Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 9 dan 10.  Perusahaan penjual perlengkapan olahraga – mengandalkan inovasi dan teknologi produksi mutakhir  Penjualan melalui toko-toko olah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 9 dan 10.  Perusahaan penjual perlengkapan olahraga – mengandalkan inovasi dan teknologi produksi mutakhir  Penjualan melalui toko-toko olah."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 9 dan 10

2  Perusahaan penjual perlengkapan olahraga – mengandalkan inovasi dan teknologi produksi mutakhir  Penjualan melalui toko-toko olah raga  Lokasi: Selandia Baru, jauh dari target pasar, AS dan Kanada  Tujuan strategis: menjadi pemimpin pasar dengan senantiasa memonitor kebutuhan konsumen  Strategi: Memasarkan produk eksperimentalnya ke pasar global melalui situs Webnya: obo.co.nz 2

3  Solusi: obo.co.nz dirancang untuk: ◦ Membangun komunitas ◦ Menjual produk ◦ Pendukung R & D  Komunitas dibangun melalui: ◦ Forum-forum diskusi online ◦ Klub fans atlit-atlit yang disponsori ◦ Poster-poster online Gasal 2004 MKOM - UBL3

4  Pemasaran didukung melalui: ◦ Menumbuhkan rasa yakin/percaya pada calon konsumen akan manfaat produk OBO melalui artikel-artikel ◦ Menyarankan konsumen untuk membeli produk dari toko atau agen penjual  R & D didukung melalui: ◦ Survei online ◦ Opini atlet tentang produk OBO ◦ Kelompok uji coba (focus group) 4

5  OBO berhasil dalam membangun komunitas online  Penjualan online hanya untuk produk-produk khusus yang tidak dijual secara off line – tidak menyaingi agen penyalur  Forum diskusi menciptakan komunitas sekaligus sumber umpan-balik tentang produk OBO 5

6  Pelajaran dari obo.co.nz ◦ Perusahaan kecil dengan produk bermutu dapat meningkatkan jangkauan pasarnya secara global melalui situs Web ◦ Situs Web dirancang untuk mendukung tujuan strategis maupun untuk meningkatkan kepuasan konsumen pembelinya 6

7  Situs Web OBO sangat sederhana tetapi terancang dengan baik. Berisi antara lain: ◦ Hiburan yang mendorong konsumen berinteraksi dan selalu mencek situs ◦ Materi promosi untuk meningkatkan penjualan ◦ Menciptakan kesetiaan konsumen (penggemar) secara efektif 7

8  Klasifikasi situs Web: ◦ Informasional: Situs Web yang hanya menyediakan informasi tentang perusahaan serta produk dan jasanya ◦ Interaktif: Situs Web yang memfasilitasi komunikasi dan saling berbagi informasi antara konsumen dan perusahaan  Attractors: Fitur-fitur situs Web yang menarik dan mengundang interaksi pengunjung yang menjadi konsumen sasaran ◦ Transaksional: Situs Web yang menjual/ mempertukarkan produk dan layanannya secara online 8

9  Tahapan pembangunan situs web: 1.Tentukan host Web 2.Membuat & mendaftarkan nama domain 3.Buat dan kelola isi (content) 4.Rancang situs Web 5.Bangun dan test situs web 6.Pasarkan dan promosikan situs Web 9

10  Alternatif hosting Web: ◦ Layanan Storebuilder: ◦ Layanan hosting yang menyediakan ruang disk dan layanan untuk membantu usaha kecil membangun situs Web dengan cepat dan murah. ◦ Layanan ISP Hosting: ◦ Layanan hosting yang menyediakan situs Web independen untuk UKM 10

11 ◦ Layanan Web Hosting: ◦ Perusahaan khusus penyedia layanan hosting situs Web yang menyediakan berbagai layanan dan fungsi-fungsi hosting untuk perusahaan  Mirror site:  Duplikat identik dari suatu situs Web tetapi secara fisik berada pada server Web di negara/benua lain 11

12 ◦ Co-location: ◦ Server Web yang dimiliki dan dikelola perusahaan ditempatkan di lokasi perusahaan lain yang mengelola koneksinya dengan Internet ◦ Self-hosting: ◦ Perusahaan memiliki sendiri perangkat keras, lunak, tenaga staf, dan layanan telekomunikasi yang diperlukan untuk mendirikan dan mengelola situs Webnya sendiri 12

13 Memilih Layanan Web Hosting ◦ Dukungan software (tools) ◦ Keamanan ◦ Fasilitas layanan analisa lalu lintas data ◦ Layanan dukungan teknis ◦ Biaya-biaya 13  Pertimbangkan:  Ukuran mutu layanan (SLA)  Prosentase ketersediaan (uptime)  Jumlah klien saat ini  Volume lalu- lintas data saat ini

