Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aritmatika Sosial Harga jual adalah harga dari suatu produk atau barang yang dijual. Harga beli adalah harga barang dari pabrik, grosir,atau tempat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aritmatika Sosial Harga jual adalah harga dari suatu produk atau barang yang dijual. Harga beli adalah harga barang dari pabrik, grosir,atau tempat."— Transcript presentasi:

1

2

3 Aritmatika Sosial

4 Harga jual adalah harga dari suatu produk atau barang yang dijual. Harga beli adalah harga barang dari pabrik, grosir,atau tempat lainnya yang dibeli. HARGA JUAL HARGA BELJ

5 Amira membeli satu kotak karet penghapus dengan harga Rp Ternyata, dalam satu kotak terdapat 12 buah karet penghapus. Nayla membeli sebuah karet penghapus dan pemilik toko menjualnya dengan harga Rp 700. Rama membeli 3 buah karet penghapus dengan harga Rp harga satu kotak karet penghapus = Rp8.400 disebut nilai keseluruhan harga satu buah karet penghapus = Rp700 disebut nilai per unit harga 3 buah karet penghapus = Rp disebut nilai sebagian. harga satu kotak karet penghapus = Rp8.400 disebut nilai keseluruhan harga satu buah karet penghapus = Rp700 disebut nilai per unit harga 3 buah karet penghapus = Rp disebut nilai sebagian. Ilustrasi

6 Contoh : Untuk membantu pencarian dana PENSI, Amira menjual novel Harry Potter dengan harga Rp Padahal ia membelinya dengan harga Rp harga jual = Rp harga beli = Rp

7 Keuntungan terjadi jika harga jual > harga beli Untung = harga jual – harga beli Kerugian terjadi jika harga jual < harga beli Rugi = harga beli – harga jual LABA / UNTUNG RUGI

8 Contoh 1 : Nayla turut membantu pencarian dana PENSI, maka Ia membeli ransel dengan harga Rp Setelah tiga hari kemudian, ransel pun terjual. Pada kasus pertama, Nayla menjualnya dengan harga Rp Maka yang terjadi adalah Nayla mendapatkan keuntungan Rp Pada kasus kedua, Nayla menjualnya dengan harga Rp Maka yang terjadi adalah Nayla mendapatkan kerugian Rp

9 Contoh 2 :

10 Amira dan teman-teman masih membutuhkan tambahan dana untuk kegiatan PENSI. Mereka memutuskan untuk menjual ice lemon tea. Untuk itu mereka memerlukan lemon, teh, dan gelas plastik. Harga beli lemon adalah Rp /kg, teh Rp /pack (isi 12), dan gelas plastik Rp /100 buah.

11 Untuk permulaan, Amira dan teman-teman hanya membeli ½ kg lemon, 1 pack kantung teh, dan 25 buah gelas plastik. Jika Amira dan teman- temannya menjual satu gelas ice lemon tea dengan harga Rp 2.000, tentukan apakah mereka untung atau rugi, dan tentukan berapa rupiah!

12 Penyelesaian : Harga beli lemon= Rp x ½ = Rp Harga beli teh= Rp Harga beli gelas plastik= Rp x 25/100 = Rp harga beli seluruhnya= Rp Rp Rp = Rp harga jual ice lemon tea seluruhnya = Rp x 25 = Rp Karena harga jual > harga beli, maka Amira dan teman-teman mendapatkan keuntungan. Untung = harga jual – harga beli = Rp – Rp = Rp

13 RABAT / DISKON Rabat adalah potongan harga atau lebih dikenal dengan istilah diskon. Potongan harga inilah yang disebut rabat (diskon). Biasanya diskon (rabat) ini diperhitungkan dengan persen.

14 contoh soal : Seseorang membeli baju ditoko anugrah seharga Rp85.000,00. toko tersebut memberikan diskon 20% untuk setiap pembelian. Berapakah uang yang harus dibayar ?

