Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Desain Proyek, Pemantauan dan Evaluasi Sesi 1: Pendahuluan, Proyek Anda dan Lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Desain Proyek, Pemantauan dan Evaluasi Sesi 1: Pendahuluan, Proyek Anda dan Lingkungan."— Transcript presentasi:

1 Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Desain Proyek, Pemantauan dan Evaluasi Sesi 1: Pendahuluan, Proyek Anda dan Lingkungan Pemulihan dan Rekonstruksi Hijau: Panduan Pelatihan untuk Bantuan Kemanusiaan PANDUAN HIJAU UNTUK

2 2 Mod 2 Ses 1 Sambutan dan Pendahuluan Tempat dan Tanggal Lokakarya Tempatkan foto di sini yang berkaitan dengan lokakarya, seperti proyek rekonstruksi suatu bencana yang baru terjadi di wilayah ini.

3 3 Mod 2 Ses 1 Perkenalan  Perkenalkan nama Anda  Lembaga tempat Anda bekerja  Tanggung jawab pekerjaan Anda saat ini  Pengalaman kerja Anda yang berhubungan dengan:  Pengelolaan lingkungan  Pemulihan dan rekonstruksi bencana  Desain proyek, pemantauan dan evaluasi Lakukan secara singkat

4 4 Mod 2 Ses 1 Panduan Pelatihan Pemulihan dan Rekonstruksi Hijau  Dikembangkan oleh WWF dan American Red Cross  Berdasarkan kemitraan selama 5 tahun oleh WWF, American Red Cross dan para mitra di Indonesia, Sri Lanka, Thailand dan Maladewa, dibentuk pasca tsunami 2004  Dirancang untuk bisa digunakan secara global pada situasi pasca bencana alam dan konflik

5 5 Mod 2 Ses 1 10 Modul Program Panduan Hijau: 1.Sebuah Pengantar: Berbagai Peluang untuk Pemulihan dan Rekonstruksi Hijau 2.Desain Proyek, Pemantauan dan Evaluasi 3.Perangkat dan Teknik Analisis Dampak Lingkungan 4.Pemulihan dan Pembangunan Lokasi Strategis 5.Bahan dan Rantai Suplai 6.Konstruksi 7.Air dan Sanitasi 8.Mata Pencaharian 9.Pengurangan Risiko Bencana 10.Organisasi Pelaksana

6 6 Mod 2 Ses 1 Prinsip-prinsip Panduan Pemulihan dan Rekonstruksi Hijau 1.“Jangan merugikan” lingkungan dan pihak-pihak penerima bantuan 2.Sadarilah bahwa sangat banyak manfaat yang didapat dari pembahasan isu lingkungan 3.Tumbuhkan ‘rasa memiliki’ 4.Bangun kembali dengan cara yang lebih aman 5.Berorientasi solusi 6.Tekankan pentingnya pemanfaatan pengetahuan lokal

7 7 Mod 2 Ses 1 1.Jelaskan pentingnya masalah lingkungan dalam Desain Proyek, Pemantauan dan Evaluasi: Tujuan Pembelajaran Lokakarya Proyek Lingkungan

8 8 Mod 2 Ses 1 Tujuan Pembelajaran Lokakarya 2.Integrasikan indikator-indikator lingkungan ke dalam strategi proyek dan setiap langkah dalam siklus proyek. Siklus Manajemen Proyek dangen Pemantauan dan Evaluasi Pasca Bencana 1. Penilaian awal Bencana 2. Analisis Masalah/Pemangku Kepentingan 3. Rancangan Proyek 4. Pelaksanaan 6. Evaluasi/Hasil Pembelajaran

9 9 Mod 2 Ses 1 Tujuan Pembelajaran Lokakarya 3.Pilih dan ukurlah indikator-indikator lingkungan (S.M.A.R.T.)

