Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012).  Kurikulum  Jumlah Guru  Gaji Guru.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012).  Kurikulum  Jumlah Guru  Gaji Guru."— Transcript presentasi:

1 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2  Kurikulum  Jumlah Guru  Gaji Guru

3  Persyaratan lulusan siswa di Amerika Serikat ditentukan oleh tiap state.  pada tahun 2001 sebanyak 34 states mengharuskan tes bagi siswa yang menghasilkan produk, bukan tes tertulis.  Guru minimal berpendidikan S-1 di bidang mata pelajaran yang diajarkan, dan menguasai metode pembelajaran.  Guru harus memiliki lisensi (semacam sertifikat) mengajar yang harus diperbarui setiap 5 tahun

4  Kurikulum adalah dokumen atau perencanaan dalam sistem sekolah yang menetapkan kerja guru dan berfungsi menfokuskan serta mengaitkan pekerjaan guru.  Ada 3 macam kurikulum, yaitu: (a)written atau tertulis, (b)taught atau diajarkan, dan (c)tested atau diujikan.  kurikulum yang dibuat dengan memperhatikan 5 elemen, yaitu: (a)kejelasan dan validitas sasaran, (b)sesuai dengan yang diujikan, (c)tingkat sasaran yang diinginkan, (d)korelasi sumber daya dengan sasaran, dan (e)kegiatan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh guru. Masing-masing elemen diberi bobot antara 0-3.

5  Jumlah guru merupakan problem di AS, karena masih dirasakan kekurangan jumlah guru.  Rekrutmen guru dilakukan dengan upaya: (a)mencari dan menginterview mahasiswa yang berpotensi, (b)menghadiri pameran kerja yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, (c)mengiklankan pelamar multikultur baik lokal, nasional, maupun internasional, (d)menawarkan bonus, dan (e)memasang website.  Guru pemula dibimbing dengan mentoring oleh guru berpengalaman secara sukarela (tidak ada honor bagi mentor).

6  Bagi guru pemula, gaji antara $ $ per tahun Kalau dikurs dengan rupiah sekitar Rp per bulan.  Kenaikan gaji didasarkan atas masa kerja, bukan pengalaman atau pangkat.  Pengarahan pengawas dan kepala sekolah terhadap guru pemula dilakukan secara bertahap dari laissez-faire ke otokratik, yaitu: (a)guru disuruh membuat perencanaan mengajar sesuai dengan keinginan, (b)rencana mengajar dibuat bersama secara kolaboratif, (c)rencana pengajaran sesuai dengan yang disarankan oleh pengawas, atau (d)rencana pengajaran dibuat oleh pengawas yang harus dilaksanakan oleh guru.

7  Bahwa Guru harus memiliki lisensi mengajar yang dikeluarkan oleh National Board for Professional Teaching Standards.  Guru harus berpendidikan minimal S-1 di bidang mata pelajaran yang diajarkan, dan menguasai metode pembelajaran.  Pembaruan lisensi dimaksudkan agar guru selalu mengikuti perkembangan dan menambah pengetahuannya.

8  dosen/38-umum/112-sekilas-model-pendidikan-di-amerika- serikat-2


Download ppt "Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012).  Kurikulum  Jumlah Guru  Gaji Guru."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google