Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM OPERASI. I.SEJARAH WINDOWS 7 Sesuai dengan namanya, ini adalah generasi ketujuh dari system operasi windows.  Versi pertamanya dirilis pada November.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM OPERASI. I.SEJARAH WINDOWS 7 Sesuai dengan namanya, ini adalah generasi ketujuh dari system operasi windows.  Versi pertamanya dirilis pada November."— Transcript presentasi:

1 SISTEM OPERASI

2 I.SEJARAH WINDOWS 7 Sesuai dengan namanya, ini adalah generasi ketujuh dari system operasi windows.  Versi pertamanya dirilis pada November 1985 yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan internasional pembuat perangkat lunak terkemuka di dunia. Sebetulnya dibuat sebagai jawaban atas munculnya system operasi yang sudah tidak lagi sekedar berbasis teks, tetapi sudah menggunakan antarmuka grafis yang dipopulerkan oleh perusahaan Apple dengan system operasi Mac OS.  Dua tahun kemudian muncul versi kedua windows yang dirilis pada November 1987, Walaupun versi kedua lebih popular dibanding pendahulunya, tetapi windows belum bisa menggoyahkan dominasi Mac OS. Baru setelah muncul versi ketiga yaitu windows 3.0 yang dirilis pada tahun 1990, popularitas windows naik tajam. Sejak itu, Mac OS sebagai system operasi grafis mulai tergoyahkan oleh windows. Ironisnya walaupun tiga generasi awal ini disebut sebagai system operasi grafis, pada kenyataannya sampai windows 3.1 sistem operasi itu masih tetap membutuhkan system operasi berbasis teks Microsoft Disk Operating System(MS-DOS).

3  Baru pada generasi keempat bernama windows 95 yang dirilis pada bulan Agustus 1995, windows menjadi sebuah system operasi yang berdiri sendiri tanpa perlu MS-DOS. Beberapa versi lain yang masih berkategori generasi keempat adalah Windows 98, Windows 98 Second Edition, Windows Millenium Edition yang ditujukan untuk penggunaan perorangan. Sedangkan untuk keperluan server dan bisnis tersedia Windows NT 4.  Generasi kelima ditandai dengan dirilisnya windows 2000 pada bulan Februari 2000 yang dibedakan menjadi versi Professional untuk keperluan perseorangan atau bisnis dan versi server.  Selanjutnya pada oktober 2001 Windows XP dirilis dalam dua versi, yaitu versi Home untuk pengguna rumahan dan versi Professional untuk keperluan bisnis.  Generasi keenam ditandai dengan lahirnya Windows Vista pada akhir 2006 sedangkan untuk keperluan server Microsoft meluncurkan Windows Diluncurkannya Windows Vista tidak terlalu mendapat respon baik dari masyarakat karena menganggap Windows XP justru lebih baik untuk penggunaan sehari hari. Banyak perangkat keras yang sudah dilengkapi oleh Windows Vista malah di downgrade ke Windows XP.  Penerimaan yang tidak mendapat respon baik dari masyarakat menjadi pelajaran berharga untuk Microsoft sebelum merilis versi selanjutnya yaitu Windows 7.

4 Perkembangan Windows 7

5  bulan Januari 2008 Microsoft mulai membagikan versi awal Windows 7 ke beberapa partner Microsoft. Lalu pada bulan Januari sampai Februari 2009 Microsoft mengeluarkan Windows 7 Beta yang dapat diunduh dari situs Microsoft secara langsung dan bebas.  Kemudian di Bulan Mei 2009 versi RC 7100(Release Candidate yang berarti bahwa versi tersebut mungkin akan dipasarkan) juga bisa diunduh dari situs Microsoft.  Akhirnya pada Bulan Agustus Microsoft mengumumkan bahwa windows 7 sudah final dan akan diluncurkan pada 22 Oktober  bulan Januari 2008 Microsoft mulai membagikan versi awal Windows 7 ke beberapa partner Microsoft. Lalu pada bulan Januari sampai Februari 2009 Microsoft mengeluarkan Windows 7 Beta yang dapat diunduh dari situs Microsoft secara langsung dan bebas.  Kemudian di Bulan Mei 2009 versi RC 7100(Release Candidate yang berarti bahwa versi tersebut mungkin akan dipasarkan) juga bisa diunduh dari situs Microsoft.  Akhirnya pada Bulan Agustus Microsoft mengumumkan bahwa windows 7 sudah final dan akan diluncurkan pada 22 Oktober 2009.