15 Harga pembelian = Rp ,00 Diskon 20%= Rp ,00 Uang yang harus dibayar = Rp ,00 – Rp ,00 = Rp ,00 penyelesaian :

16 Bruto, tara & netto Bruto adalah berat kotor atau berat benda beserta tempatnya. Tara adalah berat tempat benda tersebut. Netto adalah berat bersih atau berat benda tersebut saja tanpa tempatnya Bruto= netto + tara Neto= bruto – tara Tara= bruto – neto

17 Jika diketahui persen tara dan bruto,kalian dapat mencari tara dengan rumus berikut : untuk menentukan harga bersih setelah memperoleh potongan berat (tara) dapat dirumuskan : Tara = persen tara x bruto. harga bersih = neto x harga/satuan berat

18 Contoh Soal : Ibu membeli 5 kaleng susu. Disetiap kaleng itu tertulis neto 1kg. Setelah ditimbang ternyata berat seluruh kaleng tersebut 6 kg. Berapa bruto dan tara setiap kaleng tersebut?

19 Penyelesaian : Bruto setiap kaleng = 6 kg : 5 = 1,2 kg Tara setiap kaleng = 1,2kg – 1kg = 0,2 kg Bruto setiap kaleng = 6 kg : 5 = 1,2 kg Tara setiap kaleng = 1,2kg – 1kg = 0,2 kg

20 Bunga Tabungan dan Pajak Bunga Tabungan adalah penambahan modal atau uang yang kita simpan di sebuah bank, yang dihitung berdasarkan besarnya modal dan bunga.

21 Bunga Tunggal Bunga Majemuk adalah bunga yang dihitung hanya berdasarkan besarnya modal saja. adalah bunga yang dihitung berdasarkan besarnya modal dan bunga.

22 Contoh soal : Sebuah bank memberi bunga tabungan 18% setahun. Amir menabung Rp ,00 di bank tersebut. Hitunglah bunganya setelah 8 bulan. Untuk menjawabnya kita tentukan dahulu persentase bunga 8 bulan = 8/12 × 18% = 12% Besar bunga= 12/100 × Rp ,00 = Rp ,00 Jadi, bunga selama 8 bulan adalah Rp ,00. Penyelesaian:

23 PAJAK Pajak adalah suatu kewajiban yang dibebankan kepada masyarakat untuk menyerahkan sebagian kekayaan kepada negara menurut peraturan-peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

24 Contoh Soal : Pak Putu memperoleh gaji Rp ,00 sebulan dengan penghasilan tidak kena pajak Rp ,00. Jika pajak penghasilan (pph) diketahui 10%. Berapakah besar gaji yang diterima Pak Putu perbulan ?

25 Penyelesaian : Besar gaji = Rp ,00 penghasilan tdk pajak = Rp ,00 pph = 10% besar penghasilan kena pajak = Rp ,00 – Rp ,00 = Rp ,00 besar pajak penghasilan = 10% x Rp ,00 = Rp ,00 gaji yang diterima = Rp Rp57.000,00 = Rp ,00 Jadi, besar gaji yang diterima pak putu perbulan adalah Rp ,00

26 Kesimpulan  Harga jual : harga dari suatu produk atau barang yang dijual  Harga beli : harga barang dari pabrik, grosir, atau tempat lainnya yang dibeli  Keuntungan terjadi jika harga jual > harga beli Untung = harga jual – harga beli  Kerugian terjadi jika harga jual < harga beli Rugi = harga beli – harga jual

27  Rabat adalah potongan harga atau lebih dikenal dengan istilah diskon.  Bruto adalah berat kotor atau berat benda beserta tempatnya.  Tara adalah berat tempat tersebut. Bruto= netto + tara Tara= bruto – neto

28  Netto adalah berat bersih atau berat benda tersebut saja tanpa tempatnya.  Bunga tabungan adalah penambahan modal atau uang yang kita simpan di bank, yang dihitung berdasarkan besarnya modal dan bunga. Neto= bruto – tara

29  Pajak adalah suatu kewajiban yang dibebankan kepada masyarakat untuk menyerahkan sebagian kekayaan kepada negarar menurut peraturan- peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

30 Latihan 1. Tarif suatu hotel Rp ,00 per hari. Pak Alex bermalam di hotel tersebut selama 2 minggu. Pada rekening hotel ditambahkan 12.5 % untuk biaya pelayanan.Tentukan besar biaya pelayanan selama 2 minggu dan jumlah uang yang harus dibayar Pak Alex?

