Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desideria Cempaka WM, S. Sos., M. A.  Gambaran Mata Kuliah  sudut pandang sosial kemsyarakatan.  dampak iklan dan komunikasi pemasaran dalam lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desideria Cempaka WM, S. Sos., M. A.  Gambaran Mata Kuliah  sudut pandang sosial kemsyarakatan.  dampak iklan dan komunikasi pemasaran dalam lingkungan."— Transcript presentasi:

1 Desideria Cempaka WM, S. Sos., M. A

2  Gambaran Mata Kuliah  sudut pandang sosial kemsyarakatan.  dampak iklan dan komunikasi pemasaran dalam lingkungan sosial masyarakat,  aplikasi teori dalam lingkungan sekitar maupun di tingkat global.  Standar Kompetensi:  memahami cara mengamati sudut pandang sosial dalam ranah periklanan dan komunikasi pemasaran.  Mahasiswa juga diharapkan memiliki rasa suka terhadap proses analisis terhadap dampak iklan dan komunikasi pemasaran bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.  Akhirnya, produksi berupa pergerakan atau activism di kalangan mahasiswa dapat dilakukan untuk menggabungkan sisi kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga konsep dan teori dapat diaplikasikan secara kreatif oleh mahasiswa.

3  KD 1 : Memahami Iklan dan Problematika dalam Masyarakat khususnya dari segi sosial dan ekonomi  KD 2: Memahami Iklan dan hubungannya dengan Bahasa, Budaya, dan Ruang Publik  KD 3. Memahami Iklan dan hubungannya dengan Wacana Publik, Power, dan Dekonstruksi Sosial  KD 4 Memahami Iklan dalam perspektif Gender Seksualitas

4 Presentasi (20%)  Terdapat pembagian kelompok  Presentasi merupakan bentuk partisipasi, jadi bagilah presentasi sehingga semua anggota dapat berpresentasi  Kelompok yang presentasi memiliki tugas untuk membuat kuis, studi kasus, diskusi kelompok, dan aktifitas penunjang lainnya sebagai bahan evaluasi pemahaman teman sekelas  Penilaian presentasi dilihat dari:  Kreativitas presentasi (30%)  Kejelasan presentasi (40%)  Produk evaluasi pemahaman yang efektif (30%)  Power point harap dikumpulkan satu hari sebelumnya via  Jika ada bahan yang ingin difotokopi untuk dibagikan kepada teman sekelas harap dosen satu hari sebelumnya  Presentasi selama 20 menit maksimal Tanya Jawab sebagai individu kritis (10%)  Penilaian tanya jawab adalah penilaian individu.  Individu yang akan memberikan pertanyaan dan dosen juga akan memberi tambahan nilai Pengerjaan tugas evaluasi dan tugas dari dosen (20%)  Setiap individu dan kelompok memiliki kewajiban untuk mengikuti system evaluasi berupa kuis, diskusi, studi kasus, penghitungan, dan lain-lain yang ditugaskan oleh kelompok presenter  Dosen akan memberikan nilai terhadap evaluasi ini  Dari seluruh tugas yang dikumpulkan, dosen akan mengambil 70% nilai terbaik.

5 UTS (20%) INDIVIDU  UTS adalah berupa ujian di dalam kelas dengan sistem Take Home. Membuat karangan ilmiah minimal 5 halaman A4 (1 spasi, TNR, , 12).  Ujian Tengah Semester berisi:  Fenomena iklan dan komunikasi pemasaran yang menarik untuk dikaji (dapat berupa fenomena iklan secara umum atau spesifik pada iklan tertentu)  Kajian teoritis  Analisis  Daftar pustaka minimal 10 buku/jurnal/sumber online TERPERCAYA  Peraturan:  Plagiasi langsung berdampak pada nilai D untuk UTS tanpa ada remidi  Mengutip blog berdampak pada pengurangan nilai sebanyak 10.  UAS (30%)  (MCJS) MINI CULTURAL JAMMING BY STUDENTS Ujian Akhir Semester berupa tugas kelompok. Mahasiswa diharapkan melakukan Melakukan dan memilih problematika periklanan di masyarakat Melakukan produksi iklan atau komunikasi pemasaran untuk menyampaikan informasi yang menyadarkan masyarakat mengenai problem iklan tersebut Mencari audiens atau penonton untuk melihat dan terlibat dalam informasi tersebut. Tugas dapat berupa blog, film, atau kampanye yang dapat mengukur jumlah audiens yang menerpa pesan tersebut. Tugas perlu memiliki komponen analisis teoritis tentang fenomena yang diangkat (dapat berupa paper terpisah atau dijadikan satu). Penilaian UAS ini adalah:  Argumentasi yang kuat mengenai hasil pengamatan (30%)  Kemampuan menganalisis dan menghubungkan teori dengan pengamatan lapangan (30%)  Kreativitas laporan dan totalitas pengerjaan tugas akhir (40%)

6  Pilih salah satu jenis iklan di bawah ini dan jelaskan problematika yang sering muncul:  Iklan Komersial  Iklan Layanan Masyarakat  Iklan Politik  Advertorial  Analisislah dalam mindmap dengan pengertian berikut:

7  Analisislah dalam mindmap dengan pengertian berikut-pilih salah satu: (Leiss, 1990, ch. 1) CRITICISMS OF ADVERTISING  Technological Manipulation  False Symbolism  The Creation of False Need  Propaganda of Commodity  “Myth Manipulation”  Magic in the Marketplace

8  10% presentasi di kelas  30% kreatifitas pembuatan Mind Map  30% Ketajaman analisis terhadap teori dalam Criticism of Advertising  30% Keunikan fenomena yang diangkat


Download ppt "Desideria Cempaka WM, S. Sos., M. A.  Gambaran Mata Kuliah  sudut pandang sosial kemsyarakatan.  dampak iklan dan komunikasi pemasaran dalam lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google