Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILSAFAT ALAM SEMESTA HARYONO.AS,S.PD.,M.PD NIP. 198403222008121002 KOSMOLOGI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILSAFAT ALAM SEMESTA HARYONO.AS,S.PD.,M.PD NIP. 198403222008121002 KOSMOLOGI."— Transcript presentasi:

1 FILSAFAT ALAM SEMESTA HARYONO.AS,S.PD.,M.PD NIP KOSMOLOGI

2 D.D. RUNES (DICTIONARY OF PHILOSOPHY) CosmologyCosmology is a branch of philosophy which treats of the origin and structure of the universe

3 WORLD MALE OR FEMALE

4 Mengapa Para Astronom Tidak Menggunakan Ukuran Meter, Kilometer atau Mil untuk menentukan jarak benda – benda angkasa ? BERAPA METER BUMI - MATAHARI 2 juta miliar Meter 2 juta miliar Meter

5 Keliling Bumi diperkirakan = mil. Benda langit terdekat dengan bumi adalah bulan. Jarak bumi – bulan = mil. Jadi Jarak Bumi – Bulan = 95x keliling bumi

6 Benarkah waktu adalah jarak ?

7 Jika Kita pergi kebulan dengan kecepatan mil/ jam. Maka kita akan sampai disana kira-kira 100 hari. Jarak bumi – matahari 93 jt mill. Jika kita kesana dg kecepatan mil/jam Maka akan sampai 93rb jam/ hari/ 10,5 thn

8 Jarak Bumi – Matahari masih dalam kategori dekat jika dibandingkan dengan jarak benda langit (Bintang) lainnya. Bintang terdekat dengan bumi Proxima Centaury Jaraknya x jarak bumi – matahari. Jaraknya mil dari bumi. Bintang Terdekat lainya adalah Alpha Centaury sekitar 4 1/3 tahun cahaya.

9 Itulah sebabnya mengapa para astronom tidak menggunakan ukuran mil ketika menghitung jarak benda-benda langit. Gantinya adalah satuan lain, yang disebut tahun cahaya, Jarak yg ditempuh cahaya dalam waktu 1 tahun Kecepatan cahaya mil/detik. 1 thn cahaya = mil

10 Jaraknya Proxima Centaury mil dari bumi = 4 1/3 tahun cahaya. Jarak bintang Arcturus = 38 thn cahaya Artinya cahaya yang kita lihat dari bintang Arcturus telah merambat 38 thn lalu. Demikianlah dari sudut astronomi pada dasarnya waktu adalah jarak.

11 Apakah waktu adalah gerak ?

12 Bumi dan seluruh planet bergerak didalam tata surya, benda-benda langit ini bergerak menurut lintasan tertentu yang disebut Orbit. waktu yang dibutuhkan oleh suatu planet untuk menyelesaikan revolusi sempurna disebut 1 tahun. Semakin dekat dengan matahari semakin cepat revolusinya, semakin jauh maka semakin lama.

13 Satuan ini dihitung berdasarkan keliling bumi berevolusi 1. Mercurius = 88 hari = 1 tahun 2. Venus = 225 hari = 1 tahun 3. Bumi= 365, 26 hari = 1 tahun 4. Mars= 687 hari = 1 tahun 5. Yupiter= 11.9 tahun = 1 tahun 6. Saturnus= 29,5 tahun = 1 tahun 7. Uranus= 84 tahun = 1 tahun 8. Neptunus= 164, 8 tahun = 1 tahun 9. Pluto***= 248, 4 tahun = 1 tahun.

14 Pluto*** Setelah 76 tahun bersama-sama berada di galaksi bima sakti pluto tidak menjadi planet lagi sejak 24 agustus Hasil ini berdasarkan Sidang Umum Himpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/ IAU) ke -26. di republik Ceko. Astronom indonesia yang ikut : Jorga Ibrahim, Iratius Radiman, Suryadi siregar, Ny. Permana Permadi.

15 Kita coba menjadi filsuf Kosmologi Jika Pada 9 Planet tersebut diatas terdapat 9 bayi yang lahir bersamaan ditiap-tiap planet. Kita hitung berdasarkan revolusi bumi dimana bayi dibumi telah berusia 1 tahun. Bayi di pluto ternyata masih ber usia 0,0040 tahun. Coba hitung ulang berapa usia bayi 9 planet tadi, jika bayi di bumi telah berumur 1 tahun.

16 Hasilnya Usia Bayi Pada tiap Planet : 1. Mercurius= 4.2 bulan 2. Venus = 1,6 bulan 3. Bumi= 1 tahun 4. Mars= 6, 4 hari 5. Yupiter= 30 hari 6. Saturnus= 12 hari 7. Uranus= 4 hari 8. Neptunus= 2 hari 9. Pluto***= 1 hari

17 Jadi waktu adalah gerak, karena jika bumi tidak bergerak mengelilingi matahari maka tidak ada 24 jam, dst. Itulah Sebabnya waktu adalah gerak.

18 Perkembangan Kosmologi Dalam Perkembangan awalnya Kosmologi banyak ditentukan oleh pemikiran-pemikiran mistis. G. Murray membedakan mitos dalam 5 bentuk : 1.Mitos Theologis 2.Mitos Fisik 3.Mitos Psikhe 4.Mitos Material 5.Mitos Gabungan Psikhe dan material.

