Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EVOLUSI TEKNOLOGI SUARA PRODUKSI AUDIO VISUAL dan FILM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EVOLUSI TEKNOLOGI SUARA PRODUKSI AUDIO VISUAL dan FILM."— Transcript presentasi:

1 EVOLUSI TEKNOLOGI SUARA PRODUKSI AUDIO VISUAL dan FILM

2 Video dan Film  Teknologi penyiaran Televisi merupakan perkembangan dari teknologi penyiaran Radio  Namun secara teknis operasional, produksi program televisi banyak menggunakan kaedah-kaedah produksi Film, karena baik media film maupun televisi memiliki karakteristik yang relatif sama, yakni media Pandang Dengar atau Audio Visual  Prinsip dasar Teknologi tata suara dan sistem perekaman suara film pada hakekatnya sama dengan prinsip dasar tata suara pada produksi program televisi

3 PERIODESASI 1. Periode Sound on Disc ( vitaphone ) 1926 – Periode sound on Film, single system (movietone) 1927 – Periode sound on film Doble System 1929 – Periode magnetic film, doble system 1951 – Periode ¼ inch, doble system 1960 – kini 6. Periode digital doble system kini

4 Film Bisu  Pada awalnya pemutaran film diiringi musik hidup  Pada tahun 1940 Eugene Lauste warga prancis berhadil merekam suara pada bahan film fotografi  Tahun 1907 Lee de Forest penguat gelombang elektromagnetic suara  Proses singkronisasi suara dan gambar berlangsung cukup lama hingga ditemukannya “Vitaphone” pada tahun 1926

5 Periode Sound on Disc ( vitaphone ) 1926 – 1929  Percobaan awal “talking film” (fim bicara) pada umumnya menggunakan gramafon  Pada mulanya film diproyeksikan dengan speed 16 frame/second  Dengan berkembangnya teknologi vitaphone atau sistem “sound on disc” terjadi perubahan speed kamera dan projector menjadi 24 frame /second  Dengan memasang tachnometer (alat pengukur putaran) pada projector untuk menjaga kecepatan putaran  Sejaksaat itu semua film menggunakan speed 24 fps

6 GRAMAPHONE dan VITAPHONE

7

8 PROJECTOR FILM Dengan yang dilengkapi Dengan GRAMA PHONE Sebagai penunjang Audio

9 Periode sound on Film, single system (movietone) 1927 – 1929  Ditemukannya teknologi sound on film pada masa vitaphone  Berdasarkan pada prinsip dasar merubah gelombang suara ( energi suara) menjadi getaran listrik (energi listrik)  Getaran listrik dialirkan pada dua rangkaian sempit kawat logam yang berada dalam medan magnet.  Ditemukan Microphone

10  VARIABLE DENSITY sistem informasi suara yang telihat pada bahan fotografis  VARIABLE AREA Galvanometer yang menggerakkan cermin dan menghasilkan garis pada bahan forografis

11 VARIABLE AREA  Besar kecilnya energi listrik tergantung dari besar kecilnya suara yang masuk melalui mecrophone  Garis yang tebal ( gemuk) mengidikasikan amplitudo / volume yang tinggi  Rapat renggangnya mengidikasikan tinggi rendahnya frekwensi

12

13

14 Periode sound on film Doble System 1929 – 1951  Di kembangkan doble system dimana kamera hanya merekam gambar untuk suara digunakan sound recorder  Pada awalnya perlengkapan perekam suara masih sangat besar sehingga merepotkan  Pada saat editing doble sitem lebih memberikan keleluasaan untuk memotong gambar tanpa takut mempengaruhi suara  Diperkenalkan dubing

15

16 Periode magnetic film, doble system 1951 – 1960  Sistem perekaman ini mulai dikenalkan tahun 1945 tapi untuk non syncronaus. Misalnya untuk musik dan siaran radio  Kualitas jauh lebih baik, bisa di langsung play back. Pada awalnya ukuran besar setelah kemudian disederhanakan  Sampai saat ini media magnetic film ini masih digunakan, terutama untuk kebutuhan singkronisasi gambar dan suara atau untuk proses mastering pada rekaman musik

17

18

19 Periode ¼ inch, doble system 1960 – kini  Magnetic tape secara luas dipergunakan di dunia radio dan industri rekaman  Kemudian dikembangkan pula untuk produksi program audio visual televisi  Produk yang terkenal adalah nagra

20

21

22

23 Periode digital doble system kini  Denngan semakin berkembangnya teknologi computer maka terjadi perkembangan pesat pada sistem perekaman audio  Dikenalkannya DAT ( Digital Audio Tape)  Ada dua kemungkinan editing 1. Tranfer ke magnetic 2. Memanfaatkan time code

24

25

26 PERKEBANGNA AUDIO KINI

27 EDITING AUDIO KINI


Download ppt "EVOLUSI TEKNOLOGI SUARA PRODUKSI AUDIO VISUAL dan FILM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google