Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program"— Transcript presentasi:

1 CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program
Pengenalan Grafis_Nanang Kurniawan, S.Pd. CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program Membuat Dokumen Baru Membuat Objek Grafis Menyimpan Mencetak Hasil Evaluasi

2 1. INDIKATOR / TUJUAN PEMBELAJARAN :
Agar Siswa dan Siswi dapat : Mengaktifkan program aplikasi CorelDraw Membuat dokumen atau file baru Mempraktekkan penggunaan fungsi Toolbox, Property bar, dan Docker objects properties Memodifikasi objek grafis menggunakan efek khusus Menyimpan dokumen objek grafis Mencetak hasil pembuatan objek grafis

3 2. MENGAKTIFKAN CORELDRAW
Memulai Program : klik Start pada taskbar Masuk ke menu Program pilih CorelDraw Graphics Suite klik Corel Draw (kemudian “Welcome Screen” dan Jendela Coreldraw ditampilkan) “Welcome Screen” Jendela Coreldraw

4 “Welcome Screen” Aplikasi CorelDraw X3 Aplikasi CorelDraw X3

5 ….keterangan : - New Graphic : digunakan untuk membuka ruang kerja baru. - Open Last Edited : untuk mengaktifkan file yang sebelumnya telah dibuka. - Open Graphic : untuk membuka file yang teleh tersimpan - Template : untuk mengaktifkan desain template yang telah tersedia - Corel Tutor : untuk mengaktifkan tutorial Coreldraw interaktif yang terinstal - What’s New? : untuk mengetahui fasilitas tambahan terbaru coreldraw - Show this welcome sreen at startup : Perintah ini digunakan untuk memilih apakah menu welcome screen ini akan ditampilkan saat membuka program atau tidak.

6 JENDELA CORELDRAW 1 2 3 4 5 6 8 7 1. Title Bar 2. Menu Bar 3. Toolbar
4. Property Bar 5. Tool Box 6. Docker 7. Palette Color 8. Print Area

7 TITLE BAR Bagian teratas dari jendela COrelDraw yang berisi informasi mengenai Program aplikasi dan nama dokumen yang sedang aktif. Terdapat pula Size button yang berfungsi untuk Size Button Title Bar mengatur ukuran jendela CorelDraw (minimize, maximize/restore, dan Close ) Minimize, menutup / mengecilkan jendela Close, menutup jendela / program aplikasi Restore, mengembalikan tampilan ke ukuran semula Maximize, memperbesar tampilan jendela

8 Pada Menu Bar atau Baris Menu terdapat beberapa menu yaitu :
File Edit View Layout Arrange Effect Bitmaps Text Tools Window help Setiap menu bar memiliki sub menu yang berbentuk Pulldown menu, jika menu di klik maka akan muncul deret menu berderet ke bawah.

9 Toolbar Standard terdapat menu yang divisualkan dalam bentuk ikon :
New Open Save Print Cut Copy Paste Undo - Redo Import - Export App. Launcher Corel Online Zoom Levels

10 PROPERTY BAR Berisi menu-menu untuk pengaturan dan pengeditan dokumen atau objek gambar. Property bar tampilannya selalu berubah tergantung pada Toolbox yang aktif berdasarkan objek citra grafis yang sedang dipilih dan dijalankan Misalkan sedang mengaktifkan Toolbox : Text Tool 2. Zoom Tool 3. Ellipse Tool

11 TOOLBOX Berisi kumpulan yang memiliki berbagai perintah untuk pembuatan objek grafis dasar, manipulasi objek grafis dasar, efek-efek objek grafis dasar dan lain-lain. Toolbox Induk : Pick tool 9. Polygon Shape tool 10. Basic shape tool Crop tool 11. Text tool Zoom tool 12. Interactive blend tool Freehand tool 13. Eye dropper tool Smart Fill tool 14. Outline tool Rectangle tool 15. Fill tool Ellipse tool 16. Interactive fill tool F ly ou t

12 FLYOUT Pada setiap Toolbox induk terdapat ikon-ikon tool yang berkaitan dengan tool induknya (jika diklik pada penunjuk kecil atau klik kanan mouse) yang diebut dengan Flyout. Berikut contohnya : 1. Flyout Rectangle tool…… 2. Flyout Basic Shape tool... 3. Flyout Outline too………..

13 DOCKER Merupakan ekspansi dari beberapa fungsi-fungsi yang ada pada corel draw. Untuk menampilkan docker apa saja yang muncul, bisa dari menu Window > dockers, trus pilih docker mana yang ingin ditampilkan atau disembunyikan. Docker ini juga bisa di minimize, atau di tutup Diantaranya : 1. Docker Objects Properties 2. Docker Objects Manager 3. Docker Artistic Media 4. Docker Artistic Media

14 PALETTE COLOR Berisi pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk mewarnai objek gambar yang kita buat. Baik warna isi maupun warna outline. Warna yang ada pada daftar color bar ini bisa kita customize sendiri Klik pojok palette untuk melakukan setting terhadap warna palette

15 Berbasis Bitmap PRINT AREA Print Area disebut juga Drawing Area merupakan halaman yang digunakan untuk membuat dan mengedit serta mencetak (print- out ) objek untuk kebutuhan desain grafis

