Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

.AGUNG SUPRIANTO04112015.NOFRIZHA DEVI ARLINGGA04212007.YENNI FARIDATUL KHOIRIYAH04112078 FUNGTION KEY PADA KEYBOARD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: ".AGUNG SUPRIANTO04112015.NOFRIZHA DEVI ARLINGGA04212007.YENNI FARIDATUL KHOIRIYAH04112078 FUNGTION KEY PADA KEYBOARD."— Transcript presentasi:

1 .AGUNG SUPRIANTO NOFRIZHA DEVI ARLINGGA YENNI FARIDATUL KHOIRIYAH FUNGTION KEY PADA KEYBOARD

2 SEJARAH MUNCULNYA FUNCTION KEY PADA KEYBOARD  Penciptaan keyboard komputer ternyata di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.  Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol- simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` # $ % ^ & * ( ) _ – + = /,. ? : ; “ ‘ |, tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol- tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

3

4 PENGERTIAN  “function keys” atau diartikan dalam bahasa indonesia adalah “tombol fungsi”, F1 sampai F12 memiliki berbagai kegunaan yang berbeda atau tidak digunakan sama sekali. Tergantung pada sistem operasi yang dipasang dan program perangkat lunak yang dipakai. Sebuah program tidak hanya menggunakan masing-masing “tombol fungsi”, tetapi juga menggabungkan fungsi tombol dengan ALT / CTRL, misalnya, pengguna Microsoft Windows dapat menekan ALT + F4 untuk menutup program yang sedang aktif.

5 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN KEYBOARD FINCTION KEY  Kelebihan : Dengan menggunakan keyboard function key dapat membantu mempercepat pencarian ikon di komputer ketika kmputer mulai eror dan mouse tidak dapat bergerak satu-satunya yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan function key.  Kekurangan : Bagi pemula yang baru mengenal komputer sangat sulit jika menggunakan function key karena dalam function key hanya berupa simbol2 kunci dan tidak ada panduannya Kunci2 yang terdapat pada fucntion key sangat banyak jadi kalau tidak hafal maka akan mempersulit pemakaiannya.

6 Berikut ini adalah daftar pendek dari beberapa fungsi umum dari “tombol fungsi” pada komputer yang menjalankan Microsoft Windows. F1  F1 = Hampir selalu digunakan sebagai tombol bantuan, hampir setiap program akan membuka layar bantuan (help) ketika tombol ini ditekan.  Windows key + F1 = membuka “Microsoft Windows Help” dan “support center”.  Shift + F1 = menunjukkan format dokumen (MS Word)  ALT + F1 = Pergi ke halaman berikutnya  ALT + Shift + F1 = Pergi ke halaman sebelumnya  CTRL + ALT + F1 = Tampilan Info Sistem Microsoft (tidak bekerja pada Windows Vista)  CTRL + Shift + F1 = Mengubah font (tidak bekerja pada Windows Vista) F2  F2 = Merubah nama file  Shift + F2 = Salin Teks  CTRL + F2 = perintah Print preview (MS Word)  ALT + Shift + F2 = perintah Simpan (MS Word)  CTRL + ALT + F2 = perintah Buka (MS Word)

7 F3  F3 = Biasanya berfungsi sebagai fitur pencarian untuk banyak program termasuk Microsoft Windows  Shift + F3 = Perubahan kasus teks di MS Word  CTRL + F3 = Program spesifik. Percobaan dengan yang satu ini, tapi menyimpan pekerjaan Anda pertama!  ALT + F3 = Membuat sebuah blok bangunan di MS Word F4  F4 = Membuka “Find Window”  Shift + F4 = Mengulangi menemukan atau Pergi Untuk tindakan (MS Word)  CTRL + F4 = akan menutup jendela yang terbuka dalam jendela aktif di Microsoft Windows  Alt + F4 = Menutuputup program yang aktif. Jika tidak ada program yang terbuka, kita dapat mematikan komputer dengan kombinasi ini.

8 F5  F5 = di semua browser internet modern, menekan F5 akan me- refresh atau me-reload halaman.  Shift + F5 = Memindahkan ke revisi sebelumnya (MS Word)  CTRL + F5 = Unconditional Refresh (refresh Internet Explorer dari Internet, tidak cache)  ALT + F5 = Menutup Program Word  CTRL + F5 = mengembalikan dokumen ke ukuran windows (tidak fungsional) F6  F6 = Memindahkan kursor ke Address bar di Internet Explorer dan Mozilla Firefox.  Shift + F6 = Program spesifik. Percobaan risiko Anda sendiri, dan jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan Anda terlebih dahulu.  CTRL + F6 = Siklus ke depan antara jendela yang terbuka dalam sebuah program  CTRL + Shift + F6 = Siklus ke belakang antara jendela yang terbuka dalam sebuah program

9 F7  F7 = Umumnya digunakan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dokumen dalam program-program Microsoft seperti Microsoft Word, Outlook, dll  Shift + F7 = Membuka perintah Tesaurus di MS Word.  CTRL + F7 = spesifik Program.  CTRL + Shift + F7 = informasi Update di MS Word  ALT + F7 = Mencari salah eja berikutnya atau kesalahan tata bahasa. F8  F8 = Tombol fungsi yang digunakan untuk masuk ke menu startup Windows, biasa digunakan untuk masuk ke Windows Safe Mode  Shift + F8 = Mengecilkan pilihan saat ini (MS Word)  CTRL + F8 = spesifik Program. Dalam Microsoft Project itu mengubah ukuran jendela proyek.  Alt + F8 = Membuka menu makro (MS Word) F9  (kombinasi ini hanya berlaku untuk MS Word)  Shift + F9 = Beralih di antara kode halaman dan itu hasil  CTRL + F9 = Insert dan kosong halaman  CTRL + Shift + F9 = hapus bidang  ALT + F9 = Beralih di antara semua kode halaman dan hasilnya

10 F10 (Fungsi lain MS Word)  Shift + F10 = Menampilkan menu shortcut  CTRL + F10 = Memaksimalkan dokumen pada jendela  CTRL + Shift + F10 = Mengaktifkan to ruler (Non-fungsional)  ALT + F10 = Memaksimalkan jendela program  F11  F11 = Modus layar penuh di semua browser Internet modern.  Shift + F11 = Pergi ke halaman sebelumnya (MS Word)  CTRL + F11 = Kunci bidang  CTRL + Shift + F11 = Aktifkan bidang  ALT + Kode F11 = Tampilan Microsoft Visual Basic  ALT + SHIFT + F11 = Microsoft Visual Studio Tampilan Kode  F12  Shift + F12 = Pilih Simpan perintah (MS Word)  CTRL + F12 = Membuka Pilihan perintah  CTRL + Shift + F12 = Pilih perintah Cetak print

11


Download ppt ".AGUNG SUPRIANTO04112015.NOFRIZHA DEVI ARLINGGA04212007.YENNI FARIDATUL KHOIRIYAH04112078 FUNGTION KEY PADA KEYBOARD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google