Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 Observasi : Pengamatan dan pencatatan sesuatu objek dengan sistematika fenomena yang diselidiki Eksperimen atau percobaan : Pengamatan dan pencatatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 Observasi : Pengamatan dan pencatatan sesuatu objek dengan sistematika fenomena yang diselidiki Eksperimen atau percobaan : Pengamatan dan pencatatan."— Transcript presentasi:

1 1

2 2 Observasi : Pengamatan dan pencatatan sesuatu objek dengan sistematika fenomena yang diselidiki Eksperimen atau percobaan : Pengamatan dan pencatatan sesuatu objek yang dilakukan berdasarkan adanya hipotesa Dokumentasi : Data yang sudah ada dan sudah ditulis/dicatat sebelumnya

3 3 Etika pengambilan dan penyajian data (1) - Anda adalah satu-satunya orang yang paling mengetahui kebenaran data yang anda ambil. Jadi, catatlah data yang anda peroleh APA ADANYA - Kejujuran dalam menyajikan data penelitian merupakan kejujuran yang MUTLAK harus dimiliki oleh seorang peneliti. -Bila dalam menyajikan data penelitian sudah tidak jujur, maka DIRAGUKAN kejujurannya dalam hal-hal yang lain

4 4 - “All made mistake, but if a scientist later discover an error of his own, it was considered NORMAL and ETHICAL to announce the error and correct any published work” - “ ….he had known about the errors, probably discovered after his paper was prepared, but he kept quite, hoping no one else would notice” Dikutip dari novel : Arthur Hailey, 1984 Strong Medicine Etika pengambilan dan penyajian data (2)

5 5 BUKU CATATAN PENELITIAN (LOG BOOK) Buku catatan penelitian (BCP) bagi setiap peneliti adalah sebagai bukti telah melakukan penelitian yang menghasilkan kekayaan intelektual yang dimintakan perlindungannya. Cara penggunaan dan pengisian BCP harus mengikuti standar yang berlaku.

6 6 KEGUNAAN LOG BOOK 1.Sebagai bahan bukti untuk mengajukan permintaan hak patent 2.Sebagai bahan pembuatan makalah ilmiah dan laporan kegiatan 3.Sebagai alat untuk memudahkan pemantauan, baik yang akan dilaksanakan oleh para penanggung jawab penelitian ataupun anggota tim monitoring dan evaluasi Dokumentasi penelitian: good research management practice.

7 7 ISI LOG BOOK -Uraian ide suatu penelitian atau percobaan. -Rencana kerja. -Metodologi. -Data hasil percobaan atau pengamatan: (angka, foto, gambar, skema, kromatogram, grafik, dll) -Analisis data. -Kesimpulan. -Informasi lain

8 8 Petunjuk Pengisian Log book (1) 1.Waktu melakukan kegiatan (Isilah tgl/bulan/tahun (jam,menit bila perlu) sesuai dengan urutan kegiatan penelitian) 2.Jangan ada halaman yang dibuang/disobek (Lakukan pencoretan dgn sebuah garis saja pada setiap kata atau kalimat yang dianggap salah) 3.Pada akhir pencatatan kegiatan harus ditanda tangani oleh yang berhak/berwewenang

9 9 4. Setiap halaman harus terisi, jangan dibiarkan adanya halaman kosong (bubuhkan garis silang/diagonal pada bagian halaman yang tidak terpakai) 5. Bila ada foto, gambar, atau cetakan komputer, harus ditempelkan pada halaman log book dan diberi garis bingkai 6. Logbook disimpan oleh instansi ybs. (Tata usaha) (dapat difotocopi dan duplikatnya disimpan ditempat yang terpisah dari Log book asli) Petunjuk Pengisian Log book (2)

10 10 Contoh buku catatan penelitian (BCP) Log book


Download ppt "1. 2 Observasi : Pengamatan dan pencatatan sesuatu objek dengan sistematika fenomena yang diselidiki Eksperimen atau percobaan : Pengamatan dan pencatatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google