Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN Sri Rahayu Sri Rahayu KEMENTRIAN PERTANIAN BADAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) MAGELANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN Sri Rahayu Sri Rahayu KEMENTRIAN PERTANIAN BADAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) MAGELANG."— Transcript presentasi:

1 MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN Sri Rahayu Sri Rahayu KEMENTRIAN PERTANIAN BADAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) MAGELANG

2 I.PENGERTIAN MEDIA  Secara umum media merupakan suatu perantara.  Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,perhatian dan minat serta perhatian sasaran sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.  Media penyuluhan adalah suatu benda yang dikemas sedemikian rupa untuk memudahkan penyampaian materi.

3 Pengertian Media Penyuluhan Pertanian Media penyuluhan adalah benda yang dikemas untuk memudahkan penyampaian materi kepada sasaran dapat menyerap pesan dengan mudah dan jelas. PENGIRIMPENERIMA Tengah /Perantara/ Pengantar Bahasa latin “Medius” ”Penyuluhan” dari ”suluh” digunakan untuk memberi penerang

4 Syarat-syarat media yang baik: a. Sederhana,mudah dimengerti dan dikenal. b. Mengemukakan ide baru c. Menarik perhatian d. Mengesankan ketelitian e. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sasaran f. Mengajak sasaran,untuk memperhati- kan,mengingat,mencoba dan menerima ide-ide yang dikemukakan.

5 PERANAN MEDIA PENYULUHAN Saluran komunikasi (channel) dalam penyuluhan pertanian  Menyalurkan pesan/informasi Menyalurkan ”feed back”/umpan balik  Penyuluhan pertanian teratur dan sistimatik Media Belajar dalam penyuluhan pertanian  Memberi pengalaman belajar integral dari kongkrit ke abstrak  Memungkinkan proses belajar berlangsung berkelanjutan  Memungkinkan proses belajar mandiri Peragaan dalam penyuluhan pertanian  Mempertinggi Efektivitas belajar  Meningkatkan Interaksi Petani dengan Lingkungannya  Memungkinkan Untuk Meningkatkan Keterampilan

6 Tugas mahasiswa :  Mahasiswa dibagi menjadi 5 – 6 kelom – pok,dalam satu kelompok terdiri atas 4 – 5 orang. Buat uraian mengapa media penting untuk proses pembelajaran? Berikan alasan- alasan saudara!

7 Fungsi Media dan Kegunaannya : Fungsi yang sangat luas menurut beberapa ahli antara lain : 1. Fungsi edukatif,fungsi utamanya adalah mendidik,karena memberikan pengaruh pendidikan. 2. Fungsi sosial, karena pemberian informasi yang autentik dalam kehidupan akan dapat memberikan konsep yang sama kepada semua orang.

8 lanjutan: 3. Fungsi ekonomis, pada masyarakat yang maju,penggunaan media dikerjakan secara intensif,terutama dalam bidang perdagangan dan industri tidak segan-segan mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk memajukan perusahaannya. 4.Fungsi politik, yang dimaksud politik pembangunan. 5.Fungsi seni budaya,perkembangan dalam bidang budaya dengan mudah tersebar diseluruh penjuru dunia

9 Kegunaan Media menurut “GANARDI” : 1. Melenyapkan salah pengertian 2. Hal yang diterangkan akan lebih cepat dan lebih jelas ditangkap 3. Menarik perhatian 4. Yang dilihat akan lebih lama dari apa yang didengar 5. Lebih memusatkan perhatian 6. Menghilangkan perbedaan bahasa untuk mengartikan sesuatu 7. Membuat buah pikiran yang dipindahkan lebih jelas 8. Memberikan dorongan sasaran untuk menerapkan

10 Pentingnya arti media menurut sebuahperibahasa Tiongkoko kuno: berbunyi sebuah gambar lebih berguna dari pada seribu kata.