14  Pendaftaran nama domain ◦ Nama Domain: ◦ Alamat server di Internet ◦ Domain Name Registrar: ◦ Perusahaan yang membantu para pemilik situs Web dalam mencari dan mendaftarkan nama domain pilihan masing-masing 14

15  Memilih nama domain yang baik: ◦ Mudah diingat ◦ Mudah dieja ◦ Hindari nomor dan karakter khusus ◦ Sependek tetapi sepantas mungkin ◦ Fleksibel ◦ Pertimbangkan kebutuhan masa depan ◦ Gunakan nama lain untuk produk-produk ◦ Hindari merk dagang perusahaan lain ◦ Cek nama yang telah dipakai perusahaan- perusahaan pesaing 15

16  Content: teks, gambar, suara, dan video pada dokumen Web (page)  Commodity content: Informasi yang sudah banyak tersedia dan umumnya dapat diakses secara gratis dari situs Web  Premium content: Content yang tidak tersedia di situs lain  Promotional content: ◦ Cross selling: Menawarkan produk atau jasa serupa untuk meningkatkan penjualan ◦ Up selling: Menawarkan versi/kelas yang lebih baik dari produk yang sedang dipesan untuk meningkatkan penjualan dan profit 16

17 ◦ Pembuatan Content  Mengumpulkan bahan-bahan yang telah tersedia (scanning, dsb.)  Mengevaluasi nilai/kelayakan materi-materi baru yang akan ditambahkan  Rencanakan bagaimana setiap bagian dari content dapat mendukung tujuan bisnis situs Web dan apakan konsumen pengunjung membutuhkannya  Menggunakan materi yang disumbangkan oleh konsumen pengunjung, misalnya melalui review, komentar, dsb. 17

18 ◦ Membeli Content  Content dapat dibeli atau melalui lisensi dari pihak ketiga  Materi yang diperoleh dari sumber-sumber luar harus merupakan content suplemen, bukan content utama situs  Jika content utama dibeli dari pihak lain tanpa diubah atau diberi nilai tambah, pengunjung akan pergi ke situs sumbernya langsung … dan tak kembali 18

19 ◦ Personalisasi Content Penyesuaian content Web dengan kebutuhan dan ekspektasi individual pengunjung ◦ Distribusi Content melalui e-Newsletter E-newsletter: Sekumpulan artikel-artikel singkat informatif yang dikirimkan secara periodik melalui e- mail kepada pengunjung yang tertarik pada topik- topik dalam newsletter 19

20 ◦ Penulisan Content yang Efektif  Teks harus dapat dibaca secara sepintas (scanning)  Penggal bagian yang panjang menjadi segmen- segmen kecil masing-masing dengan sub-judul (heading)  Usahakan untuk menarik perhatian pembaca pada bagian awal tulisan atau awal segmen  Tulis teks dengan nada dan bahasa yang sesuai dengan tujuan penyampaian informasi 20

21  Konsistensi content situs dapat diciptakan dengan menerapkan suatu panduan format penulisan  Sediakan versi.pdf dari material jika perlu (untuk memudahkan download dan printing)  Buat link yang menarik bagi pembaca untuk meng-klik  Link-link ke situs lain dapat memberikan tambahan content yang berguna bagi pengunjung  Buang materi yang tidak dianggap bermanfaat oleh pengunjung 21

22  Manajemen Content Proses penambahan, revisi, dan pembuangan content dari situs Web untuk menjaga aktualitas, akurasi, kredibilitas, dan daya tarik situs  Content Management Software (CMS) Memudahkan staf non-teknis untuk membuat, mengedit, dan menghapus content di situs Web perusahaan 22

23 ◦ Panduan membeli CMS 1.Lakukan analisa kebutuhan dengan seksama 2.Dokumentasikan kebutuhan dan diskusikan dengan setidak-tidaknya dengan dua perusahaan yang telah menggunakan CMS tersebut 3.Uji coba dengan CMS yang memiliki versi demo/trial atau versi pemula 4.Evaluasi hasilnya setelah 30 hari pemakaian (secara periodik) 23

24  Kriteria rancangan situs Web: ◦ Navigasi ◦ Konsistensi ◦ Waktu download ◦ Penampilan ◦ Interaktifitas ◦ Keamanan (security) ◦ Skalabilitas (kapasitas beban) ◦ Kontrol Mutu 24  Tujuan perancangan situs Web adalah untuk menyampaikan content bermutu bagi pengunjung yang dituju secara elegan

25 ◦ Arsitektur Informasi Situs Bagaimana situs dan halaman-halaman Webnya diorganisasikan, dinamai, dan saling dihubungkan untuk browsing dan pencarian informasi oleh pengunjung ◦ Macam Struktur Situs:  Hierarkis (hierarchical)  Melingkar (circular)  Linear 25

