Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA Secara garis besar, printer terdiri atas 3 jenis 1. Printer Dot Matrix 2. Printer Inkjet 3. Printer Laserjet.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA Secara garis besar, printer terdiri atas 3 jenis 1. Printer Dot Matrix 2. Printer Inkjet 3. Printer Laserjet."— Transcript presentasi:

1

2 MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA

3 Secara garis besar, printer terdiri atas 3 jenis 1. Printer Dot Matrix 2. Printer Inkjet 3. Printer Laserjet

4 Printer Dot Matrix adalah Printer/Pencetak yang bekerja dengan menjalankan jarum di atas pita tinta dan kertas. Karakter atau gambar dibentuk dari sekumpulan titik-titik. Printer Dot Matrix, bekerja dengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter di kertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.

5

6 Didalam kepala printer (printhead) berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil cetakan semakin bagus yang diberinama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu : 9-pin, 24-pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second (cps).

7  Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.head-printer  Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.uniquematrixcolornon-color Printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel‘ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.tonerinkjetlaserjet Cara kerjanya yaitu

8  Bersihkan bagian yang selalu bergerak seperti, head, penggulung kertas dan seputar rol kertas  Perhatikan pergerakan pita apakah jalannya lancar..? Ini digunakan untuk mencegah pita robek  Buka 2 baut di head pakai obeng kembang, perhatikan apakah posisi jarum rata..? Jarum head printer yang tidak rata akan mengakibatkan hasil cetak tidak bagus  Perhatikan ketebalan kertas dengan menyesuaikan dengan kerenggangan head printer, caranya dengan mengatur posisi maju atau mundur penggerak head. Letaknya biasanya ada di posisi kanan printer  Bantalan penggulung kertas kalau licin akan menyebabkan kertas sulit untuk digulung oleh penggulung kertas, sahakan bantalan penggulung kertas tetap kasar.

9 Jenis printer ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.

10

11 cara kerjanya yaitu : Menyemprotkan cairan tinta ke kertas. Printhead printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute (ppm)

12 1.Selalu gunakan printer secara periodik (sesering mungkin minimal 2 kali seminggu), jangan biarkan printer anda menganggur terlalu lama, karena tinta yang terdapat pada nozzle head bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta. 2.Gunakan fasilitas Clean Head (Software yang disertakan bersama Printer) untuk melakukan pembersihan Nozle Head secara teratur (periodik). 3.Bersihkan beberapa bagian printer secara berkala dari debu dan kotoran, jangan biarkan ada benda-benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer. 4.Jangan mencabut kabel printer saat mematikan printer, tetapi gunakan tombol on/off sehingga saat dimatikan, head printer akan kembali ke kedudukannya sehingga tinta tidak mudah mengering. 5.Saat mencetak pastikan kertasnya tidak berlipat-lipat melainkan gunakan kertas yang masih halus, sebab jika tersangkut dapat merusak roller pada printer.

13 6. Jangan menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari anda, karena listrik statis pada tubuh terkadang dapat merusak komponen, apabila terpaksa membersikan gunakan kertas tissue dengan kualitas baik, karena kertas tissue dengan kualitas jelek justru akan meninggalkan partikel kertas dan berpotensi menyumbat nozle head. 7. Jika menggunakan tinta refill pastikan menggunakan refill kualitas baik, jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada cartrdige dan dapat merembet pada motherboard printer. 8. Jangan membiarkan printer anda kosong tanpa cartridge dalam jangka waktu yang lama, sebab dapat menyebabkan print head menjadi kering. 9. Perhatikan wastepad (buangan tinta) printer anda, ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meleber di dalam printer. 10. Jangan pernah membuka cassing printer, karena komponen printer hanya bisa di service oleh orang yang benar-benar ahli.

14 Printer Laser, ialah jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.

15

16 Printer laser mempunyai 6 (enam) langkah proses kerja 1.Cleaning, yaitu : Ketika tulisan telah dicetak keatas kertas dan drum terangkat keatas untuk membersihkan toner yang tersisa dari drum 2.Conditioning, yaitu : Membersihkan tulisan yang tersembunyi dari drum untuk menerima tulisan berikutnya 3.Writing, yaitu : menulis tulisan dari drum ke kertas menggunakan sinar laser 4.Developing, yaitu : meletakkan tulisan tersembunyi ke dalam drum 5.Transferring, yaitu : menempelkan toner kedalam tulisan tersembunyi dalam drum untuk dikirim ke kertas. 6.Fusing, yaitu : untuk memanasi toner yang diletakkan pada kertas agar melekat dengan kuat.

17 1. Jangan sampai terjatuh serpihan "kawat strapless" pada baki kertas, atau lubang-lubang printer, ini disebabkan teknologi pemanasan printer tersebut menggunakan plastic film (fuser film sleeves), sehingga mudah sekali koyak oleh benda-benda tajam, dan mengakibatkan kertas lecek dan hasil cetak ada bercak. 2.Jangan mencoba memaksa mencabut kertas yang "JAM" dengan paksa, usahakan menarik searah saat printer mencetak, apabila tidak bisa lebih baik bawa ke service center terdekat, daripada dipaksa dan harus ganti part (biasanya film, dan gear) yang gampang rontok saat kertas ditarik dengan paksa. 3.Voltage / Listrik Banyak printer yang hang/rusak hanya akibat tidak ada perlindungan listrik yang stabil, usahakan menggunakan stabilizer dengan system servo motor, dan grounding tidak melebihi 5 volt. (Parts DC Controller pada printer, peka dengan spike listrik)

18 4.Jangan menyalakan printer terlalu lama (semalaman) tanpa dipakai, apalagi listrik lepas tanpa stabilizer. 5.Rusak atau tidak rusak, usahakan setiap 6 bulan sekali printer tersebut di service, dan dibersihkan bagian dalamnya dari butiran bubuk toner. 6.Jangan memaksakan toner yang sudah bocor untuk printing, akan menyebabkan tumpukan butiran toner pada pemanas, yang berakibat menempelnya toner tersebut di heater dan pressure roller printer. Hasil print cacat permanen. 7.Jika Anda ingin mencetak diatas media lain yang mengandung bahan plastik, seperti: sticker, transparancy paper, pastikan bahwa media tersebut tahan panas. Jika tidak tahan panas, media bisa meleleh idalam printer dan menyebabkan kerusakan. Gunakan media yadng asli dari Vendor yang bersangkutan, misalkan: HP Transparancy Paper, dll.

19


Download ppt "MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA Secara garis besar, printer terdiri atas 3 jenis 1. Printer Dot Matrix 2. Printer Inkjet 3. Printer Laserjet."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google