11 Taksonomi Media Penyuluhan Pengertian media sering dikacaukan dengan peralatan, padahal media ada yang langsung dipergunakan tanpa menggunakan alat bantu lain(swa saji) dan ada media yang hanya bisa dipergunakan bila menggunakan alat bantu.Dari sini kemudian timbul usaha- usaha penataannya,yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan ciri atau karakteristiknya(Taksonomi )

12 II.Taksonomi Media Penyuluhan menurut G C Weaver dan E W Bollinger: a. Benda-benda sesungguhnya - Benda hidup dan benda mati b.Benda tiruan -Model/diorama,maquette,miniatur,mock- up,scala model. - Patung c.Gambar(diam maupun bergerak) yang dibuat tidak dengan alat optik d.Gambar(diam maupun bergerak) yang dibuat dengan alat optik

13 Kerucut pengalaman dari Edgar - Dale Kerucut pengalaman ini menggambarkan tentang tingkat- tingkat pengalaman dan alat-alat yang diperlukan untuk memperoleh pengalaman dan alat-alat yang diperlukan untuk memperoleh pengalaman itu. Pengalaman berlangsung dari tingkat yang konkrit naik menuju ketingkat yang abstrak.

14 Pengalaman langsung dan bertujuan Pengalaman tiruan Dramatisasi Karya wisata Pameran Televisi Film Radio Gam bar sim bol Demonstrasi

15 Tugas mahasiswa : 1.Masing-masing mahasiswa mengamati media yang telah disiapkan 2.Hasil pengamatan di diskusikan dalam satu kelompok sesuai kelompok yang sudah dibuat atau yang sudah ada 3.Buatlah kesimpulan kelompok tentang diskusi tersebut dengan format seperti Form 3 dan tunjuk salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan didepan kelas 4.Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas.

16 MENENTUKAN JENIS MEDIA  Siapa yang akan dilatih ?(WHO)  Apa yang diharapkan dan mampu dilakukan peserta didik ? (WHAT)  Dimana pelatihan akan diadakan dan berapa lama ? (WHERE)  Metode belajar apa yang digunakan ? (METHODE)  Media penyuluhan apa yang akan digunakan ? (MEDIA)  Bagaimana mengetahui efektifitas pelatihan/penyuluhan ? (WHY)

17 RAGAM MEDIA PENYULUHAN  Media penyuluhan tercetak.  Media penyuluhan audio.  Media penyuluhan Visual, Audio –Visual atau Terproyeksi  Objek fisik atau benda nyata.

18 Benda sesungguhnya Sample/Monster Spesimen Model, Maket Simulasi Gambar, Skets, Foto Poster, Leaflet, Folder Peta singkap, Kartu kilat Diagram Grafik, bagan, peta Brosur, majalah, buku MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN BENDA SESUNGGUHNYA DAN TIRUAN Kaset,CD, DVD, MP 3, MP 4 Audio Slide film Movie film Film strip Video (VCD,DVD) film Televisi Komputer (Interaktif,Presentasi) AUDIO AUDIO VISUAL TERCETAK

19 Tugas kelompok/Praktek : 1.Mahasiswa dibagi menjadi 5 – 7 kelompok 2. Masing-masing kelompok mengamati media yang telah disiapkan 3.Kelompok mendiskusikan hasil pengamatan dari masin-masing anggota 4.Buatlah kesimpulan hasil diskusi dan salah satu mempresentasikan hasil diskusi tersebut sesuai blanko yang tersedia.

20 PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN Memilih media ditinjau dari kesiapan pengadaan nya,media dikelompokan dalam dua jenis yaitu media jadi dan media rancangan. Media jadi media dalam keadaan siap pakai,karena sudah merupakan komoditas perdagangan dan target dipasarkan luas untuk siap pakai. Media rancangan adalah media yang memang perlu dirancang dan dipersiapkan secara khusus untuk maksud tertentu.

21 lanjutan : Keleihan media jadi, hemat waktu,tenaga dan beaya untuk pengadaannya. Kekurangannya, kecilnya kemungkinan memilih media jadi yang sepenuhnya sesuai dengan tujuan atau kebutuhan penyuluhan setempat. Sedang sebaliknya untuk mempersiapkan media yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan tertentu akan merasa banyak waktu,tenaga maupun beaya sesuai tujuan.