26 26 Struktur Sederhana Situs Web Hirarkis

27 27 Struktur Sederhana Situs Web Linear

28 ◦ Rancangan homepage (halaman muka) sangat penting ◦ Semua halaman di situs harus memiliki link ke homepage ◦ Deep linking: Akses masuk ke situs Web melalui halaman yang bukan homepage, biasanya melalui search engines (Google, dsb.) atau link eksternal (iklan, dsb.) 28

29  Organisasi dan penamaan file untuk memudahkan browsing dan pencarian: ◦ Tunduk pada “aturan tiga-klik” ◦ Tempatkan content paling penting di awal halaman ◦ Batasi panjang halaman ◦ Sederhanakan tata-letak halaman ◦ Usahakan agar content utama mudah dicari ◦ Tampilkan produk dari berbagai perspektif/kategori ◦ Ikuti prinsip-prinsip umum penulisan yang baik 29

30 30 Bingkai Tata Letak Halaman Web

31  Fasilitas Navigasi Situs Fitur-fitur yang memudahkan pengunjung mencari informasi yang dibutuhkannya dengan cepat dan mudah  Fasilitas navigasi paling sederhana adalah navigation bar diujung atas dan bawah tiap halaman 31

32  Saran-saran lain untuk merancang navigasi situs yang berhasil: ◦ Batasi jumlah item dalam list dan menu ◦ Jangan menggantungkan sepenuhnya pada image grafis untuk navigasi ◦ Homepage harus mudah ditemukan ◦ Integrasikan fasilitas navigasi dengan content ◦ Hindari frame jika mungkin ◦ Ikuti prinsip-prinsip umum kemudahan akses 32

33  Konsistensi ◦ Konsistensi “Look and feel”: Elemen tampilan yang secara visual membedakan situs dari situs-situs lain, termasuk tata-letak, font, warna, grafik, dan fasilitas navigasi ◦ Konsistensi komponen halaman lain:  Logo perusahaan  Alamat kontak ( , no. telpon, dsb.)  Judul halaman: deskripsi ringkas ◦ Konsistensi tampilan antar browser 33

34  Kecepatan respons ◦ Kecepatan hampir selalu berada di urutan teratas pada daftar-daftar kriteria terpenting rancangan situs ◦ Waktu download yang lama umumnya disebabkan karena gambar (grafik, animasi, dsb.) yang besar, atau gambar kecil-kecil tetapi banyak, pada satu halaman Web 34

35 ◦ Aturan 12-detik: Semua komponen halaman Web harus tampil dalam 12 detik atau kurang ◦ Aturan 4-detik: Sesuatu (apapun) harus tampil di layar browser dalam waktu 4 detik atau kurang 35

36  Aturan warna dan grafik: ◦ Disesuaikan dengan ekspektasi pengunjung yang menjadi sasaran ◦ Menggunakan warna-warna standar (di-support banyak browser) ◦ Ikuti standar-standar pemilihan warna ◦ Gunakan warna-warna yang saling berkomplemen ◦ Tentukan warna latar belakang 36

37 ◦ Gunakan fitur-fitur yang “haus bandwidth” secara selektif (hanya jika penting) ◦ Menggunakan tag untuk grafik ◦ Hindari fitur yang dapat mengganggu konsentrasi/ kenyamanan membaca 37

38  Quality Assurance (QA) ◦ Pastikan bahwa situs Web telah diuji dengan benar sebelum dibuka untuk umum  Pemilik situs harus sering mentest sendiri semua fitur-fitur situs, terutama links dan scripts ◦ Pastikan bahwa kecepatan respons tetap stabil sesuai harapan selama operasional  Kecepatan respons dimonitor secara teratur 38

39  Quality Assurance (QA) ◦ Rancangan harus memperhatikan faktor kemudahan pemeliharaan 39

40  Siapa yang melakukan? ◦ Staf Internal, kontraktor luar, atau kombinasi keduanya  Perusahaan membangun sendiri situs Webnya, karena: ◦ Memanfaatkan keahlian sendiri ◦ Ingin mengembangkan keahlian itu sendiri ◦ Melindungi kerahasiaan teknologi perusahaan ◦ Meningkatkan pengawasan dan daya tanggap terhadap kebutuhan 40

41  Pengembangan/pemeliharaan situs Web oleh perusahaan lain (kontraktor), alasan ◦ Kecepatan implementasi (time to market) ◦ Bukan kompetensi inti perusahaan ◦ Membutuhkan keahlian khusus  Pengembangan/pemeliharaan situs web bersama staf internal dan pihak luar ◦ Kelemahannya adalah tambahan biaya (overhead) untuk manajemen kontrak dan koordinasi 41


Download ppt "Pertemuan 9 dan 10.  Perusahaan penjual perlengkapan olahraga – mengandalkan inovasi dan teknologi produksi mutakhir  Penjualan melalui toko-toko olah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google