Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BADAN PPSDM KESEHATAN. (2)(2) Percepatan Penyerapan Anggaran Menuju Laporan Keuangan yang Berkualitas Badan PPSDM Kesehatan BATAM, 17 OKTOBER 2013 Disampaikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BADAN PPSDM KESEHATAN. (2)(2) Percepatan Penyerapan Anggaran Menuju Laporan Keuangan yang Berkualitas Badan PPSDM Kesehatan BATAM, 17 OKTOBER 2013 Disampaikan."— Transcript presentasi:

1 BADAN PPSDM KESEHATAN

2 (2)(2) Percepatan Penyerapan Anggaran Menuju Laporan Keuangan yang Berkualitas Badan PPSDM Kesehatan BATAM, 17 OKTOBER 2013 Disampaikan oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan

3 AGENDA 3 1. TREN REALISASI ANGGARAN SAMPAI DENGAN 30 SEPTEMBER PROGNOSA REALISASI ANGGARAN S.D 31 DESEMBER KENDALA DALAM PENYERAPAN ANGGARAN 4. PERSIAPAN AKHIR TAHUN ANGGARAN PERSIAPAN PENYUSUNAN LAP. KEUANGAN TAHUN ANGGARAN PERSIAPAN AWAL TAHUN ANGGARAN 2014

4 1. PERSIAPAN AKHIR TAHUN ANGGARAN

5 39,96 % ALOKASI DAN REALISASI ANGGARAN BADAN PPSDM KESEHATAN TAHUN 2013 (s.d SEPT 2013) KEMENKES 50.64%

6 JUMLAH SATKER BADAN PPSDMK TAHUN 2013

7 (Dalam Ribuan Rp) REALISASI ANGGARAN BPPSDMK 2013 PER BELANJA – (S.D SEPT 2013) %

8 NO JENIS KEWE- NANGAN JENIS BELANJA (%) TOTAL PEGBRGMODAL 1 KP KD DK JUMLAH REALISASI ANGGARAN BADAN PPSDMK PER KW & BELANJA TA 2013 – ( )

9 REALISASI ANGGARAN KANTOR PUSAT TAHUN 2013 (S.D SEPT 2013)

10 REALISASI ANGGARAN BALAI TAHUN 2013 (S.D SEPT 2013) %

11 REALISASI ANGGARAN POLTEKKES TAHUN 2013 (S.D SEPT 2013) %

12 REALISASI ANGGARAN DINKES TAHUN 2013 (S.D SEPT 2013) %

13 ESTIMASI REALISASI ANGGARAN 13

14 TREN DAN PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BELANJA KANTOR PUSAT S.D 31 DESEMBER 2013

15 TREN DAN PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BELANJA BALAI S.D 31 DESEMBER 2013

16 TREN DAN PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BELANJA POLTEKKES S.D 31 DESEMBER 2013

17 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

18 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

19 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

20 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

21 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

22 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

23 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

24 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

25 PROGNOSA REALISASI ANGGARAN BPPSDMK S.D 31 DESEMBER TAHUN 2013

26 KENDALA DALAM PENYERAPAN ANGGARAN BELANJA S.D 30 SEPTEMBER Belanja Pegawai (51): a. Adanya belanja tunjangan profesi dosen yang belum direalisasikan. b. Adanya belanja sertifikasi dosen yang belum dapat dibayarkan karena belum adanya Laporan Kinerja Dosen (LKD) serta terbatasnya masa berlaku SK penetapan penerimaan serdos sampai Agustus 2013 saja, untuk bulan September s.d Desember 2013 belum ada SK yang baru dari Badan PPSDMK. 2. Belanja Barang (52) : a. Adanya perubahan PP No. 13 menjadi PP No. 21 sehingga target PNBP belum dapat tercapai dan terkait hal tersebut, dana yang bersumber dari PNBP baru dapat dipergunakan bulan Juni b. Adanya self Blokir sehubungan dengan adanya Tunjangan Kinerja. c. Pola waktu pencairan dana yang terkait proses belajar mengajar mengikuti kalender akademik. Sehingga banyak kegiatan yang belum dapat direalisasikan mengingat Kegiatan perkuliahan semester II dimulai bulan September.