6 Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah: 1. Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur, antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system computer. 2. Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju. 3. Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada. 4. Windows 7 Professional. Ditujukan untuk bisnis kecil dan pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server. Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah: 1. Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur, antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system computer. 2. Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju. 3. Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada. 4. Windows 7 Professional. Ditujukan untuk bisnis kecil dan pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.

7 5. Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengekskripsi hardisk. 6. Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan.  Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium, Professional, dan Ultimate.  Persyaratan minimal agar sebuah computer bisa dipasangi windows 7 untuk versi 32 bit adalah: minimal prosesor 1GHz, 1 GB Random Acces Memory(RAM), kartu grafis yang mendukung DirectX 9 dan memori 128 MB agar bisa menjalankan Windows Aero, DVD Drive untuk instalasi dari media DVD, memori kosong pada hardisk 16 GB.  Sedangkan untuk versi 64 bit, yang berbeda adalah memori kosong di hardisk minimal 20 GB dan RAM minimal 2 GB.  Dari kurang populernya windows vista, windows 7 lebih ditujukan pada kemudahan pemakaian. 5. Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengekskripsi hardisk. 6. Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan.  Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium, Professional, dan Ultimate.  Persyaratan minimal agar sebuah computer bisa dipasangi windows 7 untuk versi 32 bit adalah: minimal prosesor 1GHz, 1 GB Random Acces Memory(RAM), kartu grafis yang mendukung DirectX 9 dan memori 128 MB agar bisa menjalankan Windows Aero, DVD Drive untuk instalasi dari media DVD, memori kosong pada hardisk 16 GB.  Sedangkan untuk versi 64 bit, yang berbeda adalah memori kosong di hardisk minimal 20 GB dan RAM minimal 2 GB.  Dari kurang populernya windows vista, windows 7 lebih ditujukan pada kemudahan pemakaian.

8 Fitur-Fitur Windows 7

9 1. Taskbar Mendapat perubahan terbesar sejak pertama kali debut di Windows 95. Windows 7 sudah tidak akan lagi menampilkan ikon aplikasi kecil lengkap dengan nama aplikasi melainkan hanya ikon berukuran besar mirip dengan Mac OS X. Daftar jendela yang ditampilkan saat menempatkan tetikus di atas ikon aplikasi juga diganti dengan user interface (UI) “ribbon” yang menampilkan thumbnail jendela yang terbuka secara menyamping. Alat-alat lain yang terhubung ke komputer seperti kamera juga akan muncul di taskbar bersama jendela aplikasi. Secara keseluruhan fitur ini membuat Windows 7 tampil menarik ( lihat gambar : 1 ). 2. System Tray Secara resmi dinamakan sebagai “Notification Area,” Microsoft akhirnya memungkinkan pengguna alat-alat untuk menata area desktop yang sering berantakan ini. Pengguna dapat memiliki ikon apa saja yang ditampilkan di System Tray, mengubah posisi ikon dan apakah mereka diperbolehkan menarik perhatian pengguna dengan notifikasi. 3. Jump List Menu jump list akan muncul di Start Menu atau saat pengguna melakukan klik di salah satu aplikasi Taskbar, memberikan beberapa pilihan pada pengguna untuk melakukan berbagai aksi yang didukung aplikasi, ( lihat gambar : 3 ).