22 Dasar Pertimbangan Memilih Media  Dasar pertimbangan untuk memilih sesuatu media sangatlah sederhana yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujun yang diinginkan atau tidak.” Bila media itu sesuai,pakailah.”  Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media, antara lain : Tujuan perubahan yang akan dicapai oleh sasaran, karakteristik sasaran/peserta didik, strategi komunikasi, isi pesan, biaya dan karakteristik wilayah.

23 Kriteria Pemilihan Media Penyuluhan  Menurut Dick danCarey(1975),masih ada 4 faktor yang perlu dipertimbangkan 1. Ketersediaan sumber setempat membeli atau membuat sendiri 2. Untuk membeli atau membuat sendiri, apakah tersedia fasilitas. 3. Faktor keluwesan,kepraktisan dan ketahanan media 4.Efektifitas beaya dalam waktu yang panjang.

24 Penggunaan Jenis Media Berdasarkan Kelompok Sasaran No.Jenis Media Sasaran MassalKelompokIndividu 1.Poster√-- 2.Film Layar Lebar√-- 3.Film Vedeo-√- 4.Folder/Leaflet-√√ 5.Brosur, Komik-√√ 6.Peta Singkap/Flipchart-√- 7.Kartu Kilat/Flaschard-√- 8.Papan Flanel-√- 9.Siaran edesaan (TV, Radio)√-- 10.Kaset Rekaman-√√ 11.Slide-√- 12.Photo-√√ 13.Transparansi-√- 14.Model-√- 15.Papan Tulis-√- 16.Telephone--√

25 PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN  Tujuan kegiatan yang hendak dicapai  Tahap adopsi sasaran  Jangkauan media  Karakteristik  Pertimbangan dana  Pemilihan media penyuluhan secara terpadu

26 PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA  Tetapkan pesan teknologi sesuai kebutuhan  Rumuskan tujuan hendak dicapai (PKS)  Pemilihan media yang tersedia (S D Alat, SDA, SDM)  Perhitungan biaya  Tetapkan media sesuai dengan metode penyuluhan  Evaluasi pemilihan dan penggunaan metode

27 PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA a.Model Flow Chart,yaitu menggunakan sistem pengguguran(eliminasi) dalam pengambilan keputusan sampai seluruh kriteria pemilihannya diidentifikasi. b.Model Check list, disini juga menangguhkan keputusan pemilihan media sampai semua kriteria dipertimbangkan, model ini lebih sesuai untuk membakukan prosedur pemilihan media jadi. c.Model Matrik.Dikembangkan oleh Schramm (1977) yang ingin melihat media dengan tingkat kesulitan pengedaliannya oleh pemakai.

28 MEDIA GRAFIK A. Pengertian Media Grafik Secara sederhana grafik dapat diartikan sebagai media yang memvisualisasikan data-data dalam bentuk angka. 1.Grafik adalah gambaran tentang suatu situasi atau suatu proses perkembangan dengan menggunakan deretan angka,garis- garis dan kata-kata yang berisikan suatu pengertian.

29 lanjutan Grafik juga merupakan media penyajian data dalam bentuk angka,sehingga grafik termasuk media visual. 3.Media grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik-titik,garis atau ganbar dan untuk melengkapinya sering kali digunakan simbol-simbol. Grafik menggambarkan hubungan satu dua atau lebih data atau grafik dengan data yang sama menggambar kan hubungan penting dari satu data.

30 Tujuan media grafik Menunjukan perbandingan,informasi kualitatif dengan cepat serta sederhana. Data dalam bentuk uraian deskriptif yang ruwet dan kompleks dapat disederhana –kan dengan menggunakan grafik.

31 Fungsi Media Grafik : 1. Menggambarkan data kuantitatif secara teliti 2. Menerangkan perkembangan atau perbandingan suatu obyek atau peristiwa saling berhubungan secara singkat dan jelas.

32 Manfaat Media Grafik 1. Grafik bermanfaat untuk mempelajari dan mengingat data kuantitatif dan hubungannya. 2. Grafik dengan cepat,memudahkan dan memungkinkan kita mengadakan analisa,interpretasi dan perbandingan antara data yang disajikan baik dalam hal ukuran,jumlah,pertumbuhan dan arah.