27 KENDALA DALAM PENYERAPAN ANGGARAN BELANJA S.D 30 SEPTEMBER 2013 d. Pelaksanaan tugas belajar dilakukan pada awal tahun ajaran (bulan September) sehingga menunggu hasil kelulusan tenaga pendidik dan kependidikan yang lulus untuk melaksanakan tugas belajar. 3. Belanja Modal (53): a. Terdapat satker yang sedang melakukan proses lelang. b. Adanya rangkap tugas dalam jabatan Panitia Pengadaan. c. Masih adanya lelang belanja modal yang belum dilaksanakan sehubungan dengan penyesuaian spek barang dengan kenaikan biaya/harga. d. Proses lelang terhambat karena adanya sanggah banding setelah penetapan pemenang lelang oleh salah satu peserta lelang penyedia barang dan jasa. e. Lelang pembangunan gedung baru masih dalam tahap pembangunan fisik. f. Adanya penambahan anggaran belanja modal pada pertengahan tahun sehingga rencana penyerapan anggaran disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pengadaan.

28 REKAP HASIL REVIU ITJEN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN TINGKAT ESELON I SEMESTER I TA 2013

29 REKAP HASIL REVIU ITJEN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN TINGKAT ESELON I SEMESTER I TA 2013

30 REKAP HASIL REVIU ITJEN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN TINGKAT ESELON I SEMESTER I TA 2013

31 LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2013 A. Pengadaan barang/jasa 1. Agar melakukan koordinasi untuk melakukan evaluasi progres pembangunan gedung dengan membandingkan antara jadwal dengan realisasi fisik bersama tim teknis, konsultan pengawas dan konsultan perencanaan serta pihak pemborong 2. Melakukan teguran secara tertulis maupun lisan jika terjadi keterlambatan progres pekerjaan atas hasil evaluasi tersebut diatas.

32 LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2013 B. Pengadaan alat/barang operasional 1. Melakukan rapat secara rutin antara KPA dengan PPK untuk mengetahui progres pelaksanaan pengadaan 2. Memberikan teguran/arahan dan saran bila terjadi permasalahan di dalam pelaksanaan pengadaan 3. Penerimaan barang harus sesuai dengan spesifikasi kontrak, baik jumlah maupun kualitasnya, termasuk uji fungsi apabila dipersyaratkan dalam kontrak C. Pelaksanaan kegiatan/program 1. Segera melaksanakan kegiatan/program sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan memperhatikan efisiensi dan efektifitas. 2. Tidak melaksanakan kegiatan/program yang menurut jadwal waktu sudah tidak efektif untuk dilaksanakan

33 LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2013 D. Pelaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan sesuai dengan Ketentuan yang Berlaku E. Memperhatikan dan melaksanakan langkah-langkah akhir tahun yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan F. Bagi satker yang memiliki permasalahan tanah, penghapusan BMN dan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan (LHP) agar segera menginventarisasi kembali dan melaporkan permasalahannya serta usulan penyelesaiannya kepada Badan PPSDM Kesehatan G. Pencairan anggaran secara tepat waktu, sehingga tidak terjadi penumpukan pengajuan SPM ke KPPN di akhir tahun anggaran

34 LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2013 H. Pastikan pembangunan fisik selesai dibayar tahun anggaran 2013, bila belum selesai dialokasikan di anggaran tahun 2014 dengan merevisi anggaran yang ada, dengan tetap dikenakan sanksi denda sesuai ketentuan

35 2. PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN

36 1. Sudah melakukan rekonsiliasi internal data BMN antara SAK dan SIMAK BMN satker setiap bulan; 2. Sudah melakukan rekonsiliasi eksternal data BMN dengan KPKNL dan data Keuangan dengan KPPN; 3. Pastikan sudah tidak ada selisih data aset tetap antara hasil IP data Kemenkeu dengan data Satker Badan PPSDM Kesehatan; 4. Pastikan semua satker telah melakukan penyusutan aset dan menyajikannya dalam Laporan Keuangan; 5. Pastikan tidak ada saldo kas (saldo kas = nol) di bendahara pengeluaran pada akhir tahun anggaran; 6. Selesaikan semua pertanggungjawaban (SPJ) sesuai ketentuan; PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN (1)