31 2.Seorang pedagang minyak goreng membeli 2 jenis minyak goreng. Jenis pertama dibeli sebanyak 100 liter dengan harga Rp ,00 per liter, dan jenis kedua sebanyak 75 liter dengan harga Rp ,00 per liter. Kedua jenis minyak itu dicampur lalu dijual secara eceran. Jika ingin mendapatkan untung sebesar Rp ,00, berapakah ia harus menjual minyak campur tersebut per liternya?

32 3.Pada awal tahun ajaran Andi membeli sepasang sepatu dengan harga Rp ,00. Jika penjual memberi diskon 25%, berapa rupiah Andi harus membayar sepatu itu setelah dipotong diskon? (Petunjuk: diskon (rabat) sebesar 25% berarti 25% dari harga pembeliannya).

33 4. Seorang pedagang tempe membeli sekarung kacang kedelai seberat 100 kg. Tara untuk karung 1,5% dan potongan harga 5%. Jika harga kedelai Rp ,00 per kg, tentukanlah harga kedelai yang harus dibayar pedagang tempe tersebut ?

34 5. Iwan menabung di sebuah bank tanggal 15 Desember 2007 sebesar Rp ,00. Bank tersebut memberi bunga sebesar 12% setahun. Pada tanggal 1 April 2008 tabungannya diambil. Tentukan besar bunga yang diterima Iwan?

35 6. Ibu Linda membeli sebuah lemari es dengan harga Rp ,00 belum termasuk pajak. Berapakah uang yang harus dibayarkan Bu Linda jika pajak yang dikenakan sebesar 10% dan Bu Linda mendapatkan diskon 5%?

36 7. Sabrina meminjam uang dari sebuah bank sebanyak Rp ,00 untuk biaya pengembangan usahanya. Bank memberikan bunga 16% per tahun. Uang itu dicicil selama 15 tahun. Tentukanlah besar cicilannya setiap bulan?

37 8. Seorang pedagang membeli 1 peti buah anggur dengan berat bruto 50 kg dan tara 4%. Buah anggur tersebut dijual di mana 30 kg dijual dengan harga Rp15.000,00 per kg dan 12 kg dijual dengan harga Rp13.000,00 per kg, sedangkan sisanya dijual dengan harga Rp12.000,00 per kg. Jika dari penjualan tersebut pedagang itu memperoleh laba 25%, tentukan harga pembelian buah anggur tersebut?

38 9. Seorang pedagang membeli 1 kuintal beras dengan harga Rp6.000,00 per kg. Pedagang itu menjual beras tersebut dan memperoleh uang sebanyak Rp ,00. Tentukan persentase untung atau rugi pedagang itu?

39 10. Bondan menyimpan uang di suatu bank sebesar Rp ,00 dengan bunga 15% setahun. Jika Bondan menerima bunga sebesar Rp61.875,00, tentukan lamanya uang itu disimpan di bank?

40 Referensi Nuharini, Dewi dkk Matematika Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Rosida Manik, Dame Penunjang Belajar Matematika untuk SMP/MTS. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional https://heyhomath.files.wordpress.com/aritmatikasosial Qoniah.82.wordpress.com/2012/11/01/contoh-soal-aritmatika-sosial-2/ Wyndis.wordpress.com/2009/01/13/aritmatika-sosial/

41

42


Download ppt "Aritmatika Sosial Harga jual adalah harga dari suatu produk atau barang yang dijual. Harga beli adalah harga barang dari pabrik, grosir,atau tempat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google