Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Lukman Hakim.  Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik kelas XI IPS I diharapkan dapat menjelaskan saluran dan proses awal penyebaran Islam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Lukman Hakim.  Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik kelas XI IPS I diharapkan dapat menjelaskan saluran dan proses awal penyebaran Islam."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Lukman Hakim

2  Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik kelas XI IPS I diharapkan dapat menjelaskan saluran dan proses awal penyebaran Islam di Indonesia

3

4 Ada beberapa pendapat yang menyatakan tentang masuknya Islam ke Indonesia. Pendapat tersebut antara lain, Apa Saja??

5 1. Masuknya Islam ke Indonesia antara abad 7 dan 8 2.Islam masuk ke Indonesia pada abad 11 3.Islam masuk ke Indonesia pada abad 13

6 Proses Islamisasi di Indonesia dilakukan melalui jalur apa saja?

7  Perdagangan  Perkawinan  Pendidikan  Kesenian  Tasawuf  Dakwah Wali Songo

8  Sejak abad ke-7 para pedagang Islam mengambil bagian dalam kegiatan perdagangan.  Proses Islamisasi melalui perdagangan sangat menguntungkan dan lebih efektif dari cara – cara lainnya.

9  Para pedagang Islam melakukan kegiatan perdagangan dan menetap dalam kurun waktu yang cukup lama. Keadaan ini dapat mempererat hubungan mereka dengan penduduk pribumi atau dengan kaum bangsawan pribumi.  Jalinan hubungan yang baik ini kadang diteruskan dengan adanya perkawinan antara putri kaum pribumi dengan para pedagang Islam. Melalui perkawinan inilah terlahir seorang muslim.

10  Para ulama, guru – guru agama, ataupun para kyai juga memiliki peranan penting dalam penyebaran agama dan budaya Islam. Mereka menyebarkan agama Islam melalui bidang pendidikan, yaitu dengan mendirikan pondok – pondok pesantren.  Pondok pesantren ini bertujuan untuk lebih mempermudah penyebaran dan pemahaman agama Islam.

11 Saluran kesenian dapat dilakukan dengan mengadakan pertunjukan seni gamelan seperti yang terjadi di Yogyakarta, Solo, Cirebon dan lain lain. Seni gamelan ini dapat mengundang masyarakat untuk berkumpul dan selanjutnya dilaksanakan dakwah keagamaan. Disampig seni gamelan juga terdapat seni wayang. Pertunjukan seni wayang sangat disenangi oleh masyarakat.

12  Para ahli tasawuf hidup dalam kesederhanaan, mereka selalu berusaha menghayati kehidupan masyarakat dan hidup bersama di tengah – tengahnya.  Para ahli tasawuf biasanya memiliki keahlian yang dapat membantu masyarakat, diantaranya ahli yang dapat menyembuhkan penyakit dan lain – lain. Mereka juga aktif menyebarkan dan mengajarkan ajaran agama Islam.

13 Wali songo (Sembilan Wali) yaitu:  (1) Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim).  (2) Sunan Ampel (Raden Rahmat).  (3) Sunan Derajad (Syarifudin).  (4) Sunan Bonang (Makdum Ibrahim).  (5) Sunan Kalijaga (Raden Mas Said/Jaka Said)..  (6) Sunan Giri (Raden Paku)..  (7) Sunan Kudus (Jafar Sodiq).  (8) Sunan Muria (Raden Umar Said). M  (9) Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah).

14

15

16


Download ppt "Oleh: Lukman Hakim.  Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik kelas XI IPS I diharapkan dapat menjelaskan saluran dan proses awal penyebaran Islam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google