Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tim Matematika Aktuaria.  Cadangan (dalam dunia perusahaan)  suatu dana yang disisihkan untuk dipakai dalam keadaan darurat.  Cadangan dalam asuransi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tim Matematika Aktuaria.  Cadangan (dalam dunia perusahaan)  suatu dana yang disisihkan untuk dipakai dalam keadaan darurat.  Cadangan dalam asuransi."— Transcript presentasi:

1 Tim Matematika Aktuaria

2  Cadangan (dalam dunia perusahaan)  suatu dana yang disisihkan untuk dipakai dalam keadaan darurat.  Cadangan dalam asuransi jiwa bukanlah suatu asset (bagian dari kekayaan perusahaan) tapi merupakan leabilitas (kewajiban perusahaan, jadi hutang, dalam hal ini hutang kepada pemegang polis).  Dana yang terkumpul di perusahaan-perusahaan asuransi jiwa, sebagian besar bukan milik perusahaan tapi milik pemegang polis.  Cadangan yang kita pelajari di sini disebut cadangan bersih datar (net level reserve).

3

4

5  Pada tahun permulaan premi yang dibayarkan dibawah asuransi seumur hidup dengan premi datar, jauh melampaui biaya asuransi yang diperlukan (1000C x ).  Premi yang terkumpul > jumlah santunan yang harus dibayarkan perusahaan. Dana yang terkumpul disebut cadangan, yang merupakan liabilitas bukan milik perusahaan.  Pandang ada l 60 orang yang membeli asuransi berjangka 5 tahun dengan santunan Rp.100, dengan tingkat suku bunga 2,5%.

6  Premi bersih tahunan:

7  Cadangan asuransi endowmen 5 tahun sebesar Rp.100 bagi kelompok umur 60 th. Premi tahunan bersih:  Cadangan akhir pada akhir jangka waktu suatu asuransi endowmen sama dengan besarnya yang akan diterima sitertanggung yg hidup sampai jangka waktu.

8  Cadangan suatu polis asuransi pada suatu waktu adalah rata-rata bagian pemegang polis dari dana cadangan pada waktu tersebut.  Selisih antara besar santunan dengan cadangan pada suatu waktu merupakan jumlah yang dijamin oleh perusahaan  jumlah bersih dalam risiko.  Cara penghitungan cadangan: 1. Metode restrospektif 2.Metode prospektif

9

10   bagian tiap yang masih hidup dari dana yang telah terkumpul dengan bunganya.  Jika premi sebesar P rupiah, maka bagian tiap yang masih hidup t tahun (mencapai usia x+t)  P   nilai santunan yang lalu beserta bunganya.

11

12  Jumlah seluruh dana pada akhir tahun pertama dibagi rata oleh tertanggung yang masih hidup (l x+1 )  cadangan akhir pada tahun pertama ( 1 V)

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22  Cadangan Prospektif Menurut metode ini, cadangan pada suatu ketika selama jangka waktu polis adalah nilai tunai santunan yang akan datang dikurangi dengan nilai tunai premi yang akan datang. Premi mencakup premi yang harus segera dibayarkan.

23

24

25

26

27  Bila premi sudah lunas, maka cara prospektif memberi hasil paling cepat.  Metode retrospektif akan lebih cepat memberikan hasil dalam penghitungan cadangan untuk jenis asuransi tertunda, belum ada santunan yang dibayarkan.

28

29

30

31


Download ppt "Tim Matematika Aktuaria.  Cadangan (dalam dunia perusahaan)  suatu dana yang disisihkan untuk dipakai dalam keadaan darurat.  Cadangan dalam asuransi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google