10 10 Mod 2 Ses 1 Tujuan Pembelajaran Lokakarya 4.Paparkan bahwa menyertakan upaya monitoring lingkungan ke dalam proyek Anda tidak harus sulit, mahal, atau memakan waktu lama. 5.Apakah Anda memiliki tujuan-tujuan lain?

11 11 Mod 2 Ses 1 Metodologi 1.Presentasi singkat + pembelajaran aksi 2.Bahas dan uji pelbagai konsep, kebijakan dan perangkat Pemantauan dan Evaluasi 3.Berbagi pengalaman 4.Umpan balik dan evaluasi peserta

12 12 Mod 2 Ses 1 Tata Tertib Lokakarya  Harap matikan dering ponsel Anda.  Jangan menelpon atau menerima telpon dari ponsel selama berlangsungnya sesi.  Tata tertib lain apa yang harus diberlakukan?

13 13 Mod 2 Ses 1 KONSEKUENSI KEGIATAN TANGGAP BENCANA  Sebutkan beberapa akibat lingkungan dari kegiatan tanggap bencana yang Anda lihat dalam foto-foto berikut  Bagaimana cara Anda mengukur dampak ini?

14 14 Mod 2 Ses 1 Penampungan sementara yang terbuat dari bahan-bahan lokal

15 15 Mod 2 Ses 1 Tungku untuk membakar batu bata. Bata yang dihasilkan kelak digunakan untuk membangun kembali rumah-rumah yang hancur akibat gempa bumi.

16 16 Mod 2 Ses 1 Memanfaatkan kayu dari pohon-pohon yang tumbang akibat angin ribut

17 17 Mod 2 Ses 1 Membersihkan sisa reruntuhan di lokasi bekas gempa bumi

18 18 Mod 2 Ses 1 Konsep-konsep Kunci dalam Modul 1.Proyek penanggulangan dan pemulihan bencana dapat berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan. 2.Proyek penanggulangan dan pemulihan bencana perlu dikaji dan didesain guna memastikan teridentifikasinya masalah-masalah lingkungan, dikuranginya dampak lingkungan yang negatif, dan diperolehnya dukungan terhadap peluang-peluang lingkungan yang positif.

19 19 Mod 2 Ses 1 Konsep-konsep Kunci dalam Modul (lanjutan) 3. Monitoring proyek penanggulangan dan pemulihan bencana perlu menyertakan indikator-indikator yang dapat mengidentifikasi dan mengukur pencapaian atau perubahan tujuan atau sub-tujuan terkait lingkungan yang spesifik. 4. Proyek perlu dievaluasi untuk mengetahui apakah tindakan-tindakan terkait lingkungan sudah dilakukan dengan tepat dan apa saja dampak-dampaknya, sebagai bahan pembelajaran untuk proyek-proyek di masa mendatang.

20 20 Mod 2 Ses 1 Indikator Apa yang dimaksud dengan “indikator” sebagaimana yang diterapkan pada Pemantauan dan Evaluasi?  Indikator memberi kejelasan informasi yang dibutuhkan untuk menilai apakah perubahan yang diusulkan sudah terjadi.  Indikator bisa bersifat kuantitatif (dalam angka) atau kualitatif (amatan deskriptif).

21 21 Mod 2 Ses 1 Latihan: Proyek Anda  Dalam suatu kelompok kecil, sebutkan satu proyek bantuan kemanusiaan yang pernah dijalani salah satu anggota kelompok anda.  Sebutkan satu kegiatan proyek itu yang memiliki dampak lingkungan, baik positif atau negatif.  Sebagai satu kelompok, sebutkan satu indikator dampak lingkungan dan satu tolok ukur yang mungkin anda gunakan untuk menakar dampak tersebut.

22 22 Mod 2 Ses 1 Rehat


Download ppt "Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Desain Proyek, Pemantauan dan Evaluasi Sesi 1: Pendahuluan, Proyek Anda dan Lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google