Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI). HAKI TUJUAN UMUM : Agar mahasiswa mengetahui apa sajakah yang termasuk kekayaan intelektual tersebut dan apa hak-hak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI). HAKI TUJUAN UMUM : Agar mahasiswa mengetahui apa sajakah yang termasuk kekayaan intelektual tersebut dan apa hak-hak."— Transcript presentasi:

1 HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)

2 HAKI TUJUAN UMUM : Agar mahasiswa mengetahui apa sajakah yang termasuk kekayaan intelektual tersebut dan apa hak-hak nya atas kekayaan intelektual itu. TUJUAN KHUSUS : Agar mahasiswa mengenal tentang hak cipta, paten, merek, Desain industri, rahasia Dagang dan desain tata Letak sirkuit terpadu. Mulai dan berakhirnya. Serta sebab dan akibatnya.

3 HAKI Adalah hak monopoli yang diberikan secara eksklusif kepada seseorang atas kekayaan intelektualnya (meliputi kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia) dan dapat dialihkan haknya.

4 PEMBAGIAN HAKI 1.Hak Cipta 2.Hak Kekayaan Intelektual, meliputi : - Paten - Merek - Desain Industri - Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu - Rahasia Dagang - Varietas Tanaman

5 HAK CIPTA (UU NO. 19/2002) Adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk memperbanyak atau mengumumkan ciptaannya atau memberi ijin untuk itu dengan tidak mengurangi Pembatasan-pembatasan menurut peraturan per UU an yang berlaku

6 PENDAFTARAN HAK CIPTA : Pendaftaran hak cipta bukanlah suatu persyaratan untuk memperoleh perlindungan hak cipta (Psl. 5 dan 38 UUHC). PRINSIP DASAR HAK CIPTA : 1.Asli (orisinil) 2.Berbentuk/berwujud artinya suatu ide, gagasan atau cita-cita belum merupakan suatu ciptaan.

7 CIPTAAN YANG DILINDUNGI (Ps. 12) : Ayat (1) : a.Buku, program komputer, pamflet, lay out karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lainnya. b.Ceramah, kuliah, pidato dan ciptaan lainnya yang sejenis dengan itu c.Alat peraga untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan d.Lagu atau musik dengan atau tanpa teks

8 e.Drama atau drama musikal, tari koreografi atau pewayangan, dan pantomin f.Seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase dan seni terapan g.Arsitektur h.Peta i.Seni batik j.Fotografi Sambungan :

9 k.Sinematografi l.Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database dan karya lain dari hasil pengalihwujudan. Ayat (2) : Ciptaan sebagaimana dimaksud dalam huruf l dilindungi sebagai ciptaan tersendiri dengan tidak mengurangi hak cipta atas ciptaan asli. Sambungan :

10 Ayat (3) : Dalam perlindungan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) termasuk juga semua ciptaan yang tidak atau belum diumumkan, tetapi sudah merupakan suatu bentuk kesatuan yang nyata, yang memungkinkan perbanyakan hasil karya itu. Sambungan :

11 1.Untuk ciptaan yang berupa buku, pamflet dan karya tulis lainnya, seni tari, seni lukis, seni pahat, seni patung, seni batik, ciptaan lagu atau musik dan karya arsitektur diberikan selama hidup sipencipta ditambah 50 tahun setelah pencipta meninggal. Bila ciptaan itu dimiliki oleh 2 orang atau lebih, maka masa berlakunya adalah selama hidup sipencipta yang terlama hidupnya ditambah 50 tahun setelah pencipta yang terlama hidupnya meninggal dunia. MASA BERLAKU HAK CIPTA

12 2.Untuk ciptaan yang berupa karya pertunjukan seperti musik, karawitan, drama, tari, pewayangan, pantomin, dan karya siaran untuk media radio, televisi, film dan vidio, ceramah, kuliah, pidato, peta, karya sinematografi, karya rekaman suara atau bunyi, dan terjemahan atau tafsir, mempunyai masa berlaku selama 50 tahun sejak pertama kali diumumkan Sambungan :

13 3.Untuk ciptaan berupa karya fotografi, program komputer atau komputer program, saduran dan penyusunan bunga rampai, mempunyai masa berlaku selama 25 tahun sejak pertama kali diterbitkan YANG TIDAK DAPAT DIBERIKAN HAK CIPTA : 1.Hasil rapat terbuka lembaga-lembaga negara 2.Peraturan per UU an 3.Pidato kenegaraan 4.Putusan pengadilan atau penetapan hakim 5.Keputusan arbitrase atau keputusan badan- badan sejenis lainnya Sambungan :

14 PATEN (UU NO. 14/2001) Adalah hak bagi seseorang yang telah mendapat penemuan baru atau cara kerja baru dan perbaikannya, yang kesemua itu tercakup dalam bidang teknologi yang diberikan oleh pemerintah, dan kepada pemegang haknya diperkenankan untuk menggunakannya sendiri atau atas ijinnya mengalihkan penggunaan hak itu kepada orang lain.

