan milik Belanda di Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 23 tahun Memecat warga negara Belanda yang bekerja pada pemerintahan Indonesia. 5. Membentuk Front Nasional Pembebasan Irian Barat.

17 Perusahaan Belanda yang dinasionalisasikan:  Perusahaan listrik “Philips”.  Bank Escompto.  Percetakan “de Unie”.  Nederlandsche Handel Maatschappij NV (Bank dagang Negara).  Perusahaan perkebunan dan pertambangan.

18 KONFRONTASI MILITER  Ditandai dengan Pidato tiga Komando Presiden Soekarno tgl. 19 Desember 1961 di Yogyakarta yang dikenal dengan istilah Trikora : 12 3 VIDEO

19 Isi Tikora :  Gagalkan pembentukan “Negara Boneka Papua” buatan Kolonial Belanda.  Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia.  Bersiaplah untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan Tanah Air dan Bangsa.

20 KESIMPULAN 1.Pembebasan Irian Barat merupakan salah satu kewajiban dan tugas bangsa dan pemerintah Indonesia untuk melenyapkan Imperialisme dan kolonialisme di muka bumi. 2.Bangsa Indnesia Cinta damai tetapi lebih cinta Kemerdekaan, buktinya RI dalam merebut Irian Barat melalui tahapan-tahapan dari mulai secara damai dengan diplomasi, konfrontasi politik, konfrontasi ekonomi dan terakhir dengan konfrontasi Militer. 3.Bangsa Indonesia adalah bagsa yang tabah dalam berjuang walaupun banyak kegagalan 4.Ternyata Belanda bersikeras mempertahankan Irian Barat selama 14 tahun, karena Irian Barat kaya barang tambang.

21 PERTANYAAN 1.Jelaskan Latar brlakang perjuangan Pembebasan Irian Barat ! 2. Sebutkan tiga bentuk perjuangan Diplomasi baik Bilateral maupun Multilateral ! 3. Sebutkan bentuk perjuangan melalui konfronasi politik dan ekonomi masing-masing 3 ! 4. Jelaskan alasan dilakukannya Konfrontasi Militer dalam pembebasan Irian Barat ! 5. Sebutkan isi pokok dari Trikora yang diumumkan tanggal 19 Desember 1961 dan apa tujuannya ?

22 Pertanyaan : 1. Mengapa Belanda bersikeras mempertahankan Irian Barat ? 2. Mengapa perjuangan melalui diplomasi, konfrontasi politik dan ekonomi mengalami kegagalan ? 3. Mengapa melalui konferensi Regional mendapat dukungan ? 4. Apa maksud dan tujuan dilaksanakanya konfrontasi ekonomi ? 5. Apa tujuan diumumkannya Trikora dan apa alasannya diumumkan tanggal 19 Desember dan bertempat di Yogyakarta ?

23 SEKIAN………………SELESAI DAN BERSUA KEMBALI PADA PERTEMUAN YANG AKAN DATANG SEMOGA KALIAN MENDAPAT KEMUDAHAN DALAM BELAJAR MOHON MA’AP ATAS KEHILAPAN TERMAKASIH ASSALAMU’ALAIKUM

24 MATERI PERTEMUAN KE-2 1. Tindak Lanjut dari Trikomando Rakyat (TRIKORA) 2. Persetujuan New York. 3. Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)

25 TUGAS DI RUMAH 1.Sebutkan tindak lanjut setelah diumumkannya Trikora ! 2.Apa Tugas Pokok Komando Mandala ? Sebutkan ! 3.Sebutkan langkah-langkah operasi militer dalam pembebasan Irian Barat ! 4.Jelaskan latar Belakang diadakannya Peretujuan persetujuan New York dann pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat 5.Jelaskan Langkah-langkah penyerahan kekuasaan atas Irian Barat Oleh Belanda kepada RI sesuai dengan Persetujuan New York ! 6.Menjelaskan Tujuan dan arti penting penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat Cari Jawabannya dari buku sumber, internet dll !

26 TUGAS DI RUMAH 1.Sebutkan tindak lanjut setelah diumumkannya Trikora ! 2.Apa Tugas Pokok Komando Mandala ? Sebutkan ! 3.Sebutkan langkah-langkah operasi militer dalam pembebasan Irian Barat ! 4.Jelaskan latar Belakang diadakannya Peretujuan persetujuan New York dann pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat 5.Jelaskan Langkah-langkah penyerahan kekuasaan atas Irian Barat Oleh Belanda kepada RI sesuai dengan Persetujuan New York ! 6.Menjelaskan Tujuan dan arti penting penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat Cari Jawabannya dari buku sumber, internet dll !

