Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 RANGKAIAN AC Pertemuan 5-6. 2 Rangkaian AC berbeda dengan rangkaian DC. Rangkaian AC memiliki arus dan tegangan AC yang berubah-ubah sesuai dengan kurva.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 RANGKAIAN AC Pertemuan 5-6. 2 Rangkaian AC berbeda dengan rangkaian DC. Rangkaian AC memiliki arus dan tegangan AC yang berubah-ubah sesuai dengan kurva."— Transcript presentasi:

1 1 RANGKAIAN AC Pertemuan 5-6

2 2 Rangkaian AC berbeda dengan rangkaian DC. Rangkaian AC memiliki arus dan tegangan AC yang berubah-ubah sesuai dengan kurva sinus terhadap waktu disebut gelombang sinusoida. i(t)/v(t) t T=1/f 

3 3 Harga sesaat sinyal AC untuk arus dan tegangan dinyatakan i(t) dan v(t). E maks atau I maks menyatakan harga maksimum atau amplitudo.  menyatakan pergeseran sudut fasa. Waktu yang diperlukan bagi siklus sinyal AC dalam satu gelombang sinusoida disebut periode, T (detik). Jumlah satu siklus gelombang sinusoida dalam satu detik sebut frekuensi, f (Hz). Hertz

4 4 Besaran nilai sinyal AC dinyatakan dalam harga efektif dan sudut pergeseran fasa (  ). Hubungan antara harga efektif dengan harga maksimum : Karakteristik beban pada rangkaian AC dipengaruhi oleh tiga komponen R resistor, C kapasitansi dan L induktansi. Pergeseran sudut fasa terjadi adanya komponen kapasitansi dan atau induktansi.

5 5 •Analisis Fasor Analisis dalam rangkaian AC lebih kompleks dibandingkan dengan rangkaian DC. Analisis rangkaian AC didasari pada analisis fasor untuk mengekspresikan sinyal AC. Analisis fasor adalah analisis vektor yang berputar pada selang waktu tertentu. Fasor menyatakan transformasi fungsi waktu ke dalam bidang kompleks yang mengandung informasi tentang amplitudo dan sudut fasa.

6 6 Sistem Bilangan Kompleks Sumbu imajiner j Sumbu real  Z a b

7 7 Perhitungan r Perhitungan sudut fasa 

8 8 Pergeseran Fasa Pergeseran sudut fasa terjadi antara arus dan tegangan dalam rangkaian AC. Besar pergeseran ditentukan oleh impedensi. Bentuk umum dari beban impedensi dalam rangkaian AC : Z = R + jX Ohm R menyatakan nilai real dan X menyatakan nilai imajiner atau khayal dari beban Z. Pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu : –arus tertinggal sebesar  terhadap tegangan –arus sefasa dengan tegangan –arus meninggalkan sebesar 

9 9 •Faktor Daya Perhitungan daya didalam rangkaian AC selalu berkaitan dengan faktor daya atau faktor kerja. Faktor daya diperlukan untuk menentukan besar daya nyata. Ada tiga jenis daya dalam rangkaian AC, yaitu daya tampak, daya nyata dan daya reaktif. Perhitungan antara daya mengikuti aturan segitiga phytagoras. j Real S Q P S=P+jQ 

10 10 Hubungan antara daya Daya nyata :watt Daya Reaktif : Q = VI sin  VAR (Volt Ampere Reaktif) Daya Tampak : S = V I VA (Volt Ampere)

11 11 •Rangkaian RLC Seri

12 12 Perhitungan hubung seri : Arus yang melalui masing-masing komponen R, XL dan XC adalah sama. Nilai beban rangkaian: XL>XC Z = R + j (XL- XC)

13 13 XL

14 14 •Hubungan antara tegangan Unntuk VL > VC Untuk VC > VL

15 15 •Rangkaian RLC Paralel Rangkaian RLC paralel adalah suatu rangkaian yang berisi resitensi, reaktansi induktif dan reaktansi kapasitif yang dihubungan secara paralel

16 16 Tegangan pada masing-masing jalur adalah sama V T =V R =V L =V c. VT digunakan sebagai acuan untuk mengukur sudut fase . Arus total I T merupakan penjumlahan fasor arus I R, I L dan I C. Arus dalam resistensi I R sefase dengan V T. Arus dalam induktansi I L terlambat terhadap tegangan V T sebesar Arus dalam kapasitor I C mendahului terhadap tegangan sebesar Jika I L > I C, I T akan terlambat terhadap V T sehingga rangkaian RLC paralel menjadi rangkaian induktif. Hubungan antara I T, I R, I L, dan I C.

17 17 Jika I c > I L, I T akan mendahului terhadap V T sehingga rangkaian RLC paralel menjadi rangkaian kapasitif. Hubungan antara I T, I R, I L, dan I C :


Download ppt "1 RANGKAIAN AC Pertemuan 5-6. 2 Rangkaian AC berbeda dengan rangkaian DC. Rangkaian AC memiliki arus dan tegangan AC yang berubah-ubah sesuai dengan kurva."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google