Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CUSTOMER NEWSLETTER Kelompok 4 R. Dendy Wibisono.J 22740 Rini Apriyanti 22772 Muhammad Saeffi 21449 Vira Armadesita 22878.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CUSTOMER NEWSLETTER Kelompok 4 R. Dendy Wibisono.J 22740 Rini Apriyanti 22772 Muhammad Saeffi 21449 Vira Armadesita 22878."— Transcript presentasi:

1 CUSTOMER NEWSLETTER Kelompok 4 R. Dendy Wibisono.J Rini Apriyanti Muhammad Saeffi Vira Armadesita 22878

2 PENDAHULUAN  Newsletter atau yang sering disebut in- house journal atau majalah perusahaan atau bulletin adalah sarana yang dapat mempermudah komunikasi dan penyampaian informasi.  Newsletter ini membantu komunikasi dan informasi yang disampaikan dari manajemen organisasi atau perusahaan kepada anggota organisasi maupun eksternal.

3  Bila mereka serius dengan newsletter tersebut, mereka bisa menjadikan newsletter tersebut bagian dari profit center untuk perusahaan mereka. Hal ini dapat diperoleh lewat para pemasang iklan atau promosi. Contohnya, misalnya adalah majalah in-flight magazine Garuda.  Atau beberapa perusahaan yang juga menggunakan media newsletter atau bahkan majalah atau tabloid yang dijadikan sebagai media komunikasi pemasaran adalah seperti majalah Biskom milik verbatim atau Tabloid manajemen,atau yang lain juga adalah majalah EbizzAsia.

4 ISI  PENGERTIAN NEWSLETTER  Newsletter merupakan alat komunikasi PR, yang dikenal dengan sebutan editorial, yang diterbitkan secara berkala untuk kalangan sendiri (Rachmat Kriyantono: 2008).  Newsletter adalah publikasi singkat dengan peristiwa terkini dan berita, biasanya mengarah kepada pasarnya yang ditargetkan, newsletter dapat menjadi alat pemasaran yang berharga.

5 Customer Newsletter  Penerbitan customer newsletter ditujukan untuk menjaga hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan pengguna produk atau jasa perusahaan.  Materi yang dibuat dalam costumer newsletter adalah:  Informasi produk atau jasa baru  Program-program penjualan khusus  Informasi harga produk/jasa, kegiatan perusahaan yang terkait dengan konsumen  Bakti social  Pengumuman-pengumuman perusahaan  Promosi

6 Panduan Teknik Penulisan Newsletter  Gunakan wartawan sebagai orang ketiga yang akan mengumpulkan berita  Tentukan jenis informasi yang akan disertakan dalam newsletter  Tentukan maksud komunikasi dari newsletter  Tentukan frekuensi newsletter yang akan diterbitkan (bulanan, dua bulanan, semesteran dsb)  Ikuti prinsip AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)  Tulislah newsletter dengan bahasa menarik dan gaya penulisan yang dapat dibaca semua calon pembaca yang berasal dari berbagai latar belakang social, pendidikan, dan ras.

7 Panduan Teknik Penulisan Newsletter  Gunakan kalimat pendek yang tajam  Cobalah untuk menyeru kepada kepentingan masyarakat atau orang lain  Tampilkan berita-berita factual  Rangkaian berita yang disajikan hendaknya membangun topic cerita secara runtut dan logis  Pastikan artikel yang dibuat jangan terlalu panjang, tetapi to the point  Tambahkan gambar atau grafik lain untuk mendukung artikel/ buat newsletter yang catchy design membuat newsletter tersebut semakin menarik  Tentukan format dan bagaimana cara pengirimannya kepada setiap karyawan.