33 lanjutan Penyajian data grafis,jelas,cepat,mena – rik,ringkas dan logis.Maka semakin sukar data yang akan disajikan semakin baik grafik menampilkannya dalam bentuk statistik yang cepat dan sederhana.

34 Prinsip membuat media grafik 1. Memahami prinsip dasar pembuatan grafik,yakni sederhana,berisi hubungan data,dapat dibaca dan dipahami menyoroti satu idea atau gagasan. 2. Prinsip-prinsip yang digunakan pada semua grafik adalah adanya perbandingan atau hubungan. 3. Dalam pembuatan grafik yang baik adalah informasi dari jumlah yang persis harus ditunjukkan

35 Ada dua prinsip yang digunakan pada grafik gambar 1. Lambang-lambang gambar hendaknya sudah menjelaskan sendiri 2. Kuantitas biasanya diperlihatkan dengan sejumlah lambang beserta ukurannya.

36 Yang perlu diketahui pada Penggunaan Media Grafik : 1. Grafik dapat digunakan untuk ber –macam- macam bidang studi 2. Bermacam-macam buku pelajaran dapat memilih macam grafik yang sesuai dengan bahan yang diajarkan 3. Untuk mengerti grafik dalam taraf permulaan perlu mengetahui cara membacanya 4. Grafik juga baik digunakan di kelas-kelas

37 Grafik dikatakan baik,bila memenuhi ketentuan sbb : 1. Jelas untuk dilihat dalam seluruh kelas 2. Hanya menyajikan satu ide setiap grafik 3. Ada jarak antara kolom-kolom/ruang kosong 4. Warna yang digunakan kontras dan harmonis 5. Berjudul dan ringkas 6. Sederhana ; Mudah dibaca ; Menarik 7. Praktis mudah diatur 8. Menggambarkan kenyataan

38 Jenis- jenis grafik : 1. Grafik garis(line chart)untuk melukiskan kecenderungan-kecenderungan atau menghubungkan dua ringkasan data. 2. Grafik batang (bar chart),merupakan grafik yang paling sederhana,mudah dipahami serta menggambarkan data dalam bentuk batang maupun secara horizontal dari samping. 3. Grafik Iris(pie chart) Visualisasi data dibuat dalam bentuk lingkaran

39 lanjutan Grafik gambar (pictogram) gambar dibuat sesuai aslinya. 5.Grafik peta (cartogram) Peta yang menggambarkan kepadatan penduduk disuatu wilayah atau menggambarkan hasil-hasil pertanian.

40 Tugas mahasiswa : 1.Membuat grafik setiap kelompok satu macam grafik 2.Mempresentasikan hasil grafik yang dibuat.

41 Brosur, Folder dan Leaflet Brosur,Leaflet dan Folder dalam penyuluhan pertanian adalah visual aid berupa bahan publikasi untuk menyebar luaskan informasi masyarakat tani khususnya. Visual Aid adalah alat bantu mengajar yang dapat dilihat untuk memperlancar komunikasi. Untuk itu visual aid yang efektif hendaknya memenuhi syarat sebagai berikut :

42 a.Ditulis secara popiler :  Gunakan kalimat,kata-kata dan istilah yang mudah dimengerti  Gunakan kalimat yang ringkas tetapi jelas  Tulis tentang hal-hal yang menarik hati  Cara menghidangkan tulisan dengan golongan sasaran yang dituju pak tani,ibu tani atau pemuda tani  Hindari penggunaan istilah-istilah ilmiah dan tehnik yang sulit b.Tulisan dibubuh gambar dan atau foto untuk mengurangi resiko salah tafsir atau salah faham c.Tulisan berupa fakta-fakta dan bahan-bahan yang up to date

43 d.Mempunyai daya tarik,misalnya dengan penggunaan warna :  Brosur : sampulnya dibubuhi gambar atau warna  Leaflet : menggunakan kertas yang terdiri atas beberapa macam warna  Folder : Kulit muka dibubuhi warna yang menyolok tetapi menarik perhatian Dilihat dari bentuk,corak,sifat isi dan materi mempunyai ciri pembeda antara lain :  Brosur isinya terdiri atas : katapengantar,pendahulian,bab,anak bab,kesimpulan,saran,penutup.

