Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Intan Dwi R Tri Kusmaedi Cloud Computing. Definisi Cloud Computing Layanan komputasi berbasis Internet, dimana server sebagai media penyimanan data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Intan Dwi R Tri Kusmaedi Cloud Computing. Definisi Cloud Computing Layanan komputasi berbasis Internet, dimana server sebagai media penyimanan data."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Intan Dwi R Tri Kusmaedi Cloud Computing

2 Definisi Cloud Computing Layanan komputasi berbasis Internet, dimana server sebagai media penyimanan data atau informasi yang digunakan bersama-sama untuk menyediakan sumber daya, perangkat lunak, data atau perangkat lain pada saat dibutuhkan.

3 Implementasi Cloud Computing Ada 3 point utama yang diperlukan dalam implementasi Cloud Computing, yaitu: 1. Komputer Front end 2. Komputer Back end 3. Penghubung

4 Suatu layanan dapat dikatakan sebagai cloud computing apabila layanan tersebut memiliki 5 karakteristik sbb: 1. On-Demand Self-Services 2. Broad Network Access 3. Resource Pooling 4. Rapid Elasticity 5. Measured Service

5 1. On-Demand Self-Services Sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui mekanisme swalayan dan langsung tersedia pada saat dibutuhkan. Campur tangan penyedia layanan adalah sangat minim.

6 2. Broad Network Access Sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apa pun, asalkan kita terhubung ke jaringan layanan.

7 3. Resource Pooling Sebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien. Karena cloud computing digunakan bersama-sama oleh berbagai pelanggan, penyedia layanan harus dapat membagi beban secara efisien, sehingga sistem dapat dimanfaatkan secara maksimal.

8 4. Rapid Elasticity Sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan atau menurunkan kapasitas sesuai kebutuhan. Misalnya, apabila kita menempatkan sebuah website berita dalam jaringan cloud computing, maka apabila terjadi peningkatkan traffic karena ada berita penting, maka kapasitas harus dapat dinaikkan dengan cepat.

9 5. Measured Service Sebuah layanan cloud computing harus disediakan secara terukur, karena nantinya akan digunakan dalam proses pembayaran. Harap diingat bahwa layanan cloud computing dibayar sesuai penggunaan, sehingga harus terukur dengan baik.

10 Kesimpulan Cloud Computing secara sederhana adalah “layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet”

11 Terima Kasih

12 Pertanyaan:  Contoh dari cloud computing?  Bagaimana sistem keamanan data yang ada pada layanan cloud computing?

13 Jawaban: 1. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah  Salesforce.com  Google Docs Salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.

14 Salesforce.com

15 Google Docs

16 2. Sistem keamanan data pada cloud computing:  Kerahasiaan dan keamanan adalah salah satu hal yang paling diragukan pada cloud computing, Kok bisa ? Dengan menggunakan sistem cloud computing berarti kita mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada perusahaan penyedia server cloud computing. Contoh paling sederhana adalah ketika kita menyimpan foto-foto kita di facebook dengan beberapa konfigurasi privasi yang diberikan kepada kita, maka selebihnya kita mempercayakan keamanan file-file tersebut kepada facebook. Andaikata foto-foto tersebut hilang kita tidak bisa menuntut karena kita memanfaatkan jasa trsebut secara cuma-cuma alias gratis. Saat ini sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan penyedia sewa hosting (server) penyimpanan file semisal 4shared, Indowebster, Ziddu, dan lain- lain, ada yang gratis dan juga yang berbayar.  Kualitas server cloud computing adalah salah satu pertimbangan terpenting sebelum kita memutuskan untuk menyediakan jasa penyedia server cloud computing. Bukan tidak mungkin kita akan dirugikan ketik server tempat dimana kita menyimpan file atau akses program sewaktu- waktu akan down atau berperforma buruk, alih-alih kita semakin dimudahkan dengan cloud computing justru kita malah dirugikan karena kualitas server yang buruk.


Download ppt "Oleh: Intan Dwi R Tri Kusmaedi Cloud Computing. Definisi Cloud Computing Layanan komputasi berbasis Internet, dimana server sebagai media penyimanan data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google