8 Langkah-langkah penulisan newsletter 1. Menentukan materi informasi 2. Mencari berita 3. Tentukan batas deadline 4. Memberi foto atau gambar menarik 5. Mengedit dan mengatur naskah 6. Melakukan ulasan

9 Menentukan Materi Informasi  Newsletter yang ditujukan untuk khalayak eksternal mencakup materi tentang:  Kegiatan-kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan khalayak eksternal  Kegiatan-kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan konsumen yang bertujuan untuk memunculkan rasa “sense of belonging” dan dapat menarik perhatian konsumen untuk berpartisipasi,  Kegiatan pemberian penghargaan atau award yang dimenangkan oleh perusahaan

10  Mencari berita  PR dalam mencari materi berita untuk newsletter sama halnya dengan tugas jurnalistik.  Lebih baik lagi bila PR melibatkan karyawan untuk menyumbangkan tulisan mereka.  Tentukan batas deadline  Disiplin terhadap waktu terbit newsletter menunjukkan bahwa PR konsisten dalam memberikan informasi kepada khalayaknya.

11  Memberi foto atau gambar menarik  Newsletter sebaiknya dicetak pada kertas yang berkualitas baik serta diberi variasi foto yang menarik, yang dapat mewakili setiap tulisannya.  Newsletter membawa citra perusahaan, jika bentuk dan penyajiannya baik, maka akan mendukung citra perusahaan menjadi semakin positif.  Mengedit dan mengatur naskah  Dalam tahapan ini, PR mengedit tulisan, format newsletter, jumlah artikel yang dimuat, dimana foto-foto akan diletakkan, desain animasinya, bagaimana headline-nya, dan sebagainya.

12  Melakukan ulasan  Setelah newsletter terbit, tugas PR sebagai editor adalah mengulas terbitan baru tersebut.  PR harus mengulas bagaimana respon pembacanya. Pada prinsipnya, PR harus memastikan agar terbitan berikutnya dapat diperoleh hasil yang lebih baik (for better tomorrow).

13 Kelebihan dan Kelemahan Newsletter  Kelebihannya adalah praktis digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada perusahaan. Selain itu jauh lebih murah untuk memproduksi dan mendistribusikannya  Kelemahannya adalah sangat jarang dikirimkan kepada pihak media massa karena dinilai tidak cocok untuk dijadikan materi oleh pihak media massa

14 Target Distribusi  Newsletter biasanya eksklusif, sehingga mudah didistribusikan menurut kategori, tergantung pada kepentingan atau jenis keanggotaan penerima agar sangat bertarget distribusi dengan menekankan relevansi dan kegunaan.  Bulletin elektronik sangat menekankan kecepatan pengiriman dan penerimaan.

15 ELectroniks Via (E- Newsletter)  E-newsletter biasanya digunakan untuk mengirimkan rincian produk yang ingin dijual atau dipasarkan.  Dapat dikatakan itu sebagai brosur softcopy.  Dengan menggunakan jenis newsletter ini, kita dapat menentukan siapa saja calon pelanggan kita.  Secara sah, kita bisa mendapat pelanggan dengan meminta mereka memasukkan kedalah form pada website yang kita buat.

16  E-newsletter yang paling disukai adalah e-newsletter yang bersifat:  Informative dan menjaga mereka tetap up-to-date  Nyaman dibaca dan membawa pembacanya langsung ke pusat informasi  newsletter yang periodic dan dikirim tepat waktu.

17  Banyak pelanggan yang tidak melakukan unsubscribe karena:  Ikatan emosional terhadap newsletter.  Ekspektasi rendah terhadap kemudahan unsubscribe.  Ketakutan bahwa unsubscribe akan menyebabkan lebih banyak dikirim  Pilihan lebih mudah. Langkah yang lebih mudah adalah mengaktifkan spam blocker atau filter dari pada unsubscribe.

18 PENUTUP  Sebuah customer newsletter digunakan sebagai publikasi (majalah, pamflet, dan lain sebagainya) yang akan diedarkan ke pelanggan dengan interval waktu yang teratur.  Publikasi artikel marketing berkaitan dengan titik fokus agar pelanggan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk perusahaan.  Apa yang membuat newsletter menjadi alat pemasaran yang kuat adalah karena membantu membangun ekuitas merek dan memperkuat ikatan perusahaan dengan konsumen.

19 Contoh Newsletter (Depan)

20 Contoh Newsletter (Belakang)


Download ppt "CUSTOMER NEWSLETTER Kelompok 4 R. Dendy Wibisono.J 22740 Rini Apriyanti 22772 Muhammad Saeffi 21449 Vira Armadesita 22878."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google