44 Materinya mengenai soal “bagaimana caranya” Penerbitannya dapat berupa penerbitan tunggal,misalnya “Seri Bercocok tanam “ Dibubuhi nama pengarang dan penerbit.Dan umumnya memerlukan persiapan yang lebih lama.  Leaflet isinya langsung mengemukakan pokok persoalan yang segera minta perhatiansasaran. Misal : anjuran,peringatan. Penerbitannya insidentil bila diperlukan.  Folder isinya langsung mengenai pokok persoalannya, disajikan dalam bentuk terbatas tapi secara sistematik. Dapat juga digunakan kerangka “apa-mengapa- bagaimana-bilamana-dimana”. Penerbitannya secara routine.Jumlah lembar maupun macamnya yang diterbitkan lebih besar dari brosur untuk setiap tahunnya.Hanya dibubuhi penerbit.

45 Keuntungan penggunaan media cetak tersebut : a. Relatif murah b. Dapat dibuat secara cepat c. Pesan relatif lebih cepat sampai ke sasaran d. Ukurannya relatif kecil sehingga penulis harus benar-benar mampu membuang hal- hal yang tidak relevan dengan isi pesan.

46 Tugas mahasiswa :

47 Produksi SIARAN RADIO/MEDIA AUDIO

48 Siaran Radio adalah Media Audio mengandalkan bunyi dan suara untuk menyampaikan informasi dan pesan Program audio akan efektif bila dengan menggunakan bunyi dan suara dapat merangsang pendengar untuk menggunakan daya imajinasinya sehingga dapat menvisualkan pesan yang disampaikan.

49 SIARAN RADIO Siaran radio penyuluhan bertujuan untuk: 1. Menyebarluaskan inovasi/teknologi kepada 2. masyarakat secara luas melalui media audio (suara) 3. Menarik perhatian masyarakat adanya teknologi atau inovasi 4. Mendorong petani dan masyarakat luas untuk meningkatkan penget., sikap dan keterampilan. 5. Memberikan hiburan kepada masyarakat khususnya petani dan keluarganya

50 Prosedur 1. Tahap Pra – Produksi Informasi a. pemilihan topik yang tepat b. penentuan bentuk siaran yang sesuai - uraian - reportase - dialog/interaktif - wawancara - diskusi - laporan - dinamika pembangunan - sinetron/sandiwara

51 c. studi pustaka/survei lapangan (bila diperlukan) d. pembagian tugas dan tanggung jawab tim (organisasi produksi) - produser- sutradara - asisten sutradara - penulis skenario - narator, pemain e. pengumpulan data f. persiapan perangkat-perangkat untuk produksi/penayangan (live)

52 2.Tahap Produksi a. pengolahan data b. pengambilan suara (untuk rekaman) c. penyusunan naskah jadi 3. Tahap Pasca Produksi a. Editing b. Packing c. Penyerahan ke bagian penyiaran(Radio, Studio)

53 4. Tindak lanjut  bimbingan penyuluh pendengar/pemirsa  mendorongan mendengar/melihat siaran Radio  mendorong melakukan diskusi  memberikan bahan penunjang  melakukan acara kunjungan  mengikutsertaan kelompok mengisi siaran  mengadakan lomba / kontes, sayembara, dsb.  membimbing menetapkan inovasi/teknologi yang disiarkan lewat Radio  mendorong memberikan umpan balik terhadap siaran Radio, misalnya mengirim surat, telephon, sms, e_mail, face book, dsb.

54 No. Teks / Suara Pelaku / Jenis Suara/Tempat Keterangan Naskah Siaran Radio Jenis/Model : ……………………. Judul : ……………………. Durasi : ……………………. Oleh : ……………………..


Download ppt "MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN Sri Rahayu Sri Rahayu KEMENTRIAN PERTANIAN BADAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) MAGELANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google