27 Pertanyaan : 1. Mengapa Belanda bersikeras mempertahankan Irian Barat ? 2. Mengapa perjuangan melalui diplomasi, konfrontasi politik dan ekonomi mengalami kegagalan ? 3. Mengapa melalui konferensi Regional mendapat dukungan ? 4. Apa maksud dan tujuan dilaksanakanya konfrontasi ekonomi ? 5. Apa tujuan diumumkannya Trikora dan apa alasannya diumumkan tanggal 19 Desember dan bertempat di Yogyakarta ? PETAPETA KONSEP

28 TINDAK LANJUT TRIKORA PEMBENTUKAN KOMANDO MANDALA LANGKAH/FASE PELAKSANAAN KMANDO MANDALAPELAKSANAAN PROPOSALPROPOSAL BUNKER TUGAS BARU TAHAP INFILTRASI PEPERA PERSETUJUAN New York :

29 Satuan tugas Komando Mandala:  Merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi-operasi militer dengan tujuan mengembalikan wilayah Provinsi Irian Barat ke dalam kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Mengembangkan situasi militer di wilayah Provinsi Irin Barat, yakni:  Sesuai dengan taraf-taraf perjuangan di bidang diplomasi.  Supaya dilaksanakan dalam waktu yang sesingkat- singkatnya di wilayah Provinsi Irian Barat secara de facto dan dapat diciptakan daerah-daerah bebas atau dudukan atas unsur kekuasaan/pemerintah daerah Republik Indonesia.

30 Fase operasi militer pembebasan Irian Barat:  Fase infiltrasi, tujuan untuk membentuk daerah bebas de facto.  Fase eksfloitasi, melakukan serangan terbuka ke induk militer Belanda dan semua pos pertahanannya.  Fase konsolidasi, dengan cara menegakkan kekuasaan Republik Indonesia secara mutlak di seluruh Irian Barat.

31 PETA KONFRONTSI MILITER V V..\VIDEO\TRIKORA\Pidato_Bung _Karno_pada_Nuzulul_Quran_62_ Klaim_Irian_Barat.flv 1

32 Pemberangkatan Pasukan Ke Irian Barat

33 Para Sukarelawan Trikora

34 Kapal Republik Indonesia Macan Tutul

35 Isi usulan Ellsworth Bunker : PPemerintah atas Irian Barat harus diserahkan kepada Republik Indonesia. RRakyat Irian Barat diberikan kesempatan untuk memilih antara tetap berada dalam lingkungan wilayah RI atau memisahkan diri. PPelaksanaan penyerahan Irian Barat akan diselesaikan dalam waktu dua tahun. DDiadakan masa peralihan selama 1 tahun di bawah pemerintahan PBB untuk menghindari bentrokan fisik Indonesia-Belanda serta untuk mengembalikan seluruh militer dan pegawai Belanda.

36 Isi Perjanjian New York : IIrian Barat akan diserahkan oleh Belanda kepada penguasa/pemerintah sementara PBB selambat-lambatnya 1 Oktober Sejak saat itu, bendera Belanda mulai diturunkan dan diganti dengan bendera PBB. TTenaga-tenaga dari Indonesia, baik tenaga sipil maupun tenaga keamanan, akan digunakan pemerintah sementara PBB, bersama-sama dengan tenaga keamanan putra-putri Irian Barat sendiri dan sisa-sisa pegawai Belanda yang masih diperlukan. PPasukan Indonesia yang sudah berada di Irian Barat diizinkan untuk tetap tinggal di Irian Barat, tetapi statusnya masih tetap di bawah kekuasaan Pemerintah Sementara PBB. AAngkatan Perang Belanda secara berangsur-angsur dikembalikan. Untuk yang belum pulang akan ditempatkan di bawah pengawasan PBB dan tidak boleh dipakai untuk operasi- operasi militer.

37 TAHAPAN PENYERAHAN IRIAN BARAT MENURUT PERSETUJUAN NEW YORK 11 Oktober 1962 : Belanda menyerahkan Irian Barat Kepada PBB 11 Januari 1963 : PBB dan RI bersama- sama memerintah di Irian Barat. 33 Mei 1963 : PBB Menyerahkan Irian Barat Kepada RI 11969 Diadakan Pepera

38 WILAYAH NKRI I NILAH R EPUBLIK I NDONESIA A NTI N ETHERLAND

39 Tata laksana Pepera:  Pelaksanaan Pepera secara musyawarah mufakat.  Pelaksanaan Pepera di setiap kabupaten di Irian Barat.  Pembentukan Dewan Musyawarah Pepera (DMP) dan utusan di setiap kabupaten.  Jumlah Dewan Musyawarah Pepera sebanding dengan jumlah penduduk di masing-masing kabupaten.  Setiap 750 jiwa memiliki 1 (satu) orang wakil DMP atau setiap kabupaten mamiliki minimum 75 orang dan maksimum 175 orang anggota DMP.