37 6. Pastikan hasil rekonsiliasin dengan KPPN tidak ada selisih antara data SAI dan data SAU terhadap 6 item, yaitu; (a). Alokasi, (b). Realisasi, (c). Estimasi PNBP, (d). Realisasi Pendapatan, (e). Pengembalian Belanja, (f). Pengembalian Pendapatan; 7. Penyusunan CaLK mengikuti ketentuan sebagai berikut: a. mengacu kepada Perdirjen No. 55 Tahun 2012, tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga b. CaLK adalah unsur LK Pokok dan Wajib, bukan tambahan. c. CaLK bagian tak terpisahkan dari LK d. Meningkatkan transparansi LK, Menyediakan pemahaman yang lebih baik Atas informasi keuangan pemerintah PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN (2)

38 8. Menyajikan informasi akrual pada Laporan Keuangan Tahun 2013; 9. Menyajikan data Piutang pada Laporan Keuangan Tahun 2013; 10. Penyusunan Laporan Keuangan BLU mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 177/Menkes/SK/5/2012 tentang Pedoman Akuntansi Keuangan Badan Layanan Umum Politeknik Kesehatan di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan; 11. Pertemuan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Satker dengan Badan PPSDM Kesehatan pada bulan Januari 2014; 12. Semua penerimaan dan pengeluaran harus sudah mendapatkan pengesahan KPPN, paling lambat awal Januari 2014 (sesuai PMK/Perdirjen Pb terkait); 13. Bagi pengelola keuangan dan petugas/operator penyusunan laporan keuangan agar mempersiapkan diri dan menyelesaikan seluruh tugasnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan mendokumentasikan data/informasi di tempat yang aman untuk memudahkan aparat pemeriksa fungsional melakukan pemeriksaan laporan keuangan PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN (3)

39 3. PERSIAPAN AWAL TAHUN ANGGARAN

40 1. Pimpinan Satker segera mengusulkan KPA, PPSPM, dan Bendahara serta ULP (bagi satker yang sudah siap membentuk ULP, ULP UPT wajib dibentuk paling lambat pada tahun 2014) ke Kepala Badan PPSDM Kesehatan 2. KPA segera mengangkat PPK dan Panitia Pengadaan/Penerimaan serta menetapkan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran/Barang PERSIAPAN AWAL TAHUN ANGGARAN (1)

41 3. KPA segera mengangkat PPK dan Panitia Pengadaan/Penerimaan serta menetapkan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran/Barang 4. KPA/PPK bersama penanggung jawab kegiatan segera menyusun disbursement plan (Rencana Penarikan Anggaran/RPA) yang realistis sesuai dengan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan; 5. PPK segera menyusun spesifikasi teknis, Harga Perkiraan Sendiri (HPS) barang/jasa yang akan diadakan dan segera meminta Pokja ULP untuk segera melakukan lelang melalui LPSE; PERSIAPAN AWAL TAHUN ANGGARAN (2)

42 6. Pokja ULP/Panitia Pengadaan menyusun dokumen pengadaan dan jadual pengadaan barang/jasa (standar dokumen pengadaan dapat didownload dari website LKPP); 7. Pokja ULP/Panitia Pengadaan segera melakukan proses lelang pengadaan barang/ jasa Tahun 2014, dimulai Triwulan IV – 2013; 8. KPA/PPK segera menandatangani kontrak pengadaan barang/jasa yang sudah diproses pada awal Januari KPA/PPK bersama penanggung jawab kegiatan segera menyusun disbursement plan (Rencana Penarikan Anggaran/RPA) yang realistis sesuai dengan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan; PERSIAPAN AWAL TAHUN ANGGARAN (3)

43 10. Setelah menerima DIPA segera dicermati secara teliti dan mengajukan/melakukan revisi bila terjadi kekeliruan serta segera menyusun POK; 11. Bila ada pembangunan fisik yang didahului dengan penghapusan gedung harus segera diusulkan penghapusan gedung ke Badan PPSDM Kesehatan (dengan tetap melakukan proses tender) 12. ULP/Panitia Pengadaan harus sudah lulus sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa. 13. Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Tahun 2014 segera disampaikan ke Badan PPSDM Kesehatan. PERSIAPAN AWAL TAHUN ANGGARAN (4)

44 44


Download ppt "BADAN PPSDM KESEHATAN. (2)(2) Percepatan Penyerapan Anggaran Menuju Laporan Keuangan yang Berkualitas Badan PPSDM Kesehatan BATAM, 17 OKTOBER 2013 Disampaikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google