16 3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Pertama
- Klik New pada Menu Bar File atau Klik ikon New pada Toolbar standard - Beri nama dokumen tersebut dengan klik tombol Save dan isikan nama filenya, kemudian klik OK - Dokumen baru yang telah diberi nama siap untuk diolah

17 3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Kedua
Lakukan Setting Dokumen : Property Bar - klik pick tool kemudian lihat ke panel property, atur berbagai ukuran halaman, baik yang dilakukan secara otomatis dengan settingan yang telah ada di property corel maupun setiingan menurut ukuran sendiri melalui Paper Width and Height

18 3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Kedua
Lakukan Setting Dokumen : Menu Layout - klik menu layout - klik sub menu page setup kemudian akan muncul panel option yang berisi tentang setting dari halaman yang ingin diatur.

19 3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Ketiga
Lakukan Setting Background (pilihan) - klik menu layout - klik page background - atur background sesuai dengan selera 3 model background yaitu : 3 model background yaitu :

20 3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Ketiga
- no background, untuk bacground tak berwarna - solid, untuk background dengan warna polos bertipe vektor - bitmap, untuk background dengan jenis vektor misalnya foto

21 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Garis
1. Menggunakan Freehand Tool Untuk membuat garis lurus dengan melakukan klik pada awal garis, kemudian geser mouse ke titik akhir garis kemudian klik pada titik akhir garis. Untuk membuat garis berbentuk kurva dengan melakukan (tekan) klik kemudian geser mouse sesuai dengan garis kurva yang ingin dibuat kemudian (lepas) klik pada mouse.

22 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Garis
2. Menggunakan Artistic Media Tool Tool ini memberikan beberapa pilihan bentuk yang bisa kita gunakan, diantaranya Preset, Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure.

23 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
Menggunakan Beberapa Toolbox, diantaranya outline tool

24 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
1. Membuat Bintang : Menggunakan Polygon Tool - Star Aktifkan Polygon tool Pilih Ikon star Lalu posisikan mouse di area kanvas Kemudian drag hingga membentuk bintang Lepaskan mouse

25 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
2. Mewarnai Bintang : Menggunakan Fill Tool Aktifkan Fill tool Pilih objek bintang yang akan kita rubah warnanya klik fill tool yang ada pada toolbox, pilih bentuk warna yang diinginkan dengan memilih salah satu option tool yang ada pada fill tool

26 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
3. Menyeleksi Objek : Menggunakan property bar Multiple Objects Buat dua objek yang berbeda Buat dua objek tersebut bersinggungan Klik atau pilih/seleksi kedua buah objek tersebut (blok) - Lihat ke panel property Pilih model penyeleksian (weld, trim, intersect, simplify, font minus back dan back minus font)

27 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
4. Membuat Tulisan : Menggunakan Text Tool - Panel Property Text Aktifkan Text tool Posisikan kursor di area kerja dan ketik kata yang diinginkan Lakukan edit / pengaturan melalui Panel Property (karakter huruf, tebal huruf, miring, garis bawah, dll

28 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
5. Memformat Tulisan : Menggunakan Menu Text – Format text Klik / seleksi Tulisan menggunakan Pick tool Klik Menu bat Text Klik sub menu Format text (kotak dialog format text ditampilkan) Lakukan setting / pengaturan

29 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
6. Mewarnai Tulisan : Menggunakan Palette color Klik / seleksi Tulisan menggunakan Pick tool Aktifkan Palette Color melalui Window – Docker – Palette Color Pilih warna yang sesuai Palette Color

30 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
7. Memerikan efek khusus : menggunakan Interactive Blend Tool Buat dua objek berbeda, posisikan berjauhan Aktifkan Interactive blend tool Arahkan mouse pada objek pertama, lalu drag ke objek kedua dan lepaskan. Lakukan pengaturan menggunakan panel property Blend

31 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
….efek khusus lainnya > Drop Shadow > Countour

32 4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk
8. Contoh Hasil kreasi Coreldraw

33 5. MENYIMPAN DOKUMEN klik menu File pilih dan klik Save As
pilih lokasi penyimpanan pada kotak pilihan Save In berilah nama file kllik Save Format Ekstensi CorelDraw : CDR

34 6. MENCETAK HASIL klik menu File pilih dan klik Print, sehingga muncul
kotak dialog Print terdapat beberapa tab, antara lain : General, mengatur jenis printer yang digunakan, dokumen dan banyaknya dokumen yang harus dicetak. 2. Layout, berguna untuk mengatur tata letak pencetakan. 3. Separations, berguna untuk mengatur pemisahan warna

35 TES 2 Uji Kompetensi : Sebelum melanjutkan ke Materi soal atau pertanyaan, apakah Anda yakin telah membaca dan menyelesaikan pembahasan Teori tentang : “APLIKASI CORELDRAW” ? Jika sudah silakan tekan Tombol Lanjut dan Jika belum silakan tekan Tombol Kembali Kembali Lanjut

36 TES 1 TES 2 TES 3 TES 4 TES 5 TES 6


Download ppt "CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google