40 Penentuan Pepera dilakukan dalam tiga tahap:  Tahap 1 : melakukan konsultasi mengenai tata cara penyelenggaraan Pepera dengan dewan kabupaten di Kota Jayapura pada tanggal 24 Maret  Tahap II : menyelenggarakan pemilihan dewan musyawarah Pepera yang berakhir di bulan Juni  Tahap III : melaksanakan Pepera mulai dari Kabupaten Merauke dan berakhir pada tanggal 4 Agustus 1969 di Jayapura.

41 TABEL Bentuk Perjuangan Perjuangan Bangsa Indonesia Tanggal/Bulan/ Tahun Cara yang Digunakan Tempat Diplomasi Maret 1950Pembentukan komite bersama 2 November 1949Perjuangan di forum PBB- 18 November Jakarta KonfrontasiEko nomiPolitikMili ter 2 Desember 1957 Pemogokan BuruhSeluruh wilayah Indonesia 3 Mei 1956 Pembatalan Perjanjian KMB 19 Desember 1961 Tri Kora Yogyakarta

42 Untuk membebaskan Irian Barat, pemerintah akhirnya membentuk TRIKORA. Bagaimanakah pendapatmu dengan pembentukan Trikora itu?.Jelaskan jawabanmu! TUGAS

43 1.Setelah mempelajari Bab ini, apakah kalian sudah dapat memahami seluruh rangkai perjuangan bangsa Indonesia untuk mengembalikan Irian Barat ke pangkuan ibu pertiwi? Jika kalian sudah dapat memahami, coba kerjakan soal evaluasi di bawah. Sebaliknya, apabila kalian merasa belum memahami, coba pelajari sekali lagi. 2.Di samping itu, apakah kalian sudah memahami kekuatan dan kekurangan bangsa Indonesia dalam upaya mengembalikan Irian Barat? REFLEKSI

44 LKS NoNama PeristiwaWaktuUraian 1KMB 2Diplomasi 3Konfrontasi Politik 4Konfrontasi Ekonomi 5 6Konfrontasi Militer 7Trikora 8Proposal Bunkers 9Persetujuan New York 10Pepera

45 1. Uraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat ! 2. Identifikasilah perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat ! 3. Identifikasilah perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat ! 4. Identifikasilah pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat ! 5. Uraikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat ! 6. Jelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera) ! JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI

46 7. Mengapa Indonesia Menyelesaikan Irian Barat Melalui Jalur Militer dan apa tujuannya ? Jelaskan ! 8. Apa saja tugas dari Komando Mandala ! 9. Jelaskan tahapan-tahapan operasi Militer di Irian Barat ! 10. Mengapa Elsworth Bunkers Mengeluarkan usulanyang disebut Proposal Bunkerdan apa isi pokoknya ? 11. Jelaskan tahapan-tahapan pengembalian Irian Barat menurut hasil persetujuan New York ! 12. Apa tujuan diadakan Pepera di Irian Barat ! 13. Jelaskan kaitan antara KMB-Irian Barat- Diplomasi-Konfrontasi Politik-Konfrontasi Ekonomi-Konfrontasi Militer-Proposal Bunkers-Persetujuan New York-Pepera!

47 CONTOHJAWABAN NO:1  Latarbelakang terjadinya perjuangan pengembalian Irian Barat yaitu: Wilayah NKRI menurut konsep proklamasi 17 Agustus 1945 sebenarnya meliputi Wilayah Irian Barat, tetapi secara de facto masih diduduki oleh Belanda. Masalah Irian Barat baru dibicarakan pada waktu KMB yang tertuang pada isi pokoknya berbunyi “Tentang masalah Irian Barat akan dibicarakan satu tahun kemudian setelah pengakuan kedaulatan”. Akan tetapi setelah satu tahun kemudian yaitu sekitar tahun 1950-an pemerintah Belanda tidak kunjung menyerahkan Irian Barat, maka pihak RI mulai menyelesaikannya yaitu dengan mengadakan perundinganBilateral dengan fihak pemerintah Belanda.

48 a. Kekuasaan Belanda atas Irian Barat merupakan praktik kolonisasi b. Irian Barat merupakan bagian wilayah NKRI c. Wilayah NKRI mencakup seluruh bekas jajahan Hindia Belanda d. Kolonisasi harus dihapuskan dari muka bumi Perjuangan merebut kembali Irian Barat didasarkan pada prinsip bahwa: 1 LATIHAN SOAL BSE

49 2 Indonesia selalu berusaha menyelesaikan masalah Irian Barat secara damai seperti perundingan Den Haag yang diselenggarkan pada tanggal: a. 25 Maret 1950 b. 1 April 1950 c. 10 Agustus 1950 d. 4 Desember 1950.


Download ppt "PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MEREBUT IRIAN BARAT SK KD INDIKATOR TUJUAN MATERI 1 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google