19 1.Mitos Theologis Mitos yang mementingkan pada sifat perenungan terhadap kelakuan dewa. Misalnya dewa garuda yang berjuang untuk ibunya. Makna apa dari perbuatan ini. Dewa harus intelek. 2.Mitos Fisik. Berarti bahwa didalamnya mengungkapkan tindakan tindakan dan aktivitas dewa didunia.

20 3. Mitos Psikhe Melukiskan bahwa dewa dalam esensinya adalah berfikir. 4. Mitos Material Para dewa dikenal sebagai benda2 material spt : Bumi=dewa isis, uap = dewa osiris, panas =dewa typhon, air = dewa kronos, buah2an = dewa Adonis, anggur= dewa dionysus.

21 Astronomi adalah ilmu tertua, studi ini diawali oleh bangsa yunani, namun walau demikian bangsa cina, mesir, dan babilonia telah melakukan study ini. Bangsa cina sm berhasil menentukan Equinox dan solstice spt dikatakan kaisar Yao : sistem ini sudah lama dikenal oleh masyarakat cina dan merupakan lanjutan dari generasi ke generasi.

22 Chou Kung Pada Tahun 1100 SM, seorang ahli matematika cina berhasil menentukan kemiringan ekliptik tetapi usahanya menentukan jarak matahari – bumi mengalami kegagalan karena didasarkan pada keyakinannya bahwa bumi datar tidak bulat.

23 Di mesir astronomi didahului astrolatri. Bintang- bintang diamati sampai kemudian ditemukan ke khasan yang dimiliki oleh bintang tertentu. Bintang yang dianggapnya istimewa akan dipuja sebagai dewa.

24 Bangsa Babilonia menemukan 5 buah planet, yaitu 1.Mercurius = Dewa Nibo 2.Venus = Dewa Ishtar 3.Mars = Dewa Nergal 4.Yupiter = Dewa Marduk = kepala para dewa. 5.Saturnus =Dewa Dewa Ninib • Matahari = Dewa Shamash • Bulan = Dewa Nannar/ Dewa Sin.

25 Para astronom babilonia membuat kalender yang tersusun 360 hari, memiliki selisih 5 hari dibanding kalender modern 365, ¼ hari. Setiap 6 thn kalender ini akan memiliki 30 hari kesalahan, mereka menyelesaikan masalah ini dengan menggabungkan bilangan 1 bulan utk setiap 6 thn. Sehingga ada bulan tertentu yang hanya 29 atau 30 hari.

26 Mereka menyebut 1 minggu 7 hari. Setiap hari diberi nama sesuai dengan nama dewa Ahad = Hari milik dewa matahari Sabtu= Milik Dewa Saturnus Senin= Milik Dewa Bulan

27 Perjalanan Astronomi dari Timur Ke Barat samapai Ke Babilonia. 640 SM seorang ilmuan babilonia mendirikan perguruan di pulau cos, salah satu muridnya adalah thales dari miletus 1. Tahun 585 SM thales berhasil meramalkan terjadinya gerhana matahari. 2. Anaxagoras mendefinisikan matahari sebagai batu merah yang panas dan bulat terbuat dr tanah.

28 3. Phytagorean akhir abad ke-5 SM menyatakan bumi bulat. 4. Akhir abad ke-6 Erathosthenes berhasil menentukan diameter bumi memiliki selisih 5 meter saja dari ukuran modern, ia juga berhasil mengukur kemiringan ekliptik hanya selisih 5 detik lebih besar.

29 5. Heraclides, thn 360 SM mengemukakan matahari mengelilingi bumi (Geosentris) dan bumi menyelesaikan rotasi selama 24 jam. 6. Aristarchus abad ke 3 SM Mengajukan sistem heliosetris dan menyusun metode penentuan jarak bumi – bulan, serta bumi – matahari.

30 Beberapa Kesalahan Kosmo Kuno 1.Plotinus berasumsi dewa tertinggi yang mengatur alam semesta dan bintang adalah dewa yang berkedudukan lebih rendah 2.Dante berasumsi bulan adalah mahluk terendah segala sesuatu dibawah bulan adalah pangkal kejahatan dan perpecahan, sebaliknya yg berada diatasnya sebagai kebaikan dan bersifat abadi.

31 Pemikiran Kosmologi Modern Kosmologi Modern sangat Bertentangan dengan pemikiran sebelumnya. 1.Copernicus mengadakan revolusi terhadap dominasi gereja dengan menemukan obat peledak dan kompos abad ke Colombus menemukan benua amerika dengan membalikan theologi ke arah ilmu.

32 3. Newton menyatakan matahari dan planet2 sebagai suatu sistem. 4. Copernicus dan Galileo menyatakan matahari merupakan pusat alam semesta dalam tata surya kita. 5. Kant dan Laplace menemukan hipotesis nebula, matahari dibentuk dari pemanfaatan nebula primitif, krn berputar sangat cepat sehingga terbentuk planet2.

33 DEMIKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "FILSAFAT ALAM SEMESTA HARYONO.AS,S.PD.,M.PD NIP. 198403222008121002 KOSMOLOGI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google