Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan."— Transcript presentasi:

1 Usulan Liputan Materi

2 Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan citra pada layar atau perangkat cetak  Pengolahan citra  dll

3 Pendorong Komputer Grafis  Industri perfilman (Movie Industries)  Industri Permainan Komputer (Game Industries)

4 Pendorong Komputer Grafis  Pencitraan Medis (Medical Imaging) dan Visualisasi Saintifik (Scientific Visualization)

5 Pendorong Komputer Grafis  Perancangan Berbantuan Komputer (Computer Aided Design, CAD)  Antarmuka Pengguna Grafis (Graphics User Interface, GUI)

6

7 Komputer Grafis dan Seni  Komputer grafis bidang seni berkembang terkait bidang industri  Perfilman  Permainan (games)  Komunikasi Visual: iklan dan publishing dll.  Desain produk  Desain interior  Dll.

8 Contoh Kesempatan Karir  Broadcast motion design artists create the graphics used in multimedia or television broadcasting to display sports statistics, animated logos, and advertising.  CG programmers create the coding instructions that bring the characters to life.  Character animators analyze the way people and creatures move and use specialized software to create a simulation of that movement on the screen.  Digital painters use traditional and digital painting techniques to create textures, flats, character patterns, and colors as well as retouching and enhancing computer renderings.

9 Contoh Kesempatan Karir  Lighting specialists create the effects of light and shade that make animation look real.  Render wranglers manage the computer process that takes the work created by animators and artists and creates the final images suitable for scan out to film.  Special effects animators produce special effects, such as tornadoes, or exploding asteroids

10 Apa yang perlu diperkenalkan • Penggunaan komputer, perangkat lunak, kamera digital, pemindai, digital tablet, dan printer untuk menciptakan citra digital 2D dan 3D. • Langkah untuk menghasilkan karya seni citra obyek dan nonobyek langsung dari komputer dengan atau tanpa pemindai: • Vector Graphic, misalnya dengan Adobe Illustrator, Corel Draw • Bit Mapped atau Raster Graphic, misalnya dengan Adobe Photoshop, Paintshop Pro, Painter 9, Gimp • Pemodelan 3D, misalnya dengan Amorphium Pro, Carrara 3d Basics 2

11 Perangkat Lunak Gratis Berikut informasi beberapa perangkat lunak gratis  Animasi 2 D  Project Dogwaffle Win  Vector Graphics:  Inkscape Draw Freely :  Perangkat Lunak 3D  Google sketch up :  Free Seriff Software Win G400&kwd=animation_software G400&kwd=animation_software

12

13 Contoh Langkah/ Proses Scene yang ingin ditampilkan

14 Persiapan Bentuk Model Perancangan dengan poligon, kurva atau permukaan parametris, permukaan eksplisit, dll. Definisi sistem koordinat

15 Transformasi Model  Penempatan obyek pada scene dengan translasi, scaling, dan rotasi.

16 Proyeksi Perspektif Menciptakan gambar scene seperti tampak oleh kamera dengan transformasi 3D ke 2D

17 Penghilangan Permukaan Tersembunyi  Obyek tertutup obyek lain dihilangkan

18 Shading Menentukan warna setiap pixel berdasarkan warna obyek, cahaya lingkungan, posisi sumber cahaya dan posisi kamera Obyek Letak sumber cahaya

19 Constant Shading - Ambient  Obyek dengan warnanya sendiri

20 Flat Shading Obyek diwarnai oleh warnanya sendiri dan kondisi pencahayaan

21 Gouraud shading  Perhitungan pencahayaan tiap vertex

22 Bentuk dengan Permukaan Polinomial

23 Penambahan Specular Highlights  Cahaya dipantulkan seperti pada cermin

24 Phong shading

25


Download ppt "Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google