10 4. User Account Control ( UAC ) yang lebih baik. UAC merupakan salah satu fitur yang paling dibenci pengguna Windows Vista. Kini selain pilihan “On” dan “Off,” pengguna dapat memilih agar UAC hanya muncul saat instalasi aplikasi atau saat sebuah aplikasi mengubah konfigurasi Windows saja, ( lihat gambar : 4 ). 5. Kinerja Microsoft mengatakan bahwa mereka banyak melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas Windows 7 seperti mengurangi waktu boot. 6. Device Stage Fitur baru ini mengumpulkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral di satu tempat untuk memudahkan pengguna seperti konfigurasi, fitur, dokumentasi bahkan layanan pembelian tinta printer dan lain-lain ( lihat gambar : 6 ). 7. Libraries Fitur ini mengumpulkan semua file dalam PC Anda berdasarkan tipe ke dalam library masing-masing untuk memudahkan manajemen media. Sebagai contoh, semua foto dari semua PC dan jaringan akan dikumpulkan di sebuah library foto yang dapat diakses di satu tempat, ( lihat gambar : 7 ). 8. HomeGroups Windows 7 memperkenalkan fitur jaringan baru bernama HomeGroups yang bertujuan untuk memudahkan beberapa komputer satu jaringan untuk saling berbagi file dan peripheral — seolah-olah semua itu terletak pada satu PC yang sama. Walaupun fitur-fitur Windows Networking sejak dulu selalu bertujuan sama, pada kenyataannya konfigurasi untuk menggunakan printer jaringan masih tetap terlalu sulit untuk sebagian besar pengguna.

11 9. “Peeking” (Mengintip) Fitur peeking pada Windows 7 memudahkan pengguna untuk dengan cepat membaca konten dalam satu jendela tanpa perlu berinteraksi dengan jendela tersebut. Menempatkan tetikus di atas thumbnail jendela di Task Bar akan mengubah semua jendela yang terbuka menjadi transparan kecuali jendela yang dipilih. Selain dapat “mengintip” jendela aplikasi tertentu pengguna juga dapat mengintip desktop Windows ( lihat gambar : 9 ). 10. Sidebar Tidak Lagi Digunakan Di Windows 7, sidebar tersebut dihilangkan karena dianggap terlalu banyak menggunakan tempat yang ada dan gadget kini dapat diletakkan langsung di desktop. Walaupun hal ini juga sebenarnya dapat dilakukan di Vista. 11. Kompatibilitas iTunes WMP kini mendukung dua format media favorit Apple: AAC untuk audio dan H.264 untuk video. WMP ini juga dapat menemukan library iTunes yang ada pada jaringan dan memutar isinya. ( lihat gambar : 11 ). 12. WMP Minimalis Ketika Anda melakukan klik kanan pada sebuah file media di Windows Explorer dan menggunakan WMP untuk memutarnya, WMP akan muncul dalam mode minimalis yang tidak mendominasi desktop Anda. Anda juga bisa memutar media pada preview pane Windows Explorer tanpa perlu meluncurkan WMP sama sekali ( lihat gambar : 12 ).

12 13. Streaming Multimedia Windows 7 menambahkan fitur pengiriman file media dari PC ke berbagai alat yang mendukung streaming seperti sistem musik Sonos melalui jaringan. Microsoft mengatakan bahwa WINDOWS 7 akan mengubah file ke dalam format sehingga dapat diputar oleh pemutar media Anda. Hal ini juga berarti Microsoft sudah selangkah lagi mendekati cita-cita Bill Gates menjadikan Windows pusat media di rumah. Versi Media Center dari Windows 7 juga mendapatkan upgrade besar ( lihat gambar : 13 ).upgrade besar 14. Pengaturan Jendela Otomatis Geser jendela mendekat tepi kanan atau kiri maka jendela tersebut akan langsung berubah ukuran menjadi setengah layar. Hal ini ditujukan untuk memudahkan Anda menyusun dua jendela secara berdampingan (seperti browser atau dokumen Word) agar Anda dapat dengan mudah bekerja pada kedua jendela sekaligus. 15. Mencari Semua Tempat Sekaligus Fitur WINDOWS 7 bernama “Search Federation” memungkinkan Anda untuk mengikutkan berbagai komputer, media penyimpanan jaringan dan situs ke dalam pencarian Windows 7 ( lihat gambar : 15 ). 16. Tema Microsoft sudah sangat lama sekali tidak mengantarkan perubahan besar pada fitur kustomisasi tema di Windows. Di WINDOWS 7 Microsoft menyediakan sebuah pemilih tema baru yang lebih baik dengan fitur preview dalam ukuran asli dan memungkinkan Anda untuk menyimpan tema kustom hanya dengan dengan beberapa klik. Microsoft juga berencana untuk mengganti namanya dari Themes menjadi Styles ( lihat gambar : 16 ).

13 17. Windows Live WINDOWS 7, tidak seperti Vista. Aplikasi Photo Gallery, Movie Maker dan telah dijadikan unduhan gratis yang disebut Windows Live Esentials, walaupun Microsoft tetap berharap berbagai vendor PC tetap akan mengemas Windows Live Essentials ke dalam komputer yang mereka jual ( lihat gambar : 17 ). 18. Paint Baru Windows Paint yang sudah banyak terlupakan mendapatkan upgrade besar, kini tampil dengan UI ribbon dari Office 2007 yang sekarang telah menjadi standar di berbagai aplikasi Microsoft. Walaupun masih banyak yang menganggap Paint.net sebagai alternatif pengganti Paint yang lebih baik ( lihat gambar : 18 ).Paint.net 19. Fitur Layar Sentuh Windows 7 adalah versi Windows pertama yang mendukung multi-touch yang memungkinkan Anda mengendalikan OS ini dengan kedua tangan. Masih banyak yang ragu apakah multi-touch akan merevolusi dunia PC sebagaimana ia merevolusi dunia ponsel. Saat ini hampir tidak ada PC yang beredar di pasar yang mendukung fitur layar sentuh selain TouchSmart dari HP dan Latitude XT dari Dell.

14 Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

15 Kelebihan Windows 7 antara lain : * Berjalan lebih cepat dibandingkan Vista untuk versi 64 bit merupakan versi yang paling cepat bila dibandingkan XP atau Vista. * Fitur sekuriti yang benar-benar ketat. Jika sebelumnya kita bisa memaksa software untuk dapat diinstal di Vista (karena ada masalah kompatibilitas), kini tidak lagi. * Konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit sehingga menghemat ruangan hard disk. * Manajemen memory yang lebih baik * Proses boot/shut down lebih cepat * Tampilan yang lebih baik karena sisi 3D nya lebih menonjol * Pengaturan taskbar yang lebih baik * Hampir semua driver untuk Vista dapat digunakan di Windows 7 * Help Tool yang lebih baik. * Sistem file yang lebih mendetail dan teratur meskipun masih tampak asing bagi yang belum terbiasa.

16 Kekurangan Windows 7 antara lain : Karena Windows 7 terbilang masih baru, maka sistem operasinya bisa dikatakan sebagai Sistem Operasi paling baik saat ini, dengan segala keunggulan yang dimilikinya, namun walupun seperti itu tetap saja masih ada kekurangan dari Windows 7 ini, antara lain : a.Banyak software yang tidak kompatible dengan windows 7 b. Membutuhkan spec kompi yang lumayan tinggi (untuk kompi spec menengah kebawah lebih baik memakai xp). c. Tampilan terbilang masih baru, mungkin ini alasan banyak orang yang masih setia sama windows xp. c.Daya Batteray sering kali cepat terkuras.

17 Demikianlah mengenai Sistem Operasi Windows 7 yang dapat kami rangkum didalam presentasi kami ini, kami sadar masih banyak kekurangan dalam hal pengetahuan kami mengenai SO Windows 7 ini, untuk itu kami mengharapkan Masukan, Saran, dan Kritik dari para rekan-rekan mahasiswa dan juga Dosen Pembimbing kami yang sifatnya untuk lebih memberikan pemahaman kepada kami dan semoga apa yang kami berikan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua dan……………… Penutup

18 SAOHAGOLO TERIMAKASIH


Download ppt "SISTEM OPERASI. I.SEJARAH WINDOWS 7 Sesuai dengan namanya, ini adalah generasi ketujuh dari system operasi windows.  Versi pertamanya dirilis pada November."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google