15 Penemuan dibidang teknologi yang berupa : 1.Proses 2.Hasil produksi 3.Penyempurnaan dan pengembangan proses 4.Penyempurnaan dan pengembangan hasil produksi JANGKA WAKTU PATEN : Paten diberikan untuk jangka waktu 20 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan permintaan

16 YANG TIDAK DAPAT DIPATENKAN (Ps. 7) 1.proses atau produk yang pengumuman dan penggunaan atau pelaksanaannya bertentangan dengan UU, moralitas agama, ketertiban umum dan kesusilaan; 2.metode pemeriksaan, perawatan, pengobatan dan/atau pembedahan yang diterapkan terhadap manusia dan hewan; 3.teori dan metode dibidang ilmu pengetahuan dan matematika; atau 4.i. Semua makhluk hidup, kecuali jasad renik; ii. Proses biologis yang esensial untuk memproduksi tanaman atau hewan, kecuali proses non-biologis atau proses mikrobiologis.

17 MEREK (UU NO. 15/2001) Adalah tanda yang berupa Gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari Unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa (Ps. 1)

18 JANGKA WAKTU MEREK : Merek berlaku untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan jangka waktu perlindungan itu dapat diperpanjang setiap kali untuk jangka waktu yang sama (Ps. 28) 2 SISTEM PENDAFTARAN MEREK : 1.Deklaratif 2.Konstitutif

19 YANG TIDAK DAPAT DIDAFTARKAN SEBAGAI MEREK : 1.tanda yang bertentangan dengan kesusilaan dan ketertiban umum; 2.tanda yang tidak memiliki daya pembeda; 3.tanda yang telah menjadi milik umum; 4.tanda yang merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimintakan pendaftaran.

20 PENGHAPUSAN DAN PEMBATALAN PENDAFTARAN MEREK (Ps. 72) : 1.atas prakarsa Direktorat Jenderal HAKI 2.atas prakarsa sendiri yaitu berdasarkan permintaan pemilik merek yang bersangkutan

21 SYARAT PENGHAPUSAN MEREK : •Tidak dipakai (non use) berturut-turut selama 3 tahun atau lebih dalam perdagangan barang atau jasa terhitung sejak tanggal pendaftaran atau pemakaian terakhir. Atau apabila ada alasan lain yang kuat. •Dipakai untuk barang atau jasa yang tidak sesuai dengan merek yang dimohon/didaftar

22 DESAIN INDUSTRI (UU NO. 31/2000) Adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan Estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang komoditas industri, atau kerajinan tangan

23 JANGKA WAKTUPENDAFTARAN DESAIN INDUSTRI : Pendaftaran desain industri berlaku untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan pendaftaran yang dimuat dalam Daftar Umum Desain Industri yang diumumkan dalam Berita Resmi Desain Industri Departemen Kehakiman RI

24 DESAIN TATA LETAK SIRKUIT TERPADU (UU NO. 32/2000) Desain tata letak sirkuit terpadu (integrated circuit) adalah merupakan bagian dari temuan yang didasarkan pada kreativitas intelektual manusia yang menghasilkan fungsi elektronik. ICkomponen elektronik yang terdiri dari kombinasi transistor, dioda, resistor dan kapasitor

25 JANGKA WAKTU PERLINDUNGAN DTST : Perlindungan selama 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan atau sejak tanggal Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu tersebut pertama kali dieksploitasi secara komersil dan dapat Diperpanjang.

26 RAHASIA DAGANG (UU NO. 30/2000) Secara normatif rahasia dagang dirumuskan sebagai informasi yang tidak diketahui oleh umum dibidang teknologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomis karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiannya oleh pemilik rahasia dagang

27 LISENSI : Adalah ijin yang diberikan oleh pemegang hak rahasia dagang kepada pihak lain melalui suatu perjanjian (dicatatkan pada Direktorat Jenderal) berdasarkan pada pemberian hak (bukan pengalihanj hak) untuk menikmati perlindungan dalam jangka waktu dan syarat tertentu.

28 KUISIONER 1.Apa yang dapat dilakukan pemerintah dalam rangka menanggulangi pembajakan Hak Cipta? 2.Apa sajakah kerugian – kerugian yang mungkin dapat timbul dari pembajakan Hak Cipta tersebut?


Download ppt "HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI). HAKI TUJUAN UMUM : Agar mahasiswa mengetahui apa sajakah yang termasuk kekayaan intelektual tersebut dan apa hak-hak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google