Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS TATANIAGA PERTANIAN TRI WAHYU WIBOWO 10 010 001 AGRIBISNIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS TATANIAGA PERTANIAN TRI WAHYU WIBOWO 10 010 001 AGRIBISNIS."— Transcript presentasi:

1 TUGAS TATANIAGA PERTANIAN TRI WAHYU WIBOWO AGRIBISNIS

2 Fungsi-fungsi tataniaga pertanian dapat dikelompokkan menjadi :

3 A. Fungsi pertukaran terdiri dari:  Fungsi penjualan  Fungsi pembelian B. Fungsi pengadaan fisik terdiri dari:  Fungsi pengangkutan  Fungsi penyimpanan C. Fungsi pelancar terdiri dari:  Fungsi permodalan  Fungsi penanggung resiko  Fungsi standarisasi dan granding  Fungsi informasi pasar

4  Cara penjualan secara garis besar dapat digolongkan menjadi 4 yaitu:  Cara penjualan secara ijon  Cara penjualan secara tebasan  Cara penjualan secara timbangan  Cara penjualan secara biji/tankai/bunga/daun

5  Cara pembelian secara garis besar dapat digolongkan menjadi 4 yaitu: A. Cara pembelian dengan melihat langsung barang yang akan dibeli B. Cara pembelian melalui contoh barang C. Cara pembelian melalui contoh gambar D. Cara pembelian melalui kombinasi a, b atau c

6  Fungsi pengangkutan Cara pengangkutan secara garis besar dapat dibagi menjadi 4 yaitu: A. Cara pengankutan melalui darat B. Cara pengangkutan melalui udara C. Cara pengangkutan melalui laut D. Cara pengangkutan kombinasi a, b dan c Fungsi pengangkutan adalah salah satu cara untuk memindahkan barang hasil pertanian dari tempat produksi sampai tempat konsumen akhir.

7  Fungsi penyimpanan Penyimpanan diartikan memberhentikan sementara waktu dari aliran barang dan jasa dari produsen sampai di konsumen akhir.  Fungsi permodalan Permodalan diartikan memberikan atau menambah uang atau barang guna memperlancar penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen.  Fungsi penanggungan resiko Penanggungan resiko artinya segala sesuatu yang akan terjadi menjadi tanggung jawab atau menerima resiko oleh masing-masing lembaga tataniaga yang terlibat.

8  Fungsi standarisasi dan grading  Standarisasi dan grading mempunyai arti penetapan kelas atau golongan tertentu untuk barang-barang hasil pertanian.  Standart adalah skala ukuran kualitas tertentu yang bisa diterima oleh masyarakat umum yang mempunyai nilai tetap.  Suatu standart ditentukan berdasarkan ciri-ciri tertentu barang hasil pertanian yang mempengaruhi nilai perdagangan barang tersebut.

9  Standart dapat ditentukan oleh persekutuan dagang atau perkumpulan profesi tertentu, misal: Persatuan Anggrek, Persatuan Bousai, dll.  Grading mempunyai arti memilih barang atau sortasi atau memisahkan barang untuk dimasukkan kedalam kelas atau golongan tertentu yang telah ditetapkan kelas dan golongannya.  Ciri-ciri barang tersebut antara lain: warna, ukuran, bentuk, rasa, bau/aroma dll.

10  Kegunaan tataniaga pertanian Ada 3 kegunaan dalam tataniaga pertanian  Kegunaan waktu ( time utility )  Kegunaan tempat ( place utility )  Kegunaan bentuk ( form utility )

11  Segi mental dan fisik tataniaga pertanian  Segi mental yaitu para penjual mengetahui keinginan- keinginan konsumen. Para pembeli harus mengetahui barang hasil pertanian yang dijual.  Segi fisik yaitu kemampuan untuk memindahkan barang dari satu tempat ketempat lain dan perlu penanganan yang dibutuhkan dalam pemindahan tersebut.

12  Lembaga-lembaga tataniaga pertanian  Lembaga-lembaga tataniaga adalah perusahaan atau perseorangan yang menyelenggarakan kegiatan atau fungsi-fungsi tataniaga sehingga barang dapat berpindah dari produsen ke konsumen.

13 Thank you for your attention Salam dan bahagia


Download ppt "TUGAS TATANIAGA PERTANIAN TRI WAHYU WIBOWO 10 010 001 